Aug 052017
 

Sistem rudal pertahanan udara S-400 Rusia. © Sputnik

Indonesia belum mempertimbangkan pembelian sistem rudal pertahanan udara jarak jauh seperti S-300 atau S-400 dari Rusia, namun sistem pertahanan udara Rusia “menjadi sorotan” di Jakarta, ungkap Duta Besar Wahid Supriyadi kepada RIA Novosti.

Menyusul hasil negosiasi yang diadakan pada Mei 2016 antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Indonesia Joko Widodo, para pemimpin kedua negara sepakat untuk memperkuat kerjasama teknik militer. Secara khusus, kesepakatan tercapai pada transfer teknologi. Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan diskusi tentang kemungkinan pembentukan produksi bersama.

“Kami belum mempertimbangkan kemungkinan untuk membeli kompleks (S-300/ S-400) ini, namun Kementerian Pertahanan kami benar-benar tertarik untuk mendapatkan teknologi baru, sistem pertahanan udara Federasi Rusia berada dalam zona perhatian kami, namun untuk sistem SAM ini (S-300 / S-400) saya belum bisa mengatakannya, “kata diplomat tersebut.

Sebelumnya, Panglima Angkatan Bersenjata Indonesia Jenderal Gatot Nurmantio melaporkan bahwa departemen pertahanan Federasi Rusia dan Indonesia sedang mempersiapkan satu paket dokumen yang memungkinkan kerjasama militer antara kedua negara mencapai tingkat yang baru, tanap merinci proyek-proyek spesifik apa yang dibahas, namun dipastikan, kedua belah pihak berulang kali menyatakan ketertarikannya pada pengembangan kerjasama teknik militer. Secara khusus, ini adalah pertanyaan kemungkinan pengiriman peralatan penerbangan.

RIA Novosti

  82 Responses to “Indonesia Belum Tertarik S-300 atau S-400”

  1. Sudah akuisiasi NASAMS. Makanya gak tertarik dng yg ini.

    • menurut saya , kita harus masih bersabar untuk keputusan strategis ini (nasams atau S400). Ada beberapa akuisisi yang masih gamang diambil selain ini, yaitu mengenai pilihan AEW&C.
      Satelah Satelit Militer kita operasional, baru kita bisa pastikan apa-apa yang akan dipilih untuk diakuisisi.
      Paralel yang lain adalah berhasil tidaknya avionic dan datalink di SU35 dan KFX/IFX 20/21 singkron, karena saya denger su35 ini optional pesenan khusus menjadi su35 ri hahaha…

      masih harus sabar ….

    • Isunya ISIS berusaha dapatkan nuklir!!??(ini hoax gak?) Klo ISIS dpt nuklir ya danger. Ingat pertahanan kita belum ada patriot Dan rudal sejenis. Kenapa negara gak melindungi rakyatnya DG lebih serius? Ingat pertahanan nuklir kita tidak ada

  2. Why don’t need.

  3. Untuk Tot Beli 1 Bataliyon

  4. Krn Masih Mikirin SHORAD mulu….

  5. Karena ancaman udara selama ini sudah dibackup oleh sukhoi…

  6. Uang tdk cukup

  7. dana gak ada

  8. bungkuslah…tempatkan di natuna pesisir selatan jawa dan makasar.bikin pespur siluman cina dan dan sekutu USA tak berkutik…

  9. Saat ini Indonesia belum tertarik tapi Indonesia kan sudah membayar jet SU-35 untuk dibeli…

  10. jaman sekarang kalau cuma sekedar beli tanpa ada kerja sama mana laku ….apalagi negara sebesar RI pasti butuh kemandirian alutsista gak hanya beli doang

  11. tukeran sama tambang emas prifort

  12. Posisinya ditempatkan kupang,.

    Mantap,.

