Nov 292013
 
Kapal Selam Kilo

Kapal Selam Kilo

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan penambahan kapal selam sangat penting dalam modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia. Jika Indonesia memiliki armada kapal selam lengkap, Menteri Pertahanan yakin pertahanan negara akan lebih kuat sehingga Indonesia tidak mudah disadap pihak asing.

“TNI Angkatan Laut mengatakan, kalau RI punya kapal selam 10-15 buah, kita tidak akan disadap lagi,” ujar Purnomo Yusgiantoro dalam diskusi panel bertajuk ‘Membangun Kemampuan Kekuatan Pertahanan Berkelanjutan’ yang diselenggarakan Forum Pemred di Jakarta, Jumat 29 November 2013.

Menurut Purnomo, pembangunan sistem pertahanan merupakan bagian dari harga diri bangsa. “Bangsa yang kuat adalah bangsa yang kuat pertahanannya,” ujar dia.

Namun dinamika politik bisa mengancam proses pembangunan alutsista yang telah dipersiapkan dan tengah dilakukan. “Kalau presidennya tidak mengerti militer, bisa saja program tidak berlanjut. Jadi komitmennya harus kuat,”.

Ketua Komisi I DPR, Mahfudz Siddiq, dalam forum ini mengatakan TNI Angkatan Laut masih lemah dalam menjaga pertahanan laut. TNI AL perlu diperkuat dengan pembangunan alutsista berupa armada kapal selam yang lengkap.

Sebelumnya, terungkap Indonesia menjadi target penyadapan Australia dan Amerika Serikat. Badan Intelijen Australia (DSD) menyadap ponsel Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah pejabat tinggi RI pada Agustus 2009.

Dewan Mufti Rusia diwakili Syeikh Ravil Gaynutdin memberikan lencana paling bergengsi bintang Al-Fahr kepada Dubes Hamid Awaludin, (28/11/2011) (photo: Aji Surya/Counsellor KBRI Moskow)

Dewan Mufti Rusia diwakili Syeikh Ravil Gaynutdin memberikan lencana paling bergengsi bintang Al-Fahr kepada Dubes Hamid Awaludin, (28/11/2011) (photo: Aji Surya/Counsellor KBRI Moskow)

Motif Penyadapan
Mantan Duta Besar RI untuk Rusia, Hamid Awaluddin, menduga penyadapan oleh Australia untuk membidik rencana RI membeli kapal selam Rusia. Pasalnya, tarik-ulur atau negosiasi seputar jadi-tidaknya Indonesia membeli kapal selam Rusia terjadi pada Agustus 2009.

“Teknologi kapal selam yang saat itu hendak dibeli Indonesia dari Rusia sungguh dahsyat. RI berencana membeli dua kapal selam. Kalau jadi, (Australia) tentu takut sama kita,” kata Hamid kepada VIVAnews beberapa waktu lalu.

Sejumlah pejabat RI yang ketika itu disadap oleh Australia, diyakini Hamid ada kaitannya dengan rencana pembelian kapal selam Rusia itu. “Sofyan Djalil saat itu Menteri Negara BUMN, Sri Mulyani Indrawati saat itu Menteri Koordinator Perekonomian. Mereka terkait dengan aspek ekonomi negosiasi itu (kapal selam), yakni pembiayaan. Ada anggarannya atau tidak,” kata Hamid.

Penyadapan terhadap Sofyan Djalil juga terkait dengan dana BUMN untuk membangun dermaga kapal selam tersebut. Sementara Dino Patti Djalal yang juga disadap ketika itu merupakan Juru Bicara Presiden Bidang Luar Negeri. Komunikasi-komunikasi dari pihak asing sangat mungkin masuk melalui Dino.

Pada akhirnya, kata Hamid, Indonesia batal membeli kapal selam Rusia karena alasan keterbatasan biaya. RI akhirnya lebih memilih membeli kapal selam Korea Selatan.

Rusia pada tahun 2012 memiliki 60 kapal selam bertenaga nuklir dengan teknologi canggih. Meskipun pembelian kapal selam dari Rusia batal dilakukan pada tahun 2009 itu, kini Rusia kembali menawarkan 10 unit kapal selamnya kepada Indonesia (VIVAnews).

