India Terima Resimen Pertama Sistem Pertahanan S-400 Akhir Tahun Ini

Alutsista – India akan menerima set Resimen pertama sistem Rudal permukaan-ke-udara Rusia S-400 pada akhir tahun ini, ungkap Duta Besar India untuk Rusia Bala Venkatesh Varma dalam penjelasannya pada hari Kamis, 29/4/2021.

“Kumpulan Resimen pertama akan tiba di India pada akhir tahun ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa kontrak itu dilaksanakan sesuai dengan jangka waktu, dikutip TASS.com.

New Delhi mengumumkan niatnya untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia pada tahun 2015. Kontrak senilai $ 5,43 miliar untuk pengiriman 5 set resimen sistem Rudal anti-pesawat S-400 ‘Triumf’ ditandatangani selama kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke India pada bulan Oktober 2018.

S-400 ‘Triumf’ Rusia (NATO melaporkan nama: SA-21 Growler) adalah sistem Rudal permukaan-ke-udara jarak jauh dan menengah terbaru yang mulai beroperasi pada tahun 2007.

Sistem pertahanan ini dirancang untuk menghancurkan pesawat strategis dan taktis, Rudal jelajah dan balistik serta senjata hipersonik dan juga dapat digunakan melawan instalasi darat. S-400 dapat menyerang target pada jarak hingga 400 km dan pada ketinggian hingga 30 km di bawah tembakan dan gangguan musuh yang intensif.

*Foto: Sistem pertahanan Udara S-400 (@ Rusia MoD).