Feb 262015
 
Penenggelaman kapal ikan berbendera Thailand KM Sudhita di perairan Selat Dempo, Galang, Batam, kemarin. foto: Dalil Harahap

Dokumen: Penenggelaman kapal ikan berbendera Thailand KM Sudhita di perairan Selat Dempo, Galang, Batam. (foto: Dalil Harahap)

Jakarta – Personel TNI AL berhasil menangkap 4 kapal pencuri ikan dari Filipina. Kapal-kapal yang ditangkap di sekitar Laut Sulawesi itu akan ditenggelamkan jika sudah mendapat vonis dari pengadilan.

“Sedang diproses sekarang ini administrasinya. Mungkin kita akan tenggelamkan seperti yang sebelum-sebelumnya. Nunggu prosesnya selesai, apakah dari pengadilan sudah (ada keputusan) bisa ditenggelamkan,” ujar Kadispen TNI AL Laksamana Pertama Manahan Simorangkir saat berbincang, Rabu (25/2/2015) malam.

Saat ini 4 kapal yang berjenis kecil itu sudah berada di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarakan, Kalimantan Utara, termasuk dengan para ABK nya. Kapal-kapal pencuri ikan ini ditangkap oleh KRI Slamet Riyadi yang sedang beroperasi pada Minggu (22/2) lalu.

“KRI Slamet Riyadi lagi patroli di daerah sana. Ditangkapnya di 295 mil sebelah timur Tarakan. Sudah hampir di utaranya Gorontalo itu,” kata Manahan. Keempat kapal berjenis kecil sekitar 16-20 GT (gross ton) dan berbendera Filipina. Kapal-kapal itu adalah Van Boat (VB) Vien 09, VB Saint Thomas, VB Saint Jose, dan VB Santa Cruz.

Masing-masing kapal membawa 2 ABK dan saat ditangkap membawa muatan ikan hasil curian. Para ABK sendiri belum diserahkan ke pihak imigrasi karena masih menunggu proses hukum mereka.

“Biasanya di kapal itu ada 1 ABK atau 1 nahkoda yang bertanggung jawab, nanti dicari siapa nahkodanya. Nanti dihukum sesuai UU, diadili seperti biasa para pelanggar. Sekarang mereka di Lanal Tarakan. Nanti akhirnya dikirim ke imigrasi,” terang Manahan.

Menurut Perwira Tinggi TNI AL Bintang 1 itu, para kapal-kapal pencuri ikan dari negara asing banyak yang nekat mengambil ikan di perairan Indonesia karena kaya akan ikan. Mereka bahkan rela mengambil resiko tertangkap dan kapalnya ditenggelamkan.

“Laut kita ini laut yang kaya, karena air lautnya lebih hangat, kita juga masih banyak pulau karang di mana mangrove juga lebih banyak di Indonesia. Bayangkan, mereka aja dari Filipina sampai berani jauh-jauh berlayar ke Indonesia,” tutup Manahan. (Detik.com).

  42 Responses to “Indonesia akan Tenggelamkan Kapal Nelayan Filipina”

  1.  

    Ciek

  2.  

    Duo

  3.  

    Tigo

  4.  

    mantap !!

  5.  

    Apa kabarnya kapal kapal besar yang ketangkap Bang… kok gak ada kelanjutannya
    Jangan kapal kayu aja yang proses, kapal besi juga lah..
    Saatnya panen raya untuk nelayan kita..

  6.  

    Kok nga ada kapal ausie.malayshit.singaporn. bila perlu kapal induk ditangkep.. Bosen nga ada gregetnya indonesia nga ada berita sepetakkuler.. Beli sukro 35. S400 bungkus sama ote ote. Baru mantep terus dilecehin aja ama tetangga sirik.

    •  

      ADA 168 INDONSHIT DI RUTAN MALAYSIA SEKARANG YANG SEDANG MENUNGGU DI EKSEKUSI GANTUNG SAMPAI MATI.UDAH DI EKSEKUSI NANTI AKAN DI KIRIM MAYAT INDON GUNA KAPAL IKAN

      •  

        sudah siapkah negara kau menyambut kedatangan tentara PLA China di LCS?? kalo gak berani ngadepin lebih baik gabung saja dengan NKRI dan menjadi provinsi terbaru indonesia..

