JakartaGreater.com - Forum Militer
May 062015
 
(Foto: Antara / Suryanto)

(Foto: Antara / Suryanto)

TNI Angkatan Laut menghitung Indonesia membutuhkan 12 kapal selam untuk mewujudkan poros maritim seperti yang diimpikan Presiden Joko Widodo. Kini, TNI AL baru memiliki dua buah kapal selam dan tiga buah kapal selam lagi sedang dalam tahap pemesanan dari Korea Selatan.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi menargetkan pada 2018 mendatang Indonesia sudah memiliki 12 kapal selam. “Target kita punya 12, kan tiga sedang dipesan dari Korsel,” kata Ade di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/5/2015).

TNI AL, kata dia, memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan visi pembangunan poros maritim dunia. Apalagi, TNI AL memegang kendali dalam pertahanan Indonesia di sektor laut.

“Sebagai visi pembangunan, kita termasuk ke dalam pertahanan laut,” ujat dia. Lebih lanjut, Ade menegaskan bahwa TNI AL tinggal menunggu Peraturan Presiden terkait rencana pembentukan sektor pengamanan armada tengah, serta penambahan pangkalan utama angkatan laut (Lantamal).

Selain itu, lanjut dia, TNI AL juga akan melakukan validasi terkait perencanaan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), untuk mendukung terciptanya poros maritim dunia. “Guna mendukung visi maritim, ada peningkatan kompetesi prajurit, pembentukan armada tengah, validasi keseluruhan terkait Kogabwilhan, ada penambahan lantamal. Tinggal nunggu Perpres,” pungkas dia. (Metro TV).

Berbagi

  122 Responses to “Indonesia Butuh 12 Kapal Selam untuk Poros Maritim”

  1.  

    2+3= 5 nah nyati 7 ny dr mana buat jd 12 dlm wkt 3thn.?? Apa jgn”…

    •  

      Wew pertamini ane

    •  

      Herder kuat dan kekar didalam rumah bung…belum boleh keluar rumah, supaya gak diintip Dobermannya upil maupun dalmatians nya sonotan,..

    •  

      Apakah media kita dengan mudah bisa menelanjangi TNI kita dengan membabarkan kekuatannya? Apakah ICW dan KPK dapat mengungkap dana ghoib untuk alutsista?

      Sy percaya ghoib itu memang ada.

      •  

        Indonesia kan sudah punya pangkalan kapal selam modern di daerah Palu, sulawesi. Dengan pangkalan seperti itu, rasanya sih janggal kalau hanya punya 2 Kapal Selam. Jadi sebenarnya kapal selam Indonesia sudah lebih dari 2 biji

      •  

        Piter.. Pake akal anda jika bicara,, sblm sy men cap anda tak berotak…
        Jgn samakan Allah spt jin, khodam, malaikat.. Karna semua itu di ciptakan Allah,, termasuk alam goib.. Dan mustahil Allah sama/setara dg makhluk (ghaib) yg ia ciptakan…
        Kupas dulu Al ikhlas baru ngoceh…

      •  

        Bukan media bung, tapi justru kelakuan TNI sendiri yang membuktikan bahwa apa yg disebut sebagai “ghoib” or “siluman” itu ngga ada. Selama bbrp tahun ini karakteristik TNI itu bukannya suka nyembunyiin apa yang sudah punya, tapi justru kebalikannya yaitu pamer. Parahnya, yg dipamerin itu kadang2 belum komplit or belum dipersenjatai.

        Saya kasih beberapa contoh:
        – Tank Leopard. Sewaktu pertama datang, ada kesan kedatangannya diburu-buru supaya bisa dipamerin. Padahal baru dateng 2 biji, dan itupun yg mengoperasikan orang Jerman.
        – Helikopter AKS. Demi parade dan atraksi, sampe dibela-belain pinjem heli basarnas. Heli itu dicat livery TNI AL dan dipasangi mock up rudal.
        – Helikopter Apache. Masih ingat dalam Hut TNI ke 69? Saking ngebetnya mau nunjukin Apache, sampe tanpa malu2 pinjem Apache US Army.
        -F-16 bekas. Rombongan pertama juga langsung dipamerin, padahal jumlahnya juga cuma 3 atau 4 unit.

        Nha karena itu makanya saya ga percaya dengan “ghoib” atau siluman. Karena kalau punya, pasti udah dipamerin sama TNI dan ga bakal diumpetin.

        •  

          Jleebb, ya itulah buah nggk jatuh jauh dari pohonnya

        •  

          Kalo menurut sy dari alutsista yang anda sebutkan diatas dari fungsinya bukanlah sesuatu yang besifat siluman bung tapi baiknya kita melihat tujuan diciptakannya kasel adalah penyerangan dan penyusupan didalam lautan agar tidak terlihat, jika kita terlalu memamerkan kasel kita justru efek misteri dari fungsi kasel itu sendiri jadi kabur.

