Oct 092013
 
Menteri Pertahanan Belanda Jeanine Hennis-Plasschaert mengunjungi Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro (photo: http://dmc.kemhan.go.id)

Menteri Pertahanan Belanda Jeanine Hennis-Plasschaert mengunjungi Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro (photo: http://dmc.kemhan.go.id)

Indonesia – Belanda sepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama bilateral kedua negara khususnya di bidang pertahanan yang  telah terjalin  selama ini. Untuk itulah Menteri Pertahanan Belanda Jeanine Hennis-Plasschaert mengunjungi Menteri Pertahanan Indonesia Purnomo Yusgiantoro, Rabu (9/10) di kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta.

Kedua Menteri Pertahanan yang didampingi  delegasi masing – masing, kemudian melaksanakan pertemuan bilateral,diantaranya membicarakan upaya memperkuat kerjasama pertahanan secara lebih konkret yang menguntungkan kedua negara.

Peningkatan kerjasama pertahanan tersebut mencakup berbagai bidang antara lain, kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan, seminar dan program kunjungan antar pejabat militer kedua negara. Kerjasama ini diharapkan mengakomodasi peningkatan komunikasi dan interaksi antar kedua Angkatan Bersenjata.

Peralatan Pertahanan
Kerjasama pertahanan lainnya adalah di bidang pengadaan peralatan pertahanan. Kerjasama pada sektor pengadaan peralatan pertahanan dan industri pertahanan menjadi salah satu agenda penting di mana kedua negara telah bekerjasama selama bertahun-tahun.

Selain membicarakan peningkatan kerjasama kedua negara, dalam pertemuan bilateral tersebut kedua Menhan juga membahas dan saling bertukar pandangan mengenai situasi keamanan internasional dan regional. Menteri Pertahanan mengatakan, Indonesia dan Belanda adalah dua negara penting yang memainkan peran penting dalam promosi perdamaian dan stabilitas dunia. Kedua negara telah menjalin kerjasama di berbagai bidang termasuk pertahanan. Kerjasama pertahanan kedua negara terus meningkat dan telah memberikan manfaat tidak hanya untuk kedua negara tetapi juga bagi masyarakat internasional.

Dunia saat ini memiliki sejumlah tantangan keamanan yang cenderung lebih kompleks baik secara tradisional maupun non – tradisional, tidak ada negara yang mampu untuk menanganinya sendiri. Tantangan tersebut membawa kedua negara untuk bekerja sama dalam mempromosikan perdamaian dan menjaga stabilitas perdamaian dunia.

Selain bertemu dengan menteri Pertahanan RI, selama kunjungannya ke Indonesia Menteri Pertahanan Belanda juga dijadwalkan memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Universitas Pertahanan serta mengunjungi Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI di Sentul, Bogor.

Disain Light Frigate Sigma10514

Disain Light Frigate Sigma10514

Tidak kalah penting, Menteri Pertahanan Belanda Jeanine Hennis-Plasschaert, juga dijadwalkan akan mengunjungi PT. PAL di Surabaya, Kamis (10/10/2013). Belanda adalah salah satu negara papan atas dalam pembuatan kapal perang permukaan. Diharapkan PT PAL bisa memanfaatkan kunjungan Menteri Pertahanan Belanda ini. Apalagi Indonesia memiiki rencana untuk membuat sendiri kapal perang Korvet/frigate Nasional yang merujuk kepada model Korvet/Light Frigate Sigma Class buatan DAMEN Schelde Naval Shipbuilding, Belanda. Saat ini Belanda sedang membangun light frigat atau kapal perusak kawal rudal (PKR) Sigma pesanan Indonesia.