        •  

          Akui saja Joe , Bangsa Malon itu Bangsa Pengecut, sampai keturunan-keturunannya seperti Joe ini, seperti tikus Got semua, Mulut nya besar tapi Di gertak PLA sedikit saja Lari terbirit-birit dan terkencing2 lalu masuk GOT..
          Akui Saja Joe, Kau Iri kan dengan bangsa kami ??? , sampai tiap hari Ngintip disini… , ketahuaan kan?
          Hahhaha ! kasihaan..Kasihan 😛

      •  

        untuk mister JOE

        Malaysia memiliki tujuan yg tegas dalam menjalankan roda pemerintahan(didukung dengan pemikiran masyarakatnya yg kompak, sadar, dan tegas demi kebersamaan) sehingga bisa maju, Indonesia sendiri sedang dalam proses untuk tegas(walaupun masih ada hal lain yg belum tegas) masyarakat Indonesia belum sepenuh nya ingin kebersamaan, sebagian masih memikirkan diri sendiri… kekompakan orang Indonesia tidak sama, dikarenakan ada kepentingan pribadi, sehingga menimbulkan gesekan yg panas, sebagai proses dalam perbaikan. pelanggaran pencurian ikan dulu tidak diperdulikan oleh Indonesia sendiri, sementara Malaysia dulu terbiasa dengan Indonesia yang seperti itu, dan sekarang Indonesia dalam tahap proses perbaikan yg memang belum semua berjalan dengan baik, karena masalah terlalu kompleks, dan sekarang pun Malaysia harus membiasakan kembali apa yg Indonesia lakukan, demi kedaulatan Negara masing2, harus saling menghormati proses yg masih sedang berjalan.

      •  

        menghina adalah kejahatan yang lain….

    •  

      ada Tuh Kapalny Malon bin Joe …..

      tuh kan bener kataku , kalo nulis selalu pakai Caps Lock , soalnya banyak Malon seperti Joe ini Rabun Dekat ,

      nulis pakai kaca pembesar

  7.  

    jempol buat AL

  8.  

    YA LOE BOLEH BANGA DENGAN BANGSA INDON LOE YANG MENJADI TKI DAN TKI BURUH MURAH DI MALAYSIA.GUE TAHU LOE PASTI BANGGA ADA 2 JUTA YANG JADI BURUH MURAHAN TERMASUK PSK DI SINI DON

    •  

      Makasih joe..
      Atas informasi dan kritiknya..
      Insyaalah ke depan kami sebagai bangsa indonesia..akan mengkoreksi diri..
      Menjadi lebi baik mulai dr diri sendiri, kluarga kami, dan bangsa kami, kami d lahirkan dlam berbagai macam suku bangsa dan adat istiadat yg berbeda..sudahhlah. jangan memancing d air keruh lagi.skrg malaysia menang sedikit dr pada kmi..Tp besok kami menang bnyak dr pada kalian hahaha…memang.tak terpungkiri pelayanan di malay lebih baik dr pada di indonesia..kami akan terpacu utuk mngejar ktertinggalan..lawan pantang dicari bersua pantang dielakkan..

  9.  

  10.  

    INI BAGAIMANA KERJAANNYA PEMERINTAH ?

    HAH ? BISA KERJA NGAK ?

    BERAS !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    HARGANYA NAEK TERUS KAYAK LAYANGAN
    BISA BISA RAKYAT JUAL GINJAL BUAT BELI BERAS.

    KATANYA INDONESIA HEBAT ?
    KATANYA KABINET KERJA ?
    KATANYA PRESIDENNYA SUKA BLUSUKAN ?
    KOK INDONESIA MAKIN TERPURUK KAYAK GINI ?

    APA BEDANYA MASIH DI JAJAH ATAU SUDAH MEREKA ?
    KALAU KEADAANNYA MASIH SUSAH SUSAH SAJA, MENDING JUAL SAJA SEKALIAN INI.

    OMONG KOSONG SEMUANYA,
    KALAH SAMA MALAYSIA DALAM MEMAKMURKAN RAKYATNYA.

    FREPORT DIJUAL MURAH, KILANG GAS DAN MINYAK DIJUAL MURAH, RAKYAT DI TAREK PAJAK SETINGGI LANGIT, PEJABATNYA BANYAK YANG KORUPSI, BIROKRASI KERJANYA SANTAI DAN MALAS-MALASAN.

