Apr 112017
 

Jet tempur multiperan Sukhoi Su-30MKI. (Angkatan Udara India)

Setidaknya sebanyak 18 unit pesawat tempur Sukhoi Su-30MKI baru Angkatan Udara India menggunakan mesin AL31FP bekas, mengorbankan keselamatan dan kemampuan pesawat tempur garis depan, selain itu juga beresiko pada nyawa para pilotnya, seperti dilansir dari Deccan Chronicle.

“Perlu diperhatikan saat memeriksa catatan… bahwa mesin AL 31FP yang dipasang pada pesawat tertentu dalam kondisi Cat B (Kategori B) pada saat pemeriksaan/pengiriman ke Angkatan Udara India (IAF)”, mengutip temuan laporan dari sumber tak disebutkan namanya.

Sukhoi Su-30MKI adalah pesawat tempur supersonik serbaguna berkursi ganda andalan Angkatan Udara India yang didukung oleh sepasang mesin aero AL-31FP.

Sementara pemasangan mesin Cat B (Kategori B) ini atau mesin bekas pada pesawat tempur baru Sukhoi Su-30MKI dilakukan pada fasilitas Hindustan Aeronautics Limited (HAL) yang ada di Nashik, India.

“Tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari kementerian pertahanan, yang mengejutkan adalah penerimaan dari pesawat tersebut dilakukan oleh Angkatan Udara India”, kata laporan tersebut meringkas temuannya.

Pesawat tempur baru yang menggunakan mesin oplosan (mesin pertama menggunakan mesin baru, sedangkan mesin kedua menggunakan mesin bekas) tidak benar untuk diterima oleh Angkatan Udara India dan Direktorat Jenderal Jaminan Mutu Dirgantara (DGAQA). Sepertinya pengaturan ini tidak selaras dengan ketentuan kontrak, seharusnya ditolak oleh Angkatan Udara India dan DGAQA.

Dalam hal apapun, Angkatan Udara India (IAF) seharusnya mendapat persetujuan dari Kementerian Pertahanan untuk menerima pesawat tempur dengan salah satu mesin bekas. India memiliki sekitar 230 unit jet tempur meskipun hanya setengah yang tersedia untuk operasional penerbangan. Selain itu, Sekitar 7 unit Sukhoi Su-30MKI telah jatuh sampai saat ini, mengakibatkan kerugian sebesar US $ 364 juta.

Bagikan Artikel:

  24 Responses to “Su-30MKI Baru Angkatan Udara India Gunakan Mesin Bekas”

  1. Kacian malon bakalan dpt spare part bekas

    • Hihihi… Salah Malay Sendiri Mau Di Barter Pake Pisang Malah Minta Di Barter Pake Mesin Bekas… 😆

    • Meong..meong. meong meong malon meong meong meong meong meong meong meong
      pokok pisang.
      Meong meong meong meong meong meong sukhoi su-35 meong meong meong meong tot meong meong meong meong meong meong tak de wang meong meong meong.

      • Hihihi… Sales HAL Mulai Lapar…

        #Maknnya Klau Nyales Yg Benar…

        • Meong..meong. meong meong malon meong meong meong meong meong meong meong
          pokok pisang.
          Meong meong meong meong meong meong Tejas meong meong meong meong Mesin Bekas meong meong meong meong meong meong tak de wang meong meong meong.

      • Meong..meong. meong meong malon meong meong meong meong meong meong meong
        pokok pisang.
        Meong meong meong meong meong meong Tejas meong meong meong meong Mesin Bekas meong meong meong meong meong meong tak de wang meong meong meong.

  2. skandal

  3. Kemaren kan sudah diangkat nih artikel

  4. indonesia pesawat bekas mesin baru,,, india ko malah kebolak

  5. Penyelewengan anggaran pemeliharaan su india tampaknya..

  6. Penuh skandal korupsi

  7. kalau di indonesia ” tipuan nya ” di bilang dg alutsista ghoib atau pun mutan…

  8. berita ulang xixixixixixi

  9. pilotnya juga bekas to

  10. anjrit dah, korupsinya kelas berat, sampai mesin jet tempur dikadalin pakai barang bekas. pantes kawasaki made in bajaj disini, kualitasnya amburadul. dan akhirnya pihak jepang ogah lanjutin kerjasama.

  11. sales rongsokborok juga
    sama busuknya.

  12. Mantap jg korupsi berjamaahnya!

 Leave a Reply