Indonesia—Amerika Serikat Sepakat Rp 130 Triliun, termasuk Senjata F-16

54
14
Presiden Joko Widodo naik pesawat tempur F-16 di HUT ke-71 TNI AU, Jakarta (@setkabgoid )

Wakil Presiden Mike Pence mengumumkan 11 transaksi besar senilai lebih dari 10 miliar dolar AS, atau lebih dari Rp 130 triliun, antara perusahaan Amerika Serikat dan Indonesia, kebanyakan dalam bidang energi dan pertahanan.

Perjanjian tersebut meliputi ExxonMobil Mobil Corp. yang memasok gas alam cair, General Electric Co membangun infrastruktur listrik, dan Lockheed Martin Corp. yang menyediakan teknologi untuk jet tempur F-16, menurut sebuah pernyataan pada hari Jumat. Indonesia merupakan perhentian ketiga dalam perjalanan 10 hari Pence melalui Asia.

“Kesepakatan ini mewakili kegembiraan luar biasa yang dirasakan perusahaan Amerika tentang peluang di Indonesia,” kata Pence saat bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Indonesia telah mendapat sorotan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang telah memerintahkan country-by-country, sector-by-sector mengenai defisit perdagangan Amerika Serikat. Ekonomi terbesar di Asia Tenggara mengalami surplus 13 miliar dolar AS pada tahun lalu, sebagian besar melalui ekspor tekstil, alas kaki, produk perikanan dan sumber daya alam.

Trump telah mengatakan bahwa penyelidikan penyalahgunaan perdagangan akan menindak “importir asing yang menipu.” Hal tersebut menyebabkan kekhawatiran di Jakarta, dengan Iman Pambagyo, direktur jenderal perdagangan untuk negosiasi perdagangan internasional, mengatakan bahwa baru-baru ini dia “bingung dengan sinyal yang dikirim dari Washington. ”

Perusahaan Amerika Serikat lainnya yang terlibat dalam kesepakatan tersebut mencakup Greenbelt Resources Corp., Halliburton Co., Honeywell International Inc. dan Ormat Technologies Inc.

Sumber: bloomberg.com

54 KOMENTAR

    • itu krn perubahan geopolitik skrg ini.
      ambisi trump itu korut first. sama kaya lawan nazi jerman dulu, temenan sama soviet pun jadi.
      skrg utk melawan korut, trump mulai pakai cara kaya dulu lagi. amerika dan cina skrg lagi temenan, india pun membatalkan latihan malabar walau australi minta2 diadakan itu latihan utk membendung cina. tpi apa macam….

  1. Perasaan ane ga enak nie klo kerjasama dgn amerika…wkt lalu tdk setuju atas serangan tomahawk ke suriah, skr malah mau diajak kerjasama, mau nya apa nie negara kita??..sebenernya kemanakah arah politik luar negeri indonesia saat ini? Ke as ato ke russia?.. moso mau dua2 nya…ya itu mustahil namanya!,,

  2. Amerika tdk spt dulu lagi…setiap perusahaan yg invest keluar harus melalui pemerintah.spt kata trump country to countri atau G to G.knp free fort tdk termasuk krn sahamnya udah mau diambil 51% ama pemerintah alias di nasionalisasi.jd mrk konsen sama petusahaan murni US saja yg G to G…

  3. importirnya yang kalang kabut.
    as lg menekan suap penjualan senjata, dan penjualan secara ilegal.
    Perusahaan yg bandel menyuap lembaga penegak hukum/militer/calo agar lolos menang tender.
    Tentara yg menjual senjata secara ilegal.
    Intinya harus ada persetujuan senat dahulu(gtog).

    Dah minta teknologi jdam buat kembangin btx250 buatan pindad.

  4. Hahahaha msh percaya saja ditipu amerika. Alasan defisit perdagangan. Yang pasti kunjungan wapres amerika ke indonesia sbg sinyal dan pesan utk intervensi dan protektifnya pada freeport yg memberi keuntungan besar bagi pemerintah amerika. Ditambah strategi mengubah kiblat alutsista indonesia dr rusia menjadi made in amerika demi kontrol kekuatan militer indonesia masa depan. Amerika msh bisa dipercaya??? Kasihan yg ditipu….