Nov 262013
 
Pesawat Hercules C-130 yang akan dihibahkan oleh Australia

Pesawat Hercules C-130 yang akan dihibahkan oleh Australia

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan memutuskan untuk membatalkan rencana pembelian enam pesawat angkut C-130 Hercules bekas dari Australia. Pemerintah juga menolak hibah empat unit pesawat serupa dari Negeri Kanguru tersebut. “Proyek Hercules dari Australia digantikan,” ujar Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksamana Muda Rachmad Lubis, Selasa, 26 November 2013.

Pembatalan ini merupakan buntut pengungkapakan aksiΒ penyadapan yang dilakukan pemerintah Australia pada 2009. Gusar pada tindakan negeri jiran itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lantas menghentikan kerja sama pertahanan dengan Australia.

Pesawat Hercules C-130 Hibah dari Australia (photo : RAAF)

Pesawat Hercules C-130 Hibah dari Australia (photo : RAAF)

Sebelumnya, Indonesia dan Australia sepakat dengan transaksi jual-beli enam unit pesawat angkut militer Hercules seharga US$ 15 juta per unit. Australia pun menawarkan empat unit pesawat Hercules secara cuma-cuma, meski Indonesia diwajibkan membayar biaya perawatan dan perbaikan senilai US$ 15 juta per unit, jumlah yang sama dengan harga pesawat Hercules baru.

Rachmad Lubis mengatakan sampai saat ini pemerintah belum membayarkan uang ke Australia. Menurut dia, besarnya anggaran proyek Hercules bekas Australia masih dalam perhitungan. “Karena sifatnya adalah biaya untuk pemeliharaan pesawat,” tuturnya. Kementerian Pertahanan belum menentukan apakah akan membeli pesawat angkut serupa dari negara lain. Sebab harga pesawat Hercules baru bisa mencapai lima kali lipat dari biaya hibah dari Australia. “Sementara kami masih wait and see,” ujarnya. (tempo.co.id)

  114 Responses to “Indonesia Batalkan Pembelian Hercules Australia”

  1. sabar ya Pak Purnomo. masih banyak yang lain.

  2. Nah ini dia berita yang ditunggu tunggu.
    Sudah, cepat bungkus cn235 ato cn 295 ato yang buatan PTDI.

    Hehe.. keep up the spirit Mr. Poer…

    Tapi di running text salah satu TV swasta malam ini:
    “SBY, hubungan bilateral antara RI dan OSY akan dilanjutkan”… cemana ini.???
    HUbungan bilateral yang mana ya.?

    • meminjam analogi Gita Wirjawan: IN-AUS belum cerai dan masih bisa rujuk. mungkin saat ini baru talak 1 menuju talak 2 πŸ˜€

    • ketinggalan dikit, people to people relation yang dilanjutkan gan. terjemahan: urusan tourist dan pelajar akan terus berlangsung walau urusan kerjasama ekonomi dan keamanan terus diturunkan.

      Australia penyumbang jumlah wisatawan asing terbesar bagi Indonesia dan pelajar Indonesia juga puluhan ribu di sekolah Australia

    • Setuju dgn bung @nowyoudont. Pernyataan RI1 masih bisa dicerna walaupun secara perlahan, tapi coba cermati pernyataan2 pejabat dan mantan pejabat BIN terkait penyadapan. Sangat membingungkan (atau otak ane yg error)

      • Perundangan ekspor sapi juga akan direvisi agar tidak tergantung pada Australia. Pernyataan SBY yang “puas” atas surat Abbot dan tindakan2 kementrian tidak selaras

        • Kalo menurut ane om, Pernyataan ‘puas’ itu lebih ditujukan kepada masyarakat umum kedua negara, untuk konsumsi di ‘permukaan’.
          Tentu saja, di ‘bawah permukaan’ ‘puas’ nya berbeda.. hehehe…

  3. Jika ingin dipandang serius harusnya bantuan pemerintah Australa US$500 jt per tahun juga ditolak, nilainya ga seberapa tapi tekanan moralnya besar bagi negara kita di mata para pembayar pajak Australia

    Ini berita bagus dan jelek sekaligus, bagus untuk harga diri bangsa dan jelek karena peningkatan kemampuan airlift TNI harus menunggu lebih lama. bisa jadi opsi ganti langsung ke A400M nih πŸ™‚

    • Ga papa menunggu lama om, soalnya 60 juta dollar itu bukan uang sedikit.
      dengan 60 juta dollar itu, bisa menstimulus PTDI untuk lebih mengembangkan produk2nya.
      efek kartu domino akan terjadi di PTDI jika 60 juta dollar itu dialihkan kesana.

