May 012016
 

Biak – Panglima TNI Gatot Nurmantyo berencana menjadikan pulau-pulau terluar menjadi ‘kapal induk’ yang diharapkan menjadi basis pertahanan Indonesia.

“Kita tidak butuh kapal induk. Pulau-pulau kita jadikan kapal induk. Daripada kita beli kapal induk, berapa harganya ? Lebih baik pulau-pulau yang ada, kita buat (sebagai markas militer),” ujar Jenderal Gatot saat mengunjungi Pulau Biak, Papua, Sabtu (30/4/2016).

Realisasi pembangunan pulau sebagai ‘kapal induk’ akan dilakukan dalam waktu dekat. ‘Kapal induk’ ini akan menambah kekuatan di daerah perbatasan.

“Saya sih maunya cepet-cepetan, supaya angkatan perang kita siap dengan segala kemungkinan”. Pulau ‘kapal induk’ akan menjadi markas alat militer melakukan pertahanan.

“Kalau di sini (Biak) bisa ada pesawat tempur, pesawat transportasi, kemudian kapal-kapal logistik, terus apa bedanya dengan kapal induk ?. Fungsinya sama menjaga wilayah timur,” jelas Panglima TNI.

Kedatangan Panglima TNI ke Pulau Biak merupakan bagian dari kunjungan empat hari, untuk meninjau pembangunan dermaga di Pulau Kaimana, Mako Lantamal Sorong, dan terakhir di Pulau Biak. Tujuan utamanya adalah untuk menyusun Rencana Pembangunan Kekuatan (Renbangkuat TNI).

“Ini semuanya sedang kita hitung, setelah itu saya paparkan kepada pemerintah. Nah kita tunggu pemerintah bagaimana. Saya mengusahkan agar sehemat mungkin, agar bekas Jepang Belanda yang kita bisa gunakan kita perbaiki dan kita manfaatkan,” tuturnya.

Panglima TNI ingin dilakukan perbaikan sejumlah dermaga. Nantinya ada dua dermaga untuk bersandar kapal besar dan kecil di pulau tersebut serta berguna pula sebagai penjaga keamanan nantinya.

“Dermaga ini sudah rusak, ya kita lapisi saja. Kita benahi lagi. Pokoknya ada dua dermaga, satu untuk kecil dan satu untuk kapal besar,” ujang Panglima TNI.

Jenderal Nurmantyo memberi contoh beberapa pulau terluar yang menjadi ujung tombak keamanan. Pulau tersebut adalah Pulau Natuna untuk wilayah barat dan Biak karena berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik yang menjadi lalu lintas laut utama perdagangan menuju Australia.

“Biak itu paling ujung. Contohnya Natuna terdepan di wilayah Barat, Biak di timur langsung menghadap ke Pasifik, Morotai di Utara, Saumlaki di wilayah Selatan,” jelas Gatot Nurmantyo..

Tak hanya penambahan keamanan wilayah laut, pemerataan pesawat tempur pun akan dilakukan. “Yang sementara terpusat di Madiun dan Makassar, Riau itu kan sebagian, harus rata. Karena sekarang kita tidak bisa memprediksi musuh darimana. Nah yang sekiranya kosong kita isi,” ujar Jenderal Nurmantyo.

Sumber : Detik.com

  77 Responses to “Indonesia Bangun “Kapal Induk” di Biak”

  1. Pertamax horee

    • Selamat anda mendapatkan satu unit rumah di perumahan sumareccon bekasi bung, selamat ya bung…..salam

      • Bapak, pulau miangas juga beresiko pak, pulau miangas cuma 1 jam dari filipina selatan, mata uang masyarakat sana udah pake peso pak.
        Kalau amerika dan filipina mengawasi kita dengan balon udaranya, knp kita tdk bangun markas militer di pulau miangas untuk mengawasi mereka juga.

