May 302016
 

Duta Besar Indonesia untuk Moskow Mohamad Wahid Supriyadi mengatakan bahwa Indonesia berencana membeli pesawat amfibi dan kapal selam dari Rusia.

“Kami benar-benar berencana untuk membeli pesawat amfibi yang dikembangkan oleh biro desain Sukhoi dan kapal selam kelas Kilo dari Rusia,” kata Mohamad Wahid, Senin (30/05).

RF-21515 Simulated rescue operation on the water, Gelendzhik Hydroairshow. (airliners)

RF-21515 Simulated rescue operation on the water, Gelendzhik Hydroairshow. (airliners)


Rusia juga dikabarkan siap memulai pengiriman pesawat amfibi Be-200ChS yang diproduksi oleh Beriyev Aircraft Company ke Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Departemen Regional Rosoboronexport, Vladimir Yereschenko, dan kepala delegasi gabungan Rostekhnologii-Rosoboronexport, saat menghadiri Defence Services Asia 2016 arms show (DSA 2016), sempat menyampaikan bahwa Proyek 636,3 (nama NATO: Improved-Kilo class) dan kapal selam Amur-1650, Proyek 11.356 (Krivak-V-class) dan frigate Gepard-3.9 (Gepard) serta senjata shipborne menjadi yang paling menjanjikan untuk promosi di Asia-Pasifik.

Sumber: TASS

 Posted by on May 30, 2016

  99 Responses to “Indonesia Berencana Beli Pesawat Amfibi dan Kapal Selam Buatan Rusia”

  1. mantaff

  2. rencana terus, belinya kapan pak.?

    • @Rusky
      “Kami benar-benar berencana untuk membeli pesawat amfibi yang dikembangkan oleh biro desain Sukhoi dan kapal selam kelas Kilo dari Rusia,” kata Mohamad Wahid, Senin (30/05).

      Masak ngak apal maksudnya bung? Hhi”
      Tp ya semoga saja beneran..

      • wakakakak … saking berkali kali adanya penundaan pembelian senjata .. mulai koar koar su35 , tekhnologi ketinggalan , kilo , gram dll ..
        sampai2nya ada kata kata BENAR BENAR … Hmmmm

    • bung ruskye, katanya kl ada kata2 rencana berarti barangnya dah nongkrong disini, kata alam goib bung.

  3. Tes

    • Banyak bacot aja pak,bau mulut lo…semua orang mah bisa kalo cuma modal bacot..yang ditunggu-tunggu itu kapan belinya..tong kosong nyaring bunyinya…sial perasaan para pengurus republik ini kebanyakan demen ama yang namanya modal bacot..heran.

      • ahh masih kalah jauh sama yang dulu bung, modal bacot berdendang, bonus hibah dan bekasiah….

        • oww anda salah bung ruyung … jaman dulu semua program MEF 1 sudah dilaksanakan ..
          pengadaan pesawat angkut meski bekas Hercules , penambahan kuantitas pesawat tempur f16, t50i, super tucano , puluhan pesawat latih, pengadaan MBT yg selama ini cuman TNI aja yg ga punya di asia , pengadaan kapal selam 3 buah chang bogo plus tot , heli apache 8 unit , dihidupkan.lagi skuadron 100 asw panther 11 unit , pesawat ringan fennec , rudal astros , swagerak meriam perancis , proyek kapal 15402 sudah jadi 1 .. dan banyak lagi tinggal nunggu datangnya
          su35 sudah direncanakan sejak jaman pak purnomo , tp setelah dipegang pak RR prograam MEF agak ngadat
          coba sebutkan pembelian senjata apa saja di jaman skrg ? tong kosong berbunyi tuuung