    • Jubir Presiden: “Kami melihat (surat) ini (sebagai) jawaban dari permintaan kami,” dan pembatalan pembelian serta hibah Herc juga disampaikan beberapa jam sebelumnya. Pemerintah mengaku puas dengan respon pemerintah Australia namun masih menurunkan tingkat kerjasama.

      ayo bung @desperado kasih analisanya, apa takut Hercs dipasangi bug? pesan politik bahwa belum 100% puas?

      • Sorry om lama balas:
        Kita harus mengapresiasi surat Abbot tsbt dengan penyegaran kembali hubungan, CoC yg dituntut Pak Beye sudah tepat, alangkah tidak baik kalau 2 negara tetangga tidak akur, banyak contohnya.
        WE WILL FORGIVE,
        BUT WE WILL NEVER FORGET.
        Penyadapan Osy ini telah menyebabkan luka, yang tentu belum bisa disembuhkan dalam waktu cepat, tindakan. Umpamanya orang sedang pacaran, kekasih nya mengkhianati ‘cinta’nya. Tetapi dipermukaan tetap menjalin kemesraan semu yang penuh kepura-puraan. Kita harus benar2 yakin bahwa saat ini kita juga tidak sedang disadap? caranya? teknologi..

        Saya punya saran konyol ini om, kita juga harus membuat CoC dalam menggunakan alat2 komunikasi, elektronik hibah maupun beli dari negara manapun.
        Mari kita manfaatkan penyadapan ini dengan memberi ‘false alarm’ kepada mereka. buat beberapa skenario yang terukur, (sandiwara) yang akan kita ketahui pasti apa tindakan mereka. dan bila ternyata memang mereka melakukan tindakan itu, berarti kita masih benar2 belum steril dari penyadapan.

      • “WE WILL FORGIVE,
        BUT WE WILL NEVER FORGET”

        i can’t agree more. mereka tidak sepenuhnya buruk dan bukan tanpa kebaikan2 sebagai tetangga. let’s hope pemimpin negara di masa depan tidak mengalami amnesia sejarah

  4. tidak ada penjelasan secara eksplisit dr pemerintah tentang isi surat abbot,yg pasti bkn permintaan maaf tp lbh kpd membahas masa depan dan lupakan masa lalu..presiden sperti marsmallow,manis dan lembut..!(tp mengecewakan)
    Soal hercules mmg hrs di batalkan,
    kita punya byk pilihan termasuk diantaranya pt di

  5. Salut buat pemerintah kalau berani membatalkan hibah dan pembelian hercules bekas ostral. ada CN 235 dan 395 plus A400. itu Indonesia akan lebih bermartabat di mata Ostrali dan kelompok penyadap lainnya. gertak barat dengan sesumbar kalau indonesia akan membeli Su-35 dan Pakfa juga merapat ke Om Ruski dan China. kelabakan tu paman Assu dan sekutunya. dijamin deh

  6. Mungkin gini bung,yg di bilang tambahan 4 unit ini kan butuh biaya 15 jt uss,,klo 4 kan berarti butuh 60 jt,nah mgkin mksdnya tempo untuk biaya upgrade 4 unit itu sama dengan beli baru tp dapet 1 unit.kalo ga salah kan hercules yg gress harganya di kisaran itu,..
    Monggo di koreksi bila ada kesalahan

  7. hubungan memang ada tapi ada syarat dan sekaligus stepping stone bagi perumusan protokol dan kode etik kerjasama bilateral nantinya…mengenai hibah hercules apa aus tidak memasangi chip dibadan pesawatnya andaikata TNI menggunakanya didaerah mana saja bisa ketahuan dimana si hercules menurunkan pasukan tninya…..

