Indonesia Darurat Begal !

35
114
Begal, Bak Cendawan di musim hujan
Begal, Bak Cendawan di musim hujan

Jakarta β€” Maraknya pencurian dengan kekerasan terhadap kendaraan bermotor atau dikenal dengan istilah begal meresahkan masyarakat. Namun, hal tersebut disikapi positif oleh para netizen dengan membentu gerakan #PulangKonvoi. Polda Metro Jaya pun mengapreasi hal ini.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan, kepolisian mendukung gerakan yang tengah ramai dibicarakan di media sosial Twitter tersebut.

“Warga memiliki potensi dan kekuatan untuk mencegah dan menangkal kejahatan. Ini tentu harus kita dukung,” kata Martinus di Mapolda Metro Jaya, Rabu (4/3/2015).

Bahkan, kata dia, gerakan pencegahan kejahatan itu bukan hanya untuk kasus perampasan kendaraan bermotor, melainkan kejahatan-kejahatan lainnya. Misalnya, pencurian rumah kosong.

“Agar rumah kosong tidak jadi sasaran pencurian, tentu warga sekitarnya turut serta untuk membantu pemilik rumah. Ini karena warga sekitarlah yang paling dekat untuk mencegah kejahatan,” kata dia.

Martinus menjelaskan, antisipasi kejahatan dapat dilakukan melalui cara preventif, yakni bimbingan dan penyuluhan supaya warga dapat bertindak untuk melindungi diri sendiri dan lingkungan. Karena itu, gerakan inisiatif warga yang bertujuan menangkal kejahatan dinilai positif.

Seperti diketahui, #PulangKonvoi merupakan gerakan inisiatif dari netizen untuk mengajak pengendara sepeda motor pulang bersama-sama pada malam hari. Tujuannya agar pengendara sepeda motor tidak takut bila harus pulang malam. Caranya dengan koordinasi terlebih dulu melalui Twitter untuk mengetahui jurusan, waktu, dan tempat berkumpul. Hal ini dinilai efektif untuk mencegah pengguna sepeda motor menjadi korban begal. (sumber: Kompas.com).

35 KOMENTAR

    • Yang bahaya bagi masyarakat (begal) mestinya yang harus jadi perhatian serius pimpinan polri bukannya malah mencari-cari kesalahan orang lain seperti kesalahan kpk yang serius diurus, gak ada malunya digaji pake uang rakyat, malah melindungi pencoleng uang rakyat

  1. Kalau menurut saya tergantung preman disana nya.ditempat saya udah tidak terjadi begal.kalau ada pencurian motor pun,paling satu tahun sekali aja belum tentu.kalau nyenggol kita walau bersembunyi dibalik penjara tetap kagak bakalan selamat.

  2. tidak semua orang lampung seperti itu. saya dari krui pesisir barat lampung. jangankan untuk begal sekedar minta uang ke sopir truk truk lintas kami tidak boleh sama tetua/tokoh masyarat. karena hal tersebut untuk menghindari citra buruk dari masyarakat luar lampung.tapi saya tidak menampik ada segelintir orang di daerah/kab tertentu yang melakukan aksi pembegalan tersebut.tapi saya yakin itu hanya sekian persen dari seluruh masyarakat lampung.akhir akhir ini pemberitaan di media seperti menyudutkan kami yang berasal dari lampung yg dibilang sadis lah tanpa berprikemanusia atau apalah. perlu kita cermati ada motif apa media secara terus menerus memberitakannya.adakah motif politiknya??? itu sudah jelas memunculkan isu SARA untuh memecah belah rasa persatuan sesama anak bangsa demi tujuan tertentu. apakah kita tidak sadar perang asemetris telah dilancarkan.