        •  

          ada yg namanya counter intelejen,, search aja deh di gugel

        •  

          Setuju sama bung BS….
          Pengalaman saya dilapangan yg terjadi adalah demikian, 😀

          Saat negara lain menjadikan pasukan khususnya sebagai Silent Force, di negara kita menjadi show force…. Saya , pernah ke Jepang, saat itu kami dibatasi untuk tidak menampilkan bocoran wajah pasukan khususnya di media. Sebelum acara dimulai, sudah ada pemberitahuan untuk kami wartawan negara asing yg meliput mereka. Berbeda dengan di negara kita, gimana media dengan bebasnya menampilkan wajah2 para silent force ini, dan kita juga dipersilahkan untuk menampilkan wajah2 para ksatria yg seharusnya dirahasiakan ini. Dan masyarakat kita dengan bangga menampilakn dan menyebarkan wajah2 mereka. Inilah potret negara yg saya cintai ini.

          •  

            satuan yg pake Den masih silent
            force kan bung?

          •  

            Bung Jalo, sepertinya sih tidak bisa disamaratakan, misalnya antara alat perang besar (seperti heli / pesawat tempur dan kapal perang) dengan pasukan khusus.

            Yang saya ketahui, dalam pasukan khusus pun ada level-levelnya. Misalnya di US Army ada 1. 75th Ranger Regiment. 2. Special Forces (Green Beret). 3. Delta Force. Ketiga unit ini ada dalam USSOCOM, dan hanya nomor 3 yang ada di JSOC (inti dari USSOCOM. No 1 dan 2, wajahnya ada di banyak media, tetapi tidak untuk nomor 3.

            Di Kopassus, ada 1. Grup Parakomando. 2. Sandhi Yudha. 3. Gultor. Level beritanya itu mirip (bukan sama dengan) dengan contoh US Army tsb.

            Nah, mohon bung Jalo sebutkan nama unit di Jepang dan di Indonesia tersebut, agar saya dapat belajar.

        •  

          Belum pernah LATSARMIL ya…..percoyo ga percoyo podo wae,sing penting NKRI tetep berjoyo dan yakinlah TNI pasti punya strategi.Percayakanlah Kepada TNI.untuk Rakyat dan NKRI TNI lahir.itu kata guruku.

        •  

          bung [email protected] sepertinya demikian yg sebenarnya TNI lebih kepada suka pamer mungkin dipengaruhi atmosfir dri kelakuan tetangga uatara-selatan,saya lebih sering membaca show force klo ulasan tentang TNI, klo kata silent force blm ada saya dapat kecuali silent killer tetang kapal selam tapi bkn jumlahnya loh 😀

        •  

          Bung bluesky_raider,
          bagaimana dengan berita UAV yang dibeli TNI-AU ya?
          Kapan UAV itu terkirim beserta pembentukan skadron udaranya?

      •  

        Betul Bung aslusista ghoib emang ada >
        adayang benar dan ada juga yg palsu Haha !!
        – mafia senjata kan ada bahkan mafia narkoba ada di istana ^
        – jangankan mafia ilegal fising / loging banyak juga pajak -minyak

    •  

      weleh weleh goib lagi-goib lagi…MeerrrHatiku

      kok nga pasti pasti aja,,!!!
      lihat ini pasukan khusus NAVI SEAL Amerika Florida paling kaya punya banyak koleksi senjata..punya jet pribadi..
      satuan elit indonesia kalah..

      https://www.facebook.com/danbilzerianofficial/photos/pb.1423830694520861.-2207520000.1430868121./1602737726630156/?type=3&permPage=1

    •  

      Menurut info ada lontong yg g dipublish diantranya kilo terbaru kelas bnv, dan exs yunani yg g jd dibeli dari jerman karna krisis

    •  

      NANGGUNG YA KENAPA TIDAK RATUSAN KAE INDIA YG PERNAH PESAN HELIKOPTER SAMPE 400 UNIT KAN INDONESIA LUAS APA YG DIJAGA CUMA PULAU JAWA Z ……. KAPAN INDONESIA YG KATANYA MW JADI BIG BROTHER ASIA TENGGARA 😀

    •  

      saya mewakili remaja Indonesia TIDAK PERCAYA indonesia memiliki KS ghaib.
      2 ya dua. realistis

      •  

        Selow aj bung… percaya atau gk percaya kan gk ngerugiin anda ini. Biarkan org yg percaya kan itu hak mrk. Yahh.. klo mw lbh realistis lg masa iya strategy barca di buka d dpn muchen yaa.. kalah donk jdny barca. Contoh doank sih itu.

      •  

        Mewakili “REMAJA” yg mana bro… Open mind aja emang rahasia negara mo dibongkar semua…?” itu baru realistis

        •  

          Saya percaya Kasel goib ada ,
          karna semua bagian dari strategi,
          ada nyata ada goib..
          menurut saya cukup realistis
          karna tugas dari kasel itu sendiri
          adalah hantu laut yang memang tidak
          di publish, Sekian & terima kasih.

      •  

        betul kau, kalo terjadi perang beneran trus ngandalkan kasel ghoib, ya kalo muncul lha kalo enggak, bisa ndromos mbahe…;
        org java bilang, ojo njagakne ndoke pitik blorok….. 😀

  2.  

    first

  3.  

