Oct 042016
 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan melakukan serangkaian latihan militer skala besar yang akan melibatkan semua (tiga) Angkatan di wilayah Natuna Kepulauan di Laut Cina Selatan, ujar sumber di markas TNI kepada IHS Jane.

Latihan dari tanggal 6 Oktober akan dimulai dengan latihan perang yang melibatkan Angkatan Udara Indonesia (Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Udara ini, atau TNI-AU), melibatkan: jet tempur, pesawat angkut, helikopter utilitas, dan pasukan khusus darat dalam latihan dengan nama ‘Angkasa Yudha ‘.

Latihan akan mensimulasikan serangan udara dan perebutan kembali landasan pacu, dan akan berlangsung di Pulau Natuna Besar. Pulau ini terletak dekat dengan garis demarkasi nine dashed line yang secara sepihak dinyatakan oleh Beijing sebagai bagian dari wilayahnya. Angkasa Yudha awalnya direncanakan berlangsung di pulau Belitung, di Sumatera Timur, tetapi telah dipindahkan ke wilayah kepulauan Natuna karena alasan yang belum secara resmi dijelaskan.

Serial udara akan diikuti oleh pengulangan Latihan ‘Armada Jaya’, yang berlangsung pada awal September 2016. Latihan seperti Armada Jaya, juga akan dilakukan di dalam dan sekitar perairan wilayah Kepulauan Natuna.

IHS Jane berkeyakinan bahwa Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah memerintahkan untuk mengulangi latihan ‘Armada Jaya’ setelah upaya untuk meluncurkan rudal anti-kapal buatan Cina C-705, mengalami kegagalan.

Untuk latihan ulang ini, Angkatan Laut Indonesia (Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Laut, atau TNI-AL) akan mencoba untuk meluncurkan rudal anti kapal C-802, yang juga telah diperoleh dari China, yang akan diluncurkan dari KRI Layang (805), KRI Todak class.

Latihan Ini akan diikuti oleh latihan darat yang akan dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia di pulau yang sama.

Janes.com

  56 Responses to “Indonesia Gelar Latihan Perang Terbesar di Laut China Selatan”

  1. Berlatih berlatih berlatih dan selalu siaga jika sewaktu-waktu harus bertempur siap melawan musuh dari mana pun!

    • hidup indonesia…negara kita pamerkan kekuatan tiga matra..indonesia semakin jaya.

      negara jiran malah pamerkan celana dalam…ayo capa yg mau beli 10rb tiga 10rb tiga…ayo di obral..

    • @ Megakarti, kamu berani menghina presiden NKRI ya…..dasar anak pelac**……kamu menyamakan presidan kami dengan binat**g.

  2. Luar biasa..
    GO Indonesia

  3. Siaappp

  4. Siiaaapp

  5. Awas kena serangan Jantung Panglima, bila melihat gagalnya rudal c-802 sama dengan rudal c-705

  6. Kami memang bukanlah yg terbesar, tapi kami M E M A T I K A N ..Bismillah…

  7. ..IHS Jane berkeyakinan bahwa Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah memerintahkan untuk mengulangi latihan ‘Armada Jaya’ setelah upaya untuk meluncurkan rudal anti-kapal buatan Cina C-705, mengalami kegagalan…

    mengulangi latihan ‘Armada Jaya’, berarti ada pengeluaran tak terduga yang besar

    gpp pak untuk kesiapan tempur TNI, cancel aja parade..

    alay ? kagak usah dipikirin, entar juga mingkem sendiri…

  8. Biasa klou kasus delay senjata.baik di Rusia maupun di Korsel bahkan amirika juga sama…latihan besar Armada jaya pun bermaksud TNi menunjukkan kekuatan pada tetangga yang resek aj.
    Beloem senjata yang tersembunyi
    Loo….wkwkwkw…koyoto santet,leak,dll heheheh

  9. Tuh kaaan apa kubilang tadi malam di artikel wayang…

    Bahwa ada parade alutsista sesungguhnya di Natuna mulai tanggal 6 Oktober yaitu latihan terbesar 3 matra, AU dulu disusul AL kemudian AD.

