Des 062013
 

kilo-DNSN8704291

TNI Angkatan Laut akan membeli sejumlah kapal selam Kilo Class dari Rusia dalam waktu dekat. Pembelian kapal selam ini dianggap penting untuk menjaga pertahanan batas laut selatan Indonesia.

“Karena di laut selatan Indonesia itu termasuk laut dalam dan cocok di sana. Selain itu di laut selatan terdapat lima titik jalur yang harus dijaga apabila musuh datang,” ujar Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di kantornya usai rapat dengan Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio dan delegasi Rusia, Jumat (6/12).

Menteri Pertahanan menambahkan alasan pembelian dari Rusia karena teknologi yang dimiliki negeri komunis itu sangat canggih. Kecanggihan tersebut yakni kapal selam class kilo memiliki rudal pengendali dari bawah laut ke permukaan.

Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro (photo: Antara)

Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro (photo: Antara)

Menteri Pertahanan Purnomo Yisgiantoro belum memutuskan apakah akan menerima tawaran hibah atau langusng membeli yang baru. Keputusannya tergantung dari hasil tim survey.

“Untuk jumlah berapa yang dibeli dan barang baru atau bekas kita akan kirim tim dulu ke Rusia. Nanti tim akan melihat kondisi kapalnya seperti apa perbedaan yang baru dan bekas,” katanya.

Mengenai sistem pembayaran, Purnomo memiliki dua opsi kartu kredit atau cash. “Anggaran dari kabinet masih tersisa cukup banyak kok,” tuturnya.

Sementara itu, Marsetio mengatakan saat ini Indonesia baru memiliki dua kapal selam dari Jerman yang beroperasi. Selain itu, saat ini TNI AL sedang membangun kapal selam dari Korea Selatan.

“Jadi idealnya kita butuh minimal 12 kapal selam untuk menjaga pertahanan laut Indonesia. Tetapi kita sesuaikan dengan budget negara,” kata Marsetio. (merdeka.com)

  266 Responses to “Indonesia Akan Beli Kapal Selam Kilo Rusia”

  1.  

    alhamdulilah :) sudah agak terang (dikit)

    -“Ada rencana pembangunan kapal selam besar-besaran di Indonesia”- ini maksudnya apa yang bung @Diego? pengadaan atau produksi?

  2.  

    Mantabs….

  3.  

    berarti “ehmmm”nya terbukti ya mas

  4.  

    Horeeee jadi juga beli kilo setroooonnggg…mudah mudahan beli baru….ammmiinn

  5.  

    Akhirnya ditongolin juga hantu laut KILO …. Congratulation for TNI AL ! Jalesveva Jayamahe !

  6.  

    Mengenai sistem pembayaran, Purnomo memiliki dua opsi kartu kredit atau cash. “Anggaran dari kabinet masih tersisa cukup banyak kok,” tuturnya.

    Hehe…pak pur ini bs guyonan jg yak. Masak beli kilo pake kartu kedit?

    Hal lain, anggaran kabinet ckp banyak?? Hhmmmm….klo gt bungkus skalian pak pur, sistem pertahanan payung udara.

    •  

      yang suka guyon biasanya wartawan…

    •  

      Maksudnya pak poer itu, pake istilah ‘kartu’ kredit ekspor utk pembelian alutsista rusia yg ditawarkan papa bear kpd RI sbsr 1 milyar dollar. 300 juta sdh dibelanjakan alutsista utk perlengkapan persenjataan SU famili, dan tank BMP3 marinir, sisanya 700 juta lg hrs dibelanjakan utk pembelian lontong. itu persyaratan kredit yg diberikan olh papa bear. tp klw utk pembelian cash, kita blh memilih alutsista yg lain tnp byk persyaratan khusus. jd bkn kyk kartu kredit citi bank itu bro. hahaha..

  7.  

    terimakasih untuk berita ini, udah Loud n Very Clear, ditambah lagi ada kata2 “pembangunan besar besaran”.. Manstrabb. klo Menhan bilang besar besaran, gak mungkin cuma beli 2 biji.. hehe

    •  

      Kalo 2 biji tapi yg paling besar gmn ?? heheheh…

      •  

        B-90 Sarov bung, bukan hanya mengandung deterjen tapi bikin lutut negara tetangga lemas kayak berhadapan dengan hantu..

        kalo Kilo udah di munculin beritanya, berarti ada sesuatu yg lebih dahsyat sedang di sembunyikan.

        •  

          saya gag berani ngomong lebih jauh Mas Bro.. masalah ada “sesuatu” yg lbih dahsyat itu,,cuma pemerintah dan Mabes TNI ( Menhan / Pangab ) yg berhak mengeluarkan statement..saya cm bantu doa aja..

          •  

            lebih dasyat? submarines related atau alutsista lain gan ;) ?

            jika urusan KS tidak aneh TNI melirik borei class dan menutupinya jika memang benar, dari wiskey dulu memang pantasnya ke Borei saat ini

            jika alutsista lain mungkin pertahanan udara atau bahkan rudal SSM

            hemm… apa ya :?:

  8.  

    “tuh kan baru mau beli,negara tetangga suka ngegossip aja klw indonesia udah punya kilo baru,
    hihihihihi,,,negative thinking aja sm indonesia”

  9.  

    Jadinya beli bekas diupgrade tau” udah nongol 10 gitu ya para senior sekalian?

    mohon pencerahan.

  10.  

    Yang paling penting di kilo rusia ini tidak tertanam GPS barat, sehingga tidak terlacak dimana lokasinya oleh “mereka2” yang berkepentingan.

  11.  

    Kiloklav? baru denger.. apa ga salah tulis dengan Kilo class?

    •  

      Jangan2 Pak Pur mau ngomong Kirov class heheheee

      •  

        mantap kalo bener gan :D
        memang kelas destroyer sudah mulai ada isu tersendiri, hanya saja kecil kemungkinan yg bertenaga penggerak nuklir

        •  

          jika penggeraknya adalah Nuklir, apakah kita sudah mampu memproduksi bahannya ? mohon pencerahannya..

          •  

            Masalah bahan bakar nuklir, enggak usah khawatir. Batan dibentuk mulai tahun 1950 oleh Pak Karno….dah panjang pengalamannya.
            Ahli nuklir yang di Rusia saat ini juga ada orang Indonesia yg dulu dikirim pak Karno dan tidak bisa pulang zaman orde baru….

          •  

            oky gan mungkin disini banyak yg masih awam masalah nuklir semua
            kebetulan ane kuliah di bawah instansi and mau kasih info

            1 BATAN belum mampu untuk memperkaya uranium khususnya untuk bahan bakar karena kita blm punya alat pemerkayanya
            2 buat projec warior untuk rekayasa pangan sama bahan bakar sangat beda…. rekayasa pangan kita bisa nembak pake radiasi neutron yg ada di serpong karna dayanya 30MW (bukan daya listrik tp dihitung pake asas black)… untuk membuat bahan radiasi sangat mudah… besi pager di cemplungin ke reaktor selama beberapa jam udah jdi bahan radioaktiv jadi beda caranya
            3 INA memang mrupakan negara tersiap di dunia dalam bidang PLTN… perlu di ketahui sistem kontrol dari pengendali batang kendali hingga sistem pendingin yg lain sudah made in BATAN jadi yaaaa tau sendirigan

        •  

          BATAN sudah cukup lama berdiri dan melakukan riset yg berkenaan dgn teknologi nuklir. Teknologi nuklir Indonesia kebanyakan berhubungan dengan pangan dan kesehatan.

          Ngakunya sih teknologi nuklir RI sudah mumpuni, dan harusnya memang bisa. beberapa waktu yg lalu pernah ada yg bilang bahwa jika mau, indonesia mampu memperkaya uranium untuk hulu ledak.

          kekhawatiran saya bukan dari produksi bahan bakarnya tapi operasionalnya di lapangan. perlu penanganan khusus dgn teknisi terlatih. TNI belum pernah mengoperasikan kapal bertenaga nuklir

          •  

            Nah itu dia om.. apakah sama cara pembuatan untuk rekayasa pangan dan kesehatan dengan pembuatan bahan bakar untuk KS ? lalu sepeti apa stasiun pengisian bahan bakar nuklirnya ? sepertinya Indonesia harus belajar lagi cara pembuatannya ke negara” yang sudah bisa membuat Nuklir menjadi sumber tenaga gerak…

          •  

            beda gan :D aplikasi teknologi nuklir memang luas, sayang pengetahuan saya mengenai hal ini sangat terbatas.

            mengenai bahan bakar nuklir ga perlu stasiun pengisian :) tenaga nuklir bisa membuat mampu kapal beroperasi selama 80 tahun sebelum harus diisi ulang. which is tidak perlu dilakukan mengingat usia operasional kapal permukaan rata2 30-40 tahun.

          •  

            prinsip penggeraknya sama saja ga, yang beda hanya sumber tenaga alias bahan bakar

    •  

      Itu Kilo class,Dan itu penggeraknya Diesel Elektrik sama seperti U-209 dan Changbogo Class
      ,Nggak ada Nuke nya acan2 , next time warheadnya Kub-S kali ya.

  12.  

    HOREEE..THANK YOU VERY MUCH MR SNOWDEN, BOCORAN ANDA MEMBUAT WET DREAM JADI KENYATAAN..(SALAM BUAT ANAK JOHOR :mrgreen:)

  13.  

    Pantes aja hut tni tahun depan bakal dirayain di surabaya.. ya itu mau mamerin hantu laut.. mbah pur mulai jengkel ma warga formil.. kata dia ” pada berisik aja sieh.. nie gw tongolin jg deh..”;-D

  14.  

    Pembelian kapal selam ini dianggap penting untuk menjaga pertahanan batas laut selatan Indonesia.
    “Karena di laut selatan Indonesia itu termasuk laut dalam dan cocok di sana. Selain itu di laut selatan terdapat lima titik jalur yang harus dijaga apabila musuh datang,” ujar Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro. Nah berarti pangkalan kapal selam kita bakalan nambah lagi di pesisir laut selatan selain yang mau dibangun di Kupang.

  15.  

    The boats (Kilo-class sub) are mainly intended for anti-shipping and anti-submarine operations in relatively shallow waters.
    http://en.wikipedia.org/wiki/Kilo-class_submarine

    Kilo class memang dirancang untuk beroperasi di perairan dangkal, artinya tidak khusus untuk perairan timur dan selatan tapi juga bisa ditempatkan di LCS dan selat Malaka.
    keterangan pak Pur mungkin sebagian bermuatan politik luar negeri yg ditujukan kepada Australia (tekanan), dan China (sinyal tidak dimaksudkan menantang China di LCS)

  16.  

