May 062015
 
(Foto: Antara / Suryanto)

(Foto: Antara / Suryanto)

TNI Angkatan Laut menghitung Indonesia membutuhkan 12 kapal selam untuk mewujudkan poros maritim seperti yang diimpikan Presiden Joko Widodo. Kini, TNI AL baru memiliki dua buah kapal selam dan tiga buah kapal selam lagi sedang dalam tahap pemesanan dari Korea Selatan.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi menargetkan pada 2018 mendatang Indonesia sudah memiliki 12 kapal selam. “Target kita punya 12, kan tiga sedang dipesan dari Korsel,” kata Ade di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/5/2015).

TNI AL, kata dia, memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan visi pembangunan poros maritim dunia. Apalagi, TNI AL memegang kendali dalam pertahanan Indonesia di sektor laut.

“Sebagai visi pembangunan, kita termasuk ke dalam pertahanan laut,” ujat dia. Lebih lanjut, Ade menegaskan bahwa TNI AL tinggal menunggu Peraturan Presiden terkait rencana pembentukan sektor pengamanan armada tengah, serta penambahan pangkalan utama angkatan laut (Lantamal).

Selain itu, lanjut dia, TNI AL juga akan melakukan validasi terkait perencanaan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), untuk mendukung terciptanya poros maritim dunia. “Guna mendukung visi maritim, ada peningkatan kompetesi prajurit, pembentukan armada tengah, validasi keseluruhan terkait Kogabwilhan, ada penambahan lantamal. Tinggal nunggu Perpres,” pungkas dia. (Metro TV).

  122 Responses to “Indonesia Butuh 12 Kapal Selam untuk Poros Maritim”

  1.  

    Namanya juga rencana, dapet 100% sukur, kurang maklum, lebih ndehem aja…

  2.  

    kapal selam yg ada dan akan ada sudah jelas itu dari jerih payah kerja pemerintahan lama; jika bang jokowi ingin indonesia sbg poros maritim, maka jmlh kapal selam jauh dari harapan; JANGAN PERNAH MIMPI JADI POROS MARITIM jika kapal selam cuman tersebut di atas, apalagi bang jokowi tdk nambah sama sekali.

  3.  

    yg diparkir di brunei mau dipanggil pulang skalian typhoon nya juga biar pas 12… gitu aja ko repot

  4.  

    ….yuuuukkk….dilanjutkan aja ya program kerja pengadaan kasel tsbt.
    pt.pal bangun kasel…kita dukung…pt.dkb bangun kasel juga…kita dukung.

    ….ststssstt…kan udah jamannya outsourcing maka jangan remehkan kemampuan pt.dkb bangun kasel ghoib ya….hehehehehe.

    ….berapapun jumlahnya dan jenisnya biarlah konsitusi yang mengatur dan percayalah pd TNI AL sbg operatornya……

    NKRI berdaulat…

 Leave a Reply