  86 Responses to “Indonesia akan Perkuat Armada Kapal Selam”

  1. lontong maning 😀

    saya yakin modernisasi militer adlah keniscayaan, siapapun presidennya. kepentingan ekonomi beriringan dengan kekuatan militer. pemilu tahun 2014 sudah diasuh issue2 penyadapan oleh negara2 ‘sahabat” di tahun 2013, para calon potensial tentu juga sudah ada bayangan mengenai issue terkait jika mereka berhasil menjadi RI1

    so, sekarang urusannya politik 🙂 sah di tag ini
    dari berbagai polling ada beberapa nama yang muncul, Jokowi yg belum pasti dicalonkan hampir selalu berada di urutan pertama disusul Pabowo Subianto dan …. yup..hm…gimana ya? .. Megawati Soekarno Putri.

    IMO, dua nama teratas yg muncul rasanya tidak perlu khawatir mengenai upaya modernisasi alutsista. yg satu mantan militer yg sangat militan dan yg satu dikenal dekat dengan militer. masalah ekonomi juga dua2nya memposisikan diri sebagai pendukung ekonomi kerakyatan dan ‘ngerti’ masalah ekonomi. Prabowo dgn masa lalunya yg ‘gelap’ dianggap lebih mempunyai kapasitas dan background yg layak menjadi presiden, sementara Jokowi yg populer akan mempunyai legalitas tinggi sebagai presiden yg dipilih langsung. saya sendiri berharap JK akan masuk ke sebagai calon, elektabilitasnya juga ternyata jauh di atas Ical 😀

    siapapun Presidennya nanti, selama tidak ada kejutan dan sesuai prediksi polling, insyaallah urusan MEF akan tetap mendapat perhatian serius

    • bung @nowyoudont menurut pendapat awam saya ini bukan liga jokowi (belum) lebih tepatnya , belum pada kapasitas nasional saya rasa ada dua nama purn TNI yang cukup bisa bermain di liga tsb , ada juga 1 menteri yang popularitasnya sedang tinggi di kalangan media soc , dan ada juga mantan RI2 disana , jika dilihat dari pengalaman memmpin pada skala nasional jokowi belum “bisa” masuk ,

      jokowi memang (salah satu) walikota terbaik di dunia tapi belum tentu akan berhasil di liga yang lebih besar ,jokowi sama halnya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani yang juga masuk nominasi walikota terbaik ,mungkin mereka ada di “lingkaran” yang sama ,yaitu sama2 berhasil memimpin sebuah kota ,tapi untuk skala nasional ,saya berpendapat belum hehe maaf kmana-mana jadinya bung

      • tidak apa bung @pradipta aryayodha, hak pendapat anda sama nilainya dengan setiap WNI lainnya 🙂

        saya pribadi suka mantan RI2. tapi bicara kemungkinan,Jokowi- jika dicalonkan- adalah kandidat yang paling kuat. dan walau Jokowi memang tidak ada pengalaman level nasional saya menyimpan harapan pada gayanya yang kerja langsung, get it done. value yang selama ini baru saya lihat dari JK di generasi pejabat lama. well, tentu saja ini pendapat pribadi saya bung 😀

      • bung pradipta,

        saya masih belum paham pengertian liga:

        seorang jenderal bintang tiga misalnya, ‘kan baru berpengalaman mengurus puluhan ribu ‘rakyat’ dengan sistem komando?

        seorang walkot mengurus jutaan rakyat, banyak yang bandel dan demo?

        • Mungkin lebih tepatnya “laga”
          Tugas Presiden sungguh sangat komplek, selain harus menjadi pemimpin yang super, harus bisa menyatukan dan merangkul semua komponen dinegara ini melalui manajemen yang super canggih.

          ngak perlu pakar A, B, C, D, dst……….. karena itu adalah tugasnya menteri kebawah.
          Syarat presiden yang bagus :
          – WNI (patriotik)
          – Taat beribadah
          – Tegas dan berwibawa
          – Cerdas (Pandai belum tentu Cerdas)
          – Cakap Berbicara
          – Sehat (tidak memiliki penyakit serius)
          – Mempunyai riwayat panjang sebagai pemimpin
          – Mempunyai riwayat panjang Anti Korupsi
          – Sudah berkeluarga

          Kalau capres no : 3 disebutkan diatas oleh @nowyoudont, jadi ketua PKK aja ngak pantes………. 🙁

          • itu hasil polling yang paling sering muncul bung. entahlah kalo yg nomor 3, tapi 2 pertama saya kira memang tidak pantas jadi ketua PKK 😀