    Akhirnya pengumumannya ternyata lebih cepet……
    Setuju Mbah pur…. Angkat topi deh….
    Anggaran mef (1,2,3) kira kira terpakai 40%, sangat cukup untuk membeli 3 ks rusia, juga cukup untuk membeli 1 skuadron heavy fighter pengganti F-5, dan rùdal pertahanan udara jarak menengah/jauh.

  17.  

    Dari apbn beli lontong kilo plus su 35 bm, dari kredit eksport ambil sistem pertahanan udara terintegrasi plus destroyer

  18.  

    2 KS ( cakra n’ nanggala ) + 2 KS ( ? ) + 3 KS ( Changbogo ) + 10 ( Kilo ) baru/second = 17 KS… masih sisa 1 Battre lg ya…hhmmmm…

  19.  

    Sebelum lengser, setelah kilo, ayo sekalian beli S-300/400 dan SU-35S. Pemerintah yg baru pasti nggak berani membatalkannya deh.

  20.  

    @Bung Diego janjinya judulnya harus seperti yang dulu disepakati hehehe
    buat refresh saat membahas dithread berjudul Patroli kapal selam di sorong
    Satrio says:
    April 18, 2013 at 1:14 am

    Menurut Analisa saya
    Berita ini bukan pamen KS kita keceplosan tapi memang misinya diceploskan ke khalayak umum (publik)
    Dengan santernya pembahasan KS killo yang dulu di keeps mati matian dan dicounter di berbagai blog oleh usernya dan instansi yang terkait…Yang membuat mereka REPOT.

    Maka mungkin ini SAAT nya mempublis pembelian 2 KS 2007 itu juga 1 KS kembaran cakra pembelian jaman orde baru yang memakai AIP dan lebih bongsor dari kelas U209/1200 cakra itu..

    MUNGKIN sebelum masa bakti 2014 berakhir semua akan diungkap berkaitan 5 unit yang beroperasi tersebut.
    karena sudah banyak yang mencium penampakannya dan juga pihak asing sudah banyak yang tau..
    Tentunya Petinggi kita mempublis itu dengan pertimbangan yang MATANG..

    Mereka tetap meng Keeps pembelian yang baru datang dan JUMLAH sesungguhnya armada yang beroperasi untuk tetap menjaga efek Silent Killer ..
    jadi kita tunggu saja statemen berikutnya yang akan dipublish..

    Soo bung diego siap siap saja judul artikel cominsoon yaitu:”Welcome KIllo the Fenomenal” atau judul artikel lain “From Rusian with KILLO”

  21.  

    Turut seneng z, Alhamdulillah, Lapis kedua sudah publikasi, ucapan selamat GALAU RIA bagi tetangga

    dan untuk ADMIN…hehe

  22.  

    “TNI Angkatan Laut mengatakan, kalau RI punya kapal selam 10-15 buah, kita tidak akan disadap lagi,” kata Purnomo dalam diskusi panel bertajuk ‘Membangun Kemampuan Kekuatan Pertahanan Berkelanjutan’ yang diselenggarakan oleh Forum Pemred di Jakarta.

    SADAPAN MEMBAWA BERKAAAH…:lol:

    •  

      untuk jalur komunikasi KRI yg di sadap dr pulau Crismast adalah KRI permukaan dan untuk KS’nya tidak berhasil di sadap. untuk jalur komunikasi yg di sadap via network/operator bukan berasal dari pulau crismast, tp dari kedutaan. makanya Pak Pur mengatakan, jika TNI tidak ingin di sadap, maka Indonesia harus mempunyai satelit pertahanan sendiri serta mempunyai alutsista yang membuat negara lain mikir” untuk bikin masalah sama NKRI. penempatan 2-3 KS di selatan itu sudah membuat australi keringat dingin apa lagi jika di dukung TNI AU.. membuat 2x lipat keringat bercucuran… heheeh…

  23.  

    Berita yang menggembirakan sekaligus mengenaskan….
    Menggembirakan = Akhirnya di rilis juga statement pembelian KS yg Gaungnya Cetar membahana ini..
    Mengenaskan = … Kenapa baru sekaraaaaaaannnngggg dirilisnya…… trus realisasinya kapan… wong nunggu rilis pembeliannya ajah 7 taon… lha pagimana relaisasinya…??? mudah2xan ga sampe hitungan puluhan taon…..
    BTW…. ga papa terlambat dari pada gak samasekali….

  24.  

    “karena saat ini snowden berada di russia”.patut dicermati dan sedikit di ulas bung diego..
    apa snowden kasih info yang sedikit hot ya ke indonesia…?hehehe

  25.  

    mbah ikut senang dek mendengarnya,,,,,,

  26.  

    INILAH SAATNYA MENGATAKAN : ” KILO EMANG SETROONG!!”
    :-D :mrgreen:

  27.  

    Akhir nyaaa…. FROM RUSSIAN WITH KILO.. ( ala Bung Satrio )..
    Slow but Sure.. Pelan tapi Pasti Kilo dah di depan Mata.. Ayo Mbah Pur yg laen juga donk di akuisisi, sesuai dgn kebutuhan TNI & masukan dari para Formil yg tdk prnh bosen2 memberikan masukan demi terciptanya NKRI yg disegani & dihormati.. TNI yg kuat & berwibawa merupakan daya tawar dlm berdiplomasi jg kan..

  28.  

    nyantai aja kawan,ga perlu terlalu girang..kan br tahap rencana..trus menimbang,br kemudian memutuskan..deal2nya aja blm dibicarakan sm vendornya..kan sdh jelas br akan “dikirim tim angkatan laut” utk melihat spesifikasinya,blm lg jatahnya dpr utk uji kelayakan trus pergi ke pabriknya skalian bw “anak bini plesir”..setelah itu br disesuaikan dgn anggaran yg ada..msh panjang prosesnya kawan,sekalipun tni beli “barang bekas” paka!.

  29.  

    “Dua jenis kapal selam jenis Scorten buatan Prancis”

    Scorten? Scropene kali ya? dan kapan TNI AL beli Scorpene?

    “tiga kapal selam jenis U-209 dari Korea Selatan”

    apa ini maksudnya Changbogo? apa boleh CBG disebut U-209? Korea kan ga punya lisensi Jerman

    dan apa makna “B/M” apa sama seperti BM pada sukhoi alias modernisasi besar? berita seperti biasa membingungkan, padahal berita hasil wawancara dgn Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Slamet Soebijanto

    Kemenhan dan TNI perlu juru bicara nih

  30.  

    Saya copas sj semua:

    Jum’at, 6 Desember 2013
    VIVAnews – Tentara Nasional Indonesia (TNI) berencana menambah armada kapal selam untuk mendukung pertahanan laut. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Slamet Soebijanto mengatakan, penambahan kapal selam itu sangat dibutuhkan mengingat dua pertiga wilayah Indonesia merupakan lautan.
    Sementara alat sistem utama pertahanan (alutsista) untuk mendukung operasi laut masih jauh dari batas ideal minimum pertahanan. Untuk mendukung pertahanan laut, minimal Indonesia harus memiliki 12 kapal selam.

    “Jumlah ini sesuai dengan poin yang ada di wilayah laut Indonesia,” kata Slamet di Jakarta, Jumat 6 Desember 2013.

    Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam. Dua kapal selam jenis U-209/1400 dari Jerman. Dua jenis kapal selam jenis Scorten buatan Prancis dan tiga kapal selam jenis U-209 dari Korea Selatan.

    “Kita akan menambah kekurangan kapal selam buatan Rusia jenis Kilo Class (B/M), dua kapal selam Kilo (S/H) dan dua Amur Class 950 (B/M). Keduanya dilengkapi senjata seperti seperti peluru kendali, torpedo, antiranjau, anti peluru kendali dan rudal Yakhont,” ujarnya.

    Slamet menilai, kapal selam buatan negeri beruang merah ini cocok untuk beroperasi di wilayah perairan dalam Indonesia. “Kedalaman laut kita itu 150 meter lebih. Ini cocok buat kapal selam yang akan kita beli dari Rusia,” ujarnya.

    Ia mengakui pembelian kembali kapal selam dari Rusia membuka memori lama sejarah kekuatan kapal selam Indonesia. Di mana pada era 80-an kekuatan kapal selam di dominasi buatan Rusia. “Sekarang kita punya kekuatan kombinasi dengan kekuatan kapal buatan Jerman, Korea Selatan, Prancis dan Rusia,” kata Slamet.

    Kapal selam ini kedepan menjadi andalan pertahanan terutama di seluruh wilayah perbatasan. “Kapal selam ini sangat efektif untuk pertempuran, terutama yang akan kita beli dari Rusia. Daya hancurnya satu banding 10 dengan kapal yang beroperasi di permukaan laut,” katanya.

    Untuk merealisasikan pembelian ini TNI AL sedang menyiapkan tim untuk mengecek dan menguji coba kapal selam yang ditawarkan Rusia. (eh)

  31.  

    Kyknya tahun depan waktu latgap th 2014 , puspen tni dgn tegas akan merilis lg , uji coba penebakan yakhont dari kapal selam kita dgn jarak maksimal 300 km yg dibantu dgn heli aks kita.
    Dan ks silent kita akhiirnya benar2 nampak. Bravo TNI.

  32.  

    kapan hari ane tanya satpam kantor ane yang orang madura, dia katanya abis dari acara hari armada
    Trus ane tanyain liat apa aja disono, katanya dia liat kapal perang, trus ane tanyain lagi spontan, liat kapal selam ga?,
    dengan polosnya dia jawab, Ooo ada mas ada 3, ane langsung garuk2 kepala, trus ane bilang kan cuma 2 pak KSnya, trus dia jawab, yang satunya yang dari rusia itu lo mas, kata dia dengan polosnya, garuk2 kepala lagi ane, ntar klo ketemu lagi ane tanyain kmaren pas disono moto2 ntu ks ga…

  33.  

    hore akhirnya datang juga pempek palembangnya…

  34.  

    membeli kilo…?baguslah kalau begitu bukanya sedang akan mengirimkan tim khusus untuk melihat secara fisik kondisi kapal selam Kilo Class bekas buatan Rusia yang telah ditawarkan kepada Indonesia…..?bukan beli atau ini bahasa rahasianya..?

  35.  

    Haha kawan.. Smua da dbwt pnasaran ma pak pur ya..! Ane yg rmhny dket plabuhan koormatim aja adem2 mawon tp bangga hahaha..

  36.  

    hduh,ada lg yg blg kilo malah sdh ada..dpt cerita dr siapa tuh..salah satu penyebab rapuhnya sendi2 kehidupan sosial adlh msh byknya orang indonesia yg lebih percaya kepada isu drpd keterangan resmi pemerintah..
    Saya tdk menyinggung siapa2,tp siapa yg luka pasti perih hehe
    Ada jg org blg ini type org “gila bayang”..mungkin kira2 maknanya adlh org yg suka membesarkan hati sendiri..Buat bung Dw,bung S dan bung BA..anda cocoknya jd mata mata infoteinment,terlbh bung S gosipnya A1 trus hehe joke kawan,jgn tersungging,biar ga tegang

  37.  