    Mash sepi

  4.  

    mantap kalo dah bisa bikin sendiri …. tapi komponennya yang masih impor apa saja?

    •  

      mayoritas impor mulain dari baja, control, software dan senjata khusus. kalau torpedo sudah di lisensi di sini tetapi komponennya mayoritas impor juga.

      •  

        Ghoib,.
        Tpi gak buat si mamarika,sonora,n bule nyasar..
        Ketiganya pernah spot jantung lantaran uji nyali
        Yg nongol hitam besar,taringnya bisa sampe 300km,..

        Nyerahh,nyerah,.sambil lambaikan tangan

  5.  

    Basi banget…… Tapi banyak yang percaya…

  6.  

    Jangan..jangan… Sekilo duakilo tigakilo x ruski datang

  7.  

    2 kapal selam 401-402
    3 kapal selam chang bogo 403-405
    7 kapal selam mengejar tahun 2018 berarti 3 tahun dari sekarang…

    pertanyaannya ? procurement pembuatan 7 kapal selam baru sekaligus di pabrik KS cukup sulit untuk dikebut karena kabar pembelian anggaran 2015 per bulan Mei 2015 di media saja belum terdengar kabarnya..

    bila 7 KS tersebut bernomer lambung polos..polos..polos,

    kemungkinan besar bisa di “kondisikan” , pembelian tahun anggaran 2015, kapal selam (herder) yang eksis didalam laut “dimunculkan bertahap di permukaan” tahun 2016-17-18.

    •  

      Namanya juga target bung, memang agak berat untuk PT PAL. Mungkin ada tawaran negara lain untuk mengisi stop gap, karena beberapa negara juga menawarkan seperti perancis, kroasia, swedia, dll…

      •  

        Penawaran KS dari Kroasia & Swedia..??

      •  

        kalau mau on the shelf pastilah ada solusi. kapasitas hdw dalam 2~3 tahun bisa 4 unit type u-214 dan untuk type u-209mod bisa 6 unit. mengapa bisa besar karena bisa dibagi pekerjaannya di jerman dan turki bahkan bisa juga di norwegia.

        kapasitas 636i per 2 tahun bisa 2 unit sekaligus. dcns bisa 2 unit per 3 tahun. mau yang coba2 bisa kerja sama dengan navantia yang ks risetnya masih terlalu berat. atau bisa saja joint development dengan dsns+saab-kockum (teknologi yang bisa menyesuaikan lingkungan littoral di indonesia (zwaardist + sterling aip).

        kalau mau cepat semuanya dikasih order saja.

      •  

        Bung, dpt info drmn kalau pkr ke 2 dibatalkan dan usman hatun class tanpa persenjataan memadai? Komentar anda merendahkan indonesia sekali bung, changbogo anda bilang kapal selam kelas fotokopi, memang nya negara anda malaysia sudah bisa buat apa?

      •  

        kok sumbernya tidak dicantumkan. kalau tidak salah dari blog :
        damnthetorpedo ya.

      •  

        Malingsial detected..

        •  

          hahaha.. maling detected… dari coment y meremeh indonesia ni maling … BUKTI YATA .. kerja sama LPD dngn KORSEL sukses besar sampe xport ke filipina .. jngn sama kan indonesia dngn negara MALING pacik.

      •  

        Kata siapa PKR 2 dibatalkan? Kalau bung Tomo memang demikian, untuk KS memang ada permasalah dengan OJT/ ToT yg ditawarkan mengenai kesiapan kita menerima ilmu tersebut. Tapi sudah ada rumus untuk mengantisipasi itu, dan ini diprakarsai teman2 ITS. Tapi PKR kayak jalan terus, karena nota kesepakatan sudah diteken kok.

      •  

        Kayaknya hal hal yang di sebutkan diatas sudah sampai ke Jokowi,buktinya sudah ada keputusan Kapal selam mau di buat di PT.DKB .Diperintahkan Jokowi minimal dalam 10 tahun kedepan PT.DKB akan sibuk membuat kapal selam .Harus ada orderan tanpa putus. No big deal .
        Masalah DSME kena denda karena terlambat .Harus dilihat dulu terlambatnya karena apa? Kalau terlambat karena kesalahan Indonesia,seperti galangan kapal belum siap ,atau terganggu karena ada alih tehnologi ,ya tak pantas Indonesia mengenakan denda.Yang penting ada dialog. Indonesia Korea sudah membuktikan bisa kerjasama baik contoh dalam pembuatan LPD,yang hasil Tot nya bakal di jual ke Philippine.
        PKR Sigma tidak dilanjutkan ,bisa jadi karena ilmunya DSNS sudah di kuasai. Bukan karena tak ada duit.
        Saya sudah lama SR di Dammtheterpedo. Isinya pesimis semua.Contoh masalah CMS di KCR 60 ,. Len sudah bisa bikin makanya dulu tak dilengkapi langsung. Baru kemaren ini realise nya. Selaki lagi no big deal..he..he.

