India Tidak Khawatir Pembelian 8 Kapal Selam Pakistan dari China

13
30

fil41_49303157

China secara resmi mengakui akan memasok delapan kapal selam ke Pakistan. Saat ini, Pakistan mengoperasikan lima kapal selam buatan Prancis sementara India mengoperasikan 14 kapal selam.

Wakil Laksamana GS Pabby, yang juga kepala pengawas produksi dan akuisisi kapal perang Angkatan Laut India, mengatakan, “Kami tidak peduli kesepakatan (China dan Pakistan). Kami hanya peduli tentang program kapal selam kami yang saat ini berjalan terlambat. Meski China menjual delapan kapal selam ke Pakistan, Angkatan Laut India masih jauh di depan dan lebih kuat dari Pakistan. ”

Kesepakatan akuisisi kapal selam Pakistan senilai antara US$ 4 – 5 miliar. Berdasarkan kesepakatan itu, empat kapal selam akan dibuat di galangan kapal Pakistan dan sisanya dibangun di Cina. China akan memasok empat kapal selam hingga tahun 2023.

Saat ini, Pakistan mengoperasikan lima kapal selam Agosta class buatan Perancis, sementara India memiliki 14 kapal selam termasuk satu kapal selam Akula class dan 9 kapal selam kilo class buatan Rusia. Pakistan memiliki garis pantai sepanjang 685 mil sedangkan India memiliki garis pantai yang membentang 4.670 mil.

Sementara itu, India telah menugaskan kapal selam bertenaga nuklir pertama buatan India, INS Arihant pada bulan Agustus. India juga sedang melakukan sea trial kapal selam Scorpene pada Mei dan diharapkan sudah dapat bergabung dengan Angkatan Laut India pada tahun ini.

13 KOMENTAR