    Scorpene pun sudah masuk 2 biji Gann

  38.  

    b??? b?ç? d ?vo??…d????? ?????l?? ???ç??? pmb?l??? 5 ??….

  39.  

    baru baca d tvone…kty rencana beli 5 ks

  40.  

    koq pake nulis suku “M”?
    Disini “katanya” ga blh ada muatan sara bang AIP@
    Saya aja pernah ditegur gara2 ga sengaja nulis etnis,tp dr td saya perhatikan ga ada yg protes yah,barangkali ada “perbedaan” antara bang AIP dan saya hehe

  41.  

    surya@waduh..klo gtu tank armata dong..bener2 nih infonya bikin saya meriang hehe joke lg kawan..
    Tp klo ternyata bener,saya mau mengundurkan diri aja(tradisi santun jepang diluar harakiri)hehe

  42.  

    Saya pernah bilang….Ini masalah urgenitas…si-kon regional/international yang sudah yellow allert.
    Ga masalah umur ka-sel yang cuma 5-10 tahun…yang penting saat ini kita punya daya defense maupun detterent yang tinggi. yang bisa datang secara singkat. Sambil kita disusun roadmap pertahanan yang lebih kuat dan diperbaharui.
    Gak kilo juga gpp yang penting cepat datang dan kalau gisa jumlahnya banyak….frigate..destroyer…SAM…thats the urgent.
    Seribu kali mikir jika mau utak-atik indonesia….negara besar lho ini.

  43.  

    Maaf keluar dari topik…………
    @bung Diego buat artikel dong tentang “Sang Pegganti F-5 E/F Tiger TNI AU”

  44.  

    Nanti tiba2 ada negara luar yg keberatan, trus bilang ga jadi beli,….. atau diumpetin dan sembunyi2 belinya :D :D :D

  45.  

    100 lebih responses, kilo emang setroooong……….

  46.  

    rata” masa pemakaian kilo klaf 25 th,
    kalao kilo di buat era 90an mk masih ada 5th.dan kilo yg bekas ada untungnya juga. Scr kalao bkas pakai kilo dr rusia itu memiliki daya gempur yg dahsyat berbeda dg kilo versi expor..
    Kalao rusia mau mengganti seluruh armada kilo mjd lada class.kita siap mmenampungnya. Secara rusia memilki 100an lbh kiloklav..
    Secara bertahap tp pasti saya rasa rusia jg ingin menciptkan suasana kondusif di wilayah asean dg melindungi indonesia. Scr rusia mmemiliki lahan batu bara di kaltim,,

  47.  

    Temen2 dan para senior…
    Mau tanya nih,
    Kalau RI beli kapal selam misal dari rusia,..teknis pengirimannya bagaimana? apa langsung dikirim dengan cara ujicoba langsung? Takutnya negara yang dilalui lautnya mengetahui….

  48.  

    K A T A” A K A N yg membuat saya canggung dg pemerintahan indonesia
    JANGAN SAMPAI INI HANYA SEBUAH WACANA SAJA YG CUMA BUAT MENGHIBUR RAKYAT INDONESIA,
    SEPERTI SAMA HALNYA PROTOTYPE ” YG UDAH LAMMPAU SGL SESUATUNYA CUMA PROTOTYPE. (bukan mmaksud saya menyinggung @to tidak nasionalisme) sebagai contoh 10 lontong hibah / bekas ala ruskie..dimana kelanjutanya pun tdk ada..

    Kalao benar ini trjadi indonesia mengadopsi kilo klaf.. Ala hibah.. K kawasan asia tenggara akan panas trutama bule pojok warung paupa..bulu merinding semua..

  49.  

    Semoga sudah termasuk air defense SAM nya

  50.  

    Yippiiiieee…akhirnyaaaa..
    orang spt bung @frans ini perlu utk kontraintelijen wkwkwkwk…
    Semoga saja berita selanjutnya…Indonesia batal beli kasel dr Rusia..biar semakin pening orang sana liat kelakuan kita hahahaha…Bravo TNI AL..

    •  

      lha iyalah brow ardo, bung frans itu kan digaji dan disumpah untuk menyumpal mulut eh tangan kita-kita ini….kalo gak, keenakan si bule nyang nyadap donk, gak usah susah2 tinggal pelototin ato langganan tabloid jakarta greater aja udah dapet semua info he..he..

  51.  

    rusia emang setroooong
    killo emang setrooong
    dan yang paling setrooooong adalah pakde pur
    pakde pur emang setroooooooong

  52.  

    sudah lama meriang na gk sembuh2
    dan sekarang baru bisa sembuh denger kilo datang
    pak pur emang setrroooong

    •  

      tanpa bermaksud merendahkan kerja keras pak Pur, saya kira beliau hanya melaksanakan tugas dan intruksi saja, beruntung berada di posisi yang tepat pada saat yang tepat. agak beda dengan bos kementrian lain, misal mentri BUMN

      •  

        bosnya bumn malah yang paling pusing sekarang, semua anak buah strat-nya ditarget harus cepet-cepet bisa tetet towet ama reverse engineering….mangkanya gk nongol-nongol ni orang seminggu ini he..he….

  53.  

    tinggal nunggu kejelasan S300 dan Su 35 BM. yg kilo sudah orgasme gan..

  54.  

    Saya hanya ingin berkomentar sedikit mengenai barang bekas, sejauh yg saya tau. Diistilah orang teknik manufacture ada istilah rebuilt dan remanufactured. Semuanya adalah suatu usaha rekayasa untuk mengembalikan barang yg sudah digunakan/bekas untuk layak digunakan kembali.

    Rebuilt: mengganti semua komponen dan feature dengan yang baru, kecuali frame/rangkanya.
    Remanufacture: di sortir mana komponen yg layak secara teknik untuk direkayasa sehingga bisa digunakan kembali, frame/kerangka tetap menggunakan yg sdh ada.

    Jikalau proyek ini dikerjakan oleh pabrik pembuat, umumnya akan digaransi seperti barang baru dan SMU (service meter unit) akan kembali menjadi nol.

    Jadi jangan antipati dulu terhadap barang bekas, apalagi yg sdh di reman atopun sdh di rebuilt. Hal ini juga dilakukan oleh dalam dunia bisnis. Ambil contoh, dunia pertambangan, dimana truk angkut yg paling besar di Indonesia bisa membawa muatan hingga 300-an ton. Harga beli baru bisa diatas USD 5 juta per unit, sedangkan yg dibutuhkan bisa mencapai belasan bahkan puluhan unit. Nilai investasi bisa menjadi besar jika beli baru. Nah dengan pembelian truk hasil rebuilt/reman keuntungannya: harga bisa turun hingga 60% dibandingkan beli baru, pabrik juga memberikan masa garansi selayak kita membeli barang baru, dan secara teknik barang itu memang baru krn SMU/waktu pemakaian akan di reset mjd nol 0.

    Contoh diatas saya ambil krn peralatan militer, cth kasel-pesawat-tank, mirip dengan ilustrasi diatas. Sama2 bernilai mahal, berukuran besar, dan sarat akan high technology di dalamnya.

  55.  

    Saya sepakat pihak menhan lbh condong bekerjasam dengan Rusia dalam hal ToT. Agar lbh menarik kita jg memberi insentif kepada mereka. Bukan insentif eksplorasi SDA.

    1. Ide pertama, joint production pesawat Sukhoi Jet 100. Insentif yg akan kita berikan, adalah membuka kran bisnis penjualan pesawat jet penumpang alternatif di Indonesia, selain Boeing dan Airbus. Kedepan kita masih banyak membutuhkan pesawat penumpang untuk menghubungkan kepulauan. Hemat saya, tidak akan mengambil lahan bisnis PT. DI krn mereka mempunyai target pasar yg berbeda. Di satu sisi pesawat propeller dan berkapasitas 110 penumpang.

    2. Ide kedua, tot jet fighter sukhoi su-27 kalo bisa su-30. Insentif, kita bersama dengan Vietnam akan membeli flanker series hingga 40 buah. Dalam bisnis jika kita mempunyai modal cekak, kita bs berkolaborasi dengan pemilik modal yg lain. Atopun jika kita punya ide bisnis, namun kita tdk punya dana, kita bs jg berkolaborasi dg investor yg memiliki modal kuat. Saya melihat Indonesia dg Vietnam mempunyai tujuan yg sama. Sama2 ingin memordenisasi militernya, tmsk jet tempur. Untungnya kiblat 2 negara ini sama, membeli flanker series ke Rusia. Dengan kolaborasi Vietnam-Indonesia, Rusia akan mendapatkan banyak orderan sedangkan bagi kita, dapat tot flanker series. Setidaknya Su-27, krn model ini tdk diproduksi lg di Rusia. Apa yg kita berikan ke Vietnam? Kita bs majukan industri dirgantara Vietnam dengan memberikan mereka kesempatan bagian dari mata rantai pasokan, supply chain flanker series.

  56.  

    Nah itu baru bener rangking Indonesia no. 15…mosok dengan dua KS bias rangking segitu :)

  57.  

    Kalu kilo mau lewat selatan saya nitip ini ya :

  58.  

    apa ada korelasinya ketika rusia bekerjasama dengan ficantieri untuk menggagas kapal selam di ukuran kelas kilo ya?. Masa coincident begitu?..persis ketika kita memiliki kerjasama dengan turki sebagai pelayan perbaikan F-16. Tahu-tahu kita pesan T-50. Lalu saat korea memastikan versi prioritas mereka kfx-e single engine mereka ..eh kita kukuh memilih double engine IFX. Untuk pengembangan plus tutup biaya produksi yang diperlukan pesanan pespur gen 4,5++ mencapai menyentuh ratusan. Eh.tahu-tahu kita memilih dasault misalnya…makin unik pemikir-pemikir kita yang misterius itu..

  59.  

    Changbogo jg dirancang bisa VLS di subsurface mwpn surface. kilo apalagi.. kalau lontong diluar tipe itu mungkin nyi roro kidul yg bisa jelaskan. hehehe..

  60.  

    Indonesia diakui dalam soal kreatifitas dan modifikasi. wong kenderaan dan alutsista bekas warisan PD2 aja sampe skrg aja msh bnyk yg gentayangan.. klw di negara lain sdh pd di museum. TeoTe ditambah modifikasi kreatif kita, sdh gak disangsikan lg kemampuannya dlm menggusung persenjataan rudal berjenis gado2 sprt kemauannya TNI, tdk hrs terpokus ke rudal bwtn rusia sj, tp eropa, US mwpn bwtn kita kelak. TOT + Modifikasi = Stroong..

