Jul 092017
 

SharpEye™ SBS-800, radar pengawas pantai canggih. © Kelvin Hughes

Pemerintah Indonesia telah memilih varian dari jajaran radar SharpEye™ SBS-800 Upmast X-Band buatan Kelvin Hughes untuk dua pelabuhannya guna memastikan masuk dan keluar yang aman, pengelolaan dan pemantauan kapal, seperti dilansir dari Defense World.

Pelabuhan terbesar kedua di Indonesia, yakni di Surabaya telah memilih radar SharpEye™ SBS-800-2. Pusat distribusi kargo Jawa Timur dan pintu gerbang menuju Kawasan Timur Indonesia, Surabaya diakses dari jalur utara melalui selat Madura sepanjang 25 mil, 100 m lebar dan kedalaman kanal 9,5 m antara Jawa Timur dan Pulau Madura.

Pelabuhan ini memiliki terminal multi-tujuan, penanganan kargo umum, kapal curah, kapal gas, kapal tanker, kapal kontainer, kapal Ro-Ro dan penumpang, kata perusahaan tersebut pada hari Jumat, 7 Juli 2017.

Pelabuhan Bitung saat ini juga sedang dikembangkan sebagai hub internasional dan saat ini menangani kargo curah umum, kapal tanker, kontainer dan kapal pesiar. Terletak di Selat Lembeh, sekitar 50 km sebelah timur kota Manado. Pelabuhan Administrasi Bitung telah memilih radar Pulse Doppler SBS-800-3 dengan keragaman frekuensi.

Sistem radar SharpEye™ SBS-800 dirancang untuk menyesuaikan dengan tipe kemampuan ‘Dasar’ dan ‘Standar’ dari IALA V-128. Dengan teknologi solid-state SharpEye™ yang sudah dipatenkan dan solid, radar tersebut dapat mengirimkan gelombang rendah energi secara terus-menerus yang memungkinkan radar jarak pendek, menengah dan jauh bisa terdeteksi secara bersamaan.

Pengolahan doppler dari radar memberikan informasi yang koheren mengenai kecepatan sasaran dan memungkinkan pendeteksian objek bergerak sangat kecil dan lambat dengan Sumbu Silang Radar (RCS – Radar Cross Section) rendah.

Melalui serangkaian filter elektronika, SharpEye™ SBS-800 mampu membedakan antara target yang diinginkan dengan lautan, hujan maupun riak permukaan. Selain itu, tak butuh magnetron untuk sistem ini, sehingga biaya perawatan akan berkurang secara signifikan.

Kelvin Hughes pun telah dikontrak oleh Boustead Naval Shipyard Malaysia untuk memasok sepasang radar pulse doppler SharpEye™ I-Band (X-Band) dan E/F-Band (S-Band) untuk dipasang pada kapal Second Generation Patrol Vessel (SGPV) Angkatan Laut Malaysia.

Bagikan:

  4 Responses to “Indonesia Gunakan Radar SharpEye™ Canggih”

  1.  

    Bedanya dengan radar militer apa ya? Mohon pencerahan.

  2.  

    :siul

  3.  

    Nah tinggal instal rudal yakhont doang di atas truk tuh….

  4.  

    mana s500 nya

 Leave a Reply