      •  

        yg batal itu pembuatan gowind, karena ketidakmampuan galangan kapal sipembeli, sehingga semuanya harus dibuat di dcns

    •  

      @ bung Sakti, apa yg agan sampaikan hanyalah utk menghibur diri di tengah kekhawatiran yg ada. ‘tul, khan? 😀

  8.  

    Gw suka banget berita basi ini…TNI makin jaya !!

  9.  

    sepertinya ditambah pesenan dari Rusia & Turki..

  10.  

    CLUE, mohon dianalisa :

    Sebanyak 15 siswa Pendidikan Calon Awak Kapal Selam (Dikcawakkasel) ANGKATAN KE-49 Sekolah Kapal Selam (Sekasel)
    ======================================================================
    KOBANGDIKAL (17/2),- Sebanyak 15 siswa Pendidikan Calon Awak Kapal Selam (Dikcawakkasel) Angkatan ke-49 Sekolah Kapal Selam (Sekasel), Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus), Kodikopsla, Kobangdikal menjalani Latihan Evakuasi Penyelamatan dari Kapal Selam (Free Escape), Jumat (14/2).

    Latihan yang berlangsung selama 7 hari, di Diving Tank, Dinas Penyelaman Bawah Air (Dislambair) Koarmatim, Surabaya tersebut, dibuka Komandan Pusat Pendidikan Khusus (Danpusdiksus) Kolonel Laut (P) Zaenal Akbar, S.Sos.,
    Dari 15 prajurit Calon Awak Kapal Selam yang kini memasuki bulan ke-4 dari 9 bulan masa pendidikannya itu terdiri dari: 4 (empat) Perwira Pertama (Pama), 5 (lima) Bintara, dan 6 (enam) Tamtama.

    Menurut Komandan Pusdiksus, bahwa materi Free Escape adalah Latihan Penyelamatan Personil Bagi Awak Kapal Selam apabila terjadi kedaruratan dan kapal tidak bisa timbul ke permukaan.
    Sebelum Free Escape di Diving Tank yang digelar di kedalaman 15 Meter, siswa akan menjalani beberapa tahap Latihan terlebih dulu sebagai pemanasan.
    Tahap pertama mereka berlatih di ke dalam Diving Tank 5 Meter berupa Water Trapen selama 15 menit, kemudian tahap ketahanan nafas dalam air selama satu menit, dan menyelam ke dasar tangki tanpa peralatan.

    Selain Latihan tersebut tambahnya, siswa juga akan mendapatkan pelajaran mengenai penggunaan atau pengoperasian peralatan selam diantaranya: penggunaan aqualung, masker, moutfish, pemberat (balas), dan fin, dan kelengkapan lainnya.
    http://www.tni.mil.id/view-58766-siswa-pendidikan-calon-awak-kapal-selam-jalani-free-escape.html
    ======================================================================
    Bila Diket (asumsikan) :

    15 orang x 49 (jumlah angkatan) = 735 orang
    bila angktatan yang masih aktif dikapal selam asumsi dimulai dari angkatan 20an ke atas,( tahun 1995 dst dgn range usia 20an, yang berarti usia rata rata saat ini 35-45 tahun )

    maka : 15 orang x 29 angkatan = 435 orang

    jumlah kapal selam aktif = 2 kapal selam dgn awak per KS = 34 personil pelaut

    34 orang x 2 KS = 68 orang , sisa ?? 367 orang

    Correct Me If I am Wrong..

    •  

      Sisny kerja d dlm laut bung.

    •  

      Jangan lupa, kita punya Resimen/Wing 100 Peluru Kendali Hanud Menengah/Jauh yg dipecah menjadi 6 batalion. Orangnya (SDM) sudah ada, senjatanya gak ada. Jadi banyak yg masih BKO di kesatuan lain.

    •  

      Nyambung ya bung…
      435 orang dibagi 3 grup giliran (awak KS diasumsikan sebulan di laut, 2 bulan di darat).
      435 : 3 = 145 awak per giliran melaut.
      KS kita berapa saja awaknya ?

      Mungkin sudah ada 4 atau 5 KS per giliran melaut.

      KS yang tidak melaut berapa ya ?

      •  

        145 awak per giliran

        1 type kilo 52 awak
        1 cakra class type 209 36 awak
        1 type 214/212 27 awak
        1 type amur 18 awak
        52+ 36 + 27 + 18 = 133 awak
        145 – 133 = 12 awak tersisa, apakah ini untuk midget ?

        1 ks melaut dan 1 ks lagi standby.

        Jadi perkiraan 2 ks kilo 636, 2 ks cakra class, 2 ks type 214 atau 212, 2 ks amur + 1 midget = 9 ks.
        9 ks plus 3 changbogo = 12 ks, klop dah.

        Wah bisa dijewer bung PS nih.