          • bung melektech, sy tambahin, menganyomi seluruh rakyat, bijaksana dan JUJUR serta memandang jabatan/pangkat seorang pemimpin adalah amanah / ibadah dan Iklas menjalaninya, juga cakap. Kepentingan rakyat, negara, bangsa lebih tinggi dibanding kepentingan pribadi dan partai.
            Pemimpin ibarat Imam, jadi harus menjadi panutan dan diterima oleh seluruh makmum.
            Indonesia saat ini membutuhkan Pemimpin yang komplet.
            Insyaallah masih banyak calon pemimpin2 bangsa yang jujur, yang baik dll seperti kreteria diatas.

      • semua orang yg berpengalaman, pasti berawal dari tidak punya pengalaman.
        lebih baik belum berpengalaman, daripada punya pengalaman gagal. :p

  2. baru ngeh, itu gambar Kilo class TNI AL ya? 😀 nomor lambung 412 sana seperti salah satu KS Cakra

  3. Fhotoshop tu bro.. lontong vietnam kayaknya, tuh benderanya merah smw. hahaha.. (ngarepsalah.com)

  4. Saya kurang paham dengan pendapat Pak Poer di atas,
    apakah ada hubungan jumlah lontong dengan “tidak mudah disadap dengan pihak asing ya?” 🙂

    • iya, nggak nyambung

    • saya sudah mulai agak terbiasa dengan komentar pak Poer. Media asing pernah menganggap komen beliau gegabah dan membahayakan.

      Pejabat kita sering membuat komen untuk kosumsi dalam negeri dgn gaya personal dan lupa bahwa sebagai pejabat RI komen mereka akan dikutip media2 asing serta menjadi berbeda nilainya

    • Kurang paham karena itu memang O M O N G K O S O N G !

      Buktinya gampang banget (diukur dari ini saja, akal saya jauh lebih sehat dari ybs -sorry bukan narsis)

      Arsenal nuklir AS:
      deployed ICBM, 449
      deployed SLBM 239
      deployed warheads 1,722

      Arsenal nuklir China:
      deployed ICBM 60

      data September 2012
      nuclearforces.org/country-profiles/

      Apakah jumlah senjata nuklir AS mampu mencegah China mencuri rancangan alutsista ? (bukan sekedar menyadap yang gak jelas juntrungannya)

      T I D A K ! !

      Chinese Hackers Stole U.S. Weapons System Designs

      A new report by the Defense Science Board lists at least 29 specific U.S. weapons system designs that were stolen by Chinese hackers.
      These include several missile defense systems, such as the Aegis Ballistic Missile Defense System, the Terminal High Altitude Aerial Defense, and the Patriot Advanced Capability-3. Aircraft, such as the F-35
      and F/A 18 fighter planes, the C-17 cargo plane, and the UH-60 Black Hawk Helicopter, were compromised, as were the Navy’s new Littoral Combat Ship and several information and control systems.

      heritage.org/research/commentary/2013/6/chinese-hackers-stole-us-weapons-system-designs

      • saya setuju

        jaman sekarang untuk mengejar ketertinggalan teknologi kalau masih ngandalin TOT akan makan waktu yang sangat lama
        mau buat kapal selam tunggu 2025
        mau buat stealth fighter tunggu 20~~
        mau buat satelit ………………….

        bandingin waktu jaman PD 2 yang penting barang musuh udah ditangan beberapa bulan kemudian udah jadi salinannya bahkan lebih bagus padahal peralatan masih jadul, kalau peralatan jaman sekarang yang membatasi cuma imajinasi semuanya bisa asalkan ada uang… 🙂

        trus ilmuwan kita banyak kenapa kita nggak buat aja program SOT (steal of technology) mereka dijadiin agen ke luar negeri dan diakomodasi oleh pemerintah untuk melengkapi data atau teknologi kita yang belum lengkap.

        pasti bisa & kalau tidak begitu ya balakalan terus ngemis teknologi seikhlasnya dari negara lain

    • Ada bung, masa situ gak tau, kalau penyadapan yg dilakukan ausie dan singoparno plus korsel dilakukan mrk melalui kabel serat optik bawah laut. nah korelasi pak menhan itu nyambung klw kita punya armada kasel yg banyak, agar dpt memantau kabel2 yg malang melintang dibawah laut tsb. coba bayangkan jk kabel tegangan tinggi jawa bali yg berada didalam laut disabotase pihak tertentu? bakal runyam devisa pariwisata kita.