        • Perbatasan dg Filipina kondusif, sudah ada kesepakatan perbatasan. Biar militer filipina sj yg jadi “bemper” di utara. Lanal jga sudah ada disana.

    • Selamat bung anda dpt menikmati menginap 3 hr 3 mlm di penjara.. Cipinang….

    • selamat bung ada mendapatkan pondok mertua indah 😀 selamat….selamat………….

    • Selamat anda mendapatkan paket wisata keliling dunia naik Mistral plus makan mewah dng bubur kodok…xixixi

    • KAPAL INDUK TERUSSSSS … NATUNA , MOROTAI , BIAK DLL DLL … kapal induk kosong tanpa pesawat , rudal SAM … namanya kapal nelayan wakakakakak

    • tetep pak harusnya indonesia hrs punya kapal induk yg sifatnya mobile.. klu dijadikan target pun gak tertumpu pada satu titik..akan lebih sulit buat penyerang utk melumpuhkan kapal tersebut…dibandingkan pulau terluar dijadikan basis.. targetnya jelas2 tertumpu di satu titik.. seperti pearl habor ketika diserang habislah dr alutsista sampe prajurit2nya…kerugian besar klu sdh lumpuh…
      basis militer harusnya di simpan di pulau kedua dr pulau terluar yg termonitoring ketat… dgn jarak tidak terlalu jauh & tdk terlalu dekat…dgn pulau terluar dan pulau terluar dijaga dengan satuan unit khusus dan dipersenjatai seperti senjata / rudal2 penghancur permukaan ke udara & laut yg sbgai pertahanan awal setelah penempatan satuan hiu kencana atau Fast Missile Boat/ frigate/ destroyer
      didepan pulau terluar..

    • tetep pak harusnya indonesia hrs punya kapal induk yg sifatnya mobile.. klu dijadikan target pun gak tertumpu pada satu titik..akan lebih sulit buat penyerang utk melumpuhkan kapal tersebut…dibandingkan pulau terluar dijadikan basis.. targetnya jelas2 tertumpu di satu titik.. seperti pearl habor ketika diserang habislah dr alutsista sampe prajurit2nya…kerugian besar klu sdh lumpuh…
      basis militer harusnya di simpan di pulau kedua dr pulau terluar yg termonitoring ketat… dgn jarak tidak terlalu jauh & tdk terlalu dekat…dgn pulau terluar dan pulau terluar dijaga dengan satuan unit khusus dan dipersenjatai seperti senjata / rudal2 penghancur permukaan ke udara & laut yg sbgai pertahanan awal setelah penempatan satuan hiu kencana atau Fast Missile Boat/ frigate/ destroyer
      didepan pulau terluar..

  2. Pertamax

  3. makin kece aj

  4. Solar

  5. bangun juga di tempat lain ‘ kapal induknya’ pak

  6. good job

  7. Lanjutken.

  8. LAKSANAKAAAAN JENDARAAAALLLL,SECEPATNYA !!!!!!

  9. super sekali jenderal

  10. Hmmm… Rencana yang bagus sekali.
    Saya suka itu.

  11. Agan2 semua aku yakin kwi meng omong tok kelanjutanya akan dan masih dikaji…

  12. setuju jembatan dan bangunan belanda di tempat ane masih tetap kokoh berdiri….arsitek belanda emang TOP dah…bisa bikin jalan aspal anyer panarukan….tembus hutan dan gunung salut…..

  13. berarti butuhnya banyak..AD,AL,AU…rudal pelindung udara(short-menengah)..rudal penjaga pantai(sekelas bastion-P/K300P)…median,hadeeh..Susah ngitungnya…

  14. Bagun terus garasinya, kalau mobilnya sewaktu2 datang, tempat sudah siap. xixixi.

  15. Setuju bung tebob. Harus punya kapal induk sungguhan agar bisa jalan ke chrismas, ke cocos, ke diego garcia, ke guam, ke labuan sabah.
    ke bandar seribegawan, untuk menjalin persahabatan.