    •  

      Yg itu saya gak mau komen tambahan ah bung ntar disentil bung PS diakan yg tahu persilatan bawah air indonesia tp perlu diketahui Kasel kita ada dan banyak jumlahnya

    •  

      ada kemungkinan 1 kapal itu dibagi 3 grup. 1 bertugas, 1 standby dan 1 istirahat. dengan skema 1 bulan di laut dan 2 bulan di darat.

      bulan tugas standby istirahat
      1 1 2 3
      2 2 3 1
      3 3 1 2

    •  

      Satu lagi, jumlah itu kan yang dilatih di RI saja. Belum calon awak KS yang dilatih di Korsel, Rusia dan Cina. Jadi kira2 berapa ya yang sudah dilatih ? Dan untuk berapa KS lagi ?
      Cluenya cuma : lebih banyak dari total KS punya FPDA, dan juga lebih banyak dari punya India, namun lebih sedikit dari punya Cina.

    •  

      Khusus kapal selam , saya lebih yakin pada penjelasan wakil komandan Mayor Muhammad Dimas (KRI Nanggala 402) sewaktu di Sorong (Berita : Patroli Kapal Selam 402 di Sorong, Radar Timika april 2013)

      1. “saat ini ada lima kapal selam milik Indonesia yang sedang beroperasi dengan kondisi yang baik
      2. “Kapal yang berangkat dari Surabaya kurang lebih satu setengah bulan lalu tersebut, mengangkut 66 anggota yang dilengkapi dengan peralatan khusus”
      3. “kapal yang dapat menyelam hingga 300 meter di bawah permukaan laut”

      DOKUMEN PERJANJIAN BILATERAL INTERNASIONAL RUSIA
      .
      Perjanjian antara pemerintah Federasi Rusia dan pemerintah Republik INDONESIA tentang Pembaharuan perjanjian antara pemerintah Federasi Rusia dan pemerintah Republik INDONESIA tentang saling perlindungan INFORMASI RAHASIA dari 16 SEPTEMBER 2004 (perpanjangan)

      Tanggal penandatanganan: 8/4/2010

      •  

        perjanjian tsb kemungkinan akan berakhir pada tahun 2015, dan kita tdk tahu apakah diperpanjang apa tdk oleh pemerintah skrg

      •  

        Sedap…. terimakasih bung gue babarannya, oh iya itu kasel jenis apa ya yang bisa mengangkut 66 kru dan dilengkapi peralatan khusus apa bung? Barangkali diperbolehkan dibabar juga bung hehehe…

        •  

          Silahkan buka dokumen perjanjian kredit th 2007 yg lalu, apa yg dibatalkan diambil pemerintah indonesia yg disiarkan byk media nasional. 2 lontong tipe 636 yg dibatalkan.
          Sedangkan yg lain seperti BMP-3F, heli MI-17, heli MI-35, SU30 mk2 terkirim(wlo akhirnya pespur su-30mk2 tdk menggunakan fasiltas kredit tsb)
          Yg 2 lontong tsb…….., maaf silahkan cerna sendiri.

          Klo sy pribadi percaya pernyataan mayor muh dimas yaitu kita punya 5 ks.

          Klo ada 5 ks + 3 ks korea tot 8 ks

          Sedangkan rencana renstra 2 tni al, amur salah satu yg dilirik. Sdh sering diberitakan oleh media awal thn. Yg dirik selain su-35 juga amur

          Diluar KS, seperti pespur sy tdk percaya seperti kita punya SU-34, dll

          •  

            Ok,,ok,, pantas saja tetangga keringat dingin.

            Bung gue terimakasih semoga anda selalu diberikan kesehatan

          •  

            Bung Gue 5 lontong itu terdiri dari KRI cakra dan nanggala, 2 lontong kilo, dan 1 amur ??? Oh ya bung, klo yang di brunei menurut bung itu bagaimana ???

            Terimakasih babarannya bung Gue

      •  

        Bung gue, 2cakra, nanggala, 2 Kilo salahsatunya Amur, nah yg satu jangan”?? Yg bisa nyelem tanpa batas??

  11.  

    Yang tambahan 7 syaratnya harus bisa land attack.

  12.  

    Saya jadi bingung dengan Media Indonesia ini, masak dalam kurun 3 tahun bisa menyelesaikan 7 kapal selam buseet ! kalau benar2 target di tahun 2018 sdh punya 12 kapal selam setahu saya baru 3 yang dipesan lalu yang tujuh dibuat dimana ya…jangan2 berita ini sekedar pembawa angin segar aja kali….

  13.  

    kapal permukaan aja banyak yang ghoib, apg lontong yg lebih gampang diumpetinnya…MIKIR..!!!

  14.  

    Jangankan 12 bahkan 1000 dalam seminggu aja bisa. tu di palembang berkeliaran kapal selam cuma 10.000 rupiah/unit bukan 10.000 juta dolar.

  15.  

    salah satu kelebihan yg tak dmiliki tentara dbelahan dumia manapun adlh ghoib, TNI ahlinya….gk usah pd bingung dah tanya pda para penjajah kita nangkep 1 orng pahlawan kita brpa tahun….salam.

  16.  

    bung @sakti sya ska coment ny…..salam kenal bung.

  17.  

    hahaha mantabs

  18.  

    bagaimana yach kelanjutan kilo bekas yang di tawarkan rusia ?