  5. Beli/ teken kontrak itu gampang, asal duitnya ada, yg susah menyiapkan peralatan pendukungnya dan pelatihan awaknya. Kita sedang menyiapkan kedatangan kelas CBG, di sebelah Timur ada Palu, sebelah Barat dimana ya apa di Pondok Dayung, tapi sebaiknya di Lampung. Kalau terima Kilo sekarang pasti kedodoran.
    Lebih baik kita diam saja, buat persiapan secara senyap, buat mereka kebat kebit, nanti pada waktu yg tepat diumumkan. Yakin bahwa DPR/rakyat mendukung rencana ini. Oom Poer jangan banyak bacot lah, nanti dikatain orang lagi, rasanya dulu waktu jadi MenESDM omongannya dikit ya?

  6. Salam kenal teman2, saya reader baru di warjag ini, izin mau ikutan meramaikan warjag,
    ”maaf sekedar opini pribadi” Pernyataan pak menhan sangat kental nuansa politik nya, maklum demokrat lagi layu pamornya redup, semua peserta konvensi demokrat masih jauh ranking dan elektabilitas dibawah jokowi, padahal ri1 berharap kepada sang adik ipar, ya… segenap daya upaya untuk menaikan ranking beliau.

    • @Mas Dekno, kalau begitu sekarang saja umumkan beli Kilo, barang 2 biji sih masih cukup duitnya kan bisa ngutang. Daripada daripada BOS yg nggak keruan hasil elektabilitasnya. Saya janji nyoblos situ deh he he he

    • Tepat sekali bung !

      You hit the nail right on the head.

      Saya kutipkan pesan sponsornya:
      ..Kalau presidennya tidak mengerti militer, bisa saja program tidak berlanjut..

      Banyak hal yang harus diurus Presiden (terutama yang sekarang kritis, EKONOMI), lha Menhan yang khusus ngurus militer aja gak ngerti militer kok…

      Sekedar catatan, pembelian pertama Sukhoi adalah jaman Megawati….

      • ditujukan pada pemilih Indonesia, apapun bisa terjadi.

        1 suara orang yang memilih dengan idealisme serta hati nurani sama nilainya dengan suara orang buta huruf yang jual suara demi t-shirt dan uang 20rb.

        bbrp hari yg lalu ada berita kriminal curanmor yang dilakukan caleg dari suatu partai. pertanyaannya: ada berapa caleg dgn karakter maling seperti ini yang sudah dan akan lolos menjadi wakil rakyat, anggota dewan yang terhormat

    • Saya pikir tidak ada yg salah dari kata2 pak poer, wlw terkesan bahasanya bersayap yakni ketakutannya kalau2 presiden kedepan tdk mengetahui/ogah melanjutkan renstra ataupun kelanjutan MEF tahap2, tp di ujung kalimat toh pak poer menginginkan dan merekomendasikan agar RENSTRA mwpn MEF-MEF tsb dibuatkan undang2, agar ttp berkelanjutan siapapun presidennya walaupun dari sipil yg terpilih. jd klw lgsg di sangkut pautkan dgn bakal calon yg mnjd adik ipar RI1 kayaknya terlalu dipaksakan omongan pak poer mengarah ke ipar RI1. SOo Positif thinking aja dulu masbro..

  7. Tenang Pak Poer, Ada Dahlan Iskan. Dia seperti Herkules , mobilitasnya tinggi, Daya tampung pemikirannya juga besar. kemana aja di seluruh Indonesia dia layani. Hampir semua tempat di Indonesia dia datangi. Ide dan Implementasi nya jg banyak. Bukan Promosi.. tp layak jadi pilihan selain Jokowi dan Prabowo..

  8. Kl aku sih…….. ini pilihan pribadi….. aku tetep akan nyoblos Prabow….. apalagi kl pasangan ama Jk…….

  9. pilih saya aja gak pakai partai dan bebas politik dalam negri
    melalui jalur indefendent tanpa setor partai he 1001x

  10. Mas Rafale, “sistem pertahanan yg kuat di Monas, Marunda, Kemayoran, Gedung2tinggi, dll.” itu mah cari2 proyek aja. Sistem pertahanan udara modern sekarang adalah sistem yg mobile, bukan fixed dengan motto “hide,scoot and shoot”!

