May 212016
 

Uupaya Indonesia untuk meningkatkan deteren militernya berada di jalur yang tepat, yang kemajuannya terlihat dalam pembicaraan untuk pembelian alutsista canggih Rusia dan produksi bersama amunisi dan senjata.

Selama pertemuan antara Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Jokowi disajikan daftar belanja negara, yang mencakup kapal selam kelas Kilo dan jet tempur multi-peran Sukhoi Su-35.

Indonesia juga memiliki rencana untuk pembangunan pusat perawatan untuk sistem persenjataan yang dibeli dan produksi bersama amunisi dan senjata lainnya di Indonesia.

“Kami sedang dalam pembicaraan untuk pembelian kapal selam, tetapi, tentu saja, ada persyaratan yang perlu diatasi,” kata Duta Besar Indonesia untuk Rusia M. Wahid Supriyadi, menambahkan bahwa akan ada pembicaraan lanjutan antara pejabat Departemen Pertahanan Indonesia dan rekan-rekan mereka dari Rusia.

Kilo class Diesel Electric adalah kapal selam serang, terutama dirancang untuk operasi anti-kapal dan anti-kapal selam di perairan yang relatif dangkal. Pertumbuhan ekonomi di Asia telah membuat keamanan laut menjadi masalah vital, dan kekuatan angkatan laut regional sedang dalam perlombaan untuk memperluas kemampuan rudal bawah laut mereka melalui pembelian kapal selam canggih.

Meskipun Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia hanya memiliki dua kapal selam usang yang beroperasi. Untuk itu Indonesia diharapkan segera menerima tiga kapal selam dari Korea Selatan, tapi dengan teknologi rendah dibandingkan Kilo class.

Sejak tahun 2007, Indonesia telah melakukan pembicaraan dengan Rusia untuk membeli setidaknya dua kapal Kilo-class, namun kemajuan berjalan lambat sampai pertemuan terakhir antara Jokowi dan Putin di resor Laut Hitam, Sochi, Rusia, di KTT ASEAN Rusia Ketika yang berlangsung di Rusia.

Kepala badan ekspor senjata Rusia, Alexander Fomin, mengatakan Rusia ingin memproduksi munisi militer di Indonesia, termasuk amunisi, Reuters melaporkan. Dia menambahkan bahwa Indonesia tertarik dengan kapal selam dan jet Rusia. “Namun, Rusia memiliki saingan, seperti Amerika Serikat dan China”.

Rusia, eksportir senjata terbesar kedua setelah AS, berencana menjual senjata senilai US $ 14 miliar tahun ini, menurut Reuters. total portofolio Rusia untuk pesanan senjata saat ini lebih dari $ 50 miliar.

Pembicaraan antara Jokowi dan Putin dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dan rekan-nya Sergei Lavrov di Bocharov Ruchei, kediaman resmi presiden Rusia, Rabu malam.

Perjanjian tersebut memfasilitasi pertukaran data intelijen, kerjasama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pembentukan fasilitas industri bersama. “Kami telah sepakat untuk memperluas kontak antara kementerian pertahanan dan badan-badan keamanan,” kata Putin pada konferensi bersama dengan Jokowi.

MoU yang ditandatangani merupakan tindak lanjut dari kesepakatan kemitraan strategis komprehensif 2003 antara Indonesia dan Rusia. “Ini adalah untuk mengakomodasi kebutuhan militer kita. Tampaknya kebutuhan mereka sejalan dengan apa yang Rusia memiliki, “kata Retno, menambahkan bahwa Rusia selalu responsif terhadap Indonesia.

Di tengah sanksi ekonomi yang diberlakukan oleh negara-negara Barat, ekspansi Rusia dalam hubungan dengan Indonesia memberikan tanda yang melegakan. “Kerja sama ini juga telah mengangkat pengaruh Rusia, karena mendapatkan penerimaan dari Indonesia, negara besar Asia,” kata Tirta Mursitama, kepala departemen hubungan internasional di Universitas Bina Nusantara.

“Dari perspektif geopolitik, Indonesia dan Rusia berusaha untuk mengangkat posisi tawar mereka di tingkat global dan regional dengan kerja sama pertahanan ini.” Selain masalah pertahanan, Jokowi juga membahas masalah-masalah perdagangan dan investasi dengan Putin dan diadakan pula pertemuan one on one dengan para eksekutif dari beberapa perusahaan, seperti infrastruktur dan transportasi perusahaan Russian Railways dan perusahaan investasi Vi Holding Group.

