India Uji Rudal Agni-III Jangkauan 3000 Km

New Delhi, Jakartagreater.com  – India dan Pakistan telah melakukan serangkaian uji coba Rudal dalam beberapa pekan terakhir di tengah eskalasi perbatasan dengan latar belakang ketegangan atas wilayah Kashmir yang disengketakan, dirilis Sputniknews.com pada Sabtu 30-11-2019.

India berhasil menguji dan menembakkan Rudal balistik jarak menengah, Agni-III, pada hari Sabtu 30-11-2019, yang merupakan uji coba pertama Rudal. Agni-III, yang memiliki jangkauan lebih dari 1.862 mil (3000 km), berhasil mencapai targetnya, sumber pertahanan dikonfirmasi.

Rudal ini dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO), badan Kementerian Pertahanan Nasional India yang bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan militer. Rudal Agni-III telah beroperasi sejak 2011.

Awal bulan ini, DRDO juga melakukan percobaan perdana Agni-II, yang merupakan bagian penting dari strategi perang terbatas India. Ilmuwan pertahanan India melakukan serangkaian uji coba Rudal berkemampuan nuklir, seperti Agni-II, Prithvi, dan Rudal jelajah supersonik Brahmos, sementara militer Pakistan melakukan tes Shaheen 1 dan Balistik permukaan-ke-udara lainnya misil.

Sumber-sumber pertahanan juga telah mengkonfirmasi bahwa militer India akan melakukan uji coba Rudal Balistik kapal selam K4 yang diluncurkan pada pertengahan Desember 2019.

Tes datang dengan latar belakang penembakan terus-menerus di perbatasan India-Pakistan selama 4 bulan terakhir setelah New Delhi mencabut status khusus yang diberikan kepada wilayah Kashmir yang disengketakan pada 5 Agustus 2019.

2 pemikiran pada “India Uji Rudal Agni-III Jangkauan 3000 Km”

Tinggalkan komentar