    •  

      Kapal selam turunan CBG yg klk kita bwt, tdk hrs sama dgn blueprint ToT yg didpt dari bkrjsm dgn korsel. kemampuan kita memodifikasi berbagai kmngknn persenjataan yg bs di usung srt system CMS brkt radar dan sonar, kedepannya jk sdh diproduksi di Indonesia hrs mnjd kerahasiaan TNI kedepan. tp mmg agk sulit merahasiakan sesuatu, klw benda tsb nyatanya msh kita beli ke phk lain, bkn kita bwt sendiri, sprt rudal2. Yg jelas kerahasiaan kemampuan persenjataan dari RANPUR kita hrs mnjd faktor silent. efeknya sangat tinggi dimata inteligen pertahanan phk yg ingin memusuhi RI. Intinya kemandirian kita hrs mnjd prioritas.. dan jangan terlalu berharap ke negara lain wlwpn dgn rusia sklpn yg sdh berbaik hati dgn kita. tiada kwn abadi kawan.. yg ada adlh kepentingan abadi. setelah ada tot sdh seharusnya pemerintah menyiapkan bidang/team R&D utk pengembangan berbagai ToT yg kita dpt.

      •  

        gw stuju dengan anda 1000 % bung, meskipun kita mendapat alutsista nomer satu pun jika masih ambil dri luar kerahasiaanya tidak sesempurna sepeti saat kita buat sendiri. intinya adalah kemandirian

      •  

        penguasaan teknologi tinggi dibidang kemiliteran tidaklah semudah yang diperkirakan bung. Perlu waktu dan biaya yang besar pula buat risetnya, sementara keuangan kita terbatas untuk itu.
        Disamping itu sumber daya manusia yang handal juga sangat dibutuhkan. Pertanyaannya adalah masih adakan ilmuwan2 bangsa sendiri yang mau berkarya untuk bangsanya dengan hanya mengaharapkan penghasilan dan fasilitas terbatas yang diberikan oleh negara. Perlu jiwa nasionalisme yang tinggi untuk itu semua.
        Jadi yang terbaik adalah tetap mengadakan alutsita nomor 1 untuk menjaga keutuhan negara dari usilnya tetangga2 kita, sambil secara perlahan melakukan transfer teknologi….perlahan namun pasti langkahnya.

  61.  

    Padi semakin berisi semakin merunduk.

  62.  

    Sebuah akhir yg manis dari pengabdian Pakde Pur. Angkat topi untuk Pakde!

  63.  

    Kalo diibaratkan org main catur. Rusia sepertinya sedang memainkan langkah yg menentukan bagi kepentingannya terhadap Cina dan Usa di Indonesia: Skak Mat!! Dan kita tunggu lagi langkah menghindar (dgn mengambil hati RI) dari Koko Panda dan Uncle Sam. Semoga saja ini justru membawa berkah bagi RI. Siapa tau dgn ini akan ada tawaran2 yg makin menyegarkan otot2 Sang Macan yg sdg kurang gizi ini. Ngarep…

    •  

      Koko Panda sendiri sepertinya sedang memainkan pionnya di Timor Leste. Dengan langkah yg jitu membuat pengaruh pion Usa (Aussie) di sana sedang kritis. What next? Sepertinya semakin menarik saja dimari…Dan semoga saja Papa Nobi bisa memainkan benteng dan Kuda dengan cantik, sehingga kita bisa bermain sampai akhir….dan menghindari hasil Remis!

  64.  

    MAAF @BUNG DIEGO keluar dari tofik
    bagaimana kelanjutan uji peluncuran roket R-HAN di akhir tahun ini tolong bung dicari dan di share info nya
    terimakasih

  65.  

    ngupi ah,mojok di belakang paviliun sambil nunggu pak kolonel sapa tau dapat “copian” berkas penawaran dari papa bear,hehehe yang dari ranahan kemaren ternyata mbahas yg ini tho

  66.  

    rusia sdh lama membuka pintu utk indonesia memiliki kapal selam kilo,tapi pemerintah kita dlm hal ini dephan dan dpr terkesan kurang merespons,hingga akhirnya rusia sdkt terkejut dgn keputusan indonesia yg mengalihkan pandangan ke korea selatan!
    Rusia kembali mencoba menawarkan hibah 10 unit kilo class kpd pemerintah,tp lg2 pemerintah msh terkesan ragu2 utk merespon tawaran tsb.
    Setelah terjadinya kasus penyadapan,rusia kembali menawarkan alutsista yg jauh lbh menggiurkan,indonesia di beri pilihan utk membeli kilo class bekas atau yg baru dgn teknologi yg lbh mutakhir(otomatis jauh lbh mahal).
    Selain itu rusia jg menggoda indonesia dgn tawaran paket pertahanan udara s300 atau s400 versi penyempurnaan dr s300 berikut radar canggihnya dan ++. Lainnya…
    Rusia jg sdh tahu dgn keinginan petinggi tni utk melengkapi angkatan udaranya dgn su35,rusia memahami kebutuhan indonesia akan su35,namun msh blm ada permintaan resmi dr indonesia,artinya rusia siap menunggu permintaan langsung dr pemerintah indonesia.
    Krn tawaran nan menggoda itulah yg membuat wajah petinggi tni berbinar2,tanpa menunggu waktu lama,dephan langsung merespons tawaran tsb dgn mengirim memerintahkan tim dr angkatan laut brangkat ke rusia,jk diantara tim itu ada dr angkatan darat,artinya ada kemungkinan pemerintah membeli sistem pertahanan udara seperti yg ditawarkan rusia!

  67.  

    Mengutip penjelasan KSAL : “Kita akan menambah kekurangan kapal selam buatan Rusia jenis Kilo Class (B/M), dua kapal selam Kilo (S/H) dan dua Amur Class 950 (B/M). Keduanya dilengkapi senjata seperti seperti peluru kendali, torpedo, antiranjau, anti peluru kendali dan rudal Yakhont,” ujarnya.
    Kilo Class (B/M), dua kapal selam Kilo (S/H) dan dua Amur Class 950 (B/M)? , antiranjau, anti peluru kendali dan rudal Yakhont?
    Penjelasan yg membingungkan, maaf ini kan seorang KSAL, apa tidak belajar dulu dari stafnya, atau memang stafnya juga kurang faham. Jangan sampai nanti tim yg akan dikirim ke Russia juga begitu, sebaiknya tim diperkuat oleh ahlinya, selain operasional (awak/ mantan awak ks), juga teknis (mungkin dari PT PAL).
    Kelas Kilo pertama kali masuk jajaran AL Russia th. 1980 (orisinil Kilo). Rencananya akan digantikan oleh kelas Lada/ Amur 950/1350, yg dapat mengusung VLS rudal anti kapal; akan tetapi karena kelas ini dianggap gagal, maka konstruksi Kilo (improved Kilo) tetap diteruskan, tipe 877EKM dan yg lebih baru, tipe 636. Improved Kilo inilah yg bisa menembakkan rudal anti kapal Klub-S melalui tabung torpedo.
    Sekitar 24 Kilo (sebagian besar orisinil Kilo) dioperasikan oleh AL Rusia, sebagian besar dibuat th. 1980an; dan telah diekspor ke Iran (kapal bekas tiga Type 877EKM), China (dua orisinil dan sepuluh improved Kilo Type 877EKM), India (sepuluh Type 877EKM (Sindughosh Class)., Poland, Romania, Aljazair, dan Vietnam (enam Improved Kilo (Kilo-636 KMV).
    Membeli kapal selam bekas lebih besar risikonya dari kapal biasa. Yg paling baru dioperasikan AL Rusia adalah pada th. 1994, dengan demikian telah berusia 20 th, jadi bila masa pakainya diasumsikan 30 th, maka sudah habis 2/3 masa pakainya. Selain itu bagaimana dengan kenyamanan, untuk daerah tropis perlu pengkondisian udara. Bagaimana dengan persenjataan, combat data system-nya, computer, navigasi, countermeasure, sensor/ sonar dll. Biaya untuk merombak/ refurbish pasti mendekati biaya beli baru.
    Dengan demikian yang paling berisiko kecil adalah beli baru saja dengan modelnya tipe Kilo-636 KMV Vietnam atau India Sinduratna, bisa ditambah dengan permintaan sesuai pengalaman TNI AL. Kalau dibuat th. 2014 kan baru 2 th lagi diserahkan. Kalau setiap tahap MEF bisa beli 3 buah, nanti pada akhir MEF dipercepat 2020 TNI AL akan punya 6 Improved Kilo, 3 CBG, dan 2 U-209, sudah kira2 10 buah kapal selam seperti yg dicita2kan, dengan masa pakai sd 2040-2050.

    Dari http://www.globalsecurity.org/military/world/russia/877.htm

    Project 877E / 877EKM Paltus
    Project 877 export models, designated with an ‘E’ suffix, are generally similar though with some reduced features. As of early 1998 construction of the Project 877EKM submarines was nearly completed, with only one submarine left under construction in St.Petersburg for the Indian Navy. By that time Russia had exported 21 Project 877 and 636 submarines, including: India – 10, and China – 4, Iran – 3, Algeria – 2, Poland – 1, Romania – 1.
    On 04 August 1993, Iran took delivery of a second Russian Kilo-class diesel submarine, and the third arrived 18 January 1996. Russia went ahead with the first two deliveries despite vigorous US protests. In response to Administration pressure and US sanctions legislation, Russia formally pledged in June 1995 not to enter any new arms contracts with Iran, although prior arms contracts could be implemented. By July 2005 the Zvezdochka shipbuilding plant in Severodvinsk (Arkhangelsk Region) was holding talks on a possible contract to overhaul and modernize three diesel-electric submarines belonging to the Iranian navy. Zvezdochka directors visited Iran in the second half of January 2005 and held talks on military and technical cooperation.
    India took delivery of the first of the two additional Russian-built Kilo class submarines in January 1999. On 17 August 2000 theSindhushastra began the two month voyage from St Petersburg to India. The 877EKM submarine was the last in a series of 10 submarines built at Russian shipyards for Indian customers. In August 2000 the Zvezdochka engineering enterprise at Severodvinsk started the work of servicing and modernizing the Indian series-877EKM submarine Sinduratna, the second Indian sub to have had a refit at Zvezdochka. In 1999 the Indian Navy took delivery of the Sinduvir, the first submarine to have been modernized at Severodvinsk. The Sinduratna was the second Indian submarine to be fitted with four ZM-54E1 missiles, with a range of 300 km. The missiles are part of the latest Klab-S anti-ship missile complex designed by the Novator bureau at Yekaterinburg.