Indonesia - Belanda tanda tangani Letter of Intent (LoI) tentang Kerjasama Pertahanan (photo: http://dmc.kemhan.go.id)

Indonesia – Belanda tanda tangani Letter of Intent (LoI) tentang Kerjasama Pertahanan (photo: http://dmc.kemhan.go.id)

Letter of Intent
Dalam rangka meningkatkan kerjasama pertahanan Indonesia-Belanda, Kementerian Pertahanan dari kedua negara juga telah menandatangani Letter of Intent (LoI) tentang Kerjasama Pertahanan. LoI ditandangani oleh Dirjen Strahan Kementerian Pertahanan RI Mayjen TNI Sonny E.S. Prasetyo mewakili Kementerian Pertahanan RI dengan Principal Director of General Policy Affairs Wim Bargerbos mewakili Kementerian Pertahanan Kerajaan Belanda dan disaksikan oleh Menhan dari kedua negara. (sumber:dmc.kemhan.go.id)

  45 Responses to “Indonesia dan Belanda Perkuat Kerjasama Militer”

  1. wah ,,kecewa,ga kapok2 dikerjain VOC/KUMPENI. janji TOT dan proyek kapal perang tipe korvet sigma yg janji nya akan di buat di indoensia masih terkatung2 ga jelas,masa sih pak pur akan terjebak 2x di lobang yg sama,kalau kata soekarno, JAS MERAH, jgn melukapan sejarah, mending kerjasama dengan jerman,di adu dengan alusista apapun belanda kalah kelas dengan jerman, sebut saja kapal selam,pesawat tempur,kapal perang,atau pun tank MBT, semoga pak pur/pemerintah RI. tidak tergoda dengan janji manis kumpeni belanda.

  2. menhan-nya kerjasama pertahanan, menlu-nya yang dulu menolak jual tank Leo ke kita, rombongan Belanda pasti kikuk juga tuh lantaran urusan Leo masih anget.
    Jerman saja yang negeri terkuat di eropa mau jual alutsista ke kita malah Belanda yang GDPnya dibawah kita jual mahal.
    faktanya mereka lebih butuh pasar kita daripada kita butuh produk mereka

    • betul bro..kacangin aja si londo kumpeni itu

    • menlu belanda nolak jualan leo 2??? berita dari mana ini ya??
      bukannya senator/anggota dewan belanda dari partai hijau ya yang ngasih isu Human Right abuse buat gagalin penjualan leo 2 belanda ke Indonesia?

      bung nowyoudont tolong di klarifikasi ya, soalnya apa yang anda sebut bisa memberikan persepsi yang salah. okey 😉

      • ini berita lama gan, meneer Frans Timmermans, sebelum kemudian tahun 2013 jadi menlu adalah jubir urusan politik luar negeri dari Partai Buruh (PvdA) yang dulu termasuk golongan yang menolak penjualan Leopard ke Indonesia dengan alasan HAM

  3. setelah indonesia masuk anggota G-20 karena memiliki ekonomi yg stabil dan mulai ada peningkatan si londho mulai memainkan cinta dengan putri yg namanya indonesia,,,salah satunya dgn embel” teote yg tiada ujung pangkalnya,dan kini mulai merajut kasih dengan mmeningkatkan kerjasama di bidang pertahanan,,entah pertahanan rumah tangga apa pertahanan diri,,
    jangan sampai indonesia menjilat lagi ludah yg sudah di keluarkan dari londho,karena begitu sakitnya bila di inget dr Mbt,sigma,dan penjajahany dr mener dan westerling,,

    kalau boleh tau pertahanan apa yg bisa di kerjakan belanda selain kapal permukaan,
    apa ada yg lain,pertahanan belanda yg bisa di unggulkan,
    kalau dilihat lihat secara antaraa londho dan jerman lebih perfect jerman di bidang pertahann,,

  4. Sudahlah, kita sebagai bangsa Timur, sangat menghargai tamu yang datang ke rumah kita, walaupun tamu itu dulu pernah menyakiti kita. Kita sambut dengan tangan terbuka disertai dengan kekhasan ramah tamah bangsa yang diwakili Pemerintah.

    Tapi, tentu saja, di dalam hati kita (mungking pejabat2 KemHan) tidak terlalu berharap lagi kepada Belanda dalam hal ote ote, karena tabiat mereka di masa lampau, yang mungkin akan terjadi pada masa kini dan yang akan datang.

    Yah, intinya kita hanya menghargai mereka sebagai tamu negara saja.
    Kalau mereka ingkar, kita sudah maklum dan akan segera beralih kepada yang lain.

    Gampang kan.???

