Aug 022017
 

Seoul – Korea Selatan ingin mempererat hubungannya dengan Indonesia terutama terkait dengan perluasan penjualan peralatan militer dengan Indonesia.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Song Young-moo membahas masalah tersebut saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu di Seoul Selasa kemarin, rilis Yonhap.

Menteri Ryamizard berada di Korea Selatan untuk menghadiri upacara pengiriman kapal selam Nagapasa 403 yang dibangun oleh kontraktor pertahanan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co.

Indonesia telah memesan tiga kapal selam diesel-elektrik Type 209/ 1400 dari Korea Selatan. Dua kapal selam di bangun di Korea Selatan dan satu kapal kapal selam dibangun di Indonesia

Selain tiga kapal selam Indonesia juga telah membeli jet latih supersonik T-50 dan bermitra dengan Korea Selatan mengembangkan program pesawat tempur KF-X.

Para Menteri dari kedua negara berdiskusi mengenai cara untuk memperluas kerjasama penjualan peralatan militer dari Korea Selatan, termasuk tambahan (setelah) penjualan tiga kapal selam ke Indonesia, rilis Kementerian Pertahanan Korea Selatan, dirilis Yonhap News, 1/8/2017.

  33 Responses to “Indonesia – Korea Selatan Bahas Kemungkinan Tambahan Kapal Selam”

  1. Tambah 3 lagi….. berarti sudah genap 12 units !!…

    *kesalip lagi

  2. Rasa dulu 3 tambah 3 … sekarang mo tmbah 3 …makanya mo TOT 100%
    cuma dicicil biar Gak heboh kawasan

  3. inilah jawaban dari bung ruskye…

    Menhan Resmikan KRI Nagapasa-403 Jadi Kapal Perang Indonesia

    Rabu,02-08-2017
    Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu meresmikan kapal selam Hull No 7712 yang diberi nama KRI Nagapasa-403 di dermaga galangan kapal DSME, Okpo, Geoje, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. Kapal selam ini resmi masuk dalam kapal perang di jajaran angkatan laut Indonesia.

    Ryamizard tiba di lokasi peresmian pada Rabu (2/8/2017) pukul 09.41 waktu Korea Selatan menggunakan helikopter dari Seoul menuju Busan. Dalam peresmian dan pemberian nama (shipnaming), Ryamizard didampingi oleh istri, Nora Ryamizard, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi dan CEO DSME (Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering) Jung Sung-lip.

    Pemberian nama KRI Nagapasa-403 dilakukan oleh Nora Ryamizard dengan pemecahan kendi sebagai tanda simbolis pemberian nama kapal. Dalam sambutan, Ryamizard berharap kapal selam KRI Nagapasa-403 dapat menjadi alat pertahanan di perairan Indonesia.

    “Diresmikan KRI Nagapasa maka kekuatan TNI AL akan semakin bertambah dan meningkatkan kemampuan pertahanan nasional. Harus disambut baik dan jadi momentum kekuatan pertahanan negara di laut,” ujar Ryamizard.

    Usai upacara pemberian nama, acara dilanjutkan dengan peresmian KRI Nagapasa-403 dan pengukuhan komandan KRI Nagapasa-403.

    KRI Nagapasa-403 merupakan satu dari tiga kapal selam yang dipesan Indonesia dari Korea Selatan. Kapal tersebut dibangun pada 2013 lalu dengan menggunakan Transfer of Technology (ToT). Kapal selam ini merupakan produksi ekspor pemerintah Korea Selatan yang pertama kali.

    Kapal merupakan pengembangan dari kapal selam tipe Chang Bogo Class milik Republic of Korean Navy (ROK Navy) dan Kapal Selam tipe Cakra yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut.

    Proses pembangunan kapal berada di bawah kendali pengawasan Satuan Tugas Proyek Pengadaan Kapal Selam (Satgas Yekda KDSE DSME209) yang dipimpin Laksma TNI Iwan Isnurwanto.

    Kapal selam KRI Nagapasa-403 memiliki panjang 61,3 meter dengan kecepatan ± 21 knot di bawah air. Kapal ini punya ketahanan berlayar lebih dari 50 hari dan mampu menampung 40 kru untuk menunjang fungsi, kapal juga dipersenjatai torpedo dengan fasilitas delapan buah tabung peluncur.

    Chang Bogo Class juga dirancang untuk mampu men-deploy ranjau laut, meluncurkan rudal anti kapal permukaan, serta mampu melepaskan Torpedo Counter Measure.

    TNI AL sendiri sudah menyiapkan markas untuk kapal selam baru. Kapal-kapal selam Chang Bogo Class rencananya akan bermarkas di Teluk Palu, Sulawesi.

    Selain KRI Nagapasa-430, dua kapal selam lainnya dari Korea Selatan juga dipersiapkan untuk memperkuat pasukan TNI AL. Rencananya kedua kapal itu dinamai dengan KRI Trisula 404 dan KRI Nagarangsang 405.

