Jun 042013
 
Boeing Business Jet 2 (Photo: Boeing.com)

Boeing Business Jet 2 (Photo: Boeing.com)

Presiden SBY akan mendapatkan kado istimewa di bulan Agustus 2013, berupa Indonesia Air Force One BBJ2 yang siap mengantar Presiden untuk kunjungan ke dalam maupun luar negeri. Keberadaan pesawat kepresidenan ini diharapkan membantu kinerja presiden, khususnya ketika melakukan lawatan ke tempat yang jauh. Terbang ke luar negeri selama belasan jam, bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Apalagi ketika masuk jam tidur, tidak bisa merebahkan secara sempurna.

Pesawat kepresidenan nanti, dilengkapi dengan kamar tidur utama, kamar mandi dengan shower, ruang konferensi/ruang makan, dan kamar tamu. Badan pesawat terdiri dari dua lantai dan memiliki tempat duduk hingga 70 penumpang dengan konfigurasi mewah. Presiden akan merasa berada di rumah atau di ruang kerja, membuat energinya tidak habis terserap dengan kepenatan penerbangan yang panjang. Boeing 737-8U3(BBJ2) juga akan dilengkapi dengan alat komunikasi yang canggih serta sistem keamanan modern.

“Ya, Indonesia telah melakukan order khusus untuk Boeing Business Jet,” ujar Media Relations Boeing Commercial Airplanes AS, Doug Alder kepada wartawan, Selasa (4/6/2013).

Dari hitung-hitungan biaya, Pesawat kepresidenan ini bisa digunakan selama 35 tahun, sehingga Presiden berikutnya masih bisa menggunakan pesawat Boeing 737-8U3, setelah masa jabatan Presiden SBY habis tahun 2014. Kementerian Sekretariat Negara telah melakukan kalkulasi pada tahun 2009, bahwa pembelian pesawat kepresidenan akan lebih efektif untuk jangka panjang dibandingkan menyewa pesawat.

Pesawat Boeing 737-8U3(BBJ2) Indonesian Air Force dibeli Indonesia seharga US$ 91,2 juta atau sekitar Rp 820 miliar, dengan rincian: US$ 58,6 juta untuk badan pesawat, US$27 juta untuk interior kabin, US$ 4,5 juta untuk sistem keamanan, dan US$1,1 juta untuk biaya administrasi.

Pesawat ini dibeli dengan cara dicicil tiga kali sejak tahun 2010. Beberapa fitur tambahan dari Boeing Business Jet 2 antara lain: Enam tangki bahan bakar di badan pesawat agar bisa terbang nonstop selama 10-12 jam, sistem keamanan serta interior cabin.

Interior BBJ2 (Photo: airlinereporter.com)

Interior BBJ2 (Photo by Boeing)

Interior BBJ2 (airlinereporter.com)

Kamar Tidur  BBJ2 (photo by Boeing)

Kamar Mandi Shower (photo by Boeing)

Kamar Mandi Shower (photo by Boeing)

Dapur BBJ2 (Photo by Boeing)

Dapur BBJ2 (Photo by Boeing)

Boeing Business Jet 2 (Photo: FlightSim.Com)

Boeing Business Jet 2 (Photo: FlightSim.com)

Kriteria dan spesifikasi pesawat kepresidenan adalah: mampu terbang selama 10-12 jam, mampu mendarat di bandara kecil, memiliki kapasitas sesuai rombongan presiden ( 70 orang), memiliki peralatan navigasi, komunikasi, cabin insulation dan inflight entertainment khusus.

Boeing BBJ2 memiliki panjang sekitar 39,5 meter, panjang sayap 35,8 meter, tinggi ekor 12,5 meter dan memiliki diameter 3,73 meter. Untuk interiornya, BBJ2 memiliki panjang 29,97 meter, dengan tinggi 2,16 meter dan lebar 3,53 meter.

BBJ 2 dibeli pemerintah sebagai upaya efisiensi. Pertimbangannya bila menyewa pesawat Garuda, ongkosnya lebih mahal. “Untuk kepentingan efisien, jangka menengah dan panjang, agar digunakan setiap saat tanpa mengganggu jadwal Garuda, maka diadakan pesawat sendiri,” ujar Presiden SBY awal tahun 2012.

Selama ini, Presiden SBY menyewa pesawat jenis 787-800 NG untuk penerbangan domestik dan Airbus jenis A330 untuk penerbangan jarak jauh atau internasional.

Di 68 tahun kemerdekaannya nanti, Indonesia akhirnya mampu membeli Pesawat Kepresidenan super canggih Air Force One Indonesia. (JKGR).

  14 Responses to “Indonesian Air Force One”

  1. Aman gak dari penyadapan??

  2. Fitur2 keamanannya seperti apa pesawat ini Gann?? ada yg punya info lbh detil??

  3. Semoga semua tugas-tugas Presiden dapat Berjalan lebih Baik dan Lancar aminnn..

  4. congrats aj deh..

  5. betul2 membanggakan sebagai negara kaya …. masa segitu aja mesti cicil 3 kali,… kalau diminta kami rakyat indonesia akan membantu membelikannya dengan gerakan 5000 rupiah per jiwa dikalikan 200 juta rakyat indonesia

  6. Apa gak kurang mewah untuk ukuran INDONESIA, kalau menurut saya sih yang terpenting sistem security nya dan bisa mengontrol seluruh INDONESIA dari pesawat atau bahkan perang kaya punya AMERIKA. 🙂

  7. Sip tap mantaf surantap

  8. kira kira ada sistem keselamatan kayak kapsul atau flare??

    • Ini contoh sistem keamanan BBJ milik Air India One:

      The BBJs have an “extremely efficient” missile protection suite and powerful electronic systems designed to confuse the incoming missile.

      The IAF refuses to share details, but the minimum systems on board will be an IR (Infra Red) sensor and jammer to track incoming missiles from a good distance to warn the pilot. This would also activate the counter measures unit that will dispense flares and decoys. Like the American Air Force One, the BBJ is also being fitted with electronic counter measures to jam enemy radars.

      http://www.defence.pk/forums/indian-defence/9966-air-force-one-india.html

      BBJ Malaysia pun kayaknya begitu…punya decoy, flares dan electronic jammer

  9. Selamat.
    Strip hijau pada body pesawat agak gimana.. gitu ya. Kok tidak menonjolkan warna Merah Putih.

    • FlightSim.com itu meng-capture semua pattern pesawat, dari garuda. merpati,lion, dll. Air Indonesia One dia munculkan seperti gambar di atas. Apakah pattern Indonesian air force one akan seperti itu..ya tidak tahu juga. Sempat beredar gambar Indonesian air force one warna hijau…kosongan…kayaknya itu warna dasar pesawat yak

  10. semoga makin mengangkasa nama RI di pentas dunia

  11. sumpah namanya jelek banget, lebih keren kalau ada tulisannya indonesia airfoce one dari pada republik indonesia…

  12. di modif aja,knalpot ganti racing biar suaranya garing klo di gas2,pake velg racing palang 10,ban tipis pirelli biar bs ngedrag,sun roof jgn lupa biar klo lg bosen pengen liat angkasa tinggal buka nongol deh kepala sambil ngrokok coy..terakhir di cat pink glitter,kasi tulisan indonesian hello kitty,jadi terbang kemanapun org pasti kenal “wah,itu pasti presiden indonesia”

 Leave a Reply