  16. Rencana yg bagus.
    Tidak punya kapal indukpun gpp, tp rudal dgn segala tingkatannya harus kita miliki. Kl bs itupun jgn beli dari luar, kita buat sendiri, agar tdk boros dan bs mandiri.

  17. Saya suka koment akhir pak Gatot…

    Tulisan : musuh .

    Ya musuh ,sedikit sekali pimpinan negeri bicara kalimat “musuh”.
    Apalagi disebutkan tambahan musuh utara dan selatan …. malah cakep sangat pak gatot. Membangunkan negara jalanin proksi di negeri ini biar merasa tertuduh…..sekalian kaget.
    Dikira RI adem ayem .

    So , slogan perang melawan siapa,RI tidak punya musuh,RI dilarang perang,kita perkuat militer kemanusiaan biarlah tidak berlaku bagi RI

    Emang betul pak. Anda dari AD.tpi visi tetap harus AL dan AU didulukan

  18. Sebelah barat mestinya niasjg deploy jendral. Cilacap jg. Makin kokoh inih. Trus yg ronda tambahin 12 fregat 6 destroyer dan 3 mistral….

  19. Jadinya benteng… ato kapal induk rodanya bocor gak bisa jalan

  20. Jangan berkhayal teruss, duit bapakmu a yng mau dibeli?? Utng negara kita aja banyak dan ditambah orang korupsi!!! Jadi emang bener kata pak gatot, pulau terluar kita jadiin kapal induk sementara dripada beli brp harganya?

  21. wahhh… rupanya panglima tni rajin nyimak JKGR. ini usulan pulau pulau di indonesia di jadikan kapal induk pernah saya baca di komen warga jkgr deh… sebelum rame sprt sekarang ini.( rencana pulau di jadikan kapal induk) . HIDUP NKRI

  22. Preetlah..jenderal2 dan mantan jenderal berlomba2 korupsi, indonesia masak gak bisa beli kapal mistral…sama vietnam kalah jauh…malu2 in
    Pake rudal jarak jauh habis lah pulau itu, kalo kapal induk biar besar, masih bisa pindah2….hadehhh

    • @bung kone, mari kita hitung alutsita yg digunakan untun 1 unit kapal induk
      CVN-78 Gerald R Ford(Amerika) – $13,5 milyar
      USS Nimitz (Amerika) – $4.5 milyar
      Laksamana Kutzenov (Rusia) – $3.9 milyar (silakan pilih mana yang cocok)

      kita ambil US Punya
      – USS Nimitz (Amerika) – $4.5 milyar
      CRUISER/DESTROYER –
      – DDG 51 Arleigh Burke- $1,8 miliar
      – Sovremeny (Rusia) – $775 juta
      Kapal selam (silakan pilih , x jumlah yang diperlukan)
      – Improved Kilo SSK (Rusia) – $350 juta,
      – Chang bogo SSK (Korea) – $466 juta + tot(standar $ 350 juta)
      – Virginia SSN(Amerika) – $2,4 miliar
      – Scorpene SSK (Prancis) – $825 juta
      Frigate
      – Sigma (Indonesia / Maroko) – $222 juta
      – Bertholf Guard National (Amerika) – $641 juta
      – LCS Independence- $704 juta
      – La Fayette (Prancis) – $650 juta
      Corvette / OPVs
      Visby (Swedia) – $184 juta
      Kapal serang cepat
      – KCR 60 (Indonesia) – $10.5 juta
      – Ambassador MK III (Mesir / USA) – $325 juta
      Pespur
      – F / A 18 E / F super Hornet- $95 juta
      – E2 D advance Hawkeye- $252 juta
      E- urocopter tiger -$43 juta (versi UHT)
      – AS-565 Panther – $18 juta

      serta perlengkapan lain, rudal, ciws, BBM, operasional per jam, kru, manajemen tempur via satelit, dll,
      tanpa ini semua kapal induk cuma sekumpulan laron yang menuju api.

      silakan hitung berapa dana yang dibutuhkan,
      sumber http://jakartagreater.com/daftar-harga-kapal-selam-dan-kapal-perang/

      • @bung kone, kapal induk bisa tenggelam sedangkan pulau tidak.
        Belum juga hitung pembangunan kapalnya, udah bisa beli alutsista lain cuman di pake beli kapal induk.
        Saya setuju sama bang @batara.