    Project 636 Varshavyanka
    The Project 636 design is a generally improved development of the Project 877EKM Kilo class that represents an interim design between the standard ‘Kilo’ and the new Lada project. The Project 636 is actively promoted for the world market by the Rosvoorouzhenie state-owned company. This submarine has improved range, firepower, acoustic characteristics and reliability. Visually distinguished by a step on the aft casing, the length of the hull is extended by two frame spacings (2 x 600 mm). The additional length permitted increasing the power of diesel-generators and mounting them on improved shock-absorbing support, and reducing twofold the main propulsion shaft speed. Owing to these improvements, the submarine speed and sea endurance were increased, while the noise level was radically decreased. The low noise level of the submarine has been achieved with the selection of quiet machinery, vibration and noise isolation and a special anti-acoustic rubber coating applied on the outer hull surface.
    The Project 636 is equipped with six 533 mm forward torpedo tubes situated in the nose of the submarine and carries eighteen torpedoes with six in the torpedo tubes and twelve stored on the racks. Alternatively the torpedo tubes can deploy mines. The submarine can carry 24 mines with two in each of the six tubes and twelve on the racks. Two torpedo tubes are designed for firing remote-controlled torpedoes with a very high accuracy. All torpedo tubes and their service systems provide effective firing from periscope to operational depths. The computer-controlled torpedo system is provided with a quick-loading device. It takes only 15 seconds to prepare stand-by torpedo tubes for firing: The first salvo is fired within two minutes and the second within five minutes.

    •  

      Kelamaan bro.. LCS keburu mendidih..

    •  

      Yg punya bilang, Kilo bisa direfurbish, umurnya bisa ditambah, jeroan bisa dimodif. Jadi, percaya saja kalau si pembuatnya bilang…

    •  

      bung antonov,,kalo menurut saya, jika diasumsikan bung antonov sdg di restoran dan sambil menunggu masakan tersaji,,trz di suguhi wifi gratis..mo di pergunakan silahkan..gag di pakai jg terserah…yg pasti restoran sudah menyediakan…kira” bung antonov akan melakukan apa ? menggunakannya atw hny duduk manis sambil menggrutu “lama bgt jadinya” sambil menahan lapar… saat ini,,inilah yg terjadi sebenarnya… cm sekedar memberi bisikan kl ini jg msh ada sangkut pautnya dgn sisa ks era bung karno… #saya siap” dikarungin neh..

      •  

        kalau memang siap dikarungin mas, perjelas saja maksdx..spy semua lngsung paham. hahahahaha

      •  

        Time wise (1 – 2 tahun), refurbish vs beli baru hampir sama, tetapi riskonya jelas beda. Kalau sdh kebelet, gabungkan saja, beli bekas gelondongan satu dua biji untuk kalender, belajar dll. Setelah puas (mungkin setahun) baru beli yg baru jumlahnya sesuai keinginan.
        Tapi lihat fotonya console Kilo Rusia tampak jadul dibandingkan dengan console Kilo China (ibaratnya cockpit pespur jaman 90an dibandingkan dengan sekarang, analog vs digital).

      •  

        “… cm sekedar memberi bisikan kl ini jg msh ada sangkut pautnya dgn sisa ks era bung karno…”

        pemirsa, semakin menarik perbincangan kita, kami akan segera kembali setelah yang satu ini
        :)

    •  

      Mungkin dalam pemikiran bung Antonov, beli alutsista bekas yang memiliki teknologi cangih itu sama dengan membeli mobil bekas. Begitu deal harganya trus mobil di bawa pulang ternyata remnya blong, mesinnya suka mogok, bodynya banyak yang keropos……itu pemikiran awam sekali, saran saya tolong cari referensi yang banyak lagi tentang alutsista yang di refurbish, agar kita lebih banyak mendapat pencerahan.

  68.  

    udah terlalu bnyak artikel yang menbahas kilo.. dan selalu jadi trending topix… sedikit yang mbahas SU 35… namun 0(zero) yang mbahas S400 atau S300…

    pdahal mereka bertiga trio yang tidak bisa dipisahkan lo…

    ayo.. PEMERINTAH dan DPR… Trio Kwek Kwek harus lengkap

    hehe…

    •  

      Setuju Mas Bro, nie trio kwek2 mmg mesti lengkap lahir bathin..klo 1 aj diantara nya gk ada serasa ngupi gk pke kopi..

    •  

      karena kita blum/masih jauh mo beli Su 35 apalagi tu S300 terlebih S400 yg masih konsumsi lokal. Harga 1 biji sistem S300 itu 2-3 Su30MKII. rasanya TNI masi lebi milih pespur dulu dibanyakin dari pada long range SAM.

      Bagus lah kl Kilo jadi di ambil, kelamaan yg dari Korsel… yg heran kok denger2 gara Rudal S Club dikasi makanya kilo jadi diambil. emang dulu ngga dikasi? la Viet kok 6 biji kilo + S club n dapet juga tot (rakit) Rudal Yakhont. trus gini aja ngga di kasi kok masi banyak orang2 yg bilang Russia bebas embargo segala… coba presiden iseng dukung syria di serang/ungkit tu Russia dulu serang Georgia, cm buat ngetes bakal dikandangkan semua Sukhoinya apa ngga?.. tapi Kilo Su35 n S300 emang sangat pantas di akuisisi.

      yg bingung Radar darat US (China kl jd disumbang si), Kapal TNI AL NATO, pespur KS SAM Russia.. gimana connectnya, masa jalan sendiri2. moga2 berguru ke India yg juga gado2 meski banyak Russia-nya.

    •  

      Sbenernya udah banyak juga yg bahas S-400S-300 dan SU-35
      Tp efek KILO lebih cetar sebab terkait dgn polemik2 diskitarnya yg sudah bergentayangan mondar-mandir dihampir setiap blog/forum militer baik dalam maupun luar negeri sejak bbrp tahun lalu.
      Efek cetar KILO hanya bs disaingi oleh S-300/S-400 …..sebab S-300/S-400 adalah mimpi basah para enthusiast militer dan record baru bagi TNI dlm hal SAM jarak menengah/jauh.
      Selama ini kan TNI slalu air defensenya SHORAD.

      Ranking Alutista cetar mnurut saya bersama alasannya :
      1.S-400/S-300 << karna kita blm pernah punya
      2.KILO class << polemik terlalu panjang
      3.Leopard Tank << karna kita belum pernah punya MBT
      4.Sukhoy 27/30Mk2 , rudal2 SU …dan SU-35Bm…. << Air superiority idaman enthusiast militer
      5.Gosip Akuisisi Destroyer class utk TNI << mengingatkan kenangan2 lama dan idaman enthusiast militer

      •  

        Destroyer class sebagai flagship tidak bisa tergantikan, kecuali jika memiliki kapal induk. Menggunakan fregat sekelas PKR sebagai flagship belum pantas ngaku respectable navy yg pantas diperhitungkan. TNI AL sbg respectable navy harusnya dibandingkan kekuatan2 utama di kawasan, seperti Australia, India dan China. Tidak berarti harus setara atau melebihi, cukup asal membuat lawan berpikir ulang IMO sudah masuk kategori respectable :P

        saya setuju pertahanan udara di urutan 1. melihat contoh2 peperangan modern, pertempuran darat adalah hal terakhir. hanya terjadi setelah kekuatan utama musuh dihancurkan oleh serangan rudal jarak jauh dari pesawat, kapal permukaan atau KS.

        btw, setelah mendengarkan langsung keterangan pers KASAL dan Menhan saya rasa ini agak berbau politik. Pembangunan pertahanan negara harusnya diatur dalam buku putih pertahanan yg disetujui DPR serta disosialisasikan pada masyarakat, hingga tidak dihubung hubungkan dengan siapa yang akan memegang pemerintahan menghadapi pemilu

        •  

          menurut gw anda terlalu berlebihan jika disangkut pautkan dengan politik bukanya mef I, mef II, mef III dst sudah dibuat planingnya jadi IMO modernisasi akan terus berlanjut walau presidenya ganti

          •  

            :?:
            anda mengambil kesimpulan tanpa benar2 mencerna point yg saya sampaikan diatas:

            “Pembangunan pertahanan negara harusnya tidak dihubung hubungkan dengan siapa yang akan memegang pemerintahan”

            ada udang dibalik batu ketika ada pihak yg mewakili pemerintah mengatakan pembelian KS ini harus dilakukan dengan segera karena belum tentu pemerintahan baru nanti akan searah dengan pembangunan kekuatan militer yang sedang dilakukan oleh pemerintahan saat ini. Dgn pemilu di depan mata saya kira jelas sekali pesan sponsornya

          •  

            omm nowyou…
            Begini aja.. Sblm masa pemerintahanya berakhir di th 2014..alangkah baiknya pak pres memberikan berbagai kejutan menarik.. Dg dtgnya SaM ala rusia dan adiknya pantsyr,,es U telulimo,,P-lapanratus,, dan destroyy.. Itu yg penting dan sgt d btuhkan saat ini dan kedepanya buat payung NKRI

            tanpa koma dan titik mmonggo di lanjut

          •  

            mudah mudahan, penggantinya orang yang seperti beliau juga, yang mengerti militer dan alutsista.
            Takutnya, entar dijualin satu satu lagi..
            Kilo dijual ke singapur,
            Leopard dijual ke malaysia..
            semua perjanjian beli alutsista dibatalin…… hadew…..

          •  

            wah.. saya ragu kalo sampai segitu bung @patech, paling optimis minimal sudah ada kontrak mengingat sebelum peralihan pemerintahan.

            yang saya harapkan adalah semacam buku putih yang akan memberikan gambaran jelas mengenai garis besar arah dan rencana yang berkenaan dengan peningkatan kemampuan pertahanan.

            dengan demikian tidak masalah siapapun yang memegang kekuasaan sebagai pemerintah maka modernisasi TNI tidak akan melenceng jauh

  69.  

    hancorlah mafia cbg, dari 2007 nyalip di tikungan, tetep kilo yg finish

  70.  

    :cry: suara KSAL sampai bergetar mengucap kilo & rudalnya…
    (karena sangat strategis ksnya? )

  71.  

    Ya….kebohongan publik pemerintah tentang hasrat membara untuk membeli kapal selam Rusia jenis Kilo ini, hanyalah untuk mengobati perasaan bangsa Indonesia yang sedang lara, karena Singapore telah menandatangani kontrak dengan jerman untuk kapal selam berteknologi AIP, telah tanda tangan kontrak artinya Singapore sudah pasti membeli, ketibang Indonesia yang masih berangan-angan dan berkhayal. Jadi untuk menutupi rasa minder bangsa Indonesia dibuatlah presscon: “Indonesia akan (sekali lagi akan) membeli kapal selam canggih.” Saya yakin, Indonesia tidak serius, kalau serius ngapain tuh Menhan buat presscon, senjata canggih itu belinya diam-diam, dan tim akan langsung dikirim, ngga nunggu bulan depan. Ini cuma semua cuma ilusi, apalagi Indonesia diambang krisis dengan terpuruknya rupiah terhadap dolar. Lihat pernyataan Mbah Pur yang tidak tegas: membeli dari Rusia atau membangun kerja sama dengan Korsel…kata-kata “atau” itu ngga jelas, kecuali kalau dia bilang “dan”. Ini semua ilusi, Bung…hahaha…tertawalah terbahak-bahak untuk semua ilusi ini.

