India Upgrade Besar-Besaran Armada Kapal Selamnya

India akan memulai program upgrade enam kapal selam diesel elektrik tua. Salah satu kapal selam Kilo class, INS Sindhukesari saat ini sedang berlayar ke Rusia untuk menjalani program Major Refit And Life Certification (MRLC), program yang memperpanjang umur kapal selam hingga sepuluh tahun kedepan.

INS Sindhukesari adalah kapal selam Kilo yang mulai bertugas pada tahun 1989. Kapal selam diesel elektrik ini di upgrade karena terlambatnya pembangunan kapal selam baru.

Pada bulan Agustus 2014, Defence Acquisition Council India telah memberikan persetujuan untuk mengirim enam kapal selam untuk menjalani program MRLC, yang terdiri dari empat kapal selam Kilo class buatan Rusia dan dua kapal selam Type 209 buatan Howaldtswerke-Deutsche Werft (HDW) Jerman.

Program peremajaan kapal selam ini akan menelan biaya lebih dari Rs. 1000 crore (US $ 148 juta) untuk satu kapal selam. Dua kapal selam Kilo akan dikirim ke Rusia, sementara dua Kilo lainnya akan menjalani upgrade di Hindustan Shipyard Limited di Vizag, India. Dua kapal selam Type 209 akan diupgrade di India, masing-masing oleh Mazagaon Dock Limited (MDL) dan Naval Dockyard, Mumbai.

“Rencana upgrade mungkin direvisi karena jadwal pelantikan kapal selam Scorpene juga sedang dipercepat,” kata seorang pejabat Pertahanan India.

Pemerintah India telah menyetujui program ambisius ” 30 Year Submarine Construction Plan”, program yang mulai dicanangkan sejak tahun 1999 untuk membangun 24 kapal selam diesel elektrik melalui dua jalur produksi yang berbeda.

DefenceWorld

Sharing

Tinggalkan Balasan