Des 122018
 

Desain jet tempur eksperimental, KF-X / IF-X ยฉ KAI via Flight Global

JakartaGreater.com – Indonesia sedang mencari cara untuk melibatkan elemen yang lebih luas lagi dari industri pertahanan nasionalnya dalam program bersama Korea Selatan untuk mengembangkan dan membangun jet tempur multiperan generasi 4,5 KFX/IFX, kata pejabat industri di Jakarta seperti dilansir dari laman IHS Jane.

Rencana itu sedang dikembangkan meskipun pemerintah Indonesia menyatakan niat untuk menegosiasikan kembali keterlibatannya dalam program KFX/IFX, terutama karena meningkatnya kendala ekonomi saat ini.

Dalam sebuah konferensi pers baru-baru ini yang diselenggarakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang berkolaborasi dengan Korea Aerospace Industries (KAI), pada program KFX/IFX, para pejabat mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen untuk melanjutkan keterlibatannya dalam program pengembangan yang sekarang telah berjalan sekitar 20 persen.

Sebelumnya, Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI, Marsekal Pertama TNI Gita Amperiawan mengatakan bahwa selama 7 tahun progres proyek kerjasama antar pemerintahan tersebut sudah sampai tahap tinjauan desain awal untuk memastikan konfigurasi jet tempur KFX/IFX sesuai dengan persyaratan operasional dari TNI AU dan Angkatan Udara Korea Selatan.

โ€œHari ini kami sosialisasi kepada semua pemangku kepentingan, termasuk Kementerian Pertahanan, Kemenko Polhukam, untuk melihat sejauh mana proges setelah yang dilakukan insinyur Korsel-Indonesia selama fase Engineering Manufacturing Developmentโ€œ, terangnya.

Menurut Gita Amperiawan, setelah fase itu rampung dilakukan, kedua negara ini akan mengembangkan prototipe KFX/IFX. Pesawat-pesawat tempur itu ditargetkan akan diproduksi massal pada tahun 2026 usai uji coba dan sertifikasi.

  49 Responses to “Indonesia Akan Perluas Peran di Program KFX/IFX”

  1.  

    Xaxaxa…baru rencana…indonesia boleh berencana tapi yang menentukan tetap korea…karna dia punya kuasa dan punya wang…xaxaxaxa….

  2.  

    Ini Pespur pribadi alias sulit dijual belikan bebas krn perlu surat izin berbagai negara kalau mau menjual ke negara lain.

  3.  

    AUSHIT sedang berusaha mengacaukan rencana kerjasama KFX dg KORSEL itu mungkin saja terjadi…………. bila itu terjadi pasti nasib IFX hanya sebuah obsesi yg fenuh konfrontasi……….. dan konfrontasi akan terjadi bila IFX untuk TNI AU bisa mengibangi F.35……………….. bila F35 ploduk gagal itu berhasil menembus pertahan udara NKRI maka AGATO akan semakin girang dan HUHA semakin terpojok……….. HUHU HAHAHAHAHAAA…..

    •  

      Kok gue lg siih, tapi pokoknya aming lee msh merahasiakn pria trsebut, alasannya karna mslh perbedaan keyakinan, jk aming lee ikut keyakinan keluarganya? Maka aming lee hrs meninggalkn hj nya & status kepegawaiannya jk dipoligami, jk tdk demikian? Yaa inilh alasan aming lee mengapa pria trsebut msh dirahasiaknnya sambil menunggu istri & keluarganya tdk ada lg kallee
      ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†

  4.  

    PESAWAT TEMPUR KFX mempunyai kelebihan dari tekhnology pespur yang ada pada J.20 atau SU.35
    kelebihannya adalah….. KFX di produksi oleh KOREA bukan DI CHINA atau di RUSIA………. silahkan anda percaya atau tidak……………….. yang unit adalah KFX di dukung oleh indonesia untuk pendanaan nya 20% biaya pembuatan Prototipe KFX yang mana indonesia sendiri sebagai negara pendana KFX membeli ploduk RUSIA dengan BARTER hasil alam.

  5.  

    Semua masih rencana…tindakannya belum jelas….untung buat korsel, kantong terkuras buat Indonesia.
    Terbang juga belum tahu kapan, harga teknolgi mahal di lisensi, rawan juga kena embargo…..edisi ngenes

  6.  

    Eallaaahh, komen gue punya modul siluman, ini pasti mslh perbedaan keyakinan, jk aming lee ikut keyakinan keluarganya? Maka aming lee hrs meninggalkn hj nya & status kepegawaiannya jk dipoligami, jk tdk demikian? Yaa inilh alasan aming lee mengapa pria trsebut msh dirahasiaknnya sambil menunggu istri & keluarganya tdk ada lg kallee
    ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜†