Des 242018
 

Agni-IV India. (DRDO / Ministry of Defence, Government of India)

Balasore – India pada hari Minggu, 23/12/2018 berhasil melakukan uji coba penembakan rudal balistik jarak jauh berkemampuan nuklir Agni-IV, dengan jangkauan serangan 4.000 km, sebagai bagian dari percobaan pengguna oleh Angkatan Darat. Rudal Agni-IV yang strategis ke permukaan diuji penerbangan dari kompleks peluncuran-4 dari Test Range Terpadu (ITR) di Pulau Dr Abdul Kalam, yang sebelumnya dikenal sebagai Pulau Wheeler, sekitar pukul 8.35 pagi, kata sumber-sumber pertahanan India, dirilis NDTV.com.

Peluncuran itu digambarkan sebagai “keberhasilan penuh, dan mengatakan semua tujuan misi dipenuhi selama uji coba. Semua radar, sistem pelacakan, dan stasiun jangkauan melacak dan memantau kinerja penerbangan rudal, yang diluncurkan dengan dukungan peluncur mobile.

Radar dan sistem elektro-optik telah diposisikan di sepanjang pantai Odisha untuk melacak dan memantau semua parameter rudal, kata sumber itu, menambahkan dua kapal angkatan laut berlabuh di dekat daerah target untuk menyaksikan acara terakhir.

Ini adalah percobaan ke-7 dari rudal Agni-IV. Uji coba terakhir yang dilakukan oleh komando pasukan strategis (SFC) Angkatan Darat India dari pangkalan yang sama pada 2 Januari 2018 dan berhasil.

Rudal Agni-IV canggih yang dikembangkan dengan kemampuan dalam negeri India memiliki jarak tembak 4.000 km dan bersifat rudal dua tahap. Panjangnya 20 meter dengan berat 17 ton.

Agni-IV India. (DRDO / Ministry of Defence, Government of India)

“Rudal canggih dilengkapi dengan avionik modern memberikan tingkat keandalan dan presisi yang tinggi,” kata sumber-sumber Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO).

Rudal Agni-IV dilengkapi dengan Avionik canggih, On Board Computer generasi ke-5 dan arsitektur terkini.

Ini memiliki fitur terbaru untuk memperbaiki dan membimbing dirinya sendiri untuk gangguan dalam penerbangan, kata mereka.

Sistem Navigasi Inersia (RINS) berbasis Ring Laser Gyro yang akurat, didukung oleh Sistem Navigasi Mikro (MINGS) yang sangat andal, memastikan kendaraan mencapai target dengan akurat.

Perisai panas dapat menahan suhu di kisaran 4000 derajat celcius dan memastikan avionik berfungsi normal dengan suhu di dalam tetap kurang dari 50 derajat celcius.

Rudal balistik seperti Agni-I, II dan III dan Prithvi telah dimasukkan dalam gudang senjata angkatan bersenjata, yang memberi India kemampuan pencegahan yang efektif.

 Posted by on Desember 24, 2018