  8. Gak nyangka, radikal juga ya langkah pemerintah. Bagaimana kalau Australia menggugat pembatalan pembelian/hibah tersebut ke arbitrase internasional, seperti yang dilakukan Inggris terhadap nakhoda ragam class. Arbritase Internasional, memutuskan Brunei harus membayar pembelian korvet itu dan Brunei yang sdh kesal, membayar lalu menjualnya kembali. Menarik untuk diikuti

    • itu karena brunai membeli om, sedangkan kita kan dikasih…. a.k.a hibah… kalo gak mau dikasih masak mereka harus maksa-maksa sih…. pake syarat segala lagi…. hehehehe

    • memang ada perlambatan dalam mobilisasi pasukan, tapi perlambatan menuju kemandirian om, kalo 60 juta dollar diputar di dalam negeri…

    • menurut saya, untuk case ini ( membatalkan Hibah herki Australi ) sangat berbeda dengan case Nahkoda Ragam ( brunei vs Inggris ) dimana kalo herki ini dibatalkan karena adanya masalah spionase/ kegiatan mata” australia ke Indonesia, sehingga menimbulkan kecurigaan apakah herki hibah ini juga sudah di instal perangkat mata”. kalau case ragam, itu karena barang yang sudah di beli namun tidak jadi karena alasan barang tidak sesuai dengan spesifikasi yang di inginkan serta alsan pendukung gag jelas..

  9. Makanya jangan berteman ostrali,

    noh pokoknya indonesia harus beli airbush A400M gantikan hercules lama…

  10. Satu lagi saya curiga kalo pesawat bekas ostrali itu lengkapin alat sadap, chip atau segala macam lainnya lah, ntar kayak kasus begini… πŸ˜€

  11. LAWAN ausi !,AS dan ausi takut kalo indonesia buat poros moskow-beijing-jakarta krn akan menggerus dominasi mrk.ibaratnya indonesia itu gadis cantik jelita sejagat,jgn takut putusin cinta pemuda brengsek kayak ausi.msh banyak pemuda2 yg lbh gagah,setia,kaya,cerdas.rakyat indonesia siap bela NKRI ! Merdeka !

  12. I like it……
    Lebih menarik lg kelanjutan berita ini…….. ( sayang kita nggak tau details Isi Kontrak pembelian Hercules bekas ini…. Khausulnya apa aja, misal ttg pembatalan pembelian sepihak. Dst. )
    Tp pemerintah pasti menghitung semua untung Ruginya……
    Tp sekali lg ….I like it.

  13. Hati2 hubah F-16 yg akan datang tahun depan…diperiksa dgn teliti apakah dipasangi penyadap jangan kecolongan lagi

    • KFX/IFX juga…
      Hahahaa.. jadi lucu, semua barang impor akhirnya jadi dicurigai menjadi barang sadap.
      Takutnya, kacang kedelai dan bawang merah juga jadi bahan sadapan mereka.. xixixixixiii….

      • CBG jangan lupa, kalau perlu batalkan semua…

        • Hahaha… jangan la om.
          Yang harus kerja keras ni adalah BIN, ibarat mencari jarum dalam septi tank, walaupun berat, BIN harus bekerja, ga papa lama.
          Inchi demi inchi lekuk tubuh alutsista itu harus diteliti, ya bisa kerjasama dengan stake holdernya.. (PAL, PINDAD, PTDI, LAPAN) yah…. ada juga manfaatnya, kita mengenali luar dalam alutsista2 kita itu.
          Menscreening dan mensterilkan semua produk2 luar negeri.
          Biarin aja tuh lontong disadap, yang penting kita dapat ilmu bikin lontongnya.
          Pake CoC lah waktu make/gunain alat2 yang kita duga keras pasti disadap..

          • Hehe, logika kita dengan logika yang ‘punya’ negara emang beda ya…

            Setelah kasus penyadapan terkuak, kata ‘martabat’ -pun mendadak dangdut.

            Sewaktu kita dikasarin Belanda soal Leo, gak ada yang inget soal martabak, ketika tante Menhan berkunjung kitapun berakrab-ria menyambut…

          • bangsa kita memang terkenal bangsa pemaaf……..
            bangsa yg punya sopan santun tinggi…..
            Itulah yg kemudian dimanfaatkan oleh Bangsa Asing…….

