Feb 122019
 

JakartaGreater.com – India telah menguji meluncurkan salah satu senjata anti-tank paling canggih buatan dalam negeri, dari pantai Odisha yang ditembakkan helikopter pada hari Jumat, seperti dilansir dari laman The Economic Times.

Helina merupakan versi dari rudal dipandu anti-tank Nag yang diluncurkan dari helikopter (Helicopter-launched Nag) dengan jangkauan 7 – 8 km, diluncurkan dari helikopter Angkatan Darat India. Sistem rudal itu diuji jangkauan penuhnya pada pukul 12.55 waktu setempat di Area Uji Terpadu di Chandipur, Balasore, kata sumber pertahanan.

Selama pengujian rudal anti-tank Helina dilepaskan dengan lancar dari platform peluncuran, setelah itu rudal langsung melacak targetnya sepanjang jalurnya untuk menyerang dengan presisi tinggi.

Dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan atau DRDO, rudal itu adalah salah satu senjata anti-tank paling canggih di dunia, kata sumber itu memujinya.

Rudal anti-tank Helina dipandu oleh seeker pencitraan inframerah (IIR) yang beroperasi dalam mode lock-on sebelum peluncuran dan itu akan meningkatkan lebih lanjut kemampuan pertahanan negara.

Semua parameter dalam uji terbang itu dipantau oleh stasiun telemetri, sistem pelacakan dan helikopter yang digunakan oleh Angkatan Darat India.

Pada 13 Juli 2015, tiga uji coba amunisi Helina dilakukan di lapangan tembak di Jaisalmer di Rajastan. Helina juga berhasil melakukan uji-tembak dari helikopter Rudra di lapangan uji Pokhran pada 19 Agustus tahun lalu.