Sep 212018
 

Ilstrasi peluncuran rudal © Tech. Sgt. James D. Mossman via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Laboratorium pertahanan milik negara India telah berhasil menguji coba peluncuran rudal balistik taktis Prahaar pada hari Kamis, 20 September 2018, membuka jalan bagi induksinya ke Angkatan Bersenjata India, seperti dilansir dari laman Financial Express.

Pengujian tersebut dilakukan di fasilitas uji pertahanan yang terletak dibagian timur negara itu sekitar pukul 13:35 waktu India. Tes pertama dari rudal itu dilakukan pada 21 Juli 2011.

“Semua sistem berfungsi normal dan mencapai target sesuai buku panduannya. Ini akan diinduksikan ke Angkatan Darat India setelah beberapa tes lagi”, kata seorang pejabat pertahanan India. “Uji peluncuran berhasil saat rudal itu menempuh jarak 200 km sebelum membidik target, mencapai semua tujuan misi”.

Rudal balistik taktis jarak pendek Prahaar dirancang untuk membawa hulu ledak konvensional dengan tujuan untuk menetralisir ancaman yang berasal dari rudal Nasr Pakistan, sebuah rudal nuklir taktis yang dapat menghancurkan unit-unit lapis baja inventaris Angkatan Darat India.

Rudal balistik taktis jarak pendek, Prahaar © Somatrix via Wikimedia Commons

Sistem rudal, dengan jangkauan 150 kilometer, akan menjembatani kesenjangan antara Pinaka, sistem roket multi-barel (MLRS) dengan jangkauan 70 km dan Prithvi-II dengan jarak 350 km.

India juga memiliki roket terarah yang diimpor dari Rusia dengan jangkauan 90 km. Rudal Prahaar dilengkapi dengan hulu ledak Omni-directional dan dapat digunakan untuk memukul target taktis dan strategis.

Prahaar adalah rudal satu tahap, berpropelan padat dengan panjang 7,3 meter dan diameter 420 mm. Rudal itu dapat diluncurkan dalam beberapa menit di semua kondisi cuaca, yang terbukti efisien, ketika rudal itu ditembakkan di tengah hujan lebat pada hari Kamis. Rudal itu memiliki berat 1.280 kg dan hulu ledak 200 kg.

Menurut Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO), rudal itu dapat menghancurkan banyak sasaran. “Prahaar adalah rudal paling hemat biaya di kelasnya”, kata seorang pejabat DRDO kepada media setelah tes awal.

Bagikan:

  2 Responses to “India Uji Tembak Rudal Balistik Taktis 200 Km”

  1.  

    Yah, sukses buat bung @Prahaar yang telah berhasil mencapai target, kami pun menunggu bung @Pasopati dan bung @Guntur alias bung @Petir untuk segera bergegas menyusul anda koq 😀

 Leave a Reply