        • wah.. tidak perlu sampai begitu gan, we can’t afford that kind of lose lose solution.
          SG dan Korea Selatan hanya pihak ke 3 yang diperalat US dan begundalnya, mereka sangat butuh US dan berada di bawah tekanan harus kerjasama

          pasca Snowden masa jaya spionase 5 eyes bisa diakatakan berakhir, dan membangunkan kesadaran situasi bagi negara2 naif macam Indonesia yang bermimpi zero enemy di kandang buaya

          • Yupz.. Om..
            Kalo menurut saya, modus pintu Gerbang Penyadapan di Indonesia:

            1. ON GROUND SURVEILANCE:
            – kabel SEA-ME-WE-3 yang tertanam dari Jepang melalui Singapura —> Aktornya Singtel (intel singapor)
            – Perusahaan Telekomunikasi Indonesia yang sahamnya dikuasai Singtel (punya akses 3G), yah sayangnya pejabat2 militer dan pejabat2 sipil menggunakan ini.
            – Alat2 komunikasi / elektronik yang digunakan TNI/POLRI/KPK/BIN/Eksekutif/Legislatif
            – Alat2 sadap yang digunakan dari dalam kedubes asing.
            – Alat2 yang ada disekitaran TNI/POLRI/KPK/BIN/Eksekutif/Legislatif, –> telpon, fax, komputer yang terkoneksi ke internet, mic, kancing baju, kepala ikat pinggang, pulpen, tas, ditanam di dalam gedung, handle pintu, dll yang sama sekali kita tidak akan menduganya.
            – Alat sadap pada alutsista, minimal GPS dan jalur komunikasi

            2. OVER THE GROUND SURVEILANCE:
            – Penyadapan satelit Palapa.
            – Satelit yang mampu ‘search and connect’ kepada alat2 komunikasi elektronik (biasanya tahun 20001n keatas, sejak era 3G dan dan smartphone).
            Menjadi ‘mata telinga’ yang efektif karena rata2 semua orang membawa alat komunikasinya kemanapun dia pergi. (Rumah dan kantor)
            ‘Search and connect’, misalnya: orbit satelit melewati indonesia, diarahkan ke istana presiden, maka satelit dapat meng ‘capture’ / menangkap seluruh lalu lintas sinyal komunikasi, bahkan meng-akses device yang bersangkutan, baca sms, idupin kamera, mendengarkan percakapan disekitar alat yang terkonek tersebut.
            Tentunya semua itu tanpa disadari pemiliknya..

        • Kita OTW ke Naif episode 2:

          >Istana: Surat Balasan PM Abbott Cerminkan NIAT BAIK Australia

          Rangkaian kata2 dengan mudahnya meyakinkan kita tentang
          NIAT BAIK…

          >6. Setelah kedua negara, utamanya Indonesia, memiliki kembali KEPERCAYAAN atau TRUST dan…

          Trust in God ONLY boss, then rely on SELF PROTECTION…!

          You can’t make the same mistake twice, the second time, it’s not a mistake, it’s a choice.

          • setelah Timor Leste ini adalah memang pilihan SBY untuk kembali mempercayai Australia. Mudah2-an kita tidak akan melihat kesalahan ketiga. 3rd same mistake in a row would be a disease of idiocy

        • Betul kan, Trust in God ONLY…

          Kalau boleh saya kasih tip buat Presiden dan Menlu; bahasa Inggris adalah bahasa ibunya si Abbott, jadi kita ikut aja deh definisi/konotasi ‘trust/trusted’ menurut dia:

          Prime Minister Tony Abbott wrote to Mr Yudhoyono after the incident came to light, telling him Australia would not do anything in the future that would hurt Indonesia.
          But Mr Abbott told Fairfax Radio today that Australia will not stop collecting intelligence in Indonesia.

          “No, [we will not stop collecting intelligence on Indonesia] and they [Indonesia] certainly haven’t agreed to stop collecting intelligence on Australia,” he told Radio 3AW.

          “But we are close friends. We are strategic partners. I certainly want Australia to be a TRUSTed partner of Indonesia and I hope Indonesia can be a TRUSTed partner of Australia.”

