Jan 302019
 

Kapal selam INS Kalvari, kapal pertama dari enam kelas Scorpene pesanan India melaksanakan uji coba laut © Indian Navy via Wikimedia Commons

Enam kapal selam kelas Scorpene sedang diproduksi di fasilitas Mazgaon Dock Limited India dengan dukungan teknis dari perusahaan pembuat kapal angkatan laut Perancis Naval Group, yang sebelumnya dikenal sebagai DCNS. Keenam kapal selam itu diperkirakan akan bergabung dengan Angkatan Laut India pada tahun 2022.

Dengan enam kapal selam kelas Scorpene yang diperkirakan akan bergabung dengan Angkatan Laut India dalam empat tahun ke depan, kementerian pertahanan India telah berencana untuk membangun fasilitas perbaikan canggih.

Kementerian pertahanan India telah menandatangani kontrak senilai $ 57,59 juta dengan perusahaan Thales Perancis untuk mendirikan fasilitas perbaikan di pelabuhan di lepas pantai timur, kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan India kepada Sputnik dengan syarat anonimitas.

“Kementerian menandatangani kontrak untuk mendirikan fasilitas perbaikan tingkat lanjut untuk sistem pengawasan bawah laut, langkah-langkah dukungan elektronik dan sistem komunikasi eksternal untuk kapal selam Scorpene (P-75) untuk Angkatan Laut India dengan Thales DMS France,” kata pejabat itu.

Seorang pejabat lain mengatakan kepada Sputnik bahwa fasilitas perbaikan akan membantu dalam perbaikan enam kapal selam kelas Scorpene, tanpa penundaan. Pemerintah India juga berusaha untuk memastikan bahwa perusahaan Perancis melatih teknisi India yang bekerja di fasilitas perbaikan, sementara segera membuat peralatan untuk pekerjaan perbaikan tersedia bagi mereka.

Kapal selam kelas Scorpene sedang diproduksi di fasilitas Mazgaon Dock Limited dengan dukungan teknis dari perusahaan pembuat kapal angkatan laut Perancis, Naval Group, yang sebelumnya dikenal sebagai DCNS. Kapal pertama dijadwalkan mulai beroperasi pada 2012, tujuh tahun setelah menandatangani kesepakatan, tetapi pembuat kapal MDL India hanya bisa mengirimkan kapal selam paling cepat Desember 2017.

Dua kapal selam kelas Scorpene lainnya sekarang akan bergabung dengan Angkatan Laut India pada 2019. Selanjutnya, setiap tahun setelah 2019, satu kapal selam akan dikirim ke Angkatan Laut India, dengan yang terakhir memasuki layanan pada 2022.

Pada tahun 2022, Angkatan Laut India mengharapkan setidaknya 18 kapal selam untuk melayani, di mana delapan akan dibuat di dalam negeri.

Sumber: Sputnik News

 Posted by on Januari 30, 2019

  2 Responses to “India Segera Bangun Fasilitas Perbaikan Kapal Selam Kelas Scorpene”

  1.  

    semua lulusan yg sekolah di rusia sdh pd bisa bikin pswt.dan perbaiki ,service peralatan tempur.
    yg ga lulus cari tot.com

  2.  

    Kalo anggaran militer Indonesia Rp.140 triliun setahun. Beli KS tipe U-214 dari Turki, KS Scorpen 1.000 masing2 3 unit mah bisa atuh. Sekalian ToT lagi. Nah kalo udah bisa baru deh beli KS KILO 2 unit minta ToT juga. Kalo enggak kan bisa di bongkar sendiri untuk dipelajari. Udah punya ilmu nya ini. Tapi kalo masih banyak uang jangan KILO dulu. Tapi A26 Swedia atau U-212 dulu mana yang mau kasih ToT itu yang diambil.