  5. permintaan kerjasama dari BELANDA klw opini saya pribadi perlu diapresiasi meskipun banyak dari segi kerjasama trsbt kita sering di rugikan terutama kerjasama pertahanan tapi pemerintah terkait sudah pandai kok sekarang !!!! ( exprience is the best teacher ) ! buktinya kerjasama dengan belanda masih berlanjut dengan proyek PKR ( PERUSAK KAWAL RUDAL ) dan klw tidak ada kendala insa ALLAH mungkin 2017 sudah launhcing ! terus kenapa KEMENHAN dan TNI AL ( USER ) tetap NGOTOT memutuskan membeli kapal perang ( PKR ) dari belanda padahal kan kita dapat TOT YA hanya 25 % doank tetapi tidak mengurangi ambisi TNI AL ( USER ) ingin mengakuisisi kapal perang perang besutan BELANDA ternyata usut punya usut kapal perang besutan belanda memiliki keunggulan tersendiri di bandingkan kapal perang buatan negara lain,sudah kita ketahui kapal perang jenis VAN SPEIK CLASS,AHMAD YANI CLASS dan DLL kecuali 4 KORVET SIGMA CLASS yang terbilang masih GRESS,apa itu keunggulannya dari kapal perang buatan BELANDA ????? TO BE CONTINU !!!!

    • memang mayoritas orang awam akan merasa dilecehkan dan mungkin berpikir dikibulin sama belanda. padahal banyak aspek yang mempengaruhi keberhasilan tot yang diinginkan. dalam artian kesiapan di kita sendiri. kita lebih baik mawas diri dan berusaha memperbaiki kesalahan di masa lalu, tidak terjebak di lubang yang sama. apalagi sekarang belanda yang menawarkan kerja sama, tentunya merupakan starting point yang bagus untuk meminta lebih dari yang sebelumnya. jika ternyata hanya basa-basi lebih baik beralihlah segera ke jerman yang sudah terbukti patent dalam masalah tot.

    • tu..tu..tu..apaaan tuh kelebihanya….? cerita donk killo kalo ga ntar ane kiloin di pasar nich…. 😀

    • Jika dicermati sejarahnya, AL Belanda sudah lama gak ada apa2nya. Di abad 16 mungkin mereka masih bersaing dan bertempur dengan Spanyol untuk menguasai koloni di seluruh dunia.
      Sejak 1713 kekuatan mereka surut, Inggris yang unggul;
      The Dutch Republic went into decline after 1713, and in the late 18th century its navy was no longer a match for the French and even less for the British navy.

      Pada PD II kalah dari Jepang dan menderita korban berat;
      During the war the navy suffered heavy losses, especially in defence of the Dutch East Indies against the Japanese in the Battle of the Java Sea (February 1942) in which rear admiral Karel Doorman went down with most of his ships and with 2,300 of his crew (Wikipedia).

      Apanya sih yang menarik pada mereka?

      (BTW, sekarang Wiki gak bisa di-save ya?)

    • Bro Killo.. apakah ini ada hubungan dg integrasi Yakhont dan C 802

    • om killo..
      Lanjutin dunk,
      udah horny nich
      cihuyyy

  6. Dalam gugatannya, RMS juga menuntut Presiden SBY ditangkap.
    “Bagi Indonesia, bagi saya, kalau sampai seperti itu, digelar pengadilan pada saat saya berkunjung ke sana, itu menyangkut harga diri kita sebagai bangsa” kata SBY.

    http://www.radarcirebon.com/marah-sby-batal-ke-belanda/

    Keberadaan RMS di Belanda terbukti menciptakan komplikasi tersendiri (1976 RMS membajak kereta api di Beilen dan menduduki gedung Konsulat RI di Amsterdam), yang tidak dijumpai pada negara2 Eropa lain. Jadi hubungan dengan Belanda sebaiknya diisi dengan yang manis2 saja seperti pendidikan, seni budaya dsb. jangan di bidang yang mudah dipelintir berbagai kepentingan ke ranah HAM. Katanya menyangkut harga diri bangsa, tapi lupanya itu lho, cepet banget…

    [Catatan: Gayus Lumbuun salah, AS pernah menangkap Noreiga dan memenjarakan ybs di AS].