    Lebih bagus dana untuk berlatih, berlatih dan terus berlatih daripada mubazir untuk parade saja.

    Siapa yang bakal gemetar ? Yang pasti gemetar itu negara yang wilayahnya dipotong oleh Natuna !

    Xixixixixi

  10. Klou kapal selam kyknya hanya 2.g mungkin ngeluarin yang gahar….entar heboh lagi thu tetangga…padahal punyak banyak kapal selam canggih sampek di monumenin thu monkasel di surabaya hehehehe…..

  11. bwt tetangga diharap jangan lewat dekat2 natuna ya, soalnya ne latihan pake live ammo
    ntar takutnya mlh jd sasaran tembak tambahan
    he…he…he….

  12. itulah hebatnya TNI, latihan skala besar tak melibatkan tentara asing. karna TNI yakin bisa gebuk para pembobol kedaulatan.. ayo pak tunjukan..

  13. kan kutunggu di youtube…….

  14. ada pesan kpd negara tetangga jgn mcam2 tax amnesti n fir bs kami rebut qlo anda tdk serahkan.
    xixixixiixi

  15. Ga ada gentarnya negara lain…lha yang disengketakan LCS antara RRT dengan sebagian negara ASEAN, lha kita kok malah mengandalkan rudal dari RRT ?? ya ga Ngefek lah…secara RRT pasti punya anti dot nya…kalau sekelas Yakhont/Kalibre atau minimal RBS MK3 baru nendang…

    • Kalo ke singaporn dan malon pasti ngefek om..yakinlah 🙂

    • Betul. Lihat lokasi yg dipilih, lat ini menunjukan pesan pada China yg coba klaim hak kedaulatan/ZEE RI disekitar Kep. Natuna.

    • Ah itu kan sekedar script resmi yg dibeberkan, kalo sutradaranya bilang pensil2 lain yg diuji coba memangnya gak mungkin..?
      Mosok latihan skala besar yg ngabisin duit banyak cuma buat ngetes 1 macam pensil..? Mubazir temennya setan bung…hihihi…
      Pensil SNI moving forward….upsss…

      • 3 matra terlibat?? Padahal ini bukan Latgab TNI…ada apa gerangan..?
        ” eagle one to shark zero five..coming, shark zero five this eagle one..black ship has detected on position bla..bla..bla.. This shark zero five to eagle one ” i’m copy that..confirmed that position…ready to strike..”
        “Alfa Delta to eagle one comin…eagle one this alfa delta..we has detected black flight on cordinates bla..bla..bla..” Alfa delta this eagle one we copy that…ready to chase and scramble..”
        AU AL AD lagi brik brik rojer rojer an….hihihi
        Saatnya ngetes CMS bina tempatan yg ada logo SNI nya
        LEN also moving forward…lanjutken..!

    • justru rudal tiongkok menjadi senjata makan tuan!
      bayangin saja rudal buatan sendiri dpt merobek harga diri majikan bowo bahlul jika melesat menuju sasaran.

  16. denger2 heli nuri milik TUDM mendarat cemas di bangunan sekolahan katanya…..ternyata bs nyungsep jg..

  17. kok judul nya di ” kepulauan laut cina selatan “, bukan nya di natuna latihannya.. berarti dianggap natuna sebagai laut cina selatan dong…

  18. Jadikan cost gard China sasaran tembak biar jd senjata makan tuan

  19. he..he..ini lho pertunjukan wayang yang sebenarnya..mantabsss

  20. ah banyak cakaplah indon

  21. ada berita menarik bendera kebanggaan malaysia di jadikan sempak turis dari australia,ehmmmmm……