        • semua persenjataan meski bekas tapi dikelas asia tenggara itu adalah senjata bekas eropa kualitas awet bandel bukan produk china baru ancur …
          ada kekurangan komponen radar di t50i kita dapat pesawat radar bs menyesuaikan yg terbaru , LEOPARD alat komunikasi , pengatur penembakan otomatis dll itu dipasang pt LEN itu TOT ,
          Semua sudah direncanakan akan dilengkapi di MEF 2
          tp apa mau dikata , pemerintah skrg punya program yg berbeda … pembelian pesawat amphibi bariev gara2 banyak kebakaran hutan dan jatuh pesawat dan bencana alam ..
          chinook jg ga direkomendasikan TNI karena untuk angkut berat TNI memilih MI17 .. malah mendadak beli
          semua dana untuk pembelian yg tidak di rencanakan akan mengacaukan program MEF 1
          indoneisia anggaran 10M us$’, vietnam 4,6M us$ malah jadi negara ke 6 didunia dalam pembelian persenjataan
          itulah saudara ku .. misteri ruyung bermata 2 tp tumpul , program tidak pernah selesai kalo terus berganti pemerintahan

        • Yang dulu bacot brdendang, barang pun perlahan datang.. kalo yg skrng bacot tak bisa berdendang,, tak ada yg datang yah bung..xixixixixi

      • yg benar itu tong kosong berbunyi TUuuuuNggg bung … wakakak

  4. Mudah2 an cepat terealisasi..amin..

  5. Lho2 banyak banget? Beneran ngak tu?

  6. negeri penuh rencana….hahay

    kita perlu berencana, berikhtiar, bertawakkal…. moga semua bisa kejalani

    yg terakhir moga bsa membuat Keluarga Berencana

    • ini akibat zaman orba ( orba lagi yang disalahin ) karena program Keluarga Berencana, jadi saat ini semuanya serba rencana…coba kalo dulu nama programnya Keluarga Jadi, atau Keluarga Tanda Tangan Beli, atau Keluarga Sudah Dikirim..pasti barang2 diatas sudah jadi, sudah ditanda tangani pembelian, sudah dikirim kemari…

      hueheheheheheheh….salam damai warjager

  7. Ngemeng terus…bilang aja nggak ada duit

  8. ooh..paketannya banyak ya kalo jadi…painted harganya masih belo jadi..lha belinya BORONGAN!!..wkkwkwkw

  9. cm di aminin aja… tdk perlu berharap bnyk mengingat duit… dan kepentingan lain

  10. ToT ga… Klo cuman beli 1-2 bj ja… Mana org mau ToT…

  11. Sebuah rencana .. Semoga lekas jd knyataan. Aminnn

  12. Menjatuhkan moral dan mental generasi penerus anak bangsa, kabar dan informasi hanya sebatas rencana, narasumber dari pemerintahan satu persatu hanya bualan belaka…

  13. lg rencana. rencana lg…

  14. ah…rencana melulu, gak usah banyak koar2 terus beli saja seperti Vietnam.

  15. Mungkin yg di maksud cuman beli ks ama pesawat ampibi aja bung kambing…he..he..he…..

  16. Rencana trus wkwkwk….pake jurus tukang loak , beli pengen semurah murahnya dengan barang sebagus bagusnya.

  17. Php maning….php maning….. Klo nggak rencana yaa pertimbangkan…..
    Tetangga dah pd dikirim unitnya….kita msih mainin timbangan…..hadeeewwww kpn belinya pak? Masa ngimpi teruus kita… Bangun……bangun…..

  18. ga ada kapokx.padahal dubes yang kemarin udah ditarik kejakarta.

  19. rcn beli berarti beli, kembali rcn beli brrti beli lagi, tertarik brrti mau nambah, sdh ada brrti yg dircnkan sdh datang.

    INDONESIA jaya didarat, laut & udara.
    SDA & kemakmuran hanya utk rakyat semesta, semoga…

  20. Lumayan… Biar cuma rencana hehe…

  21. Ngga percayaaa !!! Udah lah pak ngga usah cerita akan beli ini itu lagj !!!
    SU 35 yg rcn dr th 2013 ngowos ! Susah klo udh ngga ada keberanian !!!

  22. Ingat kemarin ibu menlu bilang “kerjasama pertahanan itu ARTINYA LUAS tidak hanya beli Sukhoi”.

    kata tidak hanya beli sukhoi artinya beli sukhoi termasuk dalam kerjasama itu plus beli (ks, beriev, korvet, fregat, destroyer, mbt t-90, heli serang kamov, pesawat angkut ilyusin, SAM, Coastal defence dll) plus tot beberapa bagian, tot perawatan dll.