  23. Contohnya Natuna terdepan di wilayah Barat, Biak di timur langsung menghadap ke Pasifik, Morotai di Utara, Saumlaki di wilayah Selatan,” jelas Gatot Nurmantyo..
    KLO gitu KLOmasing2 dtempatkan 6 KS… Berarti ntar ada 24 KS baru.. Belum lagi pada Armada barat dan timur udah diisi masing2 6.. Berarti totalx 32 KS…
    Pesawat angkut masing2 2 saja berarti ada 12 bj… Dan juga Pesawat ampibi berarti permintaan 6 bj (udah dipesan di Rusia), pesawat tempur 1 skuad saja berarti ada tambahan 4 skuadr baru macam2 jenis dan s300 bakal minta 6 juga…
    Apalagi ya… Musing juga mikirx…

  24. sekali lagi dananya-dananya mulur muluuuur

  25. walaupun sang jendral dari AhD tapi sang jendral fokus di AL dan AU sesuai dengan visi negara maritim yang di dengungkan pemerintah…indahnya kebersamaan..

  26. Jangan berhayal teruss, duite bapakmu somplak ta yng buat dipake buat beli?? Atau duit ghoib??

  27. “Biak” semoga berkembangbiak… Hhe”

  28. selamat pak jendral nurmantyo akhirx udah d jelasin soal kapal induk kita seperti apa ijin saran waktux pendaftaran & perekrutan tni memakai wajib militer sy yakin kedepanx kita akan setara dgn cina & india asal pikiran rakyat kita yg slalu pesimis d rubah jadi optimis maju terus pak semoga yg goib tetap goib tks……

    nkri jaya di darat, udara & laut

    we will goiber

  29. SDMnya dulu diperbaiki disiapkan utk operasional kan Alut Sista canggih, percuma saja senjata canggih tapi kalo latihan tidak pernah gunakan live ammo, atau frekwensinya kecil, spt rudal pertahanan pantai, rudal darat ke udara, salvo roket astors dll biaya emang mahal tapi profesional dan terlatih

  30. Nah…kalo panglima TNI sdh bilang akan bangun kapal induk di biar…brarti RI1 sdh setuju (tandatangan)… Masih menanyakan apa yg RI1 lakukan di masa nya?hehehehe…
    Kapal induk versi panglima….adalah east fleet home base…antisipasi kerusakan dr sisi timur…proxy Freeport…perbatasan…manuver pemberontak boneka negara asing…
    Kalo kapal induk versi ane adalah…carrier battle group…CBG…rombongan kapal dng kekuatan arsenal yg maximal…yg punya mobilitas dn daya gedor yg mumpuni…kalo RI punya CBG…apa ga akan bikin australia beli rudal nuklir?…RI beli Su35 dn 636 aja…US naro bomber di Australia…ngasi rudal canggih ke Australia…dn sederet senjata buat negara polisi selatan…imho

  31. Kemungkinan kita mengkaji seperti di salah satu pulau di LCS. Sangat wajar jika pemimpin kita berasumsi wil yg bersentuhan langsung dg watas akan di banggun menyerupai kapal induk
    Pemerintah sudah pasti mengkaji sebab dan akibat nya. Kami dukung yg terbaik demi NKRI, Salam.

  32. Lengkap kan yg asas dulu iaitu RADAR.. masih kurang 12 radar. Pemerataan pesawat bilang panglima, mgkin saja pesawat hawk di pekan baru atau dari madiun pesawat t 50i golden eagle dipindah kan ke timur biak sambil menunggu pengganti f5.

