India Sukses Uji Rudal Agni I Berkemampuan Nuklir

7
Rudal Agni India
Rudal Agni India

India mengklaim telah berhasil menguji tembak rudal balistik Agni-I berkemampuan nuklir buatan dalam negeri. Uji tembak rudal yang memiliki jangkauan 700 km ini dilakukan di pantai Odisha.

Rudal ditembakkan dari peluncur mobile pukul 10.10 pagi (22/11/2016) dari situs peluncuran Pad-4 Integrated Test Range (ITR) di Abdul Kalam Island (Wheeler Island), Odisha, seperti disampaikan para pejabat pertahanan India.

“Peluncuran rudal merupakan bagian dari latihan Pasukan Komando Strategis Angkatan Darat (SFC) India,” ujar salah satu pejabat pertahanan India yang berbicara dalam identitas anonim.

”Peluncuran dilakukan sebagai kegiatan pelatihan berkala oleh SFC untuk mengkonsolidasikan kesiapan operasional,” ujar pejabat pertahanan India itu, yang dikutip The Hindu Business Line.

Lintasan rudal telah dilacak oleh radar canggih, stasiun pengamatan telemetri, instrumen elektro-optik dan kapal angkatan laut mulai dari peluncuran hingga rudal menghantam area target dengan akurat.

Rudal Agni-I dilengkapi dengan sistem navigasi canggih yang menjamin mencapai target dengan tingkat akurasi dan presisi yang tinggi. Berat rudal mencapai 12 ton dengan panjang mencapai 15 meter. Rudal ini dirancang untuk membawa muatan lebih dari satu ton.

Rudal Agni-I dikembangkan oleh laboratorium pengembangan rudal utama DRDO yang bekerjasama dengan Laboratorium Penelitian, Pengembangan Pertahanan dan Pusat Penelitian Imarat yang terintegrasi dengan Bharat Dynamics Ltd, Hyderabad.

Sumber : Sindonews.com

20 KOMENTAR

  1. TNI sudah punya rudal balistik Iskander, jarak tembak 300 – 500 km, cuman jika di tembakan dari pulau Jawa, apakah bisa menjangkau Malaysia, China selatan, Singapura, Australaia timur ataupun pulau cristmas? Coba kalau di geser di dekat wilayah yg berdekatan dgn musuh seperti di NTT, Irian Jaya, Jawa Selatan, Kalimantan Timur/Barat dan Pekanbaru misalnya…sangatlah tepat mengancam musuh.