  19.  

    klo dipikir mna mungkin bisa 2018 targetnya 12 kasel padahal tahun ini persiapan pembuatan kapal selam yg dilakukan PT. PAL dan sya lupa satunya yg ditunjuk pak presiden. mungkin kilo baru kita sdh ada sjak zaman sby pasca ditolaknya kilo bekas

  20.  

    coba perhatikan itu hull ks gede banget yaaaa…..hampir sama dengan heli dolphin….maaf oot

    •  

      betul bung klo diperhatikan panjang hull nya hampir sama degn helikopter nya trus tinggi kira2 hampir 3x orang yg mau trun hkopter, hehehe…. kira2 dari class apa yaw..???

  21.  

    mungkin … Yang Sisa 7 kapal selam itu harus diteken kontrak nya paling lama 2018…. Jadi pada tahun 2018 diatas kertas Indonesia punya 12 kapal selam …walaupun aslinya cuma 5 saja yang tersedia ….

  22.  

    isu ini cenderung diulang-ulang dengan kemasan berbeda

    baik kalau begitu , saya ikuti repost lagi reply koment-2 dari artikel terdahulu silakan disimak

    ===============================

    mmo says:
    May 19, 2014 at 8:02 pm
    what ship, what ship” yang dibalas kemudian “we are United States man of war, Super Carrier CVN 7…” dan KS kita pun membalas “we are Indonesian man of war, submarine Cakra 401, Oke, clearence ” tetapi kali ini mereka membalas lagi “ Oh my God, why they are different types of submarines but one name” kali ini KS kita cuma membalas “Oke, have a nice sailling” yang dibalas mereka dengan kalimat “same to you”Bung PS itu artinya apa ya bung?wong ndeso gag ngrti bosone londo bung…:D

    pocong syereem says:
    May 19, 2014 at 8:07 pm
    nepok jidat Bung, tiga kali nongol beda bentuk satu nama [email protected] says:

    [email protected] says:
    May 19, 2014 at 9:02 pm
    Bung PS, buat saya itu udah gak off the record lagi. Saya langsung tembak aja ya. Yang pertama UAV sonora, sesudah itu, punya negeri mana lagi ya Bung..? Hehehe..! Terima kasih..!

    pocong syereem says:
    May 19, 2014 at 9:07 pm
    hahaha… kalo sonora keilangan UAV, sonotan malah keilangan KS Bung Yayan hehehe

    ==============

    mmo says:
    May 19, 2014 at 8:02 pm
    what ship, what ship” yang dibalas kemudian “we are United States man of war, Super Carrier CVN 7…” dan KS kita pun membalas “we are Indonesian man of war, submarine Cakra 401, Oke, clearence ” tetapi kali ini mereka membalas lagi “ Oh my God, why they are different types of submarines but one name” kali ini KS kita cuma membalas “Oke, have a nice sailling” yang dibalas mereka dengan kalimat “same to you”Bung PS itu artinya apa ya bung?wong ndeso gag ngrti bosone londo bung…:D

    pocong syereem says:
    May 19, 2014 at 8:07 pm
    nepok jidat Bung, tiga kali nongol beda bentuk satu nama [email protected] says:

    [email protected] says:
    May 19, 2014 at 9:02 pm
    Bung PS, buat saya itu udah gak off the record lagi. Saya langsung tembak aja ya. Yang pertama UAV sonora, sesudah itu, punya negeri mana lagi ya Bung..? Hehehe..! Terima kasih..!

    pocong syereem says:
    May 19, 2014 at 9:07 pm
    hahaha… kalo sonora keilangan UAV, sonotan malah keilangan KS Bung Yayan

    mmo says:
    May 19, 2014 at 8:02 pm
    what ship, what ship” yang dibalas kemudian “we are United States man of war, Super Carrier CVN 7…” dan KS kita pun membalas “we are Indonesian man of war, submarine Cakra 401, Oke, clearence ” tetapi kali ini mereka membalas lagi “ Oh my God, why they are different types of submarines but one name” kali ini KS kita cuma membalas “Oke, have a nice sailling” yang dibalas mereka dengan kalimat “same to you”Bung PS itu artinya apa ya bung?wong ndeso gag ngrti bosone londo bung…:D

    pocong syereem says:
    May 19, 2014 at 8:07 pm
    nepok jidat Bung, tiga kali nongol beda bentuk satu nama [email protected] says:

    [email protected] says:
    May 19, 2014 at 9:02 pm
    Bung PS, buat saya itu udah gak off the record lagi. Saya langsung tembak aja ya. Yang pertama UAV sonora, sesudah itu, punya negeri mana lagi ya Bung..? Hehehe..! Terima kasih..!

    pocong syereem says:
    May 19, 2014 at 9:07 pm
    hahaha… kalo sonora keilangan UAV, sonotan malah keilangan KS Bung Yayan yang cuma Rusia yang punya
    =========================

    lores says:
    May 19, 2014 at 10:03 pm
    sebenarnya disaat sekarang di pantai selatan Jawa bukan hanya Cilacap aja yg strategis. Ada mungkin 4-8 industri baru yg strategis yang perlu dilindungi he he he he. Jangan lupa ada beberapa satuan radar juga

    pocong syereem says:
    May 19, 2014 at 10:04 pm
    coastal yakhont nya juga

    mm93 says:
    May 19, 2014 at 10:01 pm
    Salam Hangat Bung PS sy mw brtnya soal persenjataan yg dibawa KS 877 TNI AL sama persis dgn punya Lontongnya AL om Rusky atw gado2..?