  7. Saatnya indonesia membuat reaktor nuklir dengan tujuan damai,salah satunya dengan membuat PLTN…Bila kita sudah mampu membuat satu saja dan harus di tempatkan di pulau jawa(karna mayoritas penduduk ada di jawa)..Dengan itu bangsa kita telah bisa menyamai prestasi negara maju seperti jepang amerika dan yang lainnya…dan terlebih manfaatnya untuk masa yang akan datang…bisa di bayangkan untuk menggerakkan satu buah pembangkit tenaga air dan listrik.PLN harus menyediakan BBm sedemikian banyak dengan nilai subsidi yang harus di bayar negara melalui APBN juga sangat besar..karna itu demi kemajuan bangsa,para pemegang kekuasaan harus segera bekerja untuk merealisasikan proyek prestisius ini..

    Maju Indonesia ku

    • letak geografik kita yang berada di spanjang patahan benua dan juga sei sepanjang ring of fire selalu menjadi alasan para penolak PLTN.
      Lokasinya harus benar2 dipertimbangkan secara matang dan jangan memasukan unsur kepentingan politik sama sekali.
      Atau energi terbarukan lain yang kita hampir semua ada. Panas bumi, gelombang laut, arus laut, angin, matahari dll. kelemahannya investasi awal sangat besar, tapi kelebihannya luar biasa. energi bersih terbarukan dan penghematan anggaran. selama ini apbn kita masih terus dibebani subsidi bbm.
      Rencana BBG karena cadangan gas kita besar, tapi in long run tetap saja energi terbarukan adalah pilihan terbaik. kecuali jika teknologi fusi hidrogen dari air bisa murah dan terjangkau

      • Bila Indonesia ingin jadi negara besar dan Maju tenaga Nuklir wajib di pertingkan

        Daya nuklir menyumbangkan sekitar 6% dari seluruh kebutuhan energi dunia, dan 13-14% kebutuhan listrik di dunia. Gabungan energi nuklir di Amerika Serikat, Perancis, dan Jepang menyumbang 50% dari seluruh pembangkit listrik nuklir yang ada.[1]

        Itu kenapa yg jepang terkena bom , dan mengalami bencana nuklir masih tetap mempertahankan

        Indonesia akan kesulitan memenuhi energi nya di masa mendatang dan menyesal bila tidak mengambil nya di dukung sumber uranium di indonesia berlimpat , di sayangkan bahan di indonesia namun yg nikmati negara luar yg maju , lihat saja listrik sudah byar pet …

        Insya Allah di Indonesia yg besar dan luar ada yg tempat yg cocok..

    • PLTN di Jawa yang padat penduduk justru tidak ideal (in case of meltdown).

      Kalimantan cukup ideal karena berada di luar jalur gempa, mengalirkan listrik ke pulau lain dengan undersea/submarine power cable

      • wah.. jangan di p.Jawa dong 😀 terlalu padat dan terlalu banyak ancaman bencana alamnya
        terakhir ada berita Belitung jadi salah satu tempat yang dipertimbangkan cocok untuk pembangunan PLTN, karena banyak tersedia plutonium dan mungkin karena dekat dengan Sumatera/Riau yang lagi byar pret

    • Nuklir? waduh….pernah nonton NHK world nggak? lihat saja betapa jepang mati2 mengatasi kebocoran nuklir reaktor Fukushima Daiichi akibat gempa Fukushima 2011. sepertinya nuklir dan diesel bukanlah yang ideal untuk negri kita tercinta. menurut saya yang paling ideal adalah penggunaan solar cell yang energinya nggak akan pernah habis sampe kiamat. negeri kita ini aneh…dikaruniai sinar matahari yang sangat luar biasa malah mengembangkan energi yang aneh2 dan mahal.Sudahlah…mari berfikir sederhana saja dengan apa yang dilimpahkan Tuhan pada negri ini. Peace Bro2 semua.

      • klo emang PLTN di bangun di indonesia gak aman, lihat di bandung, 2 biji pltn di bandung sudah beroperasi mulai tahun 1945 sampai sekarang… tp knp gak pada meledak???

  8. dalam negosiasi itu paling penting ‘kesetaraan’.
    kalau di kasus belanda ini sebetulnya sudah 1-0 buat belanda, setelah ‘sukses ngadalin’ indonesia dengan TOT gagal sigma kemarin (yg sebetulnya permasalahan sebenarnya ada di kemampuan PAL sendiri yg ternyata jauh panggang dari api, jauh yg terlihat daripada yg diharap).

    tapi setelah kasus leo dan rms yg kemarin bikin pak beye batal datang, situasi berubah jadi 1-2 buat RI.
    belanda yg skr terbelit kesulitan keuangan ada di posisi yg lebih rendah / ngarep / ngemis ke kita buat dapat bisnis.

    saya yakin pak pur yg besar di opec dan dunia bisnis pasti paham gimana memainkan kartu ini. apalagi ditambah dengan gestur2 belanda akhir2 ini yg mulai minta maaf soal perlakuan masa lalu, mulai mengakui tanggal kemerdekaan kita dll itu semakin menunjukkan bahwa dia yg lebih butuh kita.

    kalau sudah gini biasanya di negosiasi RI akan jual mahal, mintalah segala rupa yg kita mau biarpun terkesan tidak masuk akal. toh yg lebih butuh belanda, bukan kita.
    kalau memang terjadi seperti ini artinya kita sudah punya plan B untuk soal frigat tanpa harus dengan Damen.
    tetapi kalau ternyata tetap jalan dengan belanda, haqquull yaqqiiinn kita dapat deal yg amat sangat bagus dari hasil nekan belanda yg di posisi lemah / ngemis ini.
    apakah deal yg amat sangat bagus ini bisa jadi kenyataan? (nanti terkait dengan kemampuan industri strategis kita sendiri juga, bisa nggak menerimanya)
    kalaupun ternyata masih besar keinginan daripada kemampuan, saya yakin pak pur pasti sudah menyiapkan klausul tambahan untuk menjaga kepentingan indonesia jangan sampai ‘terkadali’ lagi seperti kasus korvet Sigma lalu.

  9. Jangan cuman nyalahin Belanda masbro sekalian.. Masalah TOT hull kapal sebanarnya di kita juga salah kok, ngotot minta transfer ilmu tapi enggan membenahi PT.PAL-nya sendiri. Musti upgrade peralatan dan infrastruktur plus SDM-nya ditingkatkan klo mau lancar itu ToT. Musti ngikutin standard mereka biar mereka nggak gampang ngeles ini itu. Wajar molor jatah ToT-nya wong baru kemarin2 PT.Pal disuntik dana lagi. Transfer ilmu itu mahal lho, ini kurang disadari kita2 disini. Klo memang niat ya jangan eman2 sama cost-nya. Biasakan ngitung pake dolar jangan pake rupiah terus, biar nggak kagetan klo angka nol-nya kebanyakan.

    Maunya ToT macam2, tapi klo beli suka ngeteng, ngeluarin anggaran mbuletnya minta ampun, masih suka kick back, udah gitu suka nyalah2in orang klo proyek nggak lancar.. Hi hi hi..

    • hehehe betul bro Wie..
      itu dia mandor kawat, nafsu kuat tenaga kendor…
      hehehe ini yg skr bikin lebih khawatir justru TOT sama korsel…

      kalo tot kapal permukaan aja kemampuan PAL masih dipertanyakan, gimana mo bikin hull-nya kapal selam?
      makjang… ngeri2 sedap ini..

    • beli rokok 2 batang pengen hadian tv 😀
      saya kira menhan Belanda saat ini cukup fair, menyesali pembatalan penjualan tank akibat penolakan oposisi di parlemen namun juga tidak bisa minta maaf atas demokrasi di Belanda

  10. jangkrik.. nggak bisa nahan diri buat gak misuh pas baca tulisan ini.
    tapi balik lagi, hal2 kayak gini ini bisa ‘diungkit’ dan dijadikan alat menekan mereka di negosiasi, bro.

    makanya skr posisinya itu kebalik. mereka yg menjilat ludah sendiri, kayak hewan yg datang ke kita dengan kepala menunduk ekornya di antara dua kaki ngemis2 minta makan setelah sebelumnya dengan belagu menggonggong keras2 ke kita.

    justru jangan dikasihani yg kayak gini, eksploitasi dan tekan gila2an deh
    bilang luka di bangsa kami sangat dalam pas kasus kemarin, jadi butuh justifikasi yg kuat untuk memulai lagi. minta TOT, minta harga murahin, minta suruh belanda kasih bebas visa untuk warga kita, minta belanda tutup atau batasi RMS, minta mereka kasih pernyataan resmi soal OPM dll dll
    banyak dan musti multi-dimensi jangan cuman alutsista doangan.

    nanti kan mereka juga pasti nawar tuh, so buka harganya tinggi aja sekalian.
    sambil ancam kalau kejadian kayak dulu lagi jangan salahkan kami kalau ini yg terakhir.

    • Argumen dan infonya oke, tapi yang suruh ngomong siapa gan? Lha kalau menhan paling wewenangnya ya sebatas alutsista dan kerjasama militer doang to ? Itupun kalau ga diprotes sama DPR.

  11. MAAF AGAN2 BUKAN SAYA INGIN BUAT PENSARAN AGAN2 SEMUA SEBAGAI PECINTA MILITER TETAPI SAYA LAGI SIBUK KERJA N LAGI MENIMBA ILMU SO PASTI BUKAN ILMU HITAM HMMMMM JADI BARU SEMPAT DI LANJUTIN SEKARANG !!!!!!

    TNI AL memiliki 14 PKR buatan BELANDA yang terdiri dari 6 PKR KRI VAN SPEIK CLASS dan 4 PKR KRI AHMAD YANI CLASS serta 4 kapal korvet sigma class yang terbilang masih baru.
    TNI AL (USER) sangatlah terkesan dan terlanjur jatuh cinta dengan kapal2 perang besutan BELANDA ini yang sudah lama beroperasi di TNI AL,yang selama ini sudah menunujukan performanya yang sangat baik seperti KRI VAN SPEIK CLASS dan KRI AHMAD YANI CLASS ( buatan tahun 1960an) walaupun sudah dalam kondisi yang sudah uzur alias bin usang jika di bandingkan dengan kapal2 perang buatan negara lain yang telah berkhidmat di TNI AL seperti ( buatan amerika,inggris,jerman bahkan RUSIA ) dari kabar yang saya dapat kapal2 KRI VAN SPEIK CLASSA dan KRI AHMAD YANI CLASS yang di milki TNI AL sangatlah kuat dan tangguh,bahkna tetap kokoh,ketika mengarungi perairan yang sangat ganas terutama di perairan indonesia bagian timur,itulah mengapa TNI AL KRI VAN SPEIK CLASS dan KRI AHMAD YANI CLASS tetap masih dioperasikan meskipun sudah uzur hanya peralatan elektroniknya saja yang diubah sesuai kebutuhan zaman,termasuk pemasangn rudal yakhont,
    Demikian pula dengan performa KRI TNI AL besutan BELANDA yang masih baru yaitu 4 korvet sigma class walaupun menurut kabar yang saya dapat pada sigma class yang pertama masih terdapat beberapa kelemahan namun kelemahan ini sudah di sempurnakan pada tahap ke-3 sigma class selanjutnya,dan usut punya usut ketika melaksanakan misi perdamaian ( unifile) di LEBANON, KRI DIPONEOGORO salah satu dari KRI KOVET SIGMA CLASS buatan belanda ini yang di milki TNI AL sempat hilang di layar radar kapal2 lain yang tergabung dalam misi PBB (UNIFILE) dilebanon,kemudian tiba2 muncul kembali di layar radar begitu jaraknya sudah dekat !!!!!!, WALLAHUALAM hanya orang dalam TNI AL lah yang benar2 tahu cerita trsbt.akan tetapi kemampuan kapal2 perang besutan BELANDA yang sudah PROVEN di jajaran TNI AL yang menyebabkan TNI AL bersikukuh atau bahkan sudah benar2 kesemsem untuk tetap berkiblat ke BELANDA dalam pengadaan kapal2 perang canggih berikutnya contohnya proyek PKR SIGMA CLASS 10514

  12. Pejabat Hankam, DPR, Presiden kita sebaiknya mengubah kebiasaan jalan-jalan studi bandng dari kebiasaan ke wilayah barat kedepannya lebih baik ke arah timur. Setelah dapat tawaran hibah 10 Kapal Selam dari Rusia sebaiknya kedekatan SBY & PUTIN dimanfaatkan untuk juga minta hibah Destroyer + TOT dari Rusia

  13. Pengadaan alutsista kita tidak akan semulus harapan kita anak BANGSA yang sangat sangat cinta kepada NKRI walaupun anggaran 10 kali lebih besar dari sekarang tetap saja sulit
    semua nya karna otak orang yang terlibat dalam menyetujui hal itu lebih memilih keuntungan pribadi ketimbang harga diri bangsa ini.
    apa apa yang di butuh kan oleh tiga matra TNI harus mendapat persetujuan dari DPR kita yang terhormat padahal mereka semua wakil rakyat !!!
    oke lah semua harus di kaji !! tapi jangan sampai mengesampingkan harapan rakyat NKRI yang menginginkan bangsa ini di hormati !!
    pikirkan lah dengan apa semuanya bisa di capai.

    • Alutsista kok pada repot, kekuatan bangsa ini besar sekali, akan tetapi banyak yang belum tergali
      Misal, dukun santet di indonesia kan buanyak banget…. jadikan mitra TNI, minta buat ngirim geranat ke perut prajurit, jendral sampai anggota pemerintahan musuh, klo musuh dah meledak semua, TNI tidak perlu angkat senjata kan… korban : jiwa 0% indonesia, 100% musuh

  14. Jangan suka salah paham ama Belanda, ibarat, Jikalau pertiwi, adalah ibunya Indonesia maka Belanda adalah bapaknya. walaupun tu bapak ngg ngurusin anaknya, biarlah itu sebagi kenangan dalam hub. bapak dan anak. kedepan kita mengharap Belanda menjadi sekutu strategisnya Indonesia, seperti Amerika dengan Inggris. Apa maunya Amerika Inggris pasti, bela., dukung dan fanatik. Kelak Belanda pasti juga begitu ke kita kalau kita pintar mengelolanya.

    • memperbanyak teman itu sangat perlu, tapi waspada juga lebih sangat perlu, perlu diingat Belanda itu sudah lama mengincar negeri ini melalui agresinya jadi bertemanlah dengan bijak, dan waspadalah dengan arief

      bijak = arief

    • jangan khawatir… senjata kita lebih hebat dari belanda, bambu runcing berkepala nuklir

  15. Belanda adalah negeri keciiiiiiiil nun jauh diseberang sana, kalau kita menganggapnya sebgai ancaman, kita mengecilkan negeri kita, yang masuk dalam katergori terbesar dalam banyak hal, kalau kita sewot dgn insiden insiden kecil, tentulah mereka bersorak kegirangan, karena memang itu tujuan mereka, tetapi sebenar mereka butuh rangkulan kita…, dari pada dia jadi kerikil dalam sepatunya, Indonesia, ada baiknya kita rangkul, kita berdayakan dia.

  16. mungkin maksud @inul wilayah Indonesia adalah wilayah yang dahulunya adalah wilayah hindia belanda. Tanpa penjajahan negara2 kolonialis negara ini bisa saja jauh lebih besar atau lebih kecil.

    sejarah jangan sampai dilupakan walau 1000 tahun. tapi berkutat dengan dendam masa lalu tidak akan membawa kemajuan bagi negeri ini.

    • and we did, didn’t we. kita belanjanya ke toko sebelah

      tp sekarang pemilik toko yg dulu jutek sudah datang minta maaf, kita jadi punya bargaining power yang lebih. shall it come to another deal with them, it should be our way or the highway. manfaatkan saja gan 🙂

      lagipula dalam politik tidak ada musuh abadi, hanya kepentingan abadi

    • toko X jual rokok gudang garam internasional gak?

  17. Jika benar yg dikatakan bung killo bahwa korvet sigma dapat hilang dari radar berarti tni al telah mampu memaksimal kemampuan korvet tersebut.sun tzu prnah berkata kenalilah dirimu dan lawanmu sebelum berperang.itu berarti tni al sdh mengenal kemampuannya melalui sigma. Jalasveva jayamahe ‘dilaut kita jaya ‘ semoga!

 Leave a Reply