India Sukses Uji Rudal Hipersonik Shaurya

Jakartagreater.com  –  Setelah konflik perbatasan yang membara dengan China di wilayah Timur Ladakh, India telah meningkatkan tindakannya dengan mempercepat beberapa perjanjian pengadaan peralatan pertahanan dengan berbagai negara dan meresmikan senjata baru untuk meningkatkan kekuatan militernya, dirilis Sputniknews.com pada Selasa 6-10-2020.

Pemerintah India telah menyetujui induksi Rudal Hipersonik permukaan-ke-permukaan “Shaurya” di tengah ketegangan perbatasan dengan China di Garis Kontrol Aktual di Ladakh, menurut Hindustan Times.

Rudal tersebut, yang lebih dikenal sebagai versi darat dari BA-05 yang diluncurkan kapal selam, telah dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) milik negara India.

Dengan kemampuan membawa hulu ledak dengan muatan hingga satu ton, Rudal tersebut memiliki jangkauan serang 750 km. Rudal dapat meluncur dengan kecepatan Hipersonik – 6 kali kecepatan suara dan mencapai ketinggian 40 km.

Uji coba pengembangan senjata diselesaikan pada tahun 2011. Varian darat dari Rudal tersebut berhasil diujicobakan di negara bagian pesisir kota Balasore Odisha pada tanggal 3 Oktober 2020. Pasukan strategis India akan segera menyelesaikan titik penempatan Rudal Supersonik, sumber pemerintah mengatakan kepada Hindustan Times.

Induksi ini dilakukan setelah India berhasil menguji tembak Supersonic Missile Assisted Release of Torpedo (SMART). Disebut sebagai terobosan besar, SMART dielu-elukan sebagai induk dari semua senjata Angkatan Laut – Rudal memiliki jangkauan hampir 350 mil laut.

Demikian pula, India juga telah mengerahkan Rudal jelajah anti-kapal supersonik dan Rudal jelajah darat BrahMos ke perbatasan. Sementara itu, Rudal jelajah Subsonik “Nirbhay” (tak kenal takut) India – dengan jangkauan 800 km – juga bersiap untuk uji tembak dalam beberapa minggu mendatang.

Hubungan Indo-China mencapai titik terendah baru pada 15 Juni 2020, ketika bentrokan mematikan antara pasukan kedua negara terjadi di wilayah Timur Ladakh.

Kedua negara saling menuduh melanggar Garis Kontrol Aktual yang dibatasi secara longgar. Serangkaian pembicaraan tingkat tinggi antara kedua belah pihak sejauh ini gagal membuahkan hasil.

Satu pemikiran pada “India Sukses Uji Rudal Hipersonik Shaurya”

Tinggalkan komentar