          Jangan kaget lagi, make no mistake; trusted partners spy on each other !

          http://www.abc.net.au/news/2013-12-06/indonesia-spying-intelligence-gathering-to-continue/5141694

      • Kan gampang balesnya, latih aja TKI kita dengan teknik telik sandi dasar, juga cara-cara efektif pengumpulan data….buat struktur organisasi informasi di luar negeri beres he..he…..

    • F16 mah memang sudah jelas ada source code tidak mungkin di share dengan TNI. F16 tidak punya efek gentar bagi sekutu2 dekat USA di kawasan seperti Australia dan Singapura. Sukhoi yang mereka khawatirkan. Padahal Australia dan Singapura yang harus diwaspadai setelah Malaysia mundur dari Ambalat

  14. T50i GOLGEN EAGLE jual aja ke MERPATI air lines

    kalau ga butuh di jual kembaliin aja hahahaha………

  15. Indonesia Siap Pulihkan Hubungan dengan Australia
    http://www.dw.de/indonesia-siap-pulihkan-hubungan-dengan-australia/a-17255565

    berita seperti ini bisa membatalkan pembatalan πŸ˜€
    Beli/hibah Herc bisa saja nanti kembali direalisasikan. saya harap revisi pengadaan live cattle tetap diteruskan, jika tidak maka pemerintah benar2 melewatkan kesempatan emas melepaskan ketergantungan pangan yang bisa lebih berbahaya daripada tidak punya alutsista

  16. ###(banned for 1 month – Admin)###

    Indonesia is very very stupid …. a poor country but act like an advanced country … hehehehe

    The standard habit of Indonesia … the emotion has taken over their rational …

    ###you start provocation – Admin###

  17. πŸ˜€ this exact habit of yours is a good example for “disease of idiocy” on a rampage

  18. provocation the standard habit of malaysian…
    You are a poor country,poor freedom,poor identity
    so had to steal and claim from other countries
    more despicable and shameful…hahaha

  19. WOYY!! Ada penyusup!!! (anak johor) & (ibang) !, logat bicara anda seperti bukan orang malay??? jangan2 ini orang australi!! kita gebuk! ! πŸ˜€

  20. Bagus.. batalkan saja..
    Kedutaan Australia aja yg statis (tdk bergerak) dipasangi alat penyadap, apalagi pesawat bekas militer yg nantinya akan hilir mudik seantero Nusantara, sangat mungkin telah dipasangi alat-alat penyadap/mata-mata….
    Pelajaran berharga untuk pembelian alutsista bekas, beli baru dari manapun tetap harus diawasi & waspada, teknologi semakin menggila dan kecanggihannya tidak terbayangkan sebelumnya..

  21. RI sudah siap untuk berperang bila diusik kedaulatanya >> http://www.youtube.com/watch?v=hkHI_tWtB84 <<

  22. Apapun itu langkah baik,harga diri bangsa ini tdk setara dgn hibah pesawat hercules.Bagi saya ini adlh momentum bagi RI1 skrg dan kedepan untk memajukan alutsista negara ini lebih menitik beratkan pada alutsista barat atw timur (disamping mendukung alutsista hand made dlm negeri).saya kira nyawa prajurit ini mati demi mempertahankan kedaulatan NKRI bukan mati krn alutsista bekas refurbish.
    Sekarang timbul mslh bru,singapura turut membantu penyadapan aust sprti yg dibeberkan oleh Snowden.Lagi2 aksi negara tetangga mengusik negara ini.Apa yg salah dgn negara ini ? Mungkin bener,negara lain takut Indonesia maju bangkit dri ketepurukan dan menjadi kekuatan besar di dunia yg patut diperhitungkan.

    • Saya rasa ini saatnya kita kasih pelajaran kepada tetangga satu ini…
      menggunting dalam lipatan,
      menohok kawan seiring,
      memotong di tikungan
      musuh dalam selimut…

      terserah lah… tapi yang soft-soft aja dulu….