    Indonesia sendiri menandatangani kontrak pengadaan tiga kapal selam dengan DSME pada Desember 2011. Keseluruhan kapal akan diselesaikan pada tahun 2019

    sumber : http://berita.lewatmana.com/menhan-resmikan-kri-nagapasa-403-jadi-kapal-perang-indonesia/

    • kri 403 nagapasa …otomatis jd nagapasa class
      kri 404 trisula…
      kri 405 nagarangsang…
      jd bkn nagabanda class bung bung ruskey..tp nagapasa class…top!!,

  4. Probability nya mungkin sekitar 70% setara Yakhont. 200 nautical Mil atau setara +360 km. Tetap lebih ngeri Yakhont versi Rusia dan mungkin jangkauannya akn ditingkatkan sampai 500 km (versi ekspor).

  5. 2 sdh jd. Saatnya buktikan kita jg bs buat sendiri. Klo gak bisa wah malu2in.

  6. Comment:Korsel memang teman yang cocok

  7. Beli kapal selam dengan ukuran yang LEBIH BESAR donk.. biar gak bosen…

  8. Klo besar, ngerawat nya dan pangkalan nya boss ga kuat…

  9. Lebih baik beli alutsista di Korsel dari pada negeri tirai bambu.

  10. Beli destroyernya sj dari korea selatan bersama tot nya

  11. Idealnya Indonesia memiliki 60 unit Ks KiloClass atau Changbogo..

  12. changbogo class kurang berkelas di banding ks.buatan russia,,prancis dgn scorpene atau turki dgn Reiss class..lbh baik beli dr turki reiss class dgn vitur siluman, aip ,lbh murah dn lbh baik dr buatan korsel sisanya beli amur class versi nuklir dr russia .
    kedepan kita bisa bgn ks.dgn gabungn teknology 3 negara tsb..kcuali prancis dgn scorpene.. Australia sdh punya 6unit,,malaysia 2unit scara teknology jg ada kebocorn data scorpene di India ..

  13. Korea ini yg paling gk pelit masalah tot

  14. German Tech is ok!! walaupun yg bikin Korea. Tambah 10 lagi gitu… biar Colin Class ga mondar mandir di NTT dan Papua.

  15. Kalo bisa bikin cangbogo bisa kita ekspor ke Filipina kaya kapal Lpd.

  16. Bocoran gak resmi mengatakan kilo class mahal (2 kilo dapat 3 cbg), teknologi jadul, sering kecelakaan, kapal selam turki prosesingnya lama, kapal selam swedia kemahalan, AIP mahal banget, maintenance susah

  17. Katanya kapal selam korea selatan itu sudah prnah tes latihan dgn kpl selam amerika, hasil latihannya dimenangkan kpl selam korea selatan, mungkin ini disengaja sbgi umpan bentuk dominasi pasar untuk negara lain mmbeli kpl selam korea selatan & indonesia tlh memakan umpan itu utk mmbeli lbh banyak lg kpl selam korea selatan ?

  18. Yg penting indonesia dapet tot, bisa mandiri kedepannya…..jayalah NKRI.

  19. Kalo jd nambah lagi.. kemungkinan yg d bangun d PT. PAL akan lbh cepat selesai… & PT. PAL akan dpt dg cepat menyerap ilmunya..

    • Gue bagi tempoh 10 taun utk melihat Indonesia bisa bikin kapal selam mandiri .
      Chabonggo ketiga gue yakin bisa tp siapnya selepas 2022 atau harus lebih lagi.
      Utk kpl selam tambahan bikin sendiri gue bg 10 tahun .
      2032 apa bisa terwujud ?
      Kalo bisa gue respek habis ama Indonesia.

  20. despacito cover TNI

  21. Boleh juga nih kalo nambah lagi. Tapi yang penting, bangunnya di PT. PAL. TOT 100%. Kalo gak mau, berarti kita dikadalin. Kapan bisa bangun kap-sel sendiri kalau gak dpt TOT 100%?

    • hahahahahaha…. di mana ada tot 100% bung..?? itu sama saja beli lisensi bung.. 5% aja udah untung2 an.. yg lain2 kita kembangin sendiri.. yg gak bisa ya terpaksa beli lg dr luar spt turky misalnya dg imbalan tot yg kita blm bisa tadi.. kalau masih kurang ya terpaksa beli lagi dan minta tot lagi bagian mana yg kita blm bisa.. semakin sulit ya semakin mahal harga tot nya.. karena tot ibarat kursus singkat.. kalau sekolah dg biaya yg murah ya riset sendiri tp dg resiko gagal dan butuh waktu sangat lama.. atau bongkar pasang (jiplak) spt cina beli banyak di bongkar dan di pasang lagi dg resiko kalau tdk bisa masang kembali otomatis almarhum sudah.. gak bisa di pakai lagi.. tamat. lebih singkat tp juga lebih mahal karena yg buat uji coba real barangnya.. jd yg paling mungkin di ambil indonesia ya hanya dg tot.. tdk terlalu beresiko cpt dpt ilmu dan lebih murah.. tp ya harus sabar sedikit2 sambil mengembangkan sendiri.. apalagi ini teknologi kelas tinggi.. kesabaran adalah kuncinya..

  22. Ardadedali 404, Alugoro 405. Menyusul gan

  23. tambah terus,..

 Leave a Reply