Aug 202015
 
S-300 air defense system (RIA Novosti / Valeriy Melnikov)

S-300 air defense system (RIA Novosti / Valeriy Melnikov)

Moskow – Kerjasama Indonesia Rusia di bidang militer terus berkembang. Atase Pertahanan RI untuk Rusia, Kolonel (Pnb), Andi Kustoro, mengatakan TNI terus berupaya menyempurnakan alutsista-nya. Salah satunya dengan berupaya memodernisasi kemampuan peralatan tempur.

Menurut Andi, salah satu peralatan tempur yang sudah direncanakan adalah untuk menambah koleksi tank amfibi BMP3F, membeli simulator helikopter untuk Angkatan Darat, serta menjajaki pembelian S-300.

Atase Pertahanan RI untuk Rusia, Andi Kustoro (kanan) saat memberikan keterangan (GATRAnews/Svet Zakharov)

Atase Pertahanan RI untuk Rusia, Andi Kustoro (kanan) saat memberikan keterangan (GATRAnews/Svet Zakharov)

“Saat ini, Indonesia juga sedang berupaya membeli pesawat Sukhoi generasi 4++. Yaitu pesawat tempur serbaguna, supermanuvre, yang juga memiliki kemampuan stealth,” tutur Andi.

Tak hanya itu, kemampuan dan daya juang pesawat tempur Indonesia juga terus ditingkatkan. “Para pilot Sukhoi terus dikirim ke pangkalan udara Rusia di Krasnodar hampir setiap tahun,” katanya.

Gatra.com

  219 Responses to “Indonesia Jajaki Pembelian S-300 Rusia”

  1. Semoga beli aminamin…

  2. Mantap

    • Siapa bilang ga jelas… yg bilang ga jelas kan kita yg awam, yg jejali informasi simpang siur. Tp buat kemenhan dan TNI ya jelas …. gak percaya ? Tunggu brg dateng aja… itu brg pasti datang 2 – 3 thn lagi !

  3. Jngan bekas lg.

  4. Udah dimari hihihi…

  5. pengin tok ra gagian di tuku. kur koar2 tok. kaya sukhoi ya ra anjog2… yuh mbokya langsung tuku ae ja kesuen, bkan mambu barange

  6. Semoga segera terwujud

  7. Wah salah satu brg pesenan om narayana keluar lg ni…cmiiww

  8. Cocok..segera akuisisi.jangan banyak wacana..keburu cia datang n ngrecoki tni…

  9. Bug Nar ternyata benar……….

  10. ..jo omong tok..kesuen

    • Apanya yg benar om??? Bung nar bilang ni barang udah di indonesia 2014, trus 2015 jg ada pengiriman tp kenyataannya indonesia baru berencana mengkaji kemungkinan pembelian s300, jangan mimpi indah terus om!! Yuk kita bangun dan bekerja keras untuk membantu negeri tercinta ini agar menjadi negara yg kuat dan hebat serta sejahtera rakyatnya. Mari berkontribusi sesuai dg bidang kita masing2. Bangun dan selamat bekerja. Salam.

      • Ini adalah model strategi nya ..tidak mungkin barang seperti ini di umumkan? apa anda tau USA mempublikasikan seluruh senjatanya? AUSTRALIA? mALAYSIA? vIETNAM? cHINA? tHAILAND? ini masalah doktrin militer mas laskar santri…doktrin militer kita pula yang meraahasiakan pesawat A4 Skyhawk juga di beli dari Israel. Apakah anda tidak aneh melihat KRI CAKRA dan KRI NANGGALA itu masih beroperasi sampai sekarang?

      • @ Bung Laskar Santri
        Sangat setuju bung, mari kita berjuang bersama-sama sesuai dgn keterampilan kta masing-masing untuk membangun negeri ini sy yakin kontribusi yg kta lakukan walaupun tdk besar akan sangat membantu kejuan negeri kta tercinta…..
        salam bung Laskar Santri

      • maaf maksud sy kemajuan negeri kta tercinta……

      • le kamu belajar ngaji aja sono…….yaaaaa
        urusan gini urusannya orang dewasa n orang yg cerdas
        udah kamu blajar ngaji aja yo……

        • @ Bung Blackdevil
          Sya kutip komentar anda “urusan gini urusan orang dewasa n orang yg cerdas”
          Berarti scara tdak langsung anda mengklaim diri anda cerdas, kalau bgitu boleh donk sya bertanya maklum msh newbee….
          Apakah dalam MEF restra II ada rencana pemerintah untuk mengakuisisi sistem pertahanan jarak jauh??? (misalnya S300, Patriot, NASSAM dll), kemudian jika kta jadi membeli S300 bagaimana caranya mengintegrasikan dgn ground radar kta yg berbasiskan nato serta dgn pesawat tempur kta yg sbagian besar berasal dari block barat?? (F 16 block 15 OCU, F16 setara block 52ID, T50 Golden Eagle, Hawk 109/209 dan Super Tucano)…..
          untk sementara itu dlu mohon ditanggapi salam

        • Bung Y4M4…jika – saya ulang – jika memang ada alatnya untuk integrasi alutsista tsb yang sudah dipunyai / dikembangkan oleh RI, apa perlu bikin pengumuman sih ? Saya rasa nggak perlu bikin pengumuman lho…biarin aja pihak asing atau bahkan rakyat RI sendiri termasuk bung Y4M4 dan saya merasa kebingungan…karena apalah arti saya dan apalah arti bung Y4M4 …yang penting bisa bikin bingung itulah deterrent sesungguhnya…betul ?