  22. TNI memang harus terus latihan militer….agar menjadi TNI yg profesional dan siap tempur…

  23. Harusnya bisa bedakan ceremonial dengan latihan.

  24. Coba ada Rudal yg meleset ke kandang beruk pasti seru

    Wkwkwwwk

  25. INI DIA YANG GUA SUKA…!!!
    Dari pada menghamburkan hanya untuk parade, lebih baik asah kemampuan…
    JIKA ADA YANG KECEWA DENGAN WAYANG DENGAN ALASAN HIBURAN RAKYAT, LEBIH BAIK DATANG KE NATUNA BIAR DI JADIKAN SASARAN RUDAL DARI KETIGA MATRA TNI…!

    hahahahahahahaha… 😀 😀 😀

  26. jujur dlm hati gue,klu setakat alutsista yg hanya segini terus di pamerkan ke china gue jadi ada rasa prihatin ya,
    tapi gue bangga dgn tni ,dgn segalah keterbatasannya tetap berjiwa patriot.

  27. bon pinjam sewa seminggu KS Kilo Vietnam beri nomor lambung 401 dan 402 tampilkan di laut Natuna supaya lebih semangat latihannya

  28. semoga tentara indonesia tetap solid dan semakin maju sehingga tidak diremehkan negara lain http://tehdaduzi.net

  29. Semoga lancar.

    Berharap suatu saat TNI bisa latihan di wilayah paling timur kita, merauke atau jayapura.. Tinggal menunggu waktu saja.

  30. Dirgahayu tni yang ke 71, semoga tni smakin kuat, kompak dan kharismatik …bravooo tni…indonesia jaya selalu

  31. tdk seperti India yg mempunyai pilihan lain, Cina msh menghadapi embargo senjata yg diberlakukan Us & Uni Eropa.

    dngn meluncurkan rudal anti kapal C-802, seperti’a ko sulit d terima akal sehat klo latihan ini sbg bentuk peringatan yg ditujukan kpd Cina.

    pasti ada alasan lain…!!

  32. malon mau tunjukan ke INDONESIA soal latihan dgn inggris, eh malah TNI respon dgn latihan besar besaran di dekat LCS.
    maon jdi bingung..hhhhhh

  33. @zain, komen yang bagus . Like 3x

  34. Hehehe….inilah perayaan HUT TNI yg sebenarnya.merayakan ulang tahunnya sekaligus memamerkan ototnya kepada dunia khususnya kepada tiongkok dan para tetangga yg sok jago dan usil.
    Dan yg paling penting dalam latihan ini adalah penempatan berbagai macam alutsista disana yg disamarkan dengan latihan gabungan ini untuk tdk menimbulkan kehebohan di kawasan.
    “Dengan segala keterbatasan alutsista,Indonesia sdh siap perang”
    BRAVO TNI

  35. Yg menarik adlah TNI selama ini bila melakukan latihan 3 matra slalu berada di dlm wilayahnya ato cental area, kali ini renc ketiga matra mlakukan latihan di wil yg dianggap mnjadi hot spot. Pastinya akan ada alutsista yg slama ini mngkin tdk di tampilkan, sapa tau….di natuna nanti akan di uji cobakan…mgingat eskalasi LCS semakin waktu semakin menarik utk di perhatikan mnjelang 2019/2020…

  36. mudah mudahan alut sistanya ditinggal dan upgrade pangkalan natuna cepat selesai, amin

  37. Meluncurkan rudal buatan china untuk china,ya sama aja bohong,sudah pasti pembuat rudalnya mengetahui cara mengantisipasinya..tapi gak apalah,terus semangat Garda Terdepan Bangsa,Terimakasih sebesar-besarnya kami haturkan kepada beliau2 yang tengah berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI

  38. simulasi perang dan perebutan landasan pacu???APA MAKSUDNYAPEREBUTAN FIR!!!

    http://www.singapoor-of-a-down.com

  39. wowor gemblung, komentar gak mutu.

  40. kalau sampai C 802 juga melempem berarti ampun berat dah

 Leave a Reply