Feb 212018
 

Agni 2 Missile (photo : drdo.gov.in)

New Delhi, Jakartagreater.com – Rudal balistik berkemampuan nuklir jarak menengah yang dikembangkan India, Agni II berhasil diuji coba hari selasa pukul 8.30 pagi, di kompleks peluncuran di Pulau Abdul Kalam, lepas pantai Odisha. Uji coba ini dilakukan oleh Komando Pasukan Strategis (SFC) Angkatan Darat India sebagai bagian dari pelatihan user, kata seorang pejabat kementerian pertahanan India, dirilis yang ndtv.com.

Organisasi Riset dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) India telah berhasil menguji coba rudal nuklir Agni-V terjauh yang pada bulan Januari dan rudal nuklir jarak pendek Agni-I pada awal bulan ini.

Menteri Piyush Goyal dalam pesan Twitter memberi selamat kepada para ilmuwan dan mengatakan Agni II akan memperkuat kemampuan pertahanan India.

Adapun kemampuan dari rudal Agni II antara lain :

1. Rudal jarak menengah berkemampuan nuklir Agni II dibuat secara independen di dalam negeri dan telah bergabung ke dalam Angkatan Darat India.

2. Rudal Agni II memiliki jangkauan tembakan lebih dari 2.000 km dengan panjang 20 meter.

3. Rudal Agni II berbobot 17 ton dan bisa membawa muatan 1.000 kg.

4. Rudal dua tingkat Agni II dilengkapi dengan sistem navigasi akurasi tinggi yang canggih.

5. Sistem navigasi di rudal Agni II dipandu oleh skema baru sistem komando dan kontrol mutakhir yang didorong oleh sistem propelan roket padat.

Agni-II dikembangkan oleh Advanced Systems Laboratory bersama dengan laboratorium DRDO lainnya dan diintegrasikan oleh Bharat Dynamics Limited, Hyderabad.

Rudal ini merupakan bagian dari rangkaian rudal Agni yang mencakup Agni-I dengan jarak 700 km, Agni-III dengan jarak 3.500 km, Agni-IV dan Agni-V keduanya memiliki kemampuan jarak jauh.

Prototype pertama dari rudal Agni-II dimunculkan pada tanggal 11 April 1999 dan peluncuran terakhir adalah percobaan oleh user pada tanggal 4 Mei 2017.