    Xixixixi

    Wah tukang ngitung mabuk kecubung tuh …

    Kalau tukang ngitung mabuk kecubung berarti pak dubes, pak dpr, pak menhan, pak panglima juga mabuk kecubung dong…

    Tapi masalahnya, kalau memang bener beli bagaimana ? Kalau diungkap dikit2 sebagian bagaimana ?

  23. halaaaaaaaaaahhhhhh gombal mukiyo ///////rencana terus mas………………………….kapan belinya ………………………….. hi hi hi

  24. @Om Rusky n @Om Kambing :
    Rusia juga dikabarkan siap memulai pengiriman pesawat amfibi Be-200ChS yang diproduksi oleh Beriyev Aircraft Company ke Indonesia karena sebentar lagi Indonesia masuk musim “Bakar-bakar lahan”.

  25. Renana lagi cape deeeh….

  26. Renana lagi cape deeeeh….

  27. Mungkin pak dubes sedang berhalusinasi……kasiaaannnnn…..

  28. “kami berencana untuk berencana membeli lagi”
    Rencana kuadrat

  29. ga udah di publis pak. biar stress semua para warjag

  30. Sakarep mu lah….

  31. br minum oplosan aja ngomong nya dah terbang. gmn kl vodka asli…

  32. bukak sitik jozzz

  33. Ya tinggal ditambah kan saja ke daftar Rencana alutsista yg mau di beli dari Rusia gitu saja kok repot..yg namanya juga berencana itu bisa terwujud bisa saja batal krn suatu alasan tertentu

  34. Amiiin..!! Yg jelas siap kirim bleh..Hahahaaa..

  35. Gue colok tuh presiden 2019, kalo sampe beneran ada su 35 sama killo.
    Kalo kgak ada ya pensiun aje pres hihi.

  36. Rencana beli tahun 2016. Tanda tangan kontraknya 2019, pembayarannya tahun 2024, dan barangnya tiba tahun 2030, dan setelah tiba udah kadaluarsa, dan pesan yg baru lg, tibanya jg tahun 2060, kadaluarsa lg, pesan lg, dan seterusnya bgtu… : (

  37. Alutsista pengadaan jaman SBY datang tahun 2013-2018.

    Alutsista pengadaan jaman Jokowi datang tahun 2017-2023.

    Alutsista yg diklaim dari jaman SBY (datang 2013-2018) :

    Super Tucano 16 unit
    T50i golden eagle 16 unit
    Sukhoi genap 16 unit
    F16 hibah 30 unit
    EF Typhoon 24 unit
    PKR 2 unit.
    Changbogo 3 unit.
    Leopard 150an unit, dll.

    Alutsista yg diklaim dari jaman Mr. Jo (datang 2017-2023) :
    Mungkin tambahan 24 T-50i golden eagle (termasuk varian FA-50).
    Sukhoi jumlahnya lebih dari 18 unit.
    F16 viper mungkin 28 unit.
    Gripen C/E/F sekitar 36 unit.
    Tambahan Tucano 8 unit.
    Ks tambahan 8 unit dll.

    Jadi untuk pespur saja tambah berapa skuadron tuh ?

    Xixixixi

    • waakaaa kaaa kaaaak … simpen dulu bung @Tukang Ngitung, PhD catetannya. Soalnya yang baca udah ga ada yang antusias lagi sama pengadaan sista era pemerintah sekarang.
      MEF bakalan tertunda 5th! nih wak kak kak ……

  38. Masih rencana bukan??? Ga usah digede gedein,paling ujung2nya mbulet…beda jauh dg vietnam.

  39. malaysia sdh ada dua ni pesawat mcm amfibi ..indo smpai sekrngpun belom ada beli..sangkakan sudh dapatkn.

