Indonesia Berencana Beli Pesawat Amfibi dan Kapal Selam Buatan Rusia

98
272
Project 636.3 submarine. (© Alexandr Demyanchuk/TASS)

Duta Besar Indonesia untuk Moskow Mohamad Wahid Supriyadi mengatakan bahwa Indonesia berencana membeli pesawat amfibi dan kapal selam dari Rusia.

“Kami benar-benar berencana untuk membeli pesawat amfibi yang dikembangkan oleh biro desain Sukhoi dan kapal selam kelas Kilo dari Rusia,” kata Mohamad Wahid, Senin (30/05).

RF-21515 Simulated rescue operation on the water, Gelendzhik Hydroairshow. (airliners)
RF-21515 Simulated rescue operation on the water, Gelendzhik Hydroairshow. (airliners)

Rusia juga dikabarkan siap memulai pengiriman pesawat amfibi Be-200ChS yang diproduksi oleh Beriyev Aircraft Company ke Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Departemen Regional Rosoboronexport, Vladimir Yereschenko, dan kepala delegasi gabungan Rostekhnologii-Rosoboronexport, saat menghadiri Defence Services Asia 2016 arms show (DSA 2016), sempat menyampaikan bahwa Proyek 636,3 (nama NATO: Improved-Kilo class) dan kapal selam Amur-1650, Proyek 11.356 (Krivak-V-class) dan frigate Gepard-3.9 (Gepard) serta senjata shipborne menjadi yang paling menjanjikan untuk promosi di Asia-Pasifik.

Sumber: TASS

98 KOMENTAR

  1. PAK JOKOWI…. TOLONG LIHAT LAH KOMENTAR RAKYATMU INI
    MEREKA INGIN NEGARA INI KUAT !!!
    MEREKA INGIN MELIHAT PERENCANAAN DAN REALISASINYA
    MUSUH UDAH SANGAT DEKAT JANGAN BANYAK MIKIR, JUST DO IT!

    MENDING SBY LAH ADA REALISASINYA ! WALAUPUN SEBAGIAN BEKAS (SOALNYA DUITNYA EMANG CEKAK) TAPI NGGA NGOMONG THOK ! … RENCANA RENCANA RENCANA…DST

    • Definisi kuat terkamsyut itu saban beli ini itu wajib pengumuman a.k.a pameran dimedia ea pak de…. Biar rakyat RI n negara luar tau seberapa besar kekuatan militer Indonesia.,.. Jadi pas waktu war negara lawan udeh punya penangkal semua alutsista yg dipny NKRI…. Kan dia paham apa2 aja, jumlahnya berapa, penempatan, dimenong, de el el…..??????????

    • – Yang penting Rakyat Indonesia tau kalo negerinya pny senjata menggetarken (vibrator kale pake menggetarken)….
      – Yang penting muasin ego rakyat (bangga n ngrasa paleng kuat seasean)….
      – Blangsak kemudian hari urusan blkngn….

      Oh gusti…..!!!

  2. Rencqna saja sudah basi !!! Kecewa saya sama pemerintahan indonesia ini……plin plan…apalagi si wakil predien bilang “kan kita gak ada musuh”….. hehehe perkataan yg seharusnya tidak keluar dari mulut seorang pemimpin…..yg namanya perang itu gak nunggu musuh2an dulu….perang datangnya tiba2….kawan pun bisa jadi musuh !!!!!!

  3. Sebenarnya yang namanya alutsista itu ya ga bakalan disebarluaskan seluruhnya kawan, pasti ada yang dirahasiakan, kalo semua dibeberkan ke media massa dan semua orang tahu ya percuma aja, berarti sama saja dengan kita telanjangin diri di muka umum, jadi tenang aja para warjager…..

  4. masalahnya utang udah nambah banyak. Mau beli peralatan militer takut diomelin jokowi. Bilangnya bangung insfratruktur dulu. Ane aja bingung, yang dibangun yang mana sih yang bisa menghabiskan anggaran ratusan triliun dari hutang tiap tahunnya. Kalo kereta cepat jakarta-bandung katanya itu murni bisnis bukan dari APBN

  5. “Rencana” ,,,,,,,menjadi kata yang sangat sakti dengan multitafsir……yg bisa menggoyang psikologis pemangku kepentingan daripada geostrategi dan geopolitik kawasan….

    artinya:
    1. bisa menjadi terlaksana atas tindakan pengadaan asset tersebut atau tidak.
    2. bisa memberikan keraguan atas jumlah yang sesuai rencana atau bisa lebih atau bisa kurang.
    3. bisa memberikan kebingungan apakah “asset” itu yang dimaksud dari negara A atau malah berubah sebagai substitusi yang sebanding dari negara B.
    4. bisa menjadi terlaksana atas berdasar periode waktu tersebut atau mengalami pengulangan pengadaan di waktu berbeda dengan konteks dan kontent yang sama.
    5. ….dan seterusnya

    * mumet : mode on

  6. Mudah2an para petinggi negeri ini tahu dan sadar bahwa sebenarnya rakyat indonesia kritis dalam bidang militer…melalui forum ini semoga para petinggi negeri ini mendengar dan merealisasikan apa yang menjadi ispirasi rakyatnya….!!!!

    Kami bosan hanya memdengar wacana dan wacana…apa tidak tahu bahwa perkembangan militer di asia tenggara sudah semakin maju …kadang miris melihat alat2 tempur kita yang sudah tua..

    NKRI HARGA MATI….