Sep 272018
 

Jet tempur Su-30MKI sukses menguji tembak rudal BVR Astra © Kemenhan India via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Rudal BVR-AAM Astra memiliki roket motor dual pulse, sehingga membuatnya sangat bermanuver selama pengejaran dan dengan demikian memberikan misil dengan probabilitas membunuh yang tinggi dalam sekali tembak (SSKP), seperti di lansir dari laman pengumuman Kementerian Pertahanan India.

Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO), yang bekerjasama dengan Angkatan Udara India telah berhasil menguji coba Astra, rudal udara-ke-udara diluar jangkauan visual (BVR-AAM), dari jet tempur Su-30MKI pada hari Rabu.

Rudal tersebut dapat melibatkan target pada jarak 90 – 120 km ketika diluncurkan pada ketinggian 15 km, jarak 44 km ketika diluncurkan pada ketinggian 8 km dan jarak 21 km ketika diluncurkan dari permukaan laut.

“Rudal tersebut berhasil melakukan manuver target dengan ketepatan tinggi yang telah memenuhi tujuan misi. Dalam serangkaian uji coba yang diadakan hingga saat ini, Astra telah diluncurkan melalui jet tempur Su-30MKI”, sebut Kementerian Pertahanan India.

Menambahkan bahwa pengujian penerbangan ini sangat signifikansi karena merupakan bagian dari serangkaian uji coba pra-induksi akhir. Kemenhan India mengklaim bahwa Astra adalah yang terbaik di kelasnya dan telah mengalami lebih dari 20 pengujian selama pengembangan.

Rudal udara-ke-udara jarak jauh Astra buatan India © Rajan Manickavasagam dan Christian Alexander Tietgen via Wikimedia Commons

Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman memuji upaya tersebut dan mengatakan bahwa India telah mencapai tingkat kemampuan yang tinggi dalam bidang desain serta pengembangan sistem persenjataan canggih.

Tahun lalu, DRDO telah menggantikan radar pencari aktif 9B1103M Agat buatan Rusia yang digunakan pada rudal Astra versi awal, dengan seeker Ku-band buatan India yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Imarat (RCI) di Hyderabad.

Perusahaan milik negara India, Bharat Dynamics Ltd (BDL) telah membuat pengaturan untuk memasok pesanan massal lebih cepat dari jadwal lewat fasilitas produksi khusus yang didirikan di negara bagian selatan, Andhra Pradesh.

  2 Responses to “India Sukses Uji Tembak Rudal Astra dari Su-30 MKI”

  1.  

    mantap india karena pake “m”, klo pake “s” akan menjadi santap

  2.  

    Benahi dulu infrastruktur mu…dek.

 Leave a Reply