  11. Pengadaan Alutsista yg modern serta baru hrus dibarengin dgn prodesionalisme prajurit.Tanpa prajurit profesional dan handal smua alutsista hanya unggul di kertas bukan pada medan tempur.Kapal selam memang sudah harus masuk konsumsi TNI untk skrg dan kedepan.Sebagai pengintai dan pembuka jalur medan perang kapal selam yg kita idamkan untuk ketahanan negara ini tentunya sesuai dgn karateristik laut indonesia yg bnyk karang.
    Duet maut chang bogo dan kilo sgt menarik,perpaduan cita rasa barat dan timur untuk mengkawal kedaulatan negara ini.jika bener demikian ,Pastinya para awak harus dibenahin dgn baik.Terutama pelatihan pada para awak kapal.Maklum indonesia sudah lama ompong pada kekuatan kapal selam.

    Inilah enaknya warjag,diskusi nya melebar tapi tetep terarah.masalah politik disandingkan dgn masalah dunia militer.Lihat para putra bangsa sudah pnya gambaran figur yg layak memimpin negara ini.Saya emng agak condong mengarah pada Pak Prabowo untuk figur Capres,kembali lagi.Basic nya terlahir dari militer dan tentu punya ide gerakan sndiri membangun kekuatan militer.Nah yg jadi tanda tnya kebijakan beliau jika kelak mnjdi Pres,pada bid ekonomi pendidikan dan kesehatan.Masalah di negara ini bukan militer saja,tetapi 3hal itu sgt2 penting untuk kemajuan bangsa.
    Yang pasti RI1 pda 2014 harus lebih amanah mengemban tugas yg rakyat percayakan kpdanya.Membawa kemajuan dlm segala bidang,dan meminimalisir segala hal kebijakan negara barat yg mengintervensi kebijakan dlm negeri.itu sgt penting.
    Trims

  12. “TNI Angkatan Laut mengatakan, kalau RI punya kapal selam 10-15 buah, kita tidak akan disadap lagi,” ujar Purnomo Yusgiantoro dalam diskusi panel bertajuk ‘Membangun Kemampuan Kekuatan Pertahanan Berkelanjutan’ yang diselenggarakan Forum Pemred di Jakarta, Jumat 29 November 2013.

    ———-

    Pak Pur secara tidak langsung mengkonfirmasi pernyataan pak Hamid, bahwa penyadapan Australia berhubungan dengan dua KS Kilo…

    Jadi nanti kalau ketahanan intelejen kita sudah kuat….meskipun kita diam2 beli 10-15 KS lagi…tidak akan bisa disadap lagi…..mungkin begitu

  13. Maksud si Pur itu, dia aja yang jadi Presiden, dia orang yang paling ngerti militer…..sok hebat ni orang, mulut besar, gede omong….ngomong ada rencana hibah 10 KS Kilo, taunya memble…wong admiral Rusia aja ngga ngeh kalo ada hibah. Orang ini suka sesumbar tapi ga ada bukti, lebih baik diam…tau-tau barangnya sudah ada. Pokoknya….jangan percayai si Pur, kalo dia lagi nyerocos….

  14. Saya tetap coblos H. Rhoma Irama

  15. Saran saya dalam memilih capres diantaranya:
    1. Karena dunia saat INI diambang perang besar (PD iii), carilah capes yang mengerti bidang limited. Usahakan CIA berasal Dari TNI.
    2. Keadaan dunia sesudah perang nanti semakin Islami, jadi pilihlah orang yang memiliki kefahaman agama yang kuat. Serta mengerti syariat Islam mana yang perlu diterapkan dan yang mana yang tidak perlu tanpa menjadikan Indonesia sebagai negara Islam.
    3. Carilah orang yang amanah serta mengelola modal yang sangat besar, insyaallah tidak lama lagi harta amanah bangsa Indonesia segera cair.

    Mohon kesabaran dan do’a restunya. Semoga keinginan jadi negara yang TATA TERTIB TENTREM KERTA RAHARJA GEMAH RIPAH LOH JINAWI segera tercapai.