  72.  

    vietnam sekarang sedang ikutan cari barang bekas berkualitas ex rusia. slot yang availabel katanya 2 unit corvette + udaloy i dan su-27.

    •  

      mengikuti jejak indonesia bung..mmeskipun bekas. Tp kalao di refurbish bisa 95% kemammpuanya..
      Selagi murah meriah euy

    •  

      Kecuali negara super kaya dan makmur seperti salah satu jiran kita, beli alutsista refurbished bukan hal baru di antara negara2 ASEAN, bahkan Singapura yg tidak kekurangan dana juga doyan barang second ;) saat ini untuk pertama kalinya sekarang mereka membeli Kapal Selam baru

      ngomong2 mengenai kapal selam memang sepertinya semua lagi lomba. Australia mau ganti 12 KS baru, Vietnam sama ky kita pilih produk Russia, dan bahkan Thailand yg tidak pernah mengoerasikan kapal selam saat ini mulai mempertimbangkan untuk beli, walau kapal selamnya belum beli (bahkan belum ditentukan jenisnya) tapi mereka sudah mulai melatih calon operatornya.

      yang paling top adalah Singapur, baru2 ini mereka memesan KS buatan Jerman yg konon adalah jenis dan kelas terbaru hasil pengebangan Kapal selam konsep :o . ukurannya nyaris 2 kali lipat Scorpene Malaysia, dilengkapi AIP serta VLS serta mempunyai kompartemen untuk membawa pasukan khusus.

      http://defense-update.com/20131205_singapore_type_218sg-submarine.html
      http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=8rvg3AVWBB4
      http://www.gophoto.it/view.php?i=http://defense-update.com/wp-content/uploads/2013/12/archer_class650.jpg#.UqMgUdIW3VE

      •  

        Sebar aja ranjau kapal selam di selat singapor sana, biar kempes lontongnya… hahaha

        •  

          sayangnya sebagai kapal selam jenis terbaru yg dibangun dari konsep, KS ini tentu sudah mempertimbangkan semua kemampuan KS yg sudah beredar di kawasan, termasuk ranjau type lama

          btw, Singapura dgn wilayah laut ukuran ‘kolam renang’ mengoperasikan beberapa KS ukuran besar. dimana KS itu bergerak jika tidak memasuki perairan Indonesia atau Malaysia? masa mau muter2 di pangkalan ..

          apa ada koridor khusus laut dan udara untuk angkatan udara/laut Singapura jika melintas yg diatur hukum internasional? atau selama ini mereka bebas keluar masuk wilayah kita tanpa ijin?

          •  

            Saya setuju.

            Di laut dan udara akses militer mereka harus dibatasi. Sangat banyak alasan mengapa kita harus mampu menekan Singapura secara militer dan ekonomi.

          •  

            setuju di atas setuju bro.
            itulah akibat kelamaan dikasih angin.

      •  

        #ralat,
        tadinya saya kira Thailand tidak pernah mengoperasikan kapal selam, tapi ternyata AL mereka adalah AL pertama yang mengoperasikan kapal selam di Asia Tenggara dgn 3 kapal selam buatan Mitsubishi (Matchanu class submarines) pada tahun 1938 s/d 1951.

        Saat ini Thailand memang belum memutuskan untuk peilihan/pembelian kapal selam, tapi mereka sudah membangun pangkalan dan melakukan pelatihan. Pelatihan ‘bakal calon’ operator KS thailand berlatih di Jerman dan Korea Selatan .. ada kemungkinan mereka juga memilih Changbogo 8)

    •  

      semua juga logika paling benar adalah beli baru bagi pemula. karena vietnam pemula, makanya cuma berani beli baru. setelah ada pengalaman pake yang new branded, baru deh berani jajal bekasnya. ini seperti calon pembeli mobil pemula yang juga masih belajar nyetir. lebih afdol beli baru dulu karena gak ngerti mesin, takut gak bisa rawatnya. kalo udah pinter baru deh logika mulai jalan, beli mobil bekas mewah seharga avanza baru.

  73.  

    Perkataan Menhan bahwa kapal selam Rusia akan ditempatkan di Laut Selatan terdengan agak bertentangan dengan ucapan bahwa bukan Australia yg dilirik.

    Pemerintahan baru Australia bermaksud mengadakan 12 Kapal selam baru pengganti Collins class, alasan pengadaan kapal selam yg dibangun di dalam negeri Australia ini sebagian besar adalah alasan ekonomi untuk menjaga agar industri galangan kapal di Australia tidak gulung tikar. Hanya saja semenjak peristiwa penyadapan ini terbongkar jadinya berita Australia akan mendapatkan 12 KS baru ini jadi terasa sebagai ancaman

    http://www.theaustralian.com.au/national-affairs/policy/abbott-government-plans-a-review-of-defence-deals/story-e6frg8yo-1226772533359#

    -Another priority will be to find a solution to the so-called “Valley of Death” issue, where it is feared significant parts of the naval shipbuilding industry will collapse if significant projects are not found to bridge the gap between the completion of the Navy’s new air warfare destroyers and giant landing ships and the start of construction work on the 12 new submarines to replace the six Collins Class subs.-

  74.  

    bung diego..

    indonesia mdpt pnawaran mnarik dg tot kilo pula ,
    kalau rusia mengganti armada KS kilo dgn seLADA,,
    dan indonesia mendapatkan KILO nya..krn russia mau mmenon aktifkan seluruh armmada kILO

    Kalao rusia mengganti KS nuklir dg boreyyclas. Berarti yg Nuklir ehem” nya mau di ehem”..ke indonesiaa

    Lha kalau Rusia tidak lagi menggunakan SU-27.. Brarti indonesi bisa mendapatkan embel” nya dr SU-27..

    Bilamana S-300 mau di gantikan dgn S-400 dan S-500 maka s-300 yg mau di non aktifkan kemmana juga ya ..?? Apa bisa kasih penjelasan yg lebih lanjut

  75.  

    atau B90-SAROV

  76.  

    yang dekat dengan bengkalis riau silakan cek ke fail station tv daerah bengkalis.sekitar taon 2007 ada penampakan 5 ks di dekat dermaga international mengawal kapal perang USA yg tengah berlabuh.disaksikan ratusan saksi mata dari warga tempatan..thanks

  77.  

    mantappp ane tunggu realisasinya

  78.  

    Ada yang sangat misterius dalam keterangan Menhan:

    …Ada yang sudah biasa mengoperasikan KS Rusia kelas Whiskey, mana orangnya, ya SUDAH BINTANG 2 SEKARANG….

    Jika pati tsb berumur 55 dan menjadi awak Whiskey saat berusia 20 alias 35 tahun lalu, berarti Whiskey masih gentayangan pada tahun 1978 (13 tahun pasca Orla), LUARBIASA ! ! !

    Jangan2 hingga hari inipun masih tersisa…

    •  

      saya cari di youtube belum ada yg upload

    •  

      35 tahun adalah kemungkinan hitung mundur terpanjang.

      Kemungkinan lain pati tsb berpangkat pamen (mis mayor, atau kl. 16 tahun lalu) saat bertugas di KS Whiskey, artinya sekitar 1997.

      Kemampuan modif teknisi kita sudah terkenal, tapi 1997 tergolong ekstrim !
      Pantes ada yang tanya pada kemana Whiskey selain yang dijadikan monumen :)

      •  

        ane prnh baca klu g slh mas tp lp sumberx katax whiskey class smpe thun 80an msh ada yg beroperasi

      •  

        Ternyata hingga 1982 Uni Soviet masih mengoperasikan 60 unit Whiskey
        (45 active, 15 in operational reserve); seluruhnya dipensiun berbarengan dengan berakhirnya perang dingin (Des 1991) dan runtuhnya Uni Soviet.

        Jika pemerintah pernah mengambil resiko melakukan deal rahasia dengan Israel (A-4), beban psikologis melakukan deal dengan Rusia (suku cadang Whiskey) jauh lebih ringan, karena tidak ada golongan yang secara khusus ‘alergi Rusia’.

        •  

          hal itu mungkin saja terjadi mas, apalagi rumornya pada awal tahun 90an Presiden Soeharto sebenarnya sudah mulai menjaga jarak dengan blok barat dan mulai membangun hubungan dengan blok timur akibat embargo militer tahun 1991,.kalau saya g salah ingat mas pembicaraan pertama RI dengan rusia untuk mengakuisisi SU 27 itu pada tahun 1992 hal yg membuat singapura dan australia meradang karena menyadari kelebihan SU 27 dan akhirnya melapor ke AS, sejak saat itulah kudeta terhadap Soeharto mulai dilancarkan.

      •  

        kalau saya tidak salah baca dan dengar,, kita memang punya 12 KS Whiskey dan bahkan totalnya 14.. ( 6 aktif di Indonesia dan 6 cadangan + 2 custome masih di Ruski ).. jadi sebenarnya jumlah KS Whiskey yg beredar di Indonesia cm 6.. namun dengan pertimbangan khusus,,sisanya tidak dikirim melainkan di simpan dan siap di kirim jika Indonesia dalam keadaan genting.. #mohon maaf kl ada salah informasi silahkan di benarkan..

    •  

      mantabz .. jeli sekali :D

    •  

      http://www.projectboats.com/whiskeysub.html

      dr link diatas ditulis “Many of these submarines and navy vessels are still in active service in: Albania, North Korea, Syria, Poland, Bulgaria and Indonesia ..

      pertanyaan yang belum terjawab dari dulu di forum mana pun,ehheheh
      mungkin dari rekan2 disini ada yang bisa kasih sedikit penjelasan???

      lontong oh lontong ,heheheee

  79.  

    Bumg Diego, Bung @Danu, Bung @nowyoudont,
    Sehabis Krismon, tahun 1998, lalu Tim-tim Lepas, Ausie, bikin ulah, sehingg Panglima TNI kala itu Wiranto kesal dan Mengatakan, “TNI HANYA PERLU WAKTU KURANG DARI SATU JAM UNTUK MERATAKAN CANBERRA DENGAN TANAH.”, Kira-kira senjata apa yg diandalkan TNI waktu itu, apakah KS-KS kita yang jumlahnya banyak itu ???, mohon pencerahan.
    Karena saya yakin itu bukan gertak sambal, sehingga Bill clinton, terpaksa bilang kalau tetangga kita itu adalah sekutu dekatnya.