Data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) mengungkapkan bahwa sebagian besar investasi Rusia di sektor pertambangan. Investasi yang direalisasikan mencapai $ 1.01 juta tahun lalu, yang menurut Retnon di bawah potensi yang dimiliki Indonesia dan Rusia.

“Kami telah menyarankan kepada Rusia untuk diversifikasi investasinya di Indonesia, dan mereka tampaknya tertarik,” kata Retno.

Daftar belanja termasuk kapal selam kelas Kilo dan jet tempur Sukhoi Su-35. Sebuah kesepakatan ditandatangani untuk memfasilitasi pertukaran data intelijen.

Sumber : The Jakarta Post

Bagikan :

  78 Responses to “Indonesia Beralih ke Rusia untuk Persenjataan”

  1.  

    Ping

    •  

      Artikel Ni di hp gw, kok gk tayang ya…? Ad yg tidk beres ini nampak nya…

      •  

        Suatu perbincangan di suatu sore

        J: Vlad, situasi di kawasan kami memanas.
        Gue butuh pesawat tempur gahar. Rudal dan kapalselam.
        V: Okelah Jok. Tapi rudal tuh apaan sih?
        J: Oh, rudal = peluRU kenDALi.
        V: Silakan pilih. Pesawat tempur ada MiG ama Sukowi eh Sukhoi.
        Kapalselam mau Kilo apa Amur?
        Kalo butuh bomber ada Sukro-34 ama Tupolep.
        J: Tupolev.
        V: Lha iya gue juga bilang Tupolep.
        J: TU-PO-LEV.
        V: Lha ya betul itu, Tupolep.
        J: Sak karepmu lah, Vlad.
        V: Eh gue denger katanya lu butuh pengganti.. hikk.. Hercules. Beli produk gue aja.
        Noh tinggal pilih ..hikk… mau Ilyusin apa Antonop.
        J: Antonov.
        V: Yep, betul Antonop.
        J: Antonov, Vlad. ANTONOV!
        V: Hey, Jok. Gue denger gosip ..hikk…katanya si Nopanto sekarang dukung lu. Hikk…
        J: Iya itu memang sudah….
        V: Eit, gue sampe lupa. Ayo diminum gih. …hikk…
        J: Gue kagak minum itu. Kagak baek.
        V: Ya udah buat gue aja.. hikk… tambah lagi ah… hikk..
        … hikk.. Podka mana Podka..!
        J: ?

      •  

        Kan kena ping…lenyap he..he

        •  

          Adminnya kok ga pernah ngebahas munisi yang lagi diomongin itu… Kan rencananya mau produksi munisi 100mm buat BMP3F…. Keren loh itu, siapa tau ada fitur air burst nya, bisa ngehajar infantri yang lagi berbaris, yang nyumput di blakang fortifikasi juga bisa dihajar pake hujan air burst… Ayo dong bahas yang gituan, bosan bahas politik mulu

    •  

      Klo Partai merah jadi president,,pasti alat senjatanya berkiblat ke timur,,
      Nah partai kuning kepilih pasti ke mamarika..
      Yaaa harap dimaklumi yaa,,,

    •  

      Wah jadi kangen sama pak RR, kapan pak kita2 di PHP lagi… rasanya geli banget seperti mau kentut tapi ditahan….akhirnya keluar dikit..dikit.. dann… triiiitttt…

      •  

        kita lihat saja, MEF Jilid III bakal muncul mainan apa saja dari Russia.. sejalan dg itu diharapkan Putin berkenan mendukung perkembangan industri senjata nasional, tentu dg implikasi yg menguntungkan kedua pihak

  2.  

    Panglima TNI sudah setuju, Menhan sudah setuju, Presiden RI???
    Menjatuhkan Mental generasi penerus anak bangsa….

  3.  

    Cuma garuk2 kepala apa benerr?

  4.  

    Semoga terwujud.

  5.  

    test

  6.  

    Pasti jadi SU 35 nya kl berita2 simpang siur kemaren2 itu kan hanya tipuan penyesatan agar kawasan adem!! Karena sebenarnya SU 35 sudah deal sejak tahun kemaren

  7.  

