India Siapkan MLRS Pinaka Hadapi Ancaman China

New Delhi, Jakartagreater.com  – India pada Rabu 4-11-2020, berhasil menguji coba versi lanjutan dari sistem roket multi-barel (MRLS) Pinaka buatan domestik, ujar Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) India.

“Versi lanjutan dari Sistem Roket PINAKA, yang dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) telah berhasil diuji terbang dari  lokasi Tes  di Chandipur di lepas pantai Odisha,  pada Rabu  4 November 2020,” tulis DRDO di Twitter.

Organisasi militer itu menambahkan, total ada 6 roket yang diluncurkan. “Versi roket PINAKA yang ditingkatkan akan menggantikan roket Pinaka Mk-I yang saat ini sedang diproduksi,” kata DRDO.

MLRS Pinaka Upgrade India. (@ India DoD)

Sebuah sumber di organisasi tersebut mengatakan kepada surat kabar Hindustan Times bahwa Rudal baru itu mampu mencapai target pada jarak 60 hingga 90 kilometer (37 hingga 56 mil), dirilis Sputniknews.com.

“Pinaka yang diupgrade dikembangkan untuk melawan ancaman Tentara China di Ladakh Timur, dimana China mengerahkan sejumlah besar Resimen roket untuk mendukung senjata artileri. Resimen roket merupakan pusat perang Tiongkok untuk pemboman untuk menggempur target. MLRS Pinaka upgrade dan Pinaka (guided) telah diizinkan untuk ditempatkan di perbatasan, “kata pejabat DRDO, dikutip di outlet media.

Tidak adanya batas perbatasan yang ditandai antara China dan India telah menjadi sumber ketegangan selama beberapa dekade. Garis Kontrol Aktual, garis demarkasi longgar yang memisahkan wilayah, dibuat setelah perang 1962 sebagai kompromi.

Ketegangan atas sengketa perbatasan antara raksasa Asia di wilayah Kashmir memuncak pada pertengahan Juni 2020 ketika kontak tembak mematikan pecah antara tentara dari kedua belah pihak di daerah tinggi di wilayah Ladakh yang disengketakan.

India mengatakan bahwa 20 tentaranya tewas dalam pertempuran itu sementara sejumlah tentara China yang dirahasiakan jumlahnya diyakini tewas. Itu adalah pertama kalinya dalam hampir 60 tahun sengketa perbatasan antara keduanya, yang secara efektif tidak pernah diselesaikan, mengakibatkan korban jiwa.

Satu pemikiran pada “India Siapkan MLRS Pinaka Hadapi Ancaman China”

Tinggalkan komentar