India Selidiki Insiden Helikopter Yang Ditembak Jatuh Rudal India Sendiri

Sistem rudal anti pesawat medium SPYDER India (foto : Hindustan Times)

JakartaGreater.com – Sebuah rudal anti pesawat India mungkin telah menembak jatuh helikopter militernya sendiri pada 27 Februari saat mencoba menghadang pesawat tempur Pakistan yang mencoba masuk ke wilayah udara India, ujar laporan The Economic Times, yang dikutip Sputniknews.com, 29/3/2019.

Rudal pertahanan udara India yang kemungkinan adalah sistem SPYDER buatan Israel mungkin telah menembak jatuh helikopter militer Mi-17 V5 milik India.

Insiden itu terjadi sehari setelah Angkatan Udara India (IAF) membalas serangan militan Pulwama ke dalam wilayah Pakistan.

Helikopter Mi-17 V5 lepas landas dari lapangan terbang Srinagar pada pukul 10:00 waktu setempat untuk misi rutin. Helikopter itu jatuh sekitar pukul 10:10 pagi di dekat Jammu dan distrik Budgam di Kashmir, dan menewakan keenam penumpang didalamnya.

Helikopter Mi-17 V5 yang terbang lambat mungkin bisa keliru dan disangka sebagai UAV bersenjata Pakistan yang rendah terbang menuju pangkalan udara India. Sebelumnya beberapa waktu lalu, sistem pertahanan udara SPYDER India berhasil menembak jatuh drone yang diterbangkan Pakistan untuk memata-matai perbatasan India.

Angkatan Udara India masih menyelidiki insiden tersebut dan menyatakan tidak akan ragu untuk menghukum personel yang bersalah.

Tinggalkan komentar