Jan 162019
 

Agni-IV India. (DRDO / Ministry of Defence, Government of India)

Rudal balistik berkemampuan nuklir permukaan-ke-permukaan jarak jauh Agni V telah berhasil diluncurkan dari sebuah tabung di sebuah peluncur di Pulau Dr Abdul Kalam di lepas pantai Odisha, India.

Operasi peluncuran dilakukan dan dipantau oleh Komando Pasukan Strategis di hadapan Ilmuwan dari Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) dan pejabat terkait lainnya.

Media lokal setempat melaporkan bahwa Agni-V merupakan bagian dari rangkaian rudal Agni, salah satu sistem rudal di bawah Program Pengembangan Rudal Terpandu Terpadu yang asli. Kepala DRDO V.K. Saraswat awalnya menolak untuk mengungkapkan kisaran tepat Agni-V.

Namun, kemudian, dia menggambarkan Agni V sebagai rudal dengan jangkauan 5.500–5.800 km. Du Wenlong, seorang peneliti di Akademi Ilmu Militer PLA China, mengatakan kepada Global Times bahwa rudal itu memiliki jangkauan sekitar 8.000 kilometer (5.000 mil).

Semua tujuan misi berhasil dicapai. Peluncuran ini dilakukan setelah serangkaian peluncuran rudal yang sukses, lapor media lokal.

BBC melaporkan bahwa peluncuran itu menandai saat India bergabung dengan “klub nuklir elit” yang juga termasuk Cina, Rusia, Prancis, AS, Inggris, dan mungkin Israel.

Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen menyatakan bahwa mereka tidak menganggap India sebagai ancaman rudal, juga bukan ancaman bagi NATO dan sekutu-sekutunya, kendati ada kemajuan India dalam teknologi rudal.

Sumber: ukdefencejournal

 Posted by on Januari 16, 2019