    Ini berita yg saya tunggu2….
    Moga2 saja bukan sebatas kajian.. Hhe”

  8.  

    Klo memang deal yaa deal aja lh.. ga ada itu bahasanya biar kawasan adem, cuma bahasa goibiyah ituu. Beli g signifikan kok, lhaa wong yg beli kapal selam canggih sama F15 aja ga mikiri tetangga, trus apa yaa di kita kebakaran jenggot?? Enggak kn??

    •  

      Kekuatan militer suatu negara tentunya dirahasiakan utk kepentingan negara itu sendiri. Kita bisa lihat berapa belanja militer Singapura, tapi itu yang diumumkan. Tentunya ada belanjaan yang dirahasiakan.
      USA punya ribuan pesawat tempur. Tapi jumlah pastinya dan alutsista yang serem-serem tentu dirahasiakan. Disembunyikan di sana di area 51(jangan2 tempat itu pun utk mengecoh saja. Siapa tahu yg paling serem justru ngendon di tempat lain yg super rahasia).
      Maka warjag ahli ghoibiyah jangan senyum2 dulu. Karena negara lain juga punya yang ghoib.

  9.  

    Selamat berpusing ria rakyat indonesia, jk ama rr ke mak erot……panglima presden mantafff

  10.  

    Semoga d wujudkan…bkn mentok rencana dn wacana….

    Aamiiinn…

  11.  

    JOKOWI STROONG
    PUTIN STROONG
    SBY TUKINO

  12.  

    wong semuanya php. cape dengerin su-35ini. harusnya ada yang bisikin goib ke pejabat tentang alutsista kita yang jauh ketinggalan. apalagi jk kaya yang penuh dengan interpensi dari pihak barat ketika di tanyakan tentang pembelian su35

  13.  

    Modernisasi persenjataan zaman SBY memang OKE….
    yo po raaaa?…

    •  

      Oke sih oke, tapi gak lengkap ya alat komunikasinya, ya senjatanya. Dan percuma beli banyak alutsista kalo cuma ditembakin kapal cina 2x diem aja. Gak berani ngusir para penjarah ikan.

      •  

        Yakin kita diem aja? Emang suruh ngapain, kan itu bukan kapal perang, klo TNI asal tembak bisa memicu konflik, siapa bilang yg nerobos kemaren ga diusir? Kudet nih anak alay 1,, jgn asal cuap2 bung klo cuma tau dari media doang..

  14.  

    Kilo sama su 35s php tingkat tinggi buat rusian fans boys ga capek apa ya di php terus move on boys

  15.  

    ngedem and no comment

  16.  

    Php lagi gak ya…setres

  17.  

    Bukan beralih. Tapibkarna sudah tanda tangan mekanisme kerjasama persenjataan + TOT ( kapal perang tidak termasuk).
    Hal ini karna rusia melirik perkembangan KFX. Dan ternyata indonesia mampu.
    Sedangkan kita dengan negara barat ??
    Ada cuman tidak a perti klausa yang diperjanjikan dg rusia ?
    Nanya kenapa ???

  18.  

    Betul bung… Jangan salahkan rakyat klo pas perang rakyat pada Nimpukin alutsistanya sendiri… Orng rakyat pada gk tau… Dikira punya musuh deh… He he he

  19.  

    SIPRI selalu bisa memonitor transaksi penjualan persenjataan antar negara, SU 35 didorong dorong untuk dibeli justeru dengan maksud untuk memberikan sinyal yang jelas kepada pihak manapun bahwa negeri ini punya alutsista yang menggentarkan, soal konsistensi pembangunan pertahanan negara Vietnam adalah contoh yang baik, malu dengan Vietnam

  20.  

    Analisis wae… Ora Arep komen Neko2…

  21.  

    Mantap, love ruskie!!! RI Rusia best friend forever!

  22.  

    Nyimak..

  23.  

    top dah

  24.  

    semoga benar

  25.  

    Judulnya lebih pas kalo “INDONESIA BERALIH MENGEMIS KE RUSIA UNTUK PERSENJATAAN” hahaha…

  26.  

    Ngikut ajalah apa kemauan presiden, menhan, menlu, dubes ri di rusia dll. Salam.