    Salam sejahtera, semoga selalu dalam perlindungan Tuhan YME.
    Jaka Pingit

  16. Dari dulu yang namanya alkom itu sangat penting biar gak gampang disadap, waktu perang basmi gam saja masih teriak-teriak gak karuan sambil tiarap gampang ditebak arah suaranya, eh malah frekuensinya sama yang saling maki-maki lewat HT, masih untung yg dihadapi pasukan separatis kurang terlatih klo musuh terdiri dari pasukan reguler lengkap dengan sniper dijamin bakal banyak korban tewas.

    alkom yang anti sadap anti jammer,nanti baru mau nyerang sudah dikacaukan sinyalnya boro-boro minta bantuan udara atau arteleri, bisa mati konyol jd sarang peluru.

    jadi inget kata anggota dewan ” sangat disayangkan seorang prajurit memegang 3 HT, 1 buat pasukan depan,1 buat koordinasi kaveleri, 1 lagi buat banpur udara, sangat ribet “

  17. jokowi bagus,prabowo mantep..
    Tp yg lbh bgs dan yg lbh mantep klo dua2nya disatukan jd capres dan cawapres

  18. JOKOWI saya rasa bagus dan pas untuk terpilih RI1 karna suka blusukan dan bukan tidak mungkin blusukan nya mencakup segala bidang beliau juga menganggap segala hal adalah kepentingan yang harus segera terrealisasi yang utama selalu berbaur dan poin ini tentu akan menjadi modal utama dalam menanggapi kemauan masyarakat yang bersipat rasional
    bila disandingkan dengan PRABOWO akan sangan serasi saya yakin 2 periode memimpin INDONESIA akan semakin di segani bahkan mungkin di takuti terutama di kawasan

  19. capresss…..siapapun orangnya klo masih bilang atas nama Partaiiii!!! siap menjadi pres…nonsen bro…sampe kiamat jgn harap….klo masih nama partaiii…(uu yg dibuat oleh orang2 partai..capres hrs dr partai)……..iwan fals lawan berat jokowi…iwan punya grass root…jokowi cuma pinter blusukan sambil bawa wartawan…..ingat Esemka….mobil anak *smu*…nonsen…….siapa partai yg mencalonkan iwan fals jadi pres…jokowi gak ada apa2nya……siapa yg kasih gelar walikota *terbaik* untuk jokowi!!!…ngo asing lsm…yg kantornya ada di dalam gd.balai kota..

  20. Saya pilih bung diego menhan nya dan om nowyoudont wamen nya…xiixiixixi kayaknya lebih paham militer

    • siap! 😀
      saya akan mendesak pak Menhan Diego untuk segera membungkus Kilo dan S300 seperti harapan anak2 warjag

      seriously, saya orang awam gan, pendapat saya hanyalah one man’s opinion

    • Setuju.. Soalnya om Diego selalu pakai bahasa isyarat utk menyebut Jenis lontong tertentu yaitu “Ehemm”…Dan sulit diterjemahkan oleh Ausie walaupun pakai alat khusus…hehehe…

  21. Menhan ini bicaranya tidak nyambung, memang apa korelasinya antara punya 10, 100 bahkan 1000 kapal selam dgn penyadapan..?? sdgkan penyadapan tdk bs di deteksi, di blok atwpun di tangkal dgn kapal selam. Tetapi dgn penguasaan IT yg mumpunilah yg mampu melawan tindakan penyadapan, baik itu lewat signal selular, satelit maupun kabel optik. Rekrut saja ahli2 komputasi untuk menjadi prajurit2 cyber untuk mengawal RI dari aksi spionase asing lwt penyadapan.

    • Ada bung, masa situ gak tau, kalau penyadapan yg dilakukan ausie dan singoparno plus korsel dilakukan mrk melalui kabel serat optik bawah laut. nah korelasi pak menhan itu nyambung klw kita punya armada kasel yg banyak, agar dpt memantau kabel2 yg malang melintang dibawah laut tsb. coba bayangkan jk kabel tegangan tinggi jawa bali yg berada didalam laut disabotase pihak tertentu? bakal runyam devisa pariwisata kita.

      • Yang disadap kemarin kan hp VVIP, yang tidak lewat kabel laut (spt internet)…

        • Yup, itu mah yg ketauan.. yg susah dipantau itu kan yg dibawah permukaan. lagian jk kita punya armada kasel yg banyak tentu efek deterennya tinggi. walupun kita lemah dipesawat tempur, tp bisa diatasi dengan memperkuat pertahanan udara sprt S300, pantsir dan radar pasif mwpn aktif. jd jk armada kasel kita banyak dan kuat, kapal induk US gak bakalan berani mendekat, efeknya pesawat militer mrk kudu mengerahkan pesawat tangker pengisi bbm jk gak ingin nyebur kelaut kehabisan bbm. banyak keuntungan yg diperoleh jk kita memperkuat armada kasel baik dimasa damai mwpn perang.

