Indonesia ingin Beli Banyak Kapal Selam Kilo

147
267
Kapal Selam Kilo Rusia
Kapal Selam Kilo Rusia

Rabu 22/10/2014. Mengapa Indonesia ingin membeli kapal selam pada saat ini?. Presiden baru Indonesia Joko Widodo sedang mempertimbangkan melanjutkan pembelian kapal selam kelas Kilo Rusia yang dibatalkan awal 2014. Informasi ini dari Voice of Rusia tanggal 21/10/2014 yang mengutip pernyataan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov yang mengumumkannya setelah bertemu dengan Presiden baru Indonesia Joko Widodo.

Mereka juga mempertimbangkan kerjasama di bidang energi di mana perusahaan Rusia akan membangun pabrik di kilang minyak Indonesia, membahas perluasan penyediaan peralatan militer ke Indonesia, yaitu kapal selam proyek 636, seperti yang disampaikan Menteri Denis Manturov.

Namun sumber tidak mengatakan berapa banyak pengadaan kapal selam yang dibahas kedua negara dalam diskusi ini. Tapi, pengadaan kapal selam yang direncanakan Indonesia pada akhir 2013 menunjukkan, kemungkinan besar akan membeli tidak kurang dari 10 unit Kilo 636 Rusia.

Namun sumber tidak mengungkapkan apakah pembelian ini terkait kelanjutan pembicaraan Jakarta dan Moskow yang sempat hendak membeli kapal selam yang telah digunakan oleh Rusia, namun dibatalkan karena tidak ada jaminan kualitas.

Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki armada kapal selam sejak 1967. Indonesia telah menerima banyak kapal selam kelas Whiskey dari Uni Soviet. Pada tahun 1981, Indonesia membeli 2 kapal selam Cakra Type 209 dari Jerman, untuk menggantikan kapal selam Whiskey.

Karena situasi yang tidak stabil di wilayah regional, pada tahun 2012 Indonesia memutuskan untuk membeli lagi 3 tiga kapal selam Chang Bogo dari Korea Selatan senilai 1,07 miliar dolar, dan diharapkan semua dipindahkan secara bertahap ke Indonesia tahun 2015 2016.

Sejauh ini, Indonesia selalu berdiri di luar sengketa teritorial di Laut China Selatan. Namun sekarang, sengketa kedaulatan antara China, Vietnam dan Filipina meningkat di Laut China selatan, sehingga Jakarta terpaksa mengubah strategi militer mereka.

Saat menghadiri konferensi tentang sistem peringatan dini di bidang keamanan maritim di Batam, Kepulauan Riau, awal bulan ini, Kepala Koordinasi Keamanan Laut, Laksamana Madya Albert Mamahit Desi memperingatkan, sengketa teritorial di Laut China Selatan merupakan ancaman nyata, yang cepat atau lambat akan mempengaruhi negara Indonesia. Dia mengatakan bahwa perairan di sekitar Kepulauan Natuna Indonesia tidak secara langsung terkait dengan sengketa Laut Cina Selatan, tapi, tampaknya sengketa itu mendekati daerah Indonesia dan China belum mengklarifikasi pernyataan mengenai zona ekonomi eksklusif Indonesia. Ini jelas merupakan ancaman nyata bagi Indonesia. Masalah menjadi lebih kompleks ketika perselisihan muncul antara negara-negara anggota ASEAN dan China, akan sulit untuk menemukan kesamaan, meskipun solidaritas ASEAN selalu dipertahankan, ujar Desi Albert Mamahit.

Indonesia harus siap menghadapi setiap gerakan dari setiap pihak yang berkepentingan dalam sengketa di Laut China Selatan. (baodatviet.vn).