    pocong syereem says:
    May 19, 2014 at 10:03 pm
    sama persis Bung hehehe

    sennopati says:
    May 19, 2014 at 10:22 pm
    Sptny ada yg terlewat.. setelah cilukba ada kegiatan latihan bersama dan tukar2an orang bener ndak? Ceritanya gimana tuh masuk ke ks asu
    Kedua kalau armada 7 lewat berarti ks kita bisa sekalian mengamati brp kapal permukaan dan ks penjaga itu bisa dibabar disini bung? Thanks

    Satrio says:
    May 19, 2014 at 11:23 pm
    yup benerawak KS kita diberi kesempatan nyetir LA class selama 6 jam x 2 hari dilautan Jawasebagai balas jasa karena merekamerasa bersalah dan malu kena cilukba (nyundul) diselatan hehehehe

    ===================ended ======================

    •  

      maksudnya apa siih??

      •  

        itu salah satu bahasan mengenai KS kita bung KP ,

        coba dibaca perbait dahulu tiap koment lalu dreply , pastinya anda mengerti ,

        saya comot per cuplikan tiap topik , biar lebih mengerti pembaca ini hoaks atau bukan.

        atau pula “mimpi basah ” di pagi hari

  23.  

    NAMANYA JUGA TARGET.

    thn 2018 itu bisa tercapai bisa juga tidak.

    menurut data 2 kasel TNI AL yg ada saat ini (Whiskey class) akan pensiun thn 2020

    3 kasel changbogo class, 2 unit diproduksi di Korsel selesai thn 2018, 1 unit di PAL Surabaya selesai thn 2019, artinya saat 3 unit changbogo selesai, 2 unit kasel whiskey class pensiun.

    jika targetnya 2018 ada 12 unit, pertanyaannya termasuk 2 kasel whiskey class atau tidak?
    jika ya, berarti ada tambahan 7 unit kasel lagi yg entah dibeli dari mana & jenis apa?
    jika tidak, berarti ada tambahan 9 unit kasel lagi yg pertanyaannya sama spt di atas

    jika melihat kemampuan keuangan pemerintah saat ini, dimana thn 2019 nanti anggaran militer Indonesia akan mencapai USD. 20 Milyar (Rp.200-an Triliyun) per tahunnya, target pengadaan sebanyak itu bukan hak yg mustahil.

  24.  

    Dikit amat. Jgn 12, tp 48, itu baru anak laut.

  25.  

    Dikit amat. Jgn 12, tp 48, itu baru jos.

  26.  

    Menurut sesepuh warung sebelah, selain kasel 401 & 402, Indonesia sudah punya ( berenang di mari ) 2 kasel kilo class dan U-214 exs Yunani, bagaimana menurut anda ……. ???
    pa lagi ” to deliver ” kasel Akula dan Amur class ………… ghoib ghoib, munculah ghoib !!!

  27.  

    Sore ini Drs.Gandring Clungkring,raja alam goib jawa bagian tengah mewakili comunity goib indonesia(disingkat CGI) akan mendatangi KOMNASHAM&Bareskrim Mabes Polri!untuk melaporkan pencemaran nama baik diri&masyarakatnya.selama ini dia & masyarakat alam goib tidak pernah merasa menyembunyikan kapal selam milik masyarakat Indonesia,tapi brita yang beredar tentang kapal selam yang goibkan sudah cukup meresahkan dirinya.”bila komnas ham tidak menangapi kami akan demo didepan istana pada malam jumat kliwon”ancam gandring.terkait ancaman tersebut pihak kemanan mengaku belum menerima surat pemberitahuan.barangkali suratnya goib juga ya.

  28.  

    Wah kalah elit jin nya klo cma 7 biji bth 3 thn. Jin tempo dlu malah bs bikin 1000 candi dlm 1 malam. Wkwkwk… jgn tegang” ah komennya. Ckp yg d bwh aj yg tegang.

  29.  

    Ga bakalan deh bung PS mampir kesini lagi 🙁

  30.  

    ks kita di atas 7 dibawah 12.

  31.  

    Hahaha….Rahasia negara kok dipamerin,kalo dipamerin itu namanya bukan Rahasia bung.Ad ga yg prnah liat roket merk Kartika tmpo dl ? brngnya kmana ? yg jelas ga mngkin diledakin,pstinya dsimpan bwt ngebom sarang bule…wkwk

  32.  

    bener tuh apa kata bung CAG…2 type209 eks jerman,2 kilo class 3 amur baru,2 type 214 jerman utk yunani (yg bangkrut karena krisis ekonomi) tdk mampu membayar, 3 changbogo type 209 versi korsel.

  33.  