        • Bung PHd ternyata tidak hanya bisa ngitung aja. He..he..he..!

        • maaf bung@yama agak terlambat responnya…
          maap soal orang dewasa dan cerdas,ane geram aja ama Bung @santri,seakan akan kita ni cmn bisa bermimpi yg selalu menjadi mimpi.bukan bermimpi yg bisa menjadi kenyataan.
          soal pertanyaan mu sdh di jawab ama bung@Phd…
          dari saya bung@yama,,,,ada yg di publish untuk konsumsi masyarakat awam dan ada juga yg tdk.
          salam bung….

        • @ Bung Blackdevil
          Perlu kta sadari bersama bahwasanya status kta disini adalah sama-sama belajar, menambah wawasan mengenai dunia militer, saling melengkapi kekurangan masing-masing serta memupuk dan meningkatkan rasa Nasionalisme terhadap negara kta tercinta. Berbeda “keyakinan” menurut sya itu sah-sah saja, namun hendaknya dlam berdiskusi selalu mengedepankan sopan santun, etika, tata bahasa dan intelektualitas tdak elok rasanya jika kta saling menghujat satu sama lain, tdk ad untungnya sama sekali. Hati boleh panas namun kepala harus tetap dingin…
          Mari kta bersama-sama membangun forum ini khususnya menjadi lebih baik lagi……
          maaf jika ada kata-kata sy sblumnya yg menyinggung perasaan anda, tdk sdikitpun ada niat sy untuk melakukannya…..

  11. Rusia fansboy mana ?
    yonhap mana ?
    🙂

  12. Para Pilot Sukhoi terus dikirim ke pangkalan udara Rusia di Krasnodar hampir setiap tahun….

    Kalau terus dikirim hampir setiap tahun pasti tidak akan buang waktu dan dana dengan sia-sia…artinya pasti bxlx lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi….

    • itu pasti.. ngapain tiap tahun belajar. kl0 ga ada gunanya.ngapai yg buat patroli selalu sukhoi klo ga bnyak pesawatny. brati f16. sama sukhoi bisa ketebak bnyak mana.

    • Bung phd…minta tolong dong…tiap ada berita selalu sukhoi yng meronda,,,,bisa gak ya klipingin sukhoi tail number berapa aja yg selalu ngeronda..sering baca jkgr kata nya jam terbang untuk mesin sukhoi pendekpendek……klo terus ngeronda tu sukhoi…kira kira berapa tahun lagi ya tu sukhoi bongkar mesin…mohon maaf & terima kasih..semoga berkenan…

    • Setahu saya pilot sukhoi kita belakangan belajarnya pakai simulator sukhoi di Cina. Kalau ada yg belajar di Russia berarti belajar utk jadi pilot pesawat yg blm ada simulatornya alias pesawat Sukhoi terbaru…….jadi……….hehe…

    • @ Bung Tukang Ngitung, P.hD.
      Maaf pindah kesini, komentar anda di atas entah knapa tdak bsa di reply di hp sy……
      Menurut sy pengumuman/publikasi terhadap alutsista yg kta buat itu perlu tpi Terbatas, karena walau bagaimanapun uang/dana yg digunakan untuk penelitian/riset adalah uang rakyat(uang sy, anda dan rakyat Indonesia yg kta byar dalam bentuk pajak setiap tahunnya) jdi sdh sewajarnya pengumuman/publikasi diperlukan sbagai bentuk pertanggung jawaban terhadap uang/dana yg telah digunakan. Itulah mengapa akhir-akhir ini ada begitu banyak informasi mengenai perkembangan dari proyek alutsista yg sdang kta kerjakan sperti: proyek kapal selam Improved Changbogo, proyek PKR 10514, Medium tank Pindad dan lain sbagainya……
      Selebihnya sy stuju dgn anda mengenai kemandirian alutsista merupakan salah satu detterence factor, pihak luar tdak akan tahu dan mencoba meraba-raba mengenai kemampuan alutsista yg kta buat, brapa jumlahnya serta senjata apa saja yg diinstal dlm platform alutsista yg kta buat…..
      salam

  13. Aku yakin,di dekade ini, , , sudah dapat di tebak jauh2 hari. . . Pasti kebungkus. . . Amin

  14. Makin terlihat jelas. Mana yang HOAX mana yang TIDAK. Ternyata yang selama ini teriak-teriak HOAX HOEