Mar 132019
 

Fregat Peter Willemoes (F362) dari kelas Iver Huitfeldt milik Angkatan Laut Denmark © MFKI via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Perencana pertahanan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) Indonesia semakin condong ke varian Iver Huitfeldt-Class dalam upaya mereka untuk mendapatkan 2 fregat baru untuk TNI Angkatan Laut, seperti dilansir dari laman IHS Jane pada hari Selasa.

Fregat sedang diakuisisi sebagai bagian dari tahap kedua cetak biru modernisasi Minimum Esensial Force (MEF), yang berlangsung dari tahun 2015-2019. Indonesia memperoleh dua kapal SIGMA 10514 dari Damen yang sekarang berfungsi sebagai kelas Martadinata sebagai bagian dari program ini, tetapi TNI AL memiliki kebutuhan untuk setidaknya mempunyai 4 fregat lagi dalam jangka panjang sebagai bagian dari persyaratan MEF yang lebih luas.

Varian dari Iver Huitfeldt-Class Denmark telah muncul sebagai unggulan dalam program akuisisi 2 kapal fregat senilai US $ 720 juta di Indonesia. Pengembangan itu mengikuti perjanjian kerjasama industri pertahanan yang ditandatangani antara Odense Maritime Technology Denmark dan Pusat Desain Angkatan Laut Indonesia.

Sepotong korespondensi yang tidak dirahasiakan antara Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu dan sekretaris kabinet Presiden RI yang diberikan kepada IHS Jane pada 13 Maret menjadikan kasus untuk Iver Huitfeldt-Class sebagai salah satu yang memiliki “kemampuan tempur yang andal dan dapat beroperasi di zona ekonomi eksklusif Indonesia yang ekstrim”.

“Mengacu pada program akuisisi fregat TNI-AL, dan bagaimana kita sekarang mendekati tahun terakhir dari rencana strategis 2015-2019 tanpa keputusan, dengan ini kami ingin meminta pertemuan [dengan kabinet] tertutup untuk membahas lebih lanjut rencana akuisisi fregat ini”, bunyi korespondensi itu.

Pertemuan yang semula diminta pada 5 Maret 2019, juga akan digunakan oleh para pejabat Departemen Pertahanan untuk mempresentasikan kasus mereka lebih lanjut untuk memilih varian Iver Huitfeldt-Class yang ditawarkan oleh perusahaan Denmark, Odense Maritime Technology (OMT), termasuk spesifikasi teknisnya.