    •  

      saya ga tau bung @inul, tapi jika boleh mengira-ngira, kemungkinan yg paling mungkin (jika memang bukan cm bluffing) adalah kapal selam dgn kemampuan serang darat. Canberra jauh di selatan, TNI tidak memiliki bomber jarak jauh sementara KS bisa mudah disembunyikan dan dirahasiakan oleh TNI

    •  

      Jika artinya rata kurang dari 1 jam setelah perintah diberikan, tak bisa tidak harus ada KS dengan rudal di perairan dekat Canberra.
      (Tak mungkin rudal jelajah sekelas Tomahawk yang forward deployed di Kupang mencapai Canberra kurang dari 1 jam, range-nya pun tidak mencukupi),

      Tapi serangan rudal dari KS adalah precision strike, mengincar sasaran2 strategis, sementara meratakan kota adalah serangan jadul oleh pesawat sekelas B-52 dengan carpet bombing -nya.

      Dengan kata lain, bingung alutsista mana yang mampu melaksanakan perintah tsb :(

      •  

        Soalnya, saya curiga dan khawatir, peristiwa penyadapan belakangan ini, akibat paranoidnya Ausie dari peristiwa tersebut.
        “Apa mungkin kita punya KS yg bisa serang darat dengan senjata sangat mematikan, semisal rudal dgn hulu ledak setara nuklir, atau jangann jangan, jangan jangan deh.

        Thanks.

      •  

        Soal jangan jangan ternyata tidak mustahil juga;
        Kita menerima Whiskey antara 1959 dan 1962 (12 unit diberi nama, 2 unit untuk dipreteli suku cadangnya), diantara yang 12 mungkiin ada 1-2 tipe khusus?

        In the 1950s and 1960s some Whiskey submarines were converted to guided missile submarines. These boats had the capability to fire one to four SS-N-3 Shaddock cruise missiles. In 1956, the first prototype was ready. It was a regular Whiskey-class submarine which was fitted with a launch tube aft of the sail that contained a single SS-N-3C land-attack missile.

        The P-5 “Pyatyorka”, also known by the NATO codename SS-N-3C Shaddock, was a Cold War era turbojet-powered cruise missile of the Soviet Union.
        The missile entered service in 1959.
        The basic version of the missile was an inertially-guided submarine-launched cruise missile to threaten the US coast. The missile could be armed with either a 1,000 kg high explosive or a 200 or 350 kt nuclear warhead.

        Artinya jika ancaman pak Wiranto bukan sekedar gertak sambal, memang ada kemungkinan untuk mewujudkannya.

        Shelf life teoritis rudal sendiri bisa diverifikasi ulang dengan kombinasi functional testing, laboratory testing, and missile flight tests seperti yang dilakukan Stockpile Reliability Program AS.

  80.  

    Hahaha lucu, beli Kilo gara-gara istri SBY di intip orang. Ga tau apa kalo istrinya SBY lagi ngobrolin arisan proyek malah jadi berkah Indonesia beli Kilo. Tapi gapapa deh,mumpung akhir jabatan jadi buat kebaikan buat NKRI. Ngomong2 manteb juga tuh kilo ditempatin di laut sebelah timur a.k.a laut Arafuru. Jadi Darwin, AFB Darwin bahkan Sidney, Christmas , Cocos, dan Canbera bisa dijangkau sama Yakhont.

  81.  

    Mana buktinya..? Minimal linknya bro..

  82.  

    Kapal selam bekas masih dioperasikan Armada Utara

    “Kapal selam bekas yang ditawarkan dari Rusia tersebut bukan termasuk kapal selam yang telah dipensiunkan, namun merupakan kapal selam yang masih aktif digunakan untuk operasional oleh Armada Utara Angkatan Laut Rusia.

    Armada Utara (North Fleet) Angkatan Laut Rusia saat ini mengoperasikan puluhan kapal selam termasuk diantaranya kapal selam Kilo class yang ditawarkan kepada TNI AL”.

    (Defense Studies)

    Luar biasa Papa Bear.., Kapal lagi patroli diserahin juga, boleh milih lagi,murah banget, 10 bijik = 700jt$ (sisa KE), beda banget sama uncle samiun, nawarin yang udah rongsok di gudang. kalo yang baru harganya gak berprikemanusiaan.

    •  

      bisa dikonfirmasi 10 unit $US700? setau saya saat ini belum sampai kontrak jumlah dan harga, dan rasanya tidak mungkin jika segitu gan , apalagi jika opsi bekas tentu akan mengalami refurbish dan upgrade.

      Jika sisa limit kredit 700jt tidak dinaikan lebih masuk akal masuk akal jika yg diambil adalah 5 unit refurbished. ini jadi nyambung dengan berita bahwa pemerintah menjajagi pembelian 5 unit KS Russia. atau mix antara Kilo refurbished dan Amur brand new

      opsi lain adalah sisa budget kredit ditambah dana on top MEF, ini akan lebih leluasa karena dana on top masih tersisa cukup besar

      •  

        mudah saja,penawaran 10 ks bekas di umumkan menhankam (lihat trit JKGR sebelumnya), setelah itu tidak ada angka yg resmi lagi, hanya samar2, dulu mantan dubes ivanov datang ke DPR memaksa habiskan sisa KE (-/+$700jt), pasti sudah dihitung rusia, 10 ks yang ditawarkan adalah seharga KE.

  83.  

    bung @diego gimana bung kabar pergeseran LEO ma Marder ? katanya pake flatbed

  84.  

    “ehemm”

  85.  

    Membahas mengenai pembelian kapal selam U-218 oleh Singapore, saya pribadi tidak mengkhawatirkan itu. Knp?? Krn kapal selam itu adalah jenis terbaru, apalagi customized ala permintaan Singapore.

    Dalam dunia manufacturing, ada prinsip ilmu yg dikenal dengan “Bath Tub Curve”. Semoga anda bs membayangkan seperti cawan, yg tinggi di tepi kanan-kirinya dan landai dibawah. Ilmu ini berbicara bahwa produk baru akan mengalami banyak kegagalan di 25% awal hidupnya yg disebut yg disebut “infant mortality rate”. Anggap saja kapal selam mempunyai target life 30 tahun, maka 1/4 nya adalah di 7,5 tahun pertama.

    Dikatakan dlm berita, kapal selam akan di-delivery tahun 2020, pandangan saya agar bisa mencapai operational proven di tahun 2027. Selama kurun waktu 2020-2027 kapal selam ini sebagai produk baru, akan banyak mengalami failure di beberapa komponennya. Padahal di tahun itu kita sdh memakai Kilo, Amur yg sdh lbh mature dlm hal pemakaian. Apalagi pabrikan sdh mengantongi historical failure dr pemakaian selama ini oleh AL Rusia.

    Tidak slah jika dikatakan, petinggi militer kita lbh memilih peralatan militer yg sdh dipakai oleh angkatan bersenjata Rusia, bukan yg di customized ala Malaysia atau India. Penggunaan oleh user di Rusia sdh memiliki jam terbang tinggi, historical failure sdh didapatkan, jadi diharapkan dengan begitu down time dr alat militer cukup rendah. Kata lain, tingkat availability rate dalam 1 tahun bisa diatas 90%.

    Sekedar intermezzo…

    •  

      Produk teknologi terbaru memang tidak battle proven bung, hanya saja kita bicara mengenai teknologi kapal selam Jerman yang dipilih oleh Singapura :)

      cacat design atau cacat produksi mempunyai kemungkinan sangat kecil. possible but not probable

      •  

        Saya td hanya membicarakan operational proven, bukan battle proven.
        Saya tdk berani mengatakan “sangat kecil”. Toh ada ilmu yg diambil berdasarkan pengalaman yg bilang frekuensi failure di produk jenis baru/infant failure relatif sama dg frekuensi kegagalan di produk yg usang, mendekati usia target life/wear-out life failure.

      •  

        Jika seperti yang agan bilang bahwa produk baru dan lama mempunyai frekuensi failure yang sama, maka KS baru Singapura HDW 218SG dan KS tua kita HDW 209 juga mempunyai persentase frekuensi failure yang sama. Namun itu tetap tidak menghilangkan gap teknologi antara keduanya yang beda 40 tahun.

        Head to head perbandingan teknis di atas kertas maka menurut saya produk jadul harus lebih khawatir jika berhadapan sebagai lawan. pada permisalan produk lain saya tidak bisa membayangkan pilot F16 atau F5 kita tidak merasa khawatir jika harus bertempur melawan F35 Singapura.

        Imo, lebih masuk akal khawatir dgn yg 75% superioritas teknologi terbarunya daripada 25% probabilitas kegagalannya. dan dari kekhawatiran seperti itu diharapkan muncul masukan2 bagi TNI agar bisa terus menyeimbangkan kekuatan di kawasan

  86.  

    OOOOO pantes kapal perang permukaan TNI AL jelek-jelek, mesin empot-empotan, sistem perang jadul ,radar senin kamis, ternyata duitnya banyak dipake untuk perawatan KS yang muahal toh dan jumlahnya bukan 1 atau 2 KS

  87.  

    bicara kapal selam,bukan sesuatu yg luar biasa buat indonesia..blg tu sm singapore,australia,china,malaysia,mereka blm tau apa org indonesia “kapal selam” pun dimakan!

  88.  

    Kembali ke beli bekas atau baru.
    Kalau beli baru, deliverable-nya termasuk dokumentasi antara lain gambar konstruksi.
    Kalau bekas ya gelondongan tidak termasuk gambar konstruksi.
    Kasus Iran beli bekas waktu mau M&O, Rusia menawarkan di galangan Rusia, tapi Iran tdk mau, dikerjakan sendiri walaupun sulit dan berhasil.
    Lantas kita pilih mana?
    Pilih win-win dong, beli bekas satu atau dua biji untuk belajar operasi dan M&O, dan kalau puas beli baru dengan menambahkan fitur khas Indonesia (tipe Kilo-I, semacam T-50i).
    Satu lagi, ingat waktu beli pertama Sukhoi Flanker tahun 2003, berisik politik sampai Komisi I DPR buat Panja segala. Jangan sampai terulang pada waktu pergantian pemerintah baru nanti. Oom Poer harus segera selesaikan Buku Putih Pertahanan Indonesia 2013, sebagai pengganti/ kelanjutan Buku Putih 2008. Protapnya kan setiap 5 tahun diterbitkan.

  89.  