  13. Jangankan jarak jauh..jarak menengah aja gak mampu hadeuhhhh

  14. Bukan gak tertarik.tapi lebih kepada gak ada duit,alias BUNTU
    Ngelesnya bisa aja.

  15. baru Ngomong “akan” beli , para Aing lewat lobi parlement yg ada di sekitar gedung ijo langsung telpon
    Asing:mas , kabarnya sampean mau beli s-400 Triumph ,ya ?
    mas RI: iya emang Akan …..
    Asing : jangan mas , sampean beli punyaku ini aja , atau kawanku deh Bang Nasams ..
    eh dia cakep lho … meski jaraknya g begitu jauh ….. , terlebih lagi bisa konek ame jaringan Ane ma temen ane …
    Mas Ri : maksut kamu ???
    Asing: yaah kalau bang nasams dioperasikan , Ane numpang juga koordinat dan pengamatan gitu deh …… ( pendek kata dipasangi penyadap )
    MAs Ri : oww kalu itu gpp kok..beli nasams iya beli triumph juga Iya
    Asing : yang triumph jangan bang g usah , nanti temen ane susah kl kunjungi Ente di udara
    Mas Ri : Wong Ane beli Daleman Istri Merek TRiumph kok ……Napa musti Elu sewott
    Asing : Jiaannnnn…………… ( Cerdas Ulet dan Kreatif )
    As* tenan

    Edisi: betawi,madura,jawa,suroboyo

  16. Belinya nanti aja ..nunggu perang

  17. Indonesia darurat S-400, bastion, ICBM

  18. Knpa belum tertarik s 400 / s 300 miin..

  19. Ada RX 450 dalam tahap pengembangan, Indonesia punya teman baik seperti Turki dan pakistan yg sudah maju dlm pengembangan Rudal, tidak perlu menunggu Rusia bahkan negara Nato

  20. Biasa malu malu tapi mau..lama. 2 cinta..terus memilikinya

  21. Dananya pembelian sekaligus TOT mungkin setipe dengan turkey punya yang butuh waktu -+ 4 tahun

  22. Demi menjaga prasaan tetangga seblah

  23. Tak ada duit pun,,,,,!!!

  24. Kl sy memang condong hrs pny pertahanan udara sdh menjdi harus..

  25. kebanyakan mikir mau beli aja terlalu banyak pertimbangan…

  26. Kalau udah ada missile nyerang kita baru kerasa deh.. semua sudah terlambat..

  27. Ndak mampu beli dari Rusia karena mahal ujung2 nya akuisisi duplikat nya dari China,,

  28. Mungkin tingkat ancaman dari belum terlihat nyata. Seperti kita lihat indonesia mesra dengan siapa saja tni joint exercise dengan negara mana saja

  29. Belum tertarik tapi kepingin, coba rudal itu di tempatkan di natuna, batam, kupang, biak, jkt…pasti mendongkrak kekuatan militer kita.

  30. Kalaupun Indonesia beli.. mungkin sifatnya akan sangat amat rahasia.. karena bisa ditebak, jika TNI punya begituan, pasti tetangga sebelah ikut memperkuat alutsistanya.. dan itu akan berdampak buruk bagi keseimbangan kekuatan kita di regional, karena bisa dikata tetangga lebih punya modal untuk lebih meningkatkan alutsistanya. Sedangkan ekonomi kita masih belum memadai untuk belanja lebih besar..

    • Klu ikut keseimbangan mundurlah pertahanan kita.. Lihat tu singapore..australia Pertahananya apa ikut keseimbangan

    • Buktinya kemaren kita mau beli kilo class udah pada rame.. ketika mereka yg lebih punya modal lebih besar untuk belanja alutsista, maka kitalah justru yang mengikuti mereka agar kekuatan kita bisa seimbang dengan mereka.. saat ini mereka akan medatangkan F35, Otomatis kita sudah harus juga punya SU 35.

      Kapal selam kita sangat kritis hanya punya 3.. maka perlu penambahan.

  31. 1 system rudal s400 harganya 6 triliun dapet berapa sukhoi tuh

  32. Rusia pasti juga gak mau pusing2 lagi
    beli sekarang biji minta nya aneh2
    ,,tot lah,,, inilah,, itulah,,

  33. ralat; beli satu biji

  34. Lha kbrnya kan punya 3000trilyun..??

  35. aduhh klah sma vietnam…

  36. S300v4,,,lebih murah tp setara S400,vietnam sudah punya 2batalion S300.
    masa kalah .
    sebentar lg kawasan di kepung F35 singapur+australia

  37. Kalau blum snggup beli pke sistem beli tunai/kredit atau barter

    Mumpung rusia lg dkenakan sanksi + embargo dagang hrus dimanfaatkan situasi ini
    Sbgai negara non-blok indonesia diuntungkan dengan
    keadaan ini
    Bkn gak mungkin kasel kilo atau helicopter
    tempur canggih,atau rudal S-400 terus barter sma SDA
    indonesia

  38. “sedia payung sebelum hujan”,nah ini dah mendung mungkin segera akan hujan kok ndak tertarik beli payung,….duh duh duh jan otake keblinger…..

