Agu 082019
 

Jet tempur Su-30MKI sukses uji tembak rudal BVR Astra © Kemenhan India via Wikimedia Commons

India telah menyelesaikan pengembangan “Astra” rudal udara-ke-udara Beyond Visual Range (BVR) pertama buatan India, rilis beberapa laporan.

Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) yang bertanggung jawab atas pengembangan rudal jarak jauh tersebut. Uji coba darat terhadap Astra sudah dimulai pada Desember 2012 dan sudah dilakukan uji coba penerbangan bersama platform jet tempur Su-30MKI pada April 2013. Rudal Astra pertama kali diluncurkan dari Su-30MKI pada Mei 2014, dan sejauh ini sudah 27 rudal telah ditembakkan untuk memastikan dan memvalidasi kinerjanya, tulis Defenseworld.

Astra dirancang untuk membawa hulu ledak prefragmented 15 kg, yang diaktifkan oleh Radio Proximity Fuse. Rudal ini memiliki kemampuan Electronic Counter-Countermeasure (ECCM) yang baik untuk memungkinkannya beroperasi menghadapi serangan Electronic Countermeasure (ECM).

Rudal Astra Mark 1, yang berhasil menyelesaikan uji coba baru-baru ini, memiliki jangkauan peluncuran maksimum hingga 100 km, kecepatan 4,5 Mach dan dapat diluncurkan hingga ketinggian 20 km (66.000 kaki).

 Posted by on Agustus 8, 2019

  18 Responses to “India Selesaikan Pengembangan Rudal Jarak Jauh ASTRA”

  1.  

    Wah, pengganti R-77 nih. Mungkin karena India udah gak percaya diri lagi pake tuh rudal buatan Rusia. Hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh hhhhhhhhhhhhh

  2.  

    Up to 60 km yg dimaksud adalah jarak efektif rudal utk menghancurkan pesawat sementara jarak 130 km adlh jarak rudal setelah ditembakkan dr pesawat sampai bahan bakar rudalnya habis.

    •  

      Jangan berasumsi dong bung Whiteflag, R-27 sendiri ada banyak varian.

      R-27T: up to 40 km
      R-27R: up to 80 km
      R-27P: up to 80 km
      R-27ER: up to 130 km
      R-27ET: up to 120 km
      R-27EP: up to 130 km
      R-27EA: up to 130 km
      R-27EM: up to 170 km

      Jd apakah media India berasumsi yg dibeli adalah yg up to 60 km? Ataukah mereka menulis itu berdasarkan informasi dari narasumber mereka?

  3.  

    Rudal udara keudara memiiki jarak efektifnya tersendiri krn dirancang utk mengejar target yg memiliki kemampuan terbang dng kecepatan tinggi serta manuver yg lincah dgn bahan bakar yg terbatas ,semkin jauh jarak jet tempur dari jangkauan efektif rudal semakin besar kemungkinan jet tempur akan lolos karena kemampuan rudal utk bermanuver dan mengejar semakin berkurang.walaupun begitu rudal yg kehilangan targetnya masih akan tetap terbang sampai bhan bakarnya habis.rudal r27 alamo adlh rudal jarak menengah yg cocok utk dogfight.

  4.  

    SDM India memang top cerdas,ulet dan super pelit……mantap