    Bung diego, saya mungkin mempunyai pandangan lain diluar mengamini sebagian dari analisa diatas dan pandangan teman2 warjag tapi sebagai bahan analisis menurut saya sebenarnya Australia tidak memperhitungkan kekuatan laut dari TNI AL (indonesia) dalam buku putihnya th 2010-2011, melihat kapal selam china merupakan ancaman terbesar (belum lagi nanti datang kapal induk china+kapal perusal dan kapal selam nuklir china). Dan china sudah mencoba dgn KS Type 093 kelas Shang adalah kapal selam yg bertenaga nuklir type serang untuk melewat ALKI II yaitu lewat selat lombok
    Melihat kemampuan militer China berkembang, AS melawan ini dengan memperkuat aliansi dan kemitraan yang ada dan membentuk yang baru dengan negara-negara regional lainnya seperti India, Jepang, Malaysia, Rusia, Singapura, Thailand, Korea Selatan dan Vietnam (negara2 yg menolak klaim2 dari china di LCS). Indonesia tidak dimasukkan karena Indonesia mempunyai kecenderungan netral dalam klaim LCS karena wilayah Indonesia tdk masuk klaim dari negara China.
    Perlu diketahui bahwa ada kesepakatan Pemerintah Australia pada saat itu (dari buku putihnya), beberapa kapal selam Australia dapat terus beroperasi di jantung Timur kawasan Asia Tenggara dalam aliansi. Kapal selam akan digunakan melakukan pengintaian dan operasi ofensif di sekitar Selatan dan / atau Cina Timur Laut, seperti peletakan ranjau, pemogokan tanah dan peran anti-shipping/ASW di depan daerah. Perlindungan ASW untuk pangkalan sekutu penting mungkin juga menjadi tugas yang relevan.
    Kapal selam Australia juga cenderung untuk menyelam, bersama dengan RAN lainnya dan aset RAAF, melakukan kontrol terhadap tiga selat kepulauan utama, yaitu Malaka, Lombok dan Sunda (meskipun Singapura mungkin lebih cocok untuk mengontrol Selat Malaka). Pementasan untuk operasi ini bisa terjadi dari Cocos Keeling dan port Australia utara, tempat yang jatuh baik dalam kapasitas dukungan logistik independen.
    Bagian atas rahasia tsb gagasan bahwa kapal selam Australia akan atau harus lebih terlibat penuh dalam Wilayah Asia Timur Operasi yang diperebutkan untuk sejumlah alasan.
    Dalam konflik besar dengan China, kapal selam Australia akan bekerja di daerah wilayah laut kepulauan Indonesia, daerah yang sama mereka hampir pasti akan harus bekerja dalam waktu yang sangat dekat. Kenyataannya adalah, semua jalan untuk kekuatan kapal selam kami mengarah ke kepulauan utara (Indonesia).
    Dan Ketakutan Australia makin menjadi setelah Indonesia mulai sulit diajak kerjasama dan selama ini diremehkan kekuatan lautnya dan kemudian mulai bangkit dengan program pengadaan kapal selam diesel modern sekitar 12 ks untuk menjaga 3 ALKI. Dan belum lagi membeli beberapa PKR , 11 heli aks dan beberapa light fregat serta modrenisasi kapal combatan lama untuk dipersenjatai oleh rudal yakhont/rudal C-802/rudal exocet block 2 dan 3. Apalagi Indonesia menjalin hubungan dengan China cukup mesra dalam hal pengadaal rudal dan joint kerjasama pembuatan rudal.

    •  

      Saya tersenyum membayangkan saat ketika jumlah Kapal selam dan heli ASW TNI sudah ideal, Australia bisa2 harus muter dl ke Pasific hanya untuk mengawasi pergerakan China di LCS :) Kondisi geografis AUS membuat hubungan baik dengan Indonesia memang sangat strategis bagi mereka.

      dan suram juga masa depan kekuatan kapal selam Singapura di kondisi seperti itu nanti, mau kemana-mana harus ijin dulu sama TNI. Mantap .. :twisted:

  90.  

    -sebanyak 162 pencari suaka dan enam kru perahu tiba di Australia sejak Jumat pekan lalu-

    http://www.suarapembaruan.com/internasional/tak-libatkan-indonesia-perahu-pencari-suaka-lolos-ke-australia/46195

    Ini akibat terhentinya kerjasama pertahanan dan kepolisian dengan Indonesia. Kenapa di posting di sini karena menarik melihat bahwa kapal permukaan bisa masuk ke wilayah Australia tanpa terdeteksi. Bahkan setelah segala macam dukungan peralatan dan persiapan (karena terhentinya kerjasama dgn Indonesia) ternyata masih banyak kapal yang lolos dan masuk ke Australia.

    Bayangkan bagaimana jika yang menyusup adalah Kilo class, bukan tidak mungkin bisa sampai ke Sydney harbour ;)

  91.  

    Sebenarnya yang bikin Ossy resah dengan kapal selam2 kita itu ialah:
    bukan karena tak terdeteksi sama mereka,
    tapi karena mereka lihat di radar, tuh lontong kerjanya mondar mandir aja di pantai barat Ossy sambil gendong rudalnya yang menakutkan itu,
    tak ada bulan yang dilewatkan tanpa melawat kesana… hahahaha….
    10 km lagi dari pessisir……., pake neropong2 segala lagi …
    Hehehehe…. (kidding)

  92.  

    IHS Jane’s sudah memuat rencana KS Russia ini, saya tunggu2 dari kemaren

    http://www.janes.com/article/31279/indonesia-edges-closer-to-decision-on-kilo-class-submarines

    “officials in Jakarta have previously suggested that the country needs at least six more to provide adequate EEZ protection”

    jadinya nanti mudah2an 10 :mrgreen:

    •  

      dimana EEZ yang sedang panas semua sudah tahu…

      Sementara dalam penjelasan kemarin Menhan lebih banyak bicara tentang choke points di perairan timur RI yang lebih dalam, sekedar menghindari tambah panasnya situasi dengan koko dari utara :)

      •  

        Jangke pendek bisa dipandang sebagai jawaban pada Australia, tapi jangka panjang semuanya memikirkan kebangkitan China dan ambisinya di LCS. Pasca kedatangan Kilo class nanti (plus Changbogo), situasi Vietnam di bawah ini dengan mudah bisa diterapkan dengan kondisi Indonesia terhadap kehadiran PLAN di LCS

        Quantitatively, the VPN cannot possibly hope to keep pace with China’s growing naval might due to the latter’s economic preponderance. China possesses a huge submarine fleet that stands poised to further widen the quantitative gap not just with Vietnam but with other submarine operators in the region. Qualitatively, Vietnam’s new undersea capability provides a credible asymmetric counter-poise to China’s growing naval might in the South China Sea. As the Chinese have operated the Kilos since the 1990s, Vietnam’s boats will not present a new surprise.

        However, Vietnam’s Kilos will still create concerns for China’s naval planners who in the past did not have to consider a Vietnamese undersea capability.

        http://www.eurasiareview.com/04092012-vietnams-new-kilo-class-submarines-game-changer-in-regional-naval-balance-analysis/

      •  

        Saya pernah baca tulisan mengenai wacana Aliansi pertahanan Asean, jika Asean 10 tidak bisa bersatu (Laos, Myanmar dan Kamboja sdh berada di kantung China) setidaknya anggota Inti saja yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia dan Filipina. Vietnam yg kuat militernya juga wajib diajak juga untuk menutupi lemahnya Filipina

        walau bersatu tetap bukan tandingan China, hanya saja menaikkan daya tawar untuk mendorong diplomasi politik. dan harusnya dilakukan dulu-dulu, jika baru dilakukan saat ini akan langsung dipandang sebagai tantangan oleh China.

  93.  

    …Saat ini TNI AL memiliki tujuh unit kapal selam. Dua kapal selam jenis U-209/1400 dari Jerman. Dua jenis kapal selam jenis Scorpene buatan Prancis dan tiga kapal selam jenis U-209 dari Korea Selatan…

    Saya kutip dari kalimat di atas:
    Saat ini TNI AL memiliki tiga kapal selam jenis U-209 dari Korea Selatan.

    Bukan saat ini dong, nanti/beberapa tahun lagi, gak perlu diomongin semua udah tahu

    Kalau benar saat ini 7, berarti yang dari era 80an masih ada setidaknya 3 (anggap saja 2 Scorpene benar)…

  94.  

    ks kilo sudah ada di indonesia..msh inget gk sm sukhoi yg dlu di lock saat latihan!..itu keisengan dr kru ks dr dlu mpe skrang gk brubah..hehe

  95.  

    Buat apa kita beli kapal selam di rusia. . Bikin saja di Indonesia. Kita negara maritim yang di segani oleh dunia. Mencoba dan kesungguhan serta kemandirian kunci kesuksesan berarti stop indonesia beli produk luar negeri.

  96.  

    pakde slamet wis pensiun om..

  97.  

    CEPETAN DI BELI PAK , Sekarang QUANTITY Dahulu..(>10 unit)
    NEXT TIME > Quality , by PT.PAL dari ToT changbogo, … lalu buat 1000 unit :) , ngayal :P
    >Lalu supaya nggak pusing mikirin biaya maintenace nya,(kemarin ada yg pusing katanya )
    # pilih yg sudah overhaul and refit saja, kan tiap 12 tahun mereka pasti overhaul di dock nya.
    >kalau beli BARU , biaya maintenace juga tetap sama saja setelah 12 tahun,
    ( kita bicara bukan ngomongin kapal laut/angkot/kendaraan biasa lho).
    setiap overhaul Submarine ,pasti Ganti mesin Diesel nya 4 unit, 1 electric motor, Cutting,dissasembly & rewelding hull, ganti batteries, update navigation sytem, software, wiring dll .
    >jadi sama aza kan biaya nya? , padahal dulu dari beli baru.
    >Kesempatan nggak datang dua kali, klo ada tawaran yg kira2 Bagus ..Sikat, kaya pak sukarno Dulu. :)

  98.  

    klo baca comment tuh saya suka sama yg optimis wlpun kenyataan masih jauh tpi ttp optimis kita bisa,tpi saya miris klo baca coment yg pesimis apalagi di tambah coment yg nyepelein negeri sendiri,sangat disayangkan….

  99.  

    Selalu menjadi harapan kita semua jika usaha kita berhasil. memang ini butuh perjuangan dan kerja keras, termasuk belajar tentang apa saja yang memperkaya pengetahuan kita.

    http://goo.gl/yY8AP7

  100.  

    Wah .. RI batal beli KS Kilo buatan Rusia. KSAL Laksamana TNI Marsetio hari ini di Markas Armatim menjelaskan alasannya. Dua bekas yg sudah 2 tahun nganggur dibiarkan terbengkalai dan peralatan di dalamnya sudah memprihatinkan. Sementara Kilo yang baru cukup mahal.

    So what next?

  101.  

    kilo class baru/bekas, semuanya B######T !!!

  102.  

    Whisky class, Cakra-Nanggala Class, CBG Class, Kilo Class ….. sdh mahfum diperbincangkan krn sdh sering di publish, pun juga kilo siluman yg sdh malang melintang menjaga NKRI sdh dibahas.

    yg agak aneh bin siluman tuh Astuti class yg jadi bonus tuker tambah mas james bond …. tuh paling aneh bin siluman adalah Scorpene …. gimana ceritanya nih … hehehe.

    mhn info hoax nya pak Warjager semua :-)