  39. Ya jelas kagak tertarik wong prediksi saya, tertariknya sama :

    AU – NASAMS
    AD – BAMSE
    KOHANUDNAS – SPYDER dan THAAD
    AL – LY80 / SKY DRAGON 50.

    • nasams II kualitasnya gmn suhu?

      • Kalau meleduk 1 meter di dekatmu, bagian-bagian tubuhmu langsung melayang dan tidak bisa disatukan kembali.

        Jadi itu kualitasnya.

        Xixixixi

      • NASAMS itu isinya rudal AMRAAM AIM 120C series.

        Jadi NASAMS itu hanya sistem peluncurnya saja.

        Jadi kita beli NASAMS itu supaya bisa :

        1. beli rudal AMRAAM dalam jumlah banyak sehingga dapat diskon lebih gede dan kemungkinan TOT.

        2. pelajari bagaimana sistem peluncuran rudal itu sehingga suatu saat nanti bisa bikin sendiri.

    • Hhmmm Yg Jelas Paskhas Mau Cari Pengganti SA-2 Dgn Produk Buatan Rusia… Dan Spyder/THAAD Tdk AKAN Di Beli… Plus AL Pernah Tertarik Sama RBS-23…

      • RBS 23 itu untuk KRI.

        Paskhas naksir barang Rusia ? mosok skyshield dipasangkan sama S400 ?

        Skydragon untuk marinir pertahanan lantamal.

        AD pasti RBS 23 Bamse.

        • Lho Kan Bisa Aja Bukan S-400 Yg Di Beli… Dan Lagian Saya Cuma Bilang ‘Yg Jelas SA-2 Akan Di Ganti Dgn Produk Buatan Rusia’ Bisa Saja Di Ganti Dgn Patsir/Buk Dan Untuk AL Sekarang Berita RBS-23 Sudah Mulai Tdk Jelas…

  40. mending ga usah beli, ntar php terus..bosen dan muak jadinya..ga usah beli apa2 lg, biarin aja spt inil..ga usah kuat2an…klo perang ngalah aja, biar sekalian modar…

  41. iya ntar stlh SU35 beres … baru beli rudal jarak jauh, mhn sabar & duitnya mau dicetak dulu yaa …

  42. Disini banyak yg bilang indo ngk punya uang.. la devisa dari TKI itu 8 milyar dollar pertahun lo.. china yg beli beberapa batalion saja harganya cuma 2-3 milyar dollar. Sebenarnya indonesia bisa membeli barang2 canggih seperti itu.. tpi buat apaaa..?? Indonesia masih aman2 saja.. kalau terindikasi akan ada invasi dari negara lain pasti memborong barang2 canggih seperti itu.

  43. biasanya TERTARIK kok tumben sekarang….

  44. pasti… tp bukan yg tipe ini nunggu yg tipe 500 di jual.. saya yakin pasti itu.. indonesia punya daya tawar lebih kok.

  45. nunggu yang cangih s900 keluar,…
    sementara kembangin rhan dulu aja deh

  46. NASSAMS dan S 400 dibutuhkan Indonesia. Butuh NASSAMS karena Indonesia sudah dapat lampu hijau untuk beli AMRAAM 120 yang bisa dipake buat pesawat dan anti pesawat. Kalau S 400 butuh buat mengcover wilayah Indoneisa yang luas.

  47. Pejabat lebih tertarik buat korupsi gan . Misalnya Indonesia beli S300 entar pejabatnya gk bisa korupsi lagi gan ? jadi mereka gk tertarik buat beli ?

  48. Uuuuuuuuuuuuuppppppppppppp

 Leave a Reply