India Uji Coba MP-ATGM, Peluncur Rudal Anti-Tank Portabel

Jenis-jenis rudal anti-tank dalam Aero India 2015 © Force India

JakartaGreater.com – India menguji coba peluncuran rudal menggunakan Man Portable Anti-Tank Guided Missile (MP-ATGM) buatan dalam negeri di wilayah Pokhran, Rajasthan pada hari Kamis, seperti terlihat dalam rekaman video yang dipublikasikan dari laman Economic Times.

“Dari kedua pengujian, rudal itu menghantam sasaran yang ditentukan dengan tepat pada jangkauan yang berbeda. Semua tujuan misi ini telah tercapai”, demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan India.

Ini adalah uji coba ganda, pengujian pertama dilakukan pada hari Rabu. Produksi massal dari rudal tersebut diperkirakan akan dimulai pada tahun 2021. Awal pekan ini, India juga menguji coba roket Pinaka, yang dimaksudkan untuk melakukan serangan presisi di jarak hingga 90 kilometer.

Dilengkapi dengan hulu ledak anti-tank berdaya ledak tinggi (HEAT), MP-ATGM itu tepat mencapai target dalam radius 2,5 km. Rudal itu dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) milik pemerintah India.

MP-ATGM dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Radar Pencari Citra Inframerah (IIR) dengan avionik terintegrasi. Rudal-rudal tersebut biasanya adalah roket anti-tank yang diluncurkan dari bahu. Itu senjata yang merupakan ancaman terhadap kendaraan lapis baja, pesawat terbang rendah (terutama helikopter), dan benteng pertahanan.

Tinggalkan komentar