    Yang pasti saya yakin kalo Indonesia punya banyak KS bung.

    buktinya eksekusi kemaren negara asing banyak yg protes tapi TNI tetang – tenang aja bung?

    padahal kita melawan negara besar jg, logikanya berarti Indonesia punya Alutsista melebihi

    Australi, bahkan Perancis sekalipun.

  34.  

    secara resmi pemerintah tidak pernah membantah berita kontroversi jumlah kapal selam kita,termasuk ketika menhan Malaysia menyampaikan didepan komisi majelis kerajaan mereka-tentang jumah kapal selam kita.Pada Februari lalu dalam suatu rangkaian kegiatan melihat alutsista TNI yang berada dibawah naungan salah satu kotama TNI. kami sempat mengunjungi stasiun radar disekitar pantai ngliyep malang selatan.Stasiun radar tersebut dalam penilaian saya lumayan correct- sangat baik.saking baiknya seorang officernya mengatakan bila ada serangan dari selatan ke aset strategis seperti lanud TNI atau markas armada disurabaya,sarang radar itulah yang pertama akan dibungkam.karena itulah mereka sering berkordinasi dengan stasiun pemancar TNI AL disepanjang pesisir jawa&kapal selam TNI AL.”sulit sekarang buat mereka (selatan)mau tembus pak james.kapal selam kita sudah dibagi dalam sektor-sektor.tiap hari ngepam disitu.orang di dili juga tahu”saya bertanya itu masuk sektor berapa? “sektor V. disekitar pulau lontar-kalau yang jaga key lain lagi”.sekarang jadi tahu.mau tak mau saya mulai mengerti.Dan sebaiknya hal sepert kapal selami ini sebaiknya tidak perlu jadi opini/kontroversi yang menimbulkan kehebohan mengingat masih banyak hal lain yang harus kita perbaiki atau tambal.

  35.  

    Kita contohin aja ya..irak,suriah,yaman,palestina.dll..ini negara jadi bulan2an negara kuat..rusia,korut,china..1000x mikir negara kuat invansi..sekarang indonesia posisi dimana?..yg pasti kita enak tidur,kerja, dan kemana kamu suka jalan2 gak ada yg ngelarang/terasa terancam terakhir kali hukuman mati yg kemarin2 terus diancam tp sekarang adem2 ayem aja..jd seberapa kuatkah negara kita? Analisa dong jgn mau di suap terus..nanti bisa muntah..jayalah NKRI

  36.  

    Kalo cuma 2 jakarta gg kebagian dijagain nya donk om……….muncul hanya malam hari……dah seperti ikan paus besar nya…..nelayan yg sering menangkap ikan di dekat kialang minyak pasti dh gg kaget ada paus di sanana n_n

  37.  

    Gk ad yg bner. Yg bner itu cma 1 taat bayar pajak :p

  38.  

    klo dah berita kasel ma su 35 pasti heboh, pdahal utk perang berlarut rakyat jg pasti terlibat, klo buat negeriku tercinta lebih mudah diserang dr dalam dr pada dr luar

  39.  

    belanja terus buang2 duit, usul ni buat TNI yg murah n efektif aja, tarik aja tuh Jim Geofedi n suruh ajarin tehniknya sabotase satelit sama Ciber Army kita, 10,20 smpe 30 thn kdepan tehnology ini yg buat perang, asu aja gak bisa apa2 tanpa satelit, ide pak RR bagus, penyakit mnular yg dibuat oleh manusia jg bisa jd senjata n RI dah hrs bisa antisipasi, termasuk bencana alam yg sdh bisa di manipulasi tehnologi, yg tau internrt pasti tau HAARP nya asu

    •  

      [email protected] setuju bung asbun.kl jim geovedi bersedia , setidaknya akan berkurang tentang berita penyadapan dinegeri kita ini,bhkan gk kedengeran lg dan bisa sebaliknya cyber army kita yg akan ngintip2 tu rahasia negara laib dn kl perlu digeserin tu satelitnya hmmmm ngarep

  40.  

    Namanya juga rencana, dapet 100% sukur, kurang maklum, lebih ndehem aja…

  41.  

    kapal selam yg ada dan akan ada sudah jelas itu dari jerih payah kerja pemerintahan lama; jika bang jokowi ingin indonesia sbg poros maritim, maka jmlh kapal selam jauh dari harapan; JANGAN PERNAH MIMPI JADI POROS MARITIM jika kapal selam cuman tersebut di atas, apalagi bang jokowi tdk nambah sama sekali.

  42.  

    yg diparkir di brunei mau dipanggil pulang skalian typhoon nya juga biar pas 12… gitu aja ko repot

  43.  

    ….yuuuukkk….dilanjutkan aja ya program kerja pengadaan kasel tsbt.
    pt.pal bangun kasel…kita dukung…pt.dkb bangun kasel juga…kita dukung.

    ….ststssstt…kan udah jamannya outsourcing maka jangan remehkan kemampuan pt.dkb bangun kasel ghoib ya….hehehehehe.

    ….berapapun jumlahnya dan jenisnya biarlah konsitusi yang mengatur dan percayalah pd TNI AL sbg operatornya……

    NKRI berdaulat…

 Leave a Reply