  23. koment anak johor jgn di tanggapi dah,kalikan nol aja kawan..ada lg satu gerombolan die yg berlagak jd org jiran(sy lupa,soalnya ga penting ngingetnya),gmna klo ternyata anak johor itu org indonesia yg sengaja memposisikan dirinya sbg org malaysia,waduh..sekampung warjag di kerjain,ada yg emosi ngresponnya..jgn2 maenin keyboard pun pake martil hehe

    • Bener bung frans. Dari awal, saya liat anak johor ini seorang indonesian yang (mungkin) sakit hati terhadap bangsa ini. Penggunaan basa Inggris drpd basa malay, penggunaan nama “anak johor” agar terkesan dari malay, malah memperlihatkan celah aslinya. Kalo bagi saya (entah bg warga yg lain), komentar anak johor tdk perlundikomen balik, cukup dibaca saja. Ketika kita komen balik, mdia sangat senang krn usahanya memancing diair keruh berhasil. Well thats my opinion

    • iya bung ada benarnya jg bung,saya jd curiga dia orang indonesia.,
      bener euy…jadi eror nih keyboard,,hehehehe

  24. bung @Diego, rencana Jakarta Great Sea Wall 2014 dan kemungkinan “pindah” ibu kota ke kepulauan baru itu dibikinin artikel dong. sebelumnya rencana pertahanan ibu kota sudah disebut sebut. kepulauan ini nantinya juga akan dilengkapi bandara. Ada kemungkinan Ibu Kota hanya bergeser dikit ke lahan reklamasi, jadi mirip kondisi posisi Putrajaya dari KL

    • klo malaysia ibukotanya tetap kuala lumpur kawan,putra jaya dijadikan pusat pemerintahan..klo ga salah inget putra jaya masuk wilayah selangor tp aksesnya lbh dkat kuala lumpur sktr 20km lbh,seperti kota depok wilayah jabar tp akses terdekat ya jkt.
      (mmg menarik utk di bahas kawan diego)

      • betul @frans, makanya pindah dalam tanda kutip, dari Jakarta lama perkantoran pusat pemerintahan mungkin pindah ke wilayah Jakarta baru hasil reklamasi. Rencananya bendungan dirancang mempunyai bentuk burung Garuda yg bisa dilihat jelas dari udara. Pasti hasilnya akan bagus seperti umumnya kota2 baru hasil pengembangan swasta.

        Proyek ini berkembang jadi bukan sekedar proyek DKI mengatasi banjir rob tapi juga proyek nasional, mengecilkan kemungkinan provinsi lain untuk menjadi ibu kota negara.

        dan karena didanai swasta proyek ini akan cepat selesai πŸ˜€ perusahaan2 yang ngacung pengen ikutan sudah ngantri

        • hmm..saya lbh seneng klo pindah ke kalteng,byk sisi positif nya(jd kluar dr taufik)hehe
          Kita Tunggu pembahasan brikutnya aja

        • Yah.,.. waktu lelang alat2 elektronik sama komunikasi kudu hati2 ya.. harus discreening bin dulu.. hehehe…. πŸ™‚

        • @frans, saya tidak punya pendapat sebaiknya ibu kota ada di mana. dimana-pun is fine by me. hanya saja proyek JGSW DKI ini mendapat dukungan pemerintah pusat dan dinamakan NCICD , National Capital Integrated Coastal Development. saya berasumsi lokasi pusat pemerintahan baru sudah diputuskan

          @desperado, itu hampir pasti bung. kecuali para pejabat nanti mengalami amnesia masal πŸ˜€ TNI saat ini saja sudah mulai membicarakan pengamanan ibu kota. Saya sangat yakin hal pengamanan dan keamanan terpadu akan menjadi bagian dari paket pembangunan NCICD

          • Kata ‘capital’ pada nama proyek sudah mengukuhkan posisi Jkt sbg ibukota (as it should be…)

          • waduh kalau kota saya akan di jadikan ibukota bisa bisa jadi artis donk saya hehe
            memang pada jaman SOEKARNO beliau sudah memberi pesan bahwasanya PALANGKARAYA adalah/akan menjadi kota masa depan INDONESIA karna populasi di KALTENG masih sedikit untuk program tata kota juga saya rasa tidak akan sulit letaknya juga strategis untuk tingkat keamanan karna masyarakat kalimantan tidak doyan demo demoan asal tidak terusik.

          • yup.
            lebih ke penghapusan wacana pemindahan Ibu kota ke Provinsi lain.