          • @bung Pedro, coba anda telusuri jalur kabel viber optik yg terkoneksi via S’pore, Korsel atw negara lain, apakah RI punya kewenangan untuk mengontrol koneksi yang ada dlm area negara lain..?? Kalo kasel cenderung memberi effek deterrent terhada kekuatan militer asing, ttp tentunya belum ada kasel yg memiliki teknologi yg kontra terhadap peyadapan & mampu melindungi traffic & data pada jaringan viber optik

          • Sedikit byk korelasinya mengarah kesana. dan jg setidaknya daya tangkal dari unsur yg mencoba ingin menyabotase objek vital dan dari penyadapan bs di cegah. setidaknya patroli dikedalaman diperlukan tiap2 negara yg ingin pertahanannya kuat. intinya semoga terealisasi dgn peryataan pak menhan kmrn. lontong2 kita segera diperbanyak. jd ambil positifnya aja bung.

        • One day, people saw Mullah Nasruddin out in the street searching frantically for something.
          “What are you searching for, Mullah?” they enquired.
          “I’ve lost my key” replied Mullah.
          After some search someone had the urge to ask the place where exactly, the key was lost.
          “I lost the key in the house,” replied Mulla matter-o-factly.
          “Then why are you searching for it in the street?” was the obvious question asked to him.
          “Because there is more light here.” replied the Mulla.

          Karena KS adalah topik sexy, anti penyadapanpun dipaksakan kaitannya.
          Jelas ini mencari ditempat yang salah seperti Nasruddin, padahal jawabannya telah tersedia di dalam negeri, Bandros.
          http://www.trenologi.com/2013101325700/kenapa-lipi-sampai-membuat-platform-mobile-bandros/

          Rangkul dong, atur kolaborasi antara LIPI dengan BIN dan Lemsaneg…

          • Bung @Danu, itulah yg sangat di sayangkan, knp sampai detik ini pemerintah RI tdk meniru India/DRDO atw Usa/DARPA, yg membuat lembaga yg terintegrasi dlm mengurusi perencanaan, pembuatan & pengembangan peralatan militer yg benar2 bs efektif untuk di gunakan TNI.

    • Masalahnya sebenarnya banyak pejabat2 kita yg kurang disiplin dan susah diatur. sdh dibuatkan platform jaringan anti sadap berikut dgn perangkat telekomunikasinya walaupun dgn pengadaan yg terbatas tp perangkat tsb jarang dan tdk pernah digunakan. entah gaptek atw gmn akhirnya byyk perangkat tsb yg berakhir di dalam lemari dan peti. pdhl hny tinggal menekan satu tombol dan memasukan kode/pin yg gak lbh sprt atm, sdh lgsg tersambung dan aman dari penyadapan. yah gitulah mental pejabat kita ini. semoga dgn case ini, dpt membuka mata pejabat kita, klw kita ini sebenarnya sdh berbugil ria di jaringan komunikasi.

      • Poliisi dan kriminolog akrab dengan teori “opportunity makes the thief”, dan ini bisa diperluas hingga badan intelijen / negara asing sebagai ‘thief’nya. ..

        Kalau benar situasinya seperti yang anda uraikan, jelas ini skenario pecundang lagi;

        ditengah keterbatasan anggaran riset, anak bangsa berhasil merancang sistem anti sadap

        setelah gak sadar bahwa kecilnya anggaran riset kita berada pada level ‘bunuh diri perlahan2’, pembuat kebijakan pun tidak menunjukkan apresiasi / sadar atas strategisnya setitik hasil riset bangsa -klop sudah

        setelah salah sendiri menciptakan peluang bagi maling (informasi), kita nyaris menembak kaki sendiri dengan membatalkan 9 C-130H, deal yang menguntungkan kita…

        menghadapi persoalan yang timbul dengan bangsa2 lain biasanya langsung muncul reaksi knee-jerk andalan, ‘martabak’ diikuti ‘paduan suara’ biasanya juga tidak ada introspeksi (mudah2an ada secara diam2, malu kalee..)

