Mar 312017
 

MLRS Astros Brazil melakukan salvo tembakan (MinistƩrio da Defesa)

Jakarta- Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Brazil menandatangani naskah persetujuan (MoU) kerja sama penguatan bidang pertahanan.

Persetujuan Kerja Sama ini ditandatangani Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Menteri Pertahanan Republik Federasi Brasil Raul Belens Jungmann Pinto, 30/3/2017.

Namun penandatanganan itu dilakukan secara terpisah, dimana Menhan RI menandatangani di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, 30/3/2017 dengan dihadiri dan disaksikan oleh Dubes Brazil untuk Indonesia Rubem Antonio Correa Barbosa mewakili Pemerintah Republik Federasi Brazil.

Selanjutnya, naskah Persetujuan Kerja Sama tersebut akan segera ditindaklanjuti untuk ditandatangani oIeh Menhan Republik Federasi BraziI Raul Belens Jungmann Pinto di Brazil.

Menhan Ryamizard Ryacudu, mengatakan, penandatanganan persetujuan Kerja Sama ini dilakukan berdasarkan pada prinsip-prinsip kesetaraan, saling menghormati kedaulatan dan integritas wiIayah, tidak intervensi urusan dalam negeri, saling percaya serta saling menguntungkan bagi kedua negara dilatarbeiakangi atas pentingnya peningkatan kerja sama pertahanan daIam hubungan biIateraI kedua negara khususnya untuk berkontribusi dalam memelihara dan menjaga stabilitas perdamaian serta keamanan internasional.

Persetujuan Kerja Sama tersebut juga merupakan tindaklanjut dari Deklarasi Bersama tentang Kemitraan Strategis antara Republik Indonesia dan Republik Federasi Brasil yang ditandangani pada tanggal 15 Oktober 2008 oleh Kementerian Luar Negeri kedua negara di Brazil.

Dengan ditandatangananinya Persetujuan Kerja Sama ini, kata Ryamizard, maka diharapkan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan, kegiatan militer, kerja sama industri pertahanan dan kerja sama Iainnya yang disepakati akan Iebih meningkat lagi di masa mendatang.

Lingkup dan bentuk dari Persetujuan Antara pemerintah RI dan Brazil meliputi; pertukaran kunjungan pada tingkat kebijakan oleh delegasi tingkat tinggi termasuk otoritas militer dan sipil dari masing-masing Kemhan kedua negara; pertemuan antar institusi pertahanan dan miIiter; meningkatkan pengembangan Sumber Daya Manusia pada institusi pertahanan kedua negara melalui pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, pertukaran pengetahuan dan pengaiaman yang diperioleh dalam bidang operasi miIiter dan intelijen militer serta operasi pemeiiharaan perdamaian internasional; serta berbagai pengaiaman ilmiah dan teknologi di berbagai bidang terkait pertahanan melalui pertukaran informasi, saling kunjung, dan inisiatif lainnya yang menjadi kepentingan bersama dan saling menguntungkan bagi Kemhan kedua negara.

Meningkatkan kerja sama industri pertahanan terutama di bidang peralatan dan jasa, dukungan logistik, ekspor bidang pertahanan, transfer teknologi, penelitian bersama, produksi bersama dan pemasaran bersama.

“Serta kerja sama dalam bidang pertahanan dan militer lainnya yang menjadi kepentingan bersama kedua negara,” kata Menhan Ryamizard Ryacudu.

Antara

  14 Responses to “Indonesia Brazil Teken Kerjasama Pertahanan”

  1. Sepiiiiii

  2. Yes…akhirnya brazil juga TOT-nya !!!

  3. transfer bola g di sebut

  4. TOT Atross apa dah dapat semua?..

  5. sepiiii para komen lovers masih pada nyangkul …

  6. MLRS astros kelihatannya bakal nambah 35 unit lagi.

    Super Tucano kelihatannya bakal nambah juga 8 unit.

  7. Owh ini toh hasil ToT kembangin roket rhan dengan platform truck norinco ^_^ bocornya tanggung amat. Pastinya bakal nambah lagi astrosnya karena pembentukan Kodam baru di papua.xixixixixi

  8. ToT super tukino yg bisa bawa astros

  9. lagi giat”nya cari tot..

  10. Dapat TOT tari samba gak? Jgn2 tukar menukar Mafia Narkoba.he3

  11. Padahal udah ada RHAN 122 yg jangkauannya 35 km dan RHAN 450 yg jangkauannya sekitar 125 km. Tinggal dipasang di Hino, dikasih telemetri, altimetri, dan GPS dah bisa buat MLRS sendiri loh. kurang apalagi ya.

  12. Cuk.. mati aja Cuk.. disini gak bahas 313 Cuk.. Jangkrik…

 Leave a Reply