  40. Rencana oh rencana

  41. Heemmm….Rahasia Negara kok dipikiri dan dibahas dalam”…, bisa Mumet Kepala mu mikir Rahasia Negara.
    Rasa nya kita sudah bosan sama Rencana, rencana dan rencana… Tapi Apakah Dhuwit Cash emak loe banyak untuk bisa cepat beli semua Alutsista yang canggih..??
    Semua pasti butuh Rencana yang Mbulet, Ruwet dan termasuk TOT nya untuk NKRI ini.
    Bersabar menunggu mgkn hal yang paling bijaksana..
    Percaya lah NKRI akan Tetap Jaya.

  42. ditinggal tidur aja…itu baru bunga mimpi,jng terlalu ditanggapi berlebihan.nanti klo g jadi beli kena PHP kuciwa….pas udah ada barangnya baru bilang WOW…klo msh rencana,akan…yach tinggal tidur

  43. semoga aja ada pihak yg terkait melihat hal ini…masyarakat kecewa berat karena ditunggu bertahun² mendengar akan datangnya sukro telu limo setelah didepan mata…kaya BH tanpa kotang “gondal gandul tok” g jadi beli.mendingan klo pihak terkait bikin statement tengtang pembelian alutsista lebih baik klo sdh deal.kata rencana atau akan diganti dengan sdh tanda tangan atau sudah beli jd jelas maknanya….#mshsusahmoveon_drisukhoi35

  44. tes

  45. It has been too many lies!!!!!!!!!!
    Indonesian People would not trust anymore in any plan statement issued by the government!!!!!!!!!

  46. It has been too many lies!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Indonesian People would not trust anymore in any plan statement issued
    by the government!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  47. It has been too many lies!!
    Indonesian People would not trust anymore in any plan statement issued by the government!!!!

  48. It has been too many lies.
    Indonesian People would not trust anymore in any plan statement issued by the government!

  49. haha banyak yang kecewa nih coment nya dari atas ampe bawah…..

    jangan percaya pejabat publik omong ini itu….susah di percaya nya….sekarang mah mending diam dan tunggu

  50. au ah..

  51. Komennya pada sok pinter dan sok ganteng, hanya ada dua tiga orang yg komennya bijak.

  52. tlong di bugkus sekalian TOT nya…

  53. kan masih sebatas rencana belum ditimbang,tertarik,akan,diputuskan,tawar menawar,dan baru akhirnya dibatalkan..

  54. berencana terusssss…sampai rambut gw ubanan kayak’y masih rencana…

  55. Rencana,,,,,,,rencana mulu,, cape ngliyatinye. Kaya nonton mali ama bolottt lagi ngomong,,,,hhahahaha

  56. Rencana Doang
    …..g ada REALISASI

  57. PAK JOKOWI…. TOLONG LIHAT LAH KOMENTAR RAKYATMU INI
    MEREKA INGIN NEGARA INI KUAT !!!
    MEREKA INGIN MELIHAT PERENCANAAN DAN REALISASINYA
    MUSUH UDAH SANGAT DEKAT JANGAN BANYAK MIKIR, JUST DO IT!

    MENDING SBY LAH ADA REALISASINYA ! WALAUPUN SEBAGIAN BEKAS (SOALNYA DUITNYA EMANG CEKAK) TAPI NGGA NGOMONG THOK ! … RENCANA RENCANA RENCANA…DST

    • Definisi kuat terkamsyut itu saban beli ini itu wajib pengumuman a.k.a pameran dimedia ea pak de…. Biar rakyat RI n negara luar tau seberapa besar kekuatan militer Indonesia.,.. Jadi pas waktu war negara lawan udeh punya penangkal semua alutsista yg dipny NKRI…. Kan dia paham apa2 aja, jumlahnya berapa, penempatan, dimenong, de el el…..??????????

    • – Yang penting Rakyat Indonesia tau kalo negerinya pny senjata menggetarken (vibrator kale pake menggetarken)….
      – Yang penting muasin ego rakyat (bangga n ngrasa paleng kuat seasean)….
      – Blangsak kemudian hari urusan blkngn….

      Oh gusti…..!!!

  58. apakah anda lelah…?

  59. Rencqna saja sudah basi !!! Kecewa saya sama pemerintahan indonesia ini……plin plan…apalagi si wakil predien bilang “kan kita gak ada musuh”….. hehehe perkataan yg seharusnya tidak keluar dari mulut seorang pemimpin…..yg namanya perang itu gak nunggu musuh2an dulu….perang datangnya tiba2….kawan pun bisa jadi musuh !!!!!!