            JSS, NCICD, tol Trans Jawa dan Sumatra.., put a smile in my face πŸ™‚

    • gambaran mengenai bentuk Garuda untuk program NCICD. kelihatannya bendungan dibangun dengan bantuan kenalan lama, Belanda πŸ˜€

      silahkan bagi yang belum liat

      • Belanda memang world’s best untuk urusan ini , untuk alutsista sepertinya chemistry masih kurang cocok.

        Sekalian dikonsultasikan feasibility pengurugan Selat Sunda, siapa tahu lebih murah dari jembatan πŸ˜€

      • wah Selat Sunda termasuk jalur perdagangan internasional gan, ga mungkin diurug πŸ˜€

        dan memang jika urusan sama bendungan Belanda jagonya. untuk kontruksi dan energi terbarukan Belanda pilihan utama, alutsista mah nyari tempat lain saja.

        rancangan awal bendungan bentuk Garuda terlihat bagus, berpotensi jadi landmark Indonesia. love it so much i just downloaded it

  25. Bukannya Norwaygia termasuk dalam lingkaran Eyes-nya amrik juga Om. tapi yang 9-eyes nya…

  26. kalau baca di situs itu, amerika juga menawarkan 6 hercules

  27. Agan2 yg terhormat,ane dpt info A1 dari saudara perwira AU: 24 unit pespur F16 yg dibeli indonesia sdh on the way via kapal induk USA,F16 ini diup grade ke blok 52 setara F16 singapura.kalo pespur T50i korsel yg dibeli indonesia sgt canggih bs dipersenjatai lgkp spt F16 blok 52.jayalah NKRI ! Merdeka !

    • Bersyukur banget kalo berita itu benar.

      tp untuk T50i, saya belum yakin…
      dari foto2 T50i yg sdh hadir di indonesia, posisi canon sebelah mana ya?
      atau mau pake sistem canon modular?

      • saya malah kebalik gan πŸ˜€ saya ga yakin F16 sudah selesai 24 unit tapi curiga T50i memang speknya lebih tinggi dari yang diberitakan. perkiraan saya T50i juga diposisikan sebagai pengisi gap sebelum 4++ di TNI AU, jadinya dilengkapi elektronik dan persenjataan mutakhir. faktor “i”-nya itu yang bikin curiga

      • Bung General Zod, kayaknya kanon ada di LERX (sayap nyambung ke fuselage) kiri atas; dan huruf “i” itu untuk pesanan Indonesia.

        • “i” nya memang untuk Indonesia bung, tapi imo itu menandakan pesawat untuk Indonesia mempunyai spek custom dan tidak lagi standard. contohnya Su-30MKI untuk India dan MKM untuk Malaysia sementara untuk TNI AU tetap Su-30MK2 alias standard, kalaupun batch terakhir custom namun tidak full 1 squadron. MKI dan MKM mempunyai spek berbeda

    • Terima kasih infonya

    • Gak mungkin kapal induk ditugasi mengantarkan F-16 RI, tinggi sekali ‘ongkos kirim’nya.
      Selain itu F-16 tidak kuat untuk take-off/landing di kapal induk.

      Carrier based aircraft have a heavier airframe to withstand the punishment of arrested landings and catapult shots.

      The F-16 in any of its current incarnations does not have the strength of airframe/landing gear to operate from a carrier

      (airliners.net/aviation-forums/military)

      • Kedatangan pertama F-16 di Iswahyudi:

        Skadud 3 F-16A/B dibentuk bersamaan dengan program pengadaan pesawat F-16A/B melalui program “Peace Bima Sena” yang diikuti dengan pengiriman 67 personel teknisi pesawat terbang dan empat penerbang ke Amerika Serikat untuk melaksanakan pelatihan pengoperasian dan perawatan pesawat F-16. Dua pesawat F-16 pertama mendarat di Runway Lanud Iswahjudi pada tanggal 5 Desember 1989 setelah melalui perjalanan panjang dan melelahkan dari pabrik pembuatnya di Forth Worth, Dallas. Total jumlah pesawat F-16A/B blok 15 Operational Capabilities Upgrade (OCU) yang di miliki oleh TNI AU adalah 12 pesawat.

        http://www.lanud-iswahjudi.mil.id/index.php/page/divisi-wing-3-skadron-3

      • Hahaha betul juga Mas Danu, kok kapal induk jadi kapal kargo yah? Kurang kerjaan kali?
        Jangan jangan ntar Australia kirim sapi2 ke Indonesia pakai LHD HMAS Canberra yg tadinya utk angkut tank amfibi itu?