  3. Cuma TNI ja yg bisa di andalkan di negeri ku tercinta ini….. tak berpihak ke blok barat dan blok timur,,, sperti perjuangan almarhum TATANG KOSWARA,, biarpun gaji pensiunan tak mencukupi kebutuhan keluarganya,,,,, namun beliau tetap ikhlas menerimanya,,,,,,

  4. Lampungnya mana mas #panji? kemarin operasi dari polda Lampung, daerah lampung timur, khususnya JABUNG dan sekitarnya, ketangkep 97 orang dan motor bodong beserta motor hasil begalan baik yang utuh tak bersurat maupun dalam bentuk terurai sebanyak 2 truk FUSO. di daerah ini, tetangganya sendiri pun tega di begal. bahkan petugas puskesmas yang setiap hari merawat anggota warga daerah itu pun disikat juga!!
    Lampung Timur paling rawan, mulai dari pesisir bakauheni sampai labuhan meringgai.

  5. coba siapa yg tau, , siapa orang yg jd kesayangan media???,,,,mf Oot maklum cuma tamatan S1 D1 alias SD,,,KPK MaDeSur, beras naik, pajak smua Naik LPG naik,,pak Jokowi berdoa dong spaya negeri ini dibebaskan dr sgla ksusahan,, doa pemimpin yg adil itu lbh mustazab dari doanya wali,,

  6. saya pernah tinggal 2 thn dilampung, kalau masalah begal sich biasa2 aja, entah mungkin tradisi atau kebanggaan, disana kalau belum bisa menujah belum dianggap laki2, anak laki2 bawa pisau atau minimal sendok garpu sebagai senjata biasa aja koq… mungkin banyak yg tak sependapat dg hal seperti itu, tapi coba la bergaul dengan kalangan anak muda seperti di pasar2 dipertigaan atau lingkungan yang kurang pengawasan, ii.. serem, makanya bisa jadi daerah operasinya diperluas sampai kejakarta. dan yang paling terkenal dg bajing loncat maupun begal dijalan lintas sumatera ya daerah lampung dan palembang juga sampai2 sopir kalau mau lewat di daerah lampung dan palembang harus cari teman atau konvoi.

  7. Tips di daerahku untuk memberantas begal:
    1-Bentuk kumpulan/gank anti begal yang bekerja sama dgn pertahanan sipil atau apa2 saja organisasi massa yang berkomitmen melindungi masyarakat dan daerahnya masing2
    2-Beri pencerahan dan pendidikan buat warga sekitar ttg keselamatan pembegalan di jalan raya
    3-Wujudkan koordinasi antar warga desa dgn desa lain untuk memantau tiap2 warga desanya sendiri atau warga yang tak dikenal dengan mendata identitasnya
    4-Membentuk jam malam di daerahnya masing2.
    Misal jm 9 mlm keatas harus menanya tujuan warga yang tak dikenal apabila melintas di desanya masing2.apabila warga yang tidak dikenal tidak punya KTP maka warga desa berhak menangkap dan membawa ke balai desa setempat
    5-Membuat rondaan bergantian dengan warga desa lain untuk melaksanakan pengamanan masing2 daerahnya
    6-Membentuk tim pemukul untuk antisipasi dari perlawanan sang begal
    7-koordinasi dengan polsek setempat untuk kerja sama keamanan desa masing2
    *info:
    Jalan pantura jawa timur tahun 1990-2000-an adalah sangat berbahaya bagi kendaran bermotor baik roda dua atau roda empat.
    Pernah ada kasus mobil carry di bom oleh sang begal yang mengorbankan 18 penumpangnya.karena sang begal dendam dgn sopir carry tsb yang menggagalkan percobaan begal di salah satu pasar ikan terbesar di daerah pantura jatim.
    Ada juga kasus 4 kepala menggelinding di tepi jalan di tebas oleh sang begal dan membawa lari motor su korban.
    Tapi sekarang sudah aman damai sejak dilaksanakannya Misi memburu begal oleh warga desa desa setempat.
    *kisah nyata pribadi.

  8. Saya tidak takut begal karena umur rata2 begal itu anak smp, sma dan pengangguran yg kurang kerjaan, jadi ngapain takut begal sih.. Saya aja berani pulang malam hari pas pulang kerja selalu bawa golok dan batu bata, bambu runcing kalau ada begal di jalan saya langsung lawan pakai bambu runcing cukup stroong