Agu 192017
 

Jakarta

London – Duta Besar Indonesia untuk Belgia Yuri Octavian Thamrin mengatakan Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke lima dunia setelah Tiongkok, AS, India, dan Jepang seperti yang disebutkan Pricewaterhousecoopers dalam laporan berjudul “The Long View: How Will the Global Economic Order Change by 2050”.

Hal itu disampaikan Dubes dalam sambutannya pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 yang berlangsung di halaman KBRI Brussel di Avenue de Tervuren, Kamis (17/8).

Sekretaris pertama fungsi pensosbud KBRI Brusel Ance Maylany kepada Antara London, Jumat, 18/8/2017 mengatakan upacara Peringatan HUT ke – 72 RI di Belgia diikuti ratusan WNI, diaspora Indonesia dan warga Belgia.

Lebih lanjut Dubes Yuri menyampaikan bahwa di usia ke-72 tahun, bangsa Indonesia mempunyai modalitas yang lebih dari cukup, untuk tidak hanya melangkah, tetapi juga melompat dan melesat maju, menuju masa depan yang lebih baik.

Hal itu, ujarnya ditunjang oleh berbagai modalitas riil yang dimiliki antara lain dalam hal demokrasi dan tingkat ekonomi yang baik.

Dalam hal berdemokrasi, tambahnya, hasil penelitian Economist Intelligence Unit 2016 menyebutkan pada 2016, Indeks Demokrasi Indonesia berhasil meraih peringkat 48, terbaik di ASEAN. Indonesia dikategorikan sebagai Flawed Democracy, bersama Jepang, Korea Selatan, dan India.

Dikatakannya modalitas yang tak kalah penting adalah jumlah kelas menengah yang signifikan dan terus bertambah seiring dengan bonus demografi yang sedang dan akan kita nikmati.

Dalam 15 tahun terakhir, PDB Indonesia meningkat dari sekitar 1000 triliun rupiah, menjadi sekitar 10 ribu triliun. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi ke-16 dunia, sejajar dengan negara G-20.

Upacara peringatan kemerdekaan RI di Brussel setiap tahunnya diadakan sebagai upaya mengingat kembali pembacaan teks proklamasi dilakukan Ir. Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur no. 56 Jakarta 17 Agustus 1945. Upacara HUT RI ke-72 juga dimeriahkan dengan penampilan aubade anak Indonesia menyanyikan lagu-lagu kemerdekaan 17 Agustus, Bendera Merah Putih dan Naik Delman. Antara.

jakartagreater.com

  25 Responses to “Indonesia Diprediksi Jadi Raksasa Ekonomi ke-5 Dunia”

  1.  

    Economy power

  2.  

    Hore pertamina

  3.  

    ya jgn terlena dl, jgn selalu sennag jika dipuji, krn negara kita jg banyak masalahnya…jd hrs ttp waspada, siaga dan mawas diri..intinya jgn terlena jika diouji2 bangsa lain….jalani aja hidup ini, easy going n stay cool….

  4.  

    Kalau ajaa parlemen kita nggak bobrok macam ini, pasti lebih cepet jadi Negara dengan ekonomi kuat

  5.  

    horeee ane ikutan pertamini

  6.  

    Dgn syarat kita tetap bersatu dan tdk terpecah belah agar RI bs aman dan tentram untuk bs berbuat terbaik bagi bangsa dan negara!

  7.  

    Dpr harus bela negara dulu saya gk yakin sama dpr

  8.  

    Gmana ya. Kalau lembaga internasional seperti Kap PWC. Kap DLLOYD yang ngomong seperti itu saya 90% yakin.

    Nah ini data kajian EIU dbayar pemerintah mungkin tujuan nya untuk skdar mnarik minat investor doank.

    Atau kalau yg berbicara itu bung TN.PHD si ahli hitung baru sy percaya heheee

  9.  

    jangan pernah terlena dengan sanjungan dan tepuk tangan luar negeri. Bahwasannya mereka tidak rela Indonesia maju. Pondasi majunya Indonesia adalah; peningkatan sektor Real, kualitas SDM, dan industri tepat guna.

  10.  

    prediksi loh bung” danudah2n benar kelanjutanya juga bermanfaat untuk kemakmuran seluruh rakyat indonisia jika memang terbukti benar masuk 5 besar ..

  11.  

    amin..

  12.  

    Percaya kok klo bakalan jadi ekonomi 5 besar dunia,asal ga mnta gedung baru karna miring :v

  13.  

    Lunasi dl utngny br mkir jd kekuatan ekonomi

  14.  

    Gak usah diributkan..di tahun 2050 rata” yg coment dsini dah modar termasuk ane..