  60. Sebenarnya yang namanya alutsista itu ya ga bakalan disebarluaskan seluruhnya kawan, pasti ada yang dirahasiakan, kalo semua dibeberkan ke media massa dan semua orang tahu ya percuma aja, berarti sama saja dengan kita telanjangin diri di muka umum, jadi tenang aja para warjager…..

  61. masalahnya utang udah nambah banyak. Mau beli peralatan militer takut diomelin jokowi. Bilangnya bangung insfratruktur dulu. Ane aja bingung, yang dibangun yang mana sih yang bisa menghabiskan anggaran ratusan triliun dari hutang tiap tahunnya. Kalo kereta cepat jakarta-bandung katanya itu murni bisnis bukan dari APBN

    • skali2 jalan ke daerah mas ke kampung ke desa biar tau infrastruktur mana yg dibangun dgn dana triliunan…biar pinternya bkn cm krn mantengin internet dan tipi aja

  62. ada mas….mau aqua gelas apa botol mas

  63. @Bung ersat banyak bung infratruktur banyak yang di bangun tol trans jawa tol sumatra jalur kreta api kalimantan perbaikan pelabuhan petikemas dan jalan di papua

  64. Semoga saja tidak akan dan hanya yang jadi patokan TNI.

  65. ane sih lebih suka sama shinwa ketimbang beriev. produk jepang soal spare partnya selalu ada. kebanyakan barang rusia susah dapat spare partnya.

  66. hanya ada 2 negara saja yang mungkin menerima pengiriman serta ikutserta dalam layanan angkatan lautnya di 2018 yaitu aljazair dan vietnam
    bedasarkan kontrak tahun ini (2016).

  67. Ah…sudahlah…PAk Menhan yang satu ini bijimane…Sukhoi-3 aja belum beres…pake nambah rencana ini itu. Silahkan berrencana. Tapi klo Su-35 aja masih mbuletisasi….gmn warga forum militer percaya ?

  68. Kenyang dengan rencana yg menahun lah pak

  69. “Rencana” ,,,,,,,menjadi kata yang sangat sakti dengan multitafsir……yg bisa menggoyang psikologis pemangku kepentingan daripada geostrategi dan geopolitik kawasan….

    artinya:
    1. bisa menjadi terlaksana atas tindakan pengadaan asset tersebut atau tidak.
    2. bisa memberikan keraguan atas jumlah yang sesuai rencana atau bisa lebih atau bisa kurang.
    3. bisa memberikan kebingungan apakah “asset” itu yang dimaksud dari negara A atau malah berubah sebagai substitusi yang sebanding dari negara B.
    4. bisa menjadi terlaksana atas berdasar periode waktu tersebut atau mengalami pengulangan pengadaan di waktu berbeda dengan konteks dan kontent yang sama.
    5. ….dan seterusnya

    * mumet : mode on

  70. kalau beneran jadi beli makin moncer neh

  71. Mudah2an para petinggi negeri ini tahu dan sadar bahwa sebenarnya rakyat indonesia kritis dalam bidang militer…melalui forum ini semoga para petinggi negeri ini mendengar dan merealisasikan apa yang menjadi ispirasi rakyatnya….!!!!

    Kami bosan hanya memdengar wacana dan wacana…apa tidak tahu bahwa perkembangan militer di asia tenggara sudah semakin maju …kadang miris melihat alat2 tempur kita yang sudah tua..

    NKRI HARGA MATI….

  72. Bacot doank, spt vietnam dunk langsung beli 6 lontong Kilo

  73. ” rencana ” mulu, dr dulu kagak kelar kelar, sampai sekarang statusnya MASIH RENCANA …… !!!
    itu pun suatu saat akan diganti lagi dgn rencana2 lain, dll, …… kabinet mancla mencle. !!!

  74. Rencana terus gan kpan realisasinya??

  75. Lebih baik duit dikasih kepada PT.DI biar bisa berkembang.

 Leave a Reply