    GITU NGOMONGNYA MULUK MULUK TERUS DI TIPI. MAU INILAH ITULAH, APALAH,
    MEMALUKAN,

    •  

      Sabar mbah….., beras naik karena ulah dari komparador/antek asing yg gila dunia, agar keran import beras di buka selebar-lebarnya. Jika sudah buka maka perusahaan pangan multinasional ASU dan antek2nya masuk ke segala kondisi hingga petani kita mati, padahal harga beras naik ga ada pengaruh dgn harga gabah dari petani yg tetap miskin.saya cinta NKRI jaya sekarang beralih sebagian dgn konsumsi singkong dan ubi yg banyak di jual di pasar tradisional termasuk mengurangi resiko kencing manis. Karena dgn variasi makanan selain beras akan membantu pemerintah tidak tergantung import beras. Kita harus waspada dan mawas diri dgn perang Asymetris yang di lancarkan ASU dgn antek2nya, termasuk waspada dgn siasat mereka yg mempermainkan Rupiah kita agar kita terpuruk. Melawan ASU dgn bantuan rothchild yg memainkan uang kertas US$ yg tidak di jamin emas, maka kita harus membangkitkan minat bangsa Indonesia utk memakai Dinar Emas PT. Antam sebagai alat pembayaran yg sah di Nusantara tercinta ini, karena banyak tambang emas di NKRI ini yg bisa di manfaatkan hampir di setiap propinsi ada. Salam NKRI sejahtera, jaya dan disegani.

    •  

      mbah bowo, tua tua keladi. sudah tua nggak sadar diri. dingapunten nggih mbah.

    •  

      mbah prasaan pakananmu wajib sehari-hari roti, koyo londo to? kok ndadak ngeluh beras -berasan !

  11.  

    saya ragu JOE ini melayu tulen,kit hrs ingat dari 30 jt penduduk malasia;50 % melayu,37%cina,11%india, jabar saja penduduknya 35jt.dalam 50% melayu itu sudah masuk keturunan indonesia(minang,bugis,jawa,dsb),hsl googling saya dpt awal suharto memprogramkan transmigrasi,PM malasia mendatangi suharto agar transmigrasi ke malasia,diperhalus dgn minta tenaga kerja,dikampung saya bnyk penduduk yg jd warga malasia,kenapa SBY(jg pemimpin2 kita yg lain) tdk mau meladeni persoalan ambalat dll dgn peperangan,kita mungin bs simpulkan sendiri,negara yg susah dimasuki israel adalah indonesia&malasia,ada tantangan yg lebih besar yg akan kita hadapi,tolong dikoreksi kalo salah

    •  

      Joe bukan orang malon. Orang malon kagak ada yg ngomong bahasa LOE n GUE, Dia orang Riau yg gagal jd TKI ilegal di Malon gara” nda punya pasport nekad berangkat. Ditangkap petugas Polairud disuruh berenang kembali ke Riau pake sempak doank. Di Riau dia dimasukkan penjara selama 3 bulan. Selama di dalam penjara mendapat perlakuan sex tidak senonoh sesama tahanan. Itu yg buat dia trauma. Terlebih lg setelah bebas dan dipulankan ke rumah orang tuanya malah diludahi emaknya karena jijik melihat perilakunya. Dia diusir dr rumahnya, sekarang jd tukang sapu di kantor konsulat Malon. Makanya dia dendam sama aparat dan Indonesia.
      Kasihan nasibnya tragis banget. Jadi mohon jangan dihiraukan komennya. Salam Damai..

    •  

      Satuju da..
      Haha…
      Mereka sendiri pun tau kekurangan mereka..mengembor2kan kelemahan org lain demi menutupi kelemahannya.
      Klo boleh tau dima kampung da?

  12.  

    joe loe boleh bangga dengan malon yang doyan ngesex sampai sampai tenaga kerja asing diperkosa ,diperjual belikan ,punya tempat judi dan prostitusi yang dilegalkan negara malon. Ingat tuh mantan PM lu laki laki diperkosa juga, pasukan malon perkosa bumi wkwkwk

  13.  

    Sebaiknya komentar JOE

    Tidak perlu di tanggapi

    Dia bukan orang malaysia
    Sy tahu pasti

    Dia orang Indonesia

    Dia mencari sensasi dan pencitraan diriny sendiri
    Dengan komen2 khas pro malaysianya

    Tujuannya sy blum bisa memastikan
    Yg jelas disengaja

    Salam joe
    Ngaku saja joe…

  14.  

    kapal ilegal fising lebih besarnya mana???

    klw sy liat di TV.diledakkan pake dinamit.
    sepertinya diledakkan gak perlu….buang2 dinamit pak.

    di jadikan latihan sj…pake canon kapal….3 peluru dilambung,,,kyax kapalnya tenggelam sendiri. 😀

  15.  

    Joe
    Itu orang indonesia
    Dia mengkritisi negara indo
    Dalam bahasa yg menghina atau apapun lah

    Supaya kita melek matanya
    Memang begitulah kekurangan negara indonesia

    Hnya bahasany hiperbola
    Melebih2 kan

    TKI, PSK, Korupsi, Perbatasan miskin, Indo ekonomi sdg Lemah

    Mungkin harapannya biar byk org indo
    Jg jangan terlena ke kelebihan2 bangsa

    Jg jangan lupakan pr pr
    Yg jadi masalah negara kita

    Memang Banyak yg hrs dibenahi

    Sy yakin NKRI
    Makin maju kedepan

    Tampa membalas joe
    Sy yakin warga malon sudah mengerti posisi dan kekuatan Indo

  16.  