  27.  

    yg penting kerjasamanya dulu,..kalo alutsistanya…ya nunggu perang dulu, baru muncul semua,..ga pake ngeteng, ga pake php,..hehehe langsung nongol2 aja gt kyk jaman bung karno,..bahkan KRI IRiAnpun bisa di ajak plesiran sampe australi..

  28.  

    @pokpink
    Wah anda mulai rasis bung @pokpink

  29.  

    Memang seharusnya begitu

  30.  

    Owwhh..

    Ifx bermesin sukhoi..

  31.  

    Boseeen,,itu itu meluluuu,,tanpa kejelasan , PHP,,PHP melulu..

  32.  

    “Partai kuning itu mengingatkan luka lama, maklum kami masih trauma.., kurang apa kami dalam membantu sodara merebut west papua, tapi siapa yang memperoleh gunung emas itu?.. Jadi jangan mengulangi sejarah ya..”

  33.  

    semakin canggih alutsisita maka semakin rawan ia,.,rawan embargo, rawan disalahgunakan, rawan dll,..makanya dlm pengadaaannya diperlukan ketelitian tingkat tinggi dlm pengkajiannnya,..rakyat awam spt saya bisa seenaknya bilang beli ini itu tanpa mikir , tp pemangku kepentingan selalu memikirkan efeknya hingga 3-4 langkah di depan..contoh simple dulu bukankah biasa ada anggota TNI bawa senjata kemana2 bahkan libur sekalipun,..lalu ada banyak kasus2 penyalahgunaan senjata yg berakibat senjata2 tsb dikandangkan…umpama kita jadi beli 1 ska su 35 terus ada salah satu aja pespur yg dibajak dan dipake ngebom ibukota…apa gak kiamat kecil negri ini? apa ga pernah mikir sampe detail terkecil spt itu?. Ndak usah mikir masalah keseimbangan kawasan dulu,..pikirkan sdm2 kita dulu mampu atau tidak menghandle teknologi2 papan atas spt itu, jawabannya pasti mampu tp jumlahnya belum banyak..sekian terimakasih

  34.  

    Bikin penasaran

  35.  

    tes

  36.  

    beritanya panas dingin,,,tp berita kali ini saya pribadi turut gembira,terlebih nanti jika semua belanja alutsista dr rusia sudah datang dan memperkuat TNI,,,pasti luar biasa

  37.  

    Rahasia pespur bukan hal baru lagi di Indonesia. Di sejarah intelijen kita jelas terukir Operasi Delta pengadaan 2 ska A4 Skyhawk. Pespur ini baru menampakkan diri ke publik setelah sekian lama berada di Indonesia. Jd ttg Su35, kita percayakan saja ke Menhan, rahasia atau bukan, semuanya sudah dipertimbangkan dgn baik.

  38.  

    Jalurnya sudah benar. Presiden itu bicara kebijakan / Policy. Soal tehnis dan merk Alutsista itu jatahnya Menteri Pertahanan. Yg di bicarakan pk Jokowi itu adalah kebijakan negara. dan pembelian Alutsista nanti akan mengikutinya. Dari pemberitaan soal Glonass terlihat akan ada ” Sesuatu ” yang besar yang telah di sepakati Indonesia Russia..akan ada perubahan isu strategis dan akan berhubungan dengan politik luar negeri RI. Lihat saja sebentar lagi pk RR pasti akan sering berhubungan dgn pihak Russia..

  39.  

    PHP MODE ON
    Ditunggu artikel gagal belinya..
    Garai Sirah Muless..

    #Sak karep2mu leee..

  40.  

    gw lebih penasaran ma pertukaran data intelejen…hayoo data” intelejen apa aja yg saling tuker??? apakah ada hub’a ma As dan kronco’a

  41.  

    setubuh bung upil…ane dulu jg jd au..tp pas waktu latihan lompat sungai cd ane koyak gagal dech jd tni..makanya sekarang ane ada gilak2 dikit..hahahaha

  42.  

    INDONESIA DARURAT MENHAN,…

  43.  

    entah kenapa ingat asu kok jadi ingat tsunami aceh

  44.  

    Apa perlu dituker Su-35 sama kambing?

  45.  

    Gagal terus tapi tak terealisasi……..dag di dug terus dibuat kita

  46.  

    Su 35 udah nongkrong di biak,,,

 Leave a Reply