  22. Jokowi sebenarnya lumayan bagus, mau membaur dgn masyarakat kecil dan bicaranya gampang dipahami org awam. tp kekurangan dia yaitu td dibelakang dia terselip pesan2 sponsor.. walaupun dia misalnya jd RI1 pemimpinnya bangsa indonesia, tp sebenarnya dia yah ttp aja jd babunya si empunya partai itu.. ehm..ehm.. pesan2 sponsor tak mgkn ditolak dia, krn pst hrs membayar jasanya si empunya partai itu.. ehm..ehm.. Gimana jadinya, kalau pemimpin tertinggi dan panglima diatas panglimanya TNI ternyata kalah dan takluk dgn orang yg mgkn tdk becus walupun utk menjabat sbg ketua PKK. meminjam komentarnya bung melektech. kacau..muter2 gak juntrungan kebijakan Indonesia kedepan. tp kalau jd wakil jokowi bolehlah.. biar jd pawang wong cilik yg terkenal suka nyerudak-nyeruduk melanggar rambu2 lalu lintas. hehehe..

  23. Pemerintah RI tdk punya program yg jelas terhadap penelitian, pengembangan, penggunaan & rencana strategis terhadap alutsista TNI. Sangat ironi sekali negara sebesar RI hanya mempunyai peralatan2 yg harus masih di import dari luar, kalopun ada produsen dalam negeri cenderung berjalan sendiri2 & tdk ada sinkronisasi produk. Seharusnya pemerintah RI mempunyai lembaga semacam DARPA-nya USA atw semacam DRDO-nya India. Di lembaga itu bisa di isi oleh orang2 yg punya keahlian tinggi terhadap perancangan & pengembangan peralatan militer yg benar2 di butuhkan TNI untuk janka panjang maupun janga pendek. Sangat berharap ke depan RI mempunyai kemandirian terhadap kebutuhan peralatan militer.

  24. Ga ada pendukung Farhat Abas nih?

  25. kalau tidak mau ada umbul umbul partai sepakat aja iwan fals yang di angkai jadi RI1
    kata bung @……… dia mantapp

  26. akan tiba saatnya konfrontasi itu.
    dan saat waktu itu tiba, semua orang akan menyesal kenapa engga bungkus tuh lontong, s300, sama su35 nya…

  27. Lagi2 Duit, Lagi2 Duit Kembali Kemasalah Dana. Yah Harus nya Program Kewirausahaan di Galakkan.

  28. Kelemahan Kita di Banding China salah Satu nya di Bidang Kewirausahaan. Ekonomi Indonesia diKuasai Satu Etnis doang, Padahal Kita Negeri Multi Etnis. Salah Satu nya Salah Soeharto, yang Meng-Anak-Emaskan Pengusaha Satu Etnis untuk menguasai Perekonomian Negara Kita. Sedangkan Yang Lain di Curigain Takut2 Kalo Sampe Kuat Pengusaha Yang Lain itu yang bukan Etnis dari Utara itu, nantinya bisa bikin Revolusi dan Menggulingkan Soeharto. Terutama di Persulit dari Segi Permodalan. Akhir nya Perekonomian Kita di Kuasain Satu Etnis. itulah Salah Satu nya Yang Membuat Garuda agak Sulit Terbang Tinggi Karena di Lilit Naga.

  29. Meskipun di Indonesia ini banyak juga yang Males, Tapi yang Pekerja Keras Juga Banyak. Juga Banyak Yang memiliki Jiwa Wirausaha Selain imigran dari Utara itu.

  30. Saudara2 ku sebangsa dan setanah air.lihatlah visi misi capresnya,rekam jejaknya,amanah/tdk,peduli/tdk,jgn sampe kita salah lg pilih presiden gara2 pencitraan.pilih yg religius,jujur,amanah,peduli,melayani,beranI,sabar.pokoknya terbaik.AYTKTM (Apapun Yang Terjadi Kita Tetap Melayani)

  31. 😀 🙂

  32. 😈
    :mrgreen:
    🙄
    😕

  33. selama indonesia asih di dikte oleh Usa/Lsm,,sulit seua terwujud,kilo di gnti chanbogo,,cn-295 di gnti hercules,,etc lah,,
    bgaimana saja lah trgntung pemerintah kita, kalao cuma duduk aja di kursinya masing” ya samma aja boohhong,,
    cb saja alutsista kuat tak mgkin pulak kita di sadap,pulau hlg,etc lah

 Leave a Reply