147 COMMENTS

      • waoooow media vietnam yang ngankat beritanya….
        … Tandanya….
        Vietnam sudah tau kalau RI sudah punya….
        maksud kalimat ini
        “kemungkinan besar akan membeli tidak kurang dari 10 unit Kilo 636 Rusia”

          • Selain berita kasel…yang top justru pembangunan kilang….semoga ruskie tulus support ketahanan energj RI….juga kerjasama metalurgi…..arahnya industri baja…dihulu….hilirnya bisa mengarah ke berbagai struktur hitech rekayasa dr mesin pesawat…sampai material untuk membangun KS…..tawaran yang mantabs

      • Setuju bung Gue.. sy sih merasa bhwa pengadaan kasel jenis apa pun itu sbenarnya sdh berlangsung sejak lama. Mw dari Rusia ato Jerman, dll. Mw dari 206 sampai yg mempunyai balistik itu. Bangsa ini sedang berbenah. Ini saya kira andidot bagi yg usil sebelum bangsa ini benar2 mandiri. Hax berharap semoga pertumtuhan ekonomi ttep terjaga. Sehingga mimpi Majapahit jilid kedua akan terwujud. Semoga!!!

        • Teori sy, semua kawan dan lawan klo ada melihat NKRI skrg dgn presiden baru pasti mempunyai gaya kepemimpinan berbeda dgn pendahulunya. Mereka wait and see…..
          Klo sy melihat tidak ada negara sekeliling indonesia yg berani terang2 menyerang indonesia tanpa bantuan negara adidaya.
          Itu yg dibaca oleh rusia juga mengukur type dari pimpinan baru nkri.

  1. Sepertinya yg mw di ambil bukan lg sekelas kilo lg
    Tp udh naek ke atas kilo
    Klo pun ambil kilo lg bukannya di sini udh ada 2 tipe kilo 877 dan 636
    Klo analisa saya besar kemungkinan ngambil lg sekelas amur ato ke lada mungkin bisa jg ambil yg akula 2…
    Semoga ndan ps nongol dan kasih wejangan nya

  2. Weleh…weleeh…weleeeh…..kalau anggaran masih cukup,jangan cuma 10 pak presiden….jangan cuma yang bekas…dan beli juga nyang lebih gedhe….terus SU 35 nya jangan lupaaa….biar pada gak bisa tidur tuh tetangga yg usil…

  3. mbah tidak setuju dengan kapal selam, sangat sangat tidak setuju,

    mbah ingin kapal perang kelas destroyer 15 unit, fregate 200 unit, dan LHD yang di isi pesawat amerika terbaru yang bisa mumbul berdiri itu, (mbah ngak tau namanya apa itu) pokoknya warnanya hitam legam.

    mbah ini mohon di taati, dan di gugu, karena mbah ini sepuh
    dan mohon jangan meragukan kewibawaan mbah.

  4. Bagaimana kalau ambil seklaian ks U214 yang dibatalkan yunani karena kesulitan ekonomi? Siapa tahu dapat potongan harga seperti pembelian kri Bung tomo Class Lumayan untuk menambah ks hiu kencana kelas medium, kelas berat tetep ambil kilo atau amur class, jumlah jangan tanggung tanggung, minimal total ks kita 12 biji dengan spek medium dan heavy submarine.

    • bung dimitri……….coba dibaca lg artikel yang udah lewat tentang lontong yang ntu…….yang batal di beli sama mbak nani kemaren….pas ke pasar kehabisan duit padahal lontong pesenannya udah jadi buat lebaran……
      rasanya udah ronda di kolam kita deh….ups….kabur ah sebelum kena slepet ndan PS

  5. Mr. Jokowi ingin menjadikan negara indonesia sebagai poros maritim dunia. Semoga ditunjang dengan kekuatan udaranya juga ya, karena udara meliputi luas daratan dan lautan. Aamiin

    Bungkus kacang sukro 35 juga ya mister…

  6. Tak bs Dipungkiri..Ap yg bs mngangkat harkat n martabat Indonesia hngga di segani baik kwn maupn lwn yaitu Dukungn pnuh Militer Uni Soviet ckrg Rusia yg sllu mberikn Alutsista yg gahar n spec sama dg Rusia pnya..Dbndingkn Asu Qta sllu dianktirikn biar bgmnapn sllu bgtu..Hrpn Ane Jgn Lupakn Rusia yg Ats Kjyaan yg prnh Qt Raih..wlaupn Qt Non Blok bukn tdk berarti Netral pasti suatu saat akn mnentukn pilihn dmna Qt brpijak..wait n see.. Mf cm pndpt ank prbtsn kalimntn aja n Siap Slh…

  7. anggaran subsidi BBM indonesia tahun 2015 bisa menjadi IDR300-350 Trilliun ,nah,,,bagaimana kalau subsidi di hapus atau dipotong setengahnya…?,lalu anggaran ini dimasukkan untuk menambah anggaran untuk pertahanan..?
    wih,,beli KS dan sukhoi family-nya om ruski nih,,selain untuk mengembangkan teknologi pertahanan produksi dalam negri 🙂
    maju indonesiaku…!!!