    Sepertinya Joe = Mbah bowo.

  17.  

    @badge

    Hahaha
    Bisa jadi gan
    Motifnya sama…

    Blum tentu orgnya sama

    Joe mana komen mu joe?
    (Takut ketauan)

    •  

      INDON INI AMAT MENYEDIH KAN ……KORUPSI NYA UDAH SEPERTI KANKER YANG MEMATKAN…TAPI TETAP NGOMONG NYA BESAR….MASIH BELAGU DAN SERING MIKIR BANGSA NYA LAH YANG LEBIH BESAR DARI YANG LAIN .IRONISNYA MASIH RAME YANG TINGAL DI BAWAH KOLONG….

  18.  

    mentri susi ngejar kapal super besar milik pt antartica FU YUAN YU 80 yg telah ganti nama karongsong sbenarnya sudah habis pada 2013 tp msih mondar mandir d laut RI hingga kini,,
    bu mentri harus turun langsung apakah orang lapangan sudah gk bisa d andalkan…

  19.  

    hadehhhh ada orang dari malay setres …. apa karena tidak bisa nyuri kan lagi lon?? hahhaha tahun depan malon dah gak ada ikan lagi. sedih dot com tidak bisa maling lagi di laut NKRI

  20.  

    Bagus komennya. Ada baik buruk kedatangan masyarakat cina n india.yang bgusnya mereka membantu malaysia membangun dengan cepat, terutama cina yang dikatakan pembayar cukai tertinggi. Namun untuk menjaga stabiliti amatlah sukar. Perbuatan jelek tidak harus dibahas kerana ia dilakukan bukan hanya dari 1 warga/bangsa.

  21.  

    Selamat malam bung diego..
    Sprtinya bung diego harus sgera menertibkan forum jkgr..
    Bukan saya tdk suka dgn user tertentu.. Namun saya cuma tdk suka forum ini kisruh..

    Mungkin username yg memprovokasi dbanned saja baik ip dan emailnya..

    Terima kasih sbelumnya bung diego..

    Salam NKRI

  22.  

    Loh, kok mungkin akan dtenggelamkn?
    Harus dtenggelamkn dong!
    Klu RI mau jadi negara adil makmur, mk hukum hrs dtegakkn setegak2nya. Jgn pandang bulu, mentang2 kapalnya cm 20 gt, mk tdk dtenggelamkn. Atau sbaliknya.
    Lagi pula, jika kpl yg 20 gt ini tdk dtenggelamkn, mk siapa tahu kedepannya mrk bikin armada kpl kecil utk mencuri. Kecuali klu pakai perahu sangat kecil, mk mungkin dia benar termasuk para dhu’afa.
    Tp apa mungkin perahu kecil berani berlayar lintas negara?
    Adillah Indonesiaku!

  23.  

    Terima kasih kawan.mustahil untuk menyingkir cina n india.biarlah mereka asalkan tidak mencari masalah kepada negara.yang penting malay n indo teruskan hubungan akrab. 🙂

  24.  

    sesudah era majapahit,nusantara ini terpecah jd kerajaan2 yg independen,tp tetap berhubungan satusamalainnya,kolonialisasilah yg memecah nusantara,kolonialisasilah yg menyatukan indonesia karna senasib sepenanggungan,tantangan utama kita adalah memperkuat kesatuan sbg bangsa indonesia,karna kita beraneka ragam,dgn kesatuan kita menjadi kuat,itulah senjata utama,timteng yg hanya terdiri dr bangsa arab bisa dipecah imperialis jadi beberapa negara…ok saudara2ku mari ingat slalu “bhineka tunggal ika”

  25.  

    Yuk buka2 forun malay

    Lalu buka2 komen JOE

    (Tidak menjawab pertanyaan) .
    (hanya fokus dgn kekurangan Indonesia)
    (dan bahasanya mudah ditebak)

    Makin banyak baca kita tahu dia siapa

    Yuk kita fokus sm topik

    Bacotin . koar2. Jika kita tidak setuju.
    Syukur bisa saling tambah pengetahuan.saran.atau solisi.
    Juga komentar yg positip jika memang bagus.
    Sekedar opini jg gpp

    .kita tunjukan Indonesia bangsa yg ramah dan bermartabat.
    (Tumben insaf ane)

    Yg kita benci oknumnya
    Tidak sekuruh manusianya

    kita tunjukan juga Indonesia bangsa yg kuat dan berdaulat

    Ayo JOE

    Km lagi apa? Sudah makan belum?

 Leave a Reply