  33. kapal perang alami

  34. untuk saat ini prioritasnya membangun pulau terluar menjadi kapal induk dengan kemampuan tiga matra yang memadai, setelah itu baru bangun kapal induk benaran iakan pak????

  35. renstra panglima cukup baik menjadikan pulau terluar sbg “carrier” … hanya perlu diingat catatan sejarah perang dunia :

    Penumpukan sista di pulau terluar akan menjadi target utama musuh jika terjadi perang (contoh pearl harbour), lokasi yg jauh dari pusat komando memerlukan waktu utk mendatangkan bantuan.
    Baiknya Biak dijadikan pangkalan aju terdepan utk AL dan AU mengcover Samudra Pasifik, Melanesia, Polynesia dan Papua.
    Pangkalan utama “carrier” 3 matra baiknya di Morotai yg relatif lebih mandiri sbg pulau dlm arti sebenarnya (Biak sbg Kota dan pulau sdh cukup ramai dg aktifitas sipil).
    Morotai lebih bebas dan leluasa membangun infrastruktur militer, sdh ada 6 runway eks perang dunia kedua, mampu menampung sista dan logistik dlm jumlah besar, bisa di sterilisasi dan di khususkan buat militer, secara geostrategic lokasi Morotai bisa cover Maluku dan laut Arafura, lebih dekat ke Makassar dan Surabaya.
    Maaf cuman pendapat awam

  36. Memberdayakan pulau2 terluar adalah langkah yg paling tepat utk saat ini, keberadaan kapal induk menurut saya lebih pada present force, ato mungkin lebih ke arah “offensif’. Selain itu juga memberdayakan pulau terluar bisa juga membangun infrastruktur dan meningkatkan ekonomi.

  37. Kalo menghadapi musuh nyata yg datang dr luar mungkin bisa dipersiapkan alutsista2 penangkalnya spt kapal frigate, kcr, kapal selam maupun pesawat tempur. Tidak lupa jg arsenal darat dan satuan radar. Mungkin hitung2annya dapat, tinggal seberapa kemampuan keuangan negara utk melengkapi arsenal spt itu.

    Yg jdi masalah jika yg dihadapi adalah musuh yg tak nyata dan datangnya dr dalam negeri sendiri. Ini yg susah menangkalnya. Karena harus berhadapan dng anak bangsa sendiri.
    Kalo menghadapi teroris spt santoso cs, mungkin tinggal kerahkan brimob atau pasukan organik TNI. Lha ini yg dihadapi LSM bentukan anak negeri yg dapat dukungan dana dari Asing. Mau dihadapi dng apa.? Senjata.? Bakal dicap negara pelanggar HAM lg Republik ini. Dibiarkan.? Semakin subur mereka bertumbuhan bak jamur di musim hujan. Semakin banyak gangguan bagi pemerintah. Bukankah alasan mereka sama, mengontrol kebijakan pemerintah agar transparan.

    Transparansi.? Kata itu yg selalu digaungkan sebagai efek negara demokrasi. Padahal tidak semua kebijakan pemerintah hrs ditransparankan, ada sebagian yg merupakan rahasia negara diantaranya adalah kebijakan pertahanan negara, kebijakan sumber2 keuangan negara, kebijakan politik luar negeri.

    Hal2 yg bersifat rahasia negara inilah yg ingin ditelanjangi oleh para LSM tersebut, agar mereka bisa menjual data2 negara kepada pihak asing utk ditukar dng pundi2 yg bisa mensupport kehidupannya, keluarganya dan organisasi yg dibentuknya semua atas nama transparansi dan Demokrasi serta HAM.
    Bahkan ada LSM yg tdk ingin TNI kita kuat dng alasan akan menindas rakyat spt masa lalu. Setiap kebijakan pembelian alutsista selalu dikaitkan akan dibuat menindas rakyatnya sendiri dan melanggar HAM. Sepertinya mereka akan tertawa bahagia jika TNI kita lemah sehingga pemerintah bisa seenaknya diatur.