  8. SALUT SAMA PRESIDEN JOKOWI YANG BERUSAHA MELANJUTKAN KEMBALI PEMBELIAN KAPAL SELAM DARI RUSIA, YANG DIBATALKAN AWAL 2014.
    TETAPI Jangan sampai terjadi siaran ulang tentang pembatalan akuisisi KS tsb, harusnya dapat mengambil pelajaran dari alasan2 pembatalan tsb, sehingga rencana akuisisi sekarang ditujukan untuk akuisisi KS baru atau bekas yang masih operasional ( jangan yang sudah jadi bangkai ),

  9. semoga bisa terealisasi :

    =======================
    periode 2014 – 2019
    =======================
    – 016 pesawat tempur sukhoi 34
    – 016 pesawat tempur sukhoi 35
    – 010 kapal selam kilo class
    – 100 BTR 82-AM ( tank amfibi )
    – 063 BMP 3-F ( tank amfibi )
    – 036 BUK M2 ( rudal pertahanan jarak sedang )
    – 100 mobile peluncur rudal yakhont @ 4 tabung … untuk jenis mobile ( darat )

    =======================
    periode 2019 – 2024
    =======================
    – 016 pesawat tempur T-50 Pak Fa
    – 006 kapal selam Amur class
    – 006 kapal selam Lada class
    – 036 S-400 ( rudal pertahanan jarak Jauh )

  10. sekarang saatnya paling tepat untuk meningkatkan hubungan dengan rusia. karena rusia merasa sedikit demi sedikit terpojok karena ulah nato. dan memandang china sebagai rival di masa depan. sedangkan india sudah mulai menoleh ke sisi yang lain. Itulah kans indonesia untuk mendapatkan teknologi tinggi dari rusia. gabungan rusia dan prancis akan membuka jalan integrasi sistem barat dan timur dalam harmoni.

    • Dunia abu-abu memang menarik kalau diulas. Sebab ulasan ataupun alasan apapun pasti menjadi masuk akal. Dan yang release resmi belum tentu menggambarkan kenyataan.

      Dan semoga 10 lontong borey/yassin class benar-benar sliweran di lautan kita beberapa thun mendatang.

      Amin.

      *Kenapa borey/yassin? sebeb berita Hoaxnya Amur udah berselancar nyari kerang dilautan Indonesia.

  11. Menurut saya amat mustahil Ruskie menjual kapal selam Nuklir kayak begitu ke Indonesia AKAN TETAPI Aku percaya Sekarang Indonesia sudah ada 2 Kapal kilo 636 yang berkeliaran di laut Indonesia.
    Tetapi Keren juga sih kalo emang beneran Indonesia Punya kapal selam yang bisa ngegotong Bulava Mah
    AKU Berani jamin China juga Ga akan berani USIK Indonesia kalo emang beneran kayak gitu mah (hahahaha Sambil mikir itu mustahil) 😀 😀 😀

  12. Semoga perekonomian Indonesia makin baik kedepan, Indonesia pny posisi tawar strategis di Asia Tenggara, bagai gadis cantik yg sedang diperebutkan, tawaran berdatangan, jgn terlena, kemandirian Alutsista jg penting, Kasel Rusia (apapun jenisnya) baik untuk jangka pendek, TOT Changbogo untuk jangka panjang, negara bisa beli itu biasa, tp kl negara bisa bikin, itu baru Ruaaarrr Biasa…lbh disegani dan membanggakan…

  13. Kalo Rusia pelit dengan teknologi Kapal Selam Kilonya… Kenapa Indonesia tidak bekerja sama saja dengan iran, mereka kan sudah jago membuat sendiri kapal selam kilo 877 EKM Inilah waktunya pemerintah meningkatkan kerja sama industri pertahanan dengan iran. Siapa tahu selain dibantu membuat kapal selam kilo, Indonesia juga diajari cara membuat BUK ataupun Kornet rasa indonesia (localy content).

LEAVE A REPLY