Nov 052016
 

Tank Medium Marder RI Rheinmetall Landsysteme. (IHS/Patrick Allen)

Tank Medium Marder RI Rheinmetall Landsysteme. (IHS/Patrick Allen)


Rheinmetall Landsysteme dari Jerman telah membawa Tank Medium Marder RI (Republik Indonesia) ke Indo Defence 2016.

Tank Marder 1 merupakan kendaraan tempur infanteri (IFV) yang diproduksi untuk Angkatan Darat Jerman antara tahun 1971 dan 1975, sedangkan yang terbaru dari versi 1A5 IFV akan tetap digunakan hingga beberapa tahun mendatang. Perusahaan telah menjual kelebihan upgrade Marder 1A3 IFV ke Chili dan Indonesia.

Tank Medium RI pada dasarnya merupakan upgrade dari platform Marder 1A3 yang dilengkapi dengan tiga turret Oto Melara (Leonardo) Italia HITFACT. Peningkatan paling signifikan dalam platform ini adalah atap garis mengangkat untuk memberikan volume yang lebih internal, upgrade mesin diesel MTU, yang sekarang menjadi 690hp, peningkatan suspensi untuk meningkatkan mobilitas, dan paket armor modular.

HITFACT turret dipersenjatai dengan 105mm rifled gun fitted yang dilengkapi dengan selongsong termal, asap extractor, moncong rem dan moncong sistem referensi. Sebuah senapan mesin 7.62mm (MG) dipasang co-aksial dengan persenjataan utama dan jika diperlukan, 7.62mm MG bisa dipasang di atap.

HITFACT merupakan menara yang telah terbukti dan sudah diinstal pada Centauro (8×8) mobile gun system yang saat ini digunakan oleh Italia, Yordania, dan Spanyol. Menara ini dilengkapi dengan sistem pengendalian kebakaran terkomputerisasi (FCS) digabungkan untuk menstabilkan komandan dan memberikan pemandangan bagi penembak, yang keduanya memiliki saluran siang/termal dan laser rangefinder.

Tank Medium Marder RI tidak akan terlibat tank tempur utama lainnya; Peran utamanya adalah untuk mendukung pergerakan dan penurunan infanteri menggunakan senjata 105mm, yang dapat menembakkan berbagai jenis amunisi.

Rheinmetall percaya bahwa Tank Medium Marder 1 RI adalah solusi biaya-efektif untuk Indonesia, karena kendaraan dapat dikirimkan sekitar dua tahun setelah kontrak diberikan dan Tentara Nasional Indonesia sudah akrab dengan platform dasar Marder 1A3.

Platform upgrade yang sama digunakan untuk Tank Medium Marder 1 RI juga digunakan untuk aplikasi lain dan telah terbukti dalam kendaraan lapis baja pengangkut personel (APC) configuration fitted dengan sebuah Kongsberg remote weapon station (RWS) dipersenjatai dengan 0,50 M2 HB MG.

Sumber: IHS Janes

Bagikan:

  17 Responses to “Indo Defence 2016: Tank Medium Marder RI Menjadi Solusi “Cost-Effective””

  1.  

    Bagus ini

  2.  

    Pertamina dex

  3.  

    lebih bagus Tank Pindad yang bekerja sama dengan FNSS , Tank Marder hanya di khusus kan buat support saja tp Tank Pindad untuk Tank Perusak atau penghancur tank, dengan bobot ringan supaya lebih lincah dalam ber manuver. .

  4.  

    Buat apa bro

  5.  

    Ya terima barang Loakan…..

  6.  

    Sebenarnya kalau Tank Marder dan Tank Medium Pindad saling melengkapi..jika Tank Medium Pindad merupakan Tank serang murni untuk bantuan support tank MBT..sedangjkan Tank Marder masuk ke katagori Tank IFV (Tank angkut Infanteri) jadi fungsinya saling melengkapi..

  7.  

    Marder punya TNI AD diupgrade aja oleh PINDAD jadi seperti ini gak usah beli lagi

  8.  

    Maaf kita upayakan tank medium buatan sendiri untuk sat ini marder APC sudah cukup mengcover yon mekanis…tahun depan dupayakan oleh PT Pindad prototypenya smoga lancar amiiin…

  9.  

    Walau di upgrade, tp ttp aja image nya tank ringan yg sdh uzur, msh byk pilihan lain yg lbh muda, modern dan canggih, comtoh tank ringan rusia yg kemampuannya sdh tdk bs dianggap remeh oleh musuh…jgn gegabah beli yg tua, kt menhan kita akan modernisasikan semua alutsista yg ada, tp jika marder upgrade ini dibeli, ya bukan modernisasi dong, malah yg ada nti ruginisasi, krn mogok atau rusak maklum udah peot…ha ha ha

  10.  

    Semua bangsa menyiapkan diri untuk kedatangan perang dunia 3..apa kita sudah siap ?? Aku belum..

  11.  

    Apakah tank medium marder RI ini masih punya gen IFV nya . . maksudnya punya kompartemen yg cukup untuk angkut tambahan personel infanteri . . ? (Selain fungsi asasinya sbg medium tank )

  12.  

    Bhakakakkakakk…mak jlebbbb

  13.  

    Beli mbt aja bung leopart 2a6… katanya belande nyesal batal jual mbt ke indo ,, coba dong rayu lagi .mana tau si tukang keju mau jual tu mbt 2a6 .

  14.  

    indo..indo..ndasmu ngeneh tak kaplok

  15.  

    belajar sejarah dulu tentang battle of bulge, pertempuran tank di hutan ardennes belgia, mbt king tiger jerman teribat,

    http://67.media.tumblr.com/21552489ce739fd2ab02bb971e307aed/tumblr_nh7sq7XrK01r94kvzo1_500.jpg

 Leave a Reply