        • Hehe, dan bukan sembarang kapal cargo, begitu jalan, rombongan kapal escortnya juga ikut jalan -persis paspampres…

          Jadi bener2 istimewa F-16 refurbished kita, special delivery….

    • Infonya..T-50 i benar customized u indonesia, jumlah yg benar adalah T-50 u 12 unit dan TA-50 u 4 unit, TA-50 memang full combat gear but limited attack, jika sobat perhatikan canon internal di batch pengiriman T-50i sampai dengan 8 unit ini tidak dilengkapi dgn canon internal…jadi bisa dilihat untuk unit ke 13 s.d. 16. Infonya, 12 unit dapat juga dipasang tetapi paket pembelian yang ada internal canon baru untuk TA-50. Cammo T-50i yang unit 9 s.d. 12 walau sdh combat namun masih belum dipasang canon. Sebenarnya paket T-50 ini adalah campuran 12 Unit T-50, dgn opsi dapat diupgrade ke TA-50 dan 4 unit real TA-50

  28. info a1 atawa gosip a1 hehe
    lg an koq cepet bgt proses upgrade nya.tu di upgrade apa di modif bang,ga taunya yg dtg f16 udah dgn body custom ,ban tipis velg palang 5 jd ceper bs buat ngdrag hehe joke kawan

  29. jd ngayeng kemana2 bahasannya..seru sih,owner nya kemana nih hehe

  30. Beneran gan A1,ane dikasih lihat fotonya.tp gak boleh dikasih org lain krn secret gan.beliau jg sampekan kalo T50i memang speknya ditinggikan krn utk tempur jg.meskipun aslinya pesawat latih

  31. Info A1 yang lain nih…sedang disiapkan memindahkan skuadron F-5 ke Papua (rencana di Biak) Shelternya sdh mulai dibuat, 12 F-16 refurbish ada di lanud iswahyudi bersama 10 tipe A/B yang diupgrade, dan 14 unit lainnya akan ada di lanud pekanbaru…

    • Ada sedikit saran buat TNI AU,
      kalau bisa “GPS bawaan pabrik” pada pesawat di buang dan diganti dengan GPS yang kita pasang sendiri yang sudah kita ketahui sterilitasnya…
      Jadi yang empunya pabrik tidak mengetahui dimana posisi real time 24 jam dari pesawat2 tsbt.

      Trims….

  32. Saya setuju pswt hercules dibatalkan, dari dulu australia tidak pernah tulus, ingat hibah puluhan pswt NOMAD dari australia, barang rongsok itu jatuh satu persatu, menelan korban banyak perwira penerbang TNI-AL (sampai dijuluki pesawat pembuat janda), saran untuk TNI AU, khusus untuk pesawat ANGKUT, beli lah yang baru, kalau pesawat tempur jatuh,yang mati 1 orang, tapi kalau pesawat ANGKUT jatuh, yang mati ratusan orang (ingat tragedi paskhas). apache saja bisa dibeli, cobalah lirik JEPANG atau RUSIA. salam..

  33. Lho, kenapa sih kok kita kayaknya sewot betul disadap, naif benar mengharap australia sebagai teman yg dapat dipercaya, seharusnya kita semua sudah sadar dari jauh-jauh hari bahwa mereka itu musuh potensial, jadi harus lebih hati-hati supaya ngg disadap. atau percanggih sistem komunikasi kita biar ngg gampang disadap.
    Kalau memang uang untuk herkules itu sudah dibayarkan, ya ngg boleh duitnya sampai hilang begitu. DPR harus teriak itu, gimana caranya agar ngg ada duit rakyat yang hilang percuma.

  34. KALO DITERIMA JUGA, BERARTI MENJILAT LUDAH YANG UDAH DIMUNTAHKANI!!!!!!!

 Leave a Reply