    Saat ini para LSM ini sudah mulai menciptakan Disintegrasi bangsa. Mudahnya daerah2 tersulut pertikaian etnis, perkelahian antar desa sampai dng kerusuhan masa berbau SARA. Dengan harapan NKRI akan terpecah belah dan SDA nya dpt dng mudah dikuasai Asing. Jika sukses maka LSM nya semakin berjaya dan dukungan dana dari asing semakin besar sehingga menciptakan kemakmuran bagi keluarganya. Anak dan istrinya hidup mewah tanpa perlu makan bubur lagi. Liburannya bukan kelas dalam negeri lg tp sudah keliling dunia. Sementara rakyat Indonesia makin terpuruk baik oleh kerusuhan maupun Embarga akibat melanggar HAM.
    Semoga mereka cepat sadar dan kembali ke jalan yg benar, mencari makan dng cara yg halal tanpa harus menghianati bangsanya sendiri……(edisi Mistralbersedih.com)

    Ayank @wenny hari libur ngapain aja.? Tetap sehat ya say….xixixixi

  38. cie…cie…cie…si Mistral berpidato.
    Awaasss…ada Srigala berbulu domba, waspada…. maling teriak pencuri. Pasukan kolor ijo….kesindir langsung kebakaran jenggot….xixixi (edisi NingratOgahMakanBubur.com)

    • cie…cie…cieee…kwak…kwak…kwak…ampun om saya jangan diusir dari nkri ya om, saya janji ga akan protes2 lg tentang kelakuan koko anda om…ampun ya om…

      • baguslah….akhirnya si bubur nyadar klo sdh jd antek asing dan insyaf 7 turunannya…..xixixi…(edisi MistralInsyafCiumTanganNingrat.com)

    • hihihi…bukan insyaf nyium tangan om…saya kan cuman takut di usir dari sini hihihi….oh ya om, apa kabar saudara2 yg ketangkep di halim kemaren om, udah om lepasin blum…ntar koko nya marah lo jadi ga dapat projek lg dong hihihihi….

  39. setuju panglima … se”gra mngkin d lksnakan …

  40. saya nak baru dengar pulau nak buat kapal carrier..tak boleh pegi kat mana2..apa kerana indo banyak pulau so tak payah buat kapal induk

    • Salam damai @tmb, the real kapal induk is CV (carrier vessel) CV is very expensive for operational) , we are not agresor, we not need yet CV to attack the other country. yang dimaksud kapal induk disini bukan CV, tapi Indonesia memanfaat pulau yang strategis posisinya, untuk dijadikan home base pesawat tempur, dermaga angkatan laut (for our frigate, submarine etc), dan peluru kendali, MLRS, s300 or 400 Missiles (for the next).
      Indonesia harus memanfaatkan semua lokasi strategis untuk pertahanan dan keamanannya.

  41. Rencana mimpi

    Rencana bagus n mimpi bagus Kl bisa spt kapal induk.
    Kl dilihat dari kondisi skrg ini proyek akan cocok utk 2050 ke atas.
    Kerjakan dulu pangkalan di natuna spti kpl induk dg minimal 5 destro 8 kasel sam jauh frigat pespur.
    Bgmn pangkalan’ di pulau’ besar apakah sudah bisa spt kpl induk ? Sangat blm.
    Jgn sampai pd wktunya karena tidak bisa mempertankan pangkalan malah kita menfalisitasi musuh dg pangkalan pangkalan kita.

    Strategi pembangunan militer harus baik untuk bisa tepat mengantisipasi sgl kemungkinan.
    Yg saya liat skrg masih amburadul alias kurang terkonsep dg baik.
    Saya sbg org awam bisa melihat itu dg baik apalagi org militer.

    Smg saya yg salah melihat

  42. Cocok itu dengan satu pulau diisi alutsista yang memadai berarti banyak pasukan ada disana, efek sampingnya pulau tersebut akan menjadi kota, karena pasti timbul kegiatan ekonomi yg besar, penduduknya bertambah di pulau pulau terluar tersebut berarti penjagaan NKRI lebih siap.

  43. Laksanakan Jenderal! Ide brilian! TYME sudah menanamkan potensi pertahanan secara alamiah melalui ribuan pulau yg tersebar di nusantara.
    Jika memang serius, tolong dipetakan dan disusun kembali titik-titik kekuatan pertahanan garis depan kita ini dan menjadi masterplan pertahanan kita kini dan di masa yang akan datang.
    Secara sederhana, jika kelak satu pulau dan pertahanannya ditaklukkan oleh musuh, agar disusun strategi bagaimana ribuan pulau pertahanan yg lain menyokong kekuatan secara berlapis dan ini tentu sangat merepotkan musuh.
    Kita belajar dr sejarah PD II di pulau Okinawa, AU Jepang tidak bisa mensupport pertahannya disana krn soal jarak antar basis pertahanan yg jauh, gerakan jd lambat sehingga memberi ruang waktu bagi sekutu utk menata kekuatannya sehabis menaklukkan Okinawa. Sisi lain, walau takluk, pertahanan Okinawa sangat efektif menyumbang ribuan korban tewas bagi pihak sekutu. Karena mobilisasi serangan melalui pantai terkesan sangat lambat berhadapan dengan terjangan peluru dan altileri yg melesat cepat, berbeda dengan mobilasi serangan darat. Menutupi dan menyadari kelemahan serangan pantai ini, sekutu harus mengerahkan pasukan secara masiv. Pertahanan pantai/pulau lebih unggul jika dibandingkan dengan sasaran korban dari operasi kapal induk Jepang yg sesungguhnya.
    Bravo TNI

  44. Bener bung..mestinya step yg di butuhkan ya begitu..
    dan harusnya kapal induk itu beda dengan pangkalan utama atau pangkalan terdepan. Di lihat dari tujuanya kapal induk bisa mobilisasi sesuai ke butuhan, seperti amerika yg memang sangat aktif campur tangannya dalam militer di negara lain. Pro aktif ini lah yg mendorong terbentuknya kapal induk, agar mereka bisa dengan cepat melakukan intercept Ke daerah target yg di tuju. bukan tidak bagus ide pulau luar ini jadi basis terdepan, tapi kapal induk ya sangat perlu. Dan wajib hukumnya untuk negara kepulauan seperti nkri. KAPAL INDUK BUKANLAH PULAU.

  45. indonesia beli 700 su 35
    200 f 35 dan 100 f 22.hahaha
    haha

  46. kalo saya mending pesawat 4 ska plus frigat 4, ketimbang kapal onduk kosongan plus biaya perawatan selangit

  47. Kalau terjadi sunami apa kagax bahaya ntuh pulau nya ….saya ingat waktu kejadian di aceh bagaimana kapal berbobot ribuan ton bisa tersapu dari pantai sampai ke tengah kota….mungkin bisa di jadikan pertimbangan…

    atau ini lebih seperti pangkalan militer saja di sebutnya seperti di kepulauan spretley yang di bangun cina di wilayah yang sedang di sengketa kan saat ini…

  48. Betul pak pesawat tempurnya harus merata, berarti harus ditambah lagi SU-35S nya, ……………… cukup 1 skuadron SU-35S ( 16 unit ) untuk setiap pangkalan pulau terluar yg dijadikan pangkaln militer. !!!
    Tetapi jgn hanya wacana doang pak, ………….. katanya mau cepat2 ???

  49. Indonesia sudah betul untuk pembangunan pulau2 terluar sbg kapal induk…tp lebih kuat lagi bila Indonesia punya kapal induk beneran sebagai serangan utama…dan pulau pulau tersebut sebagai deffens (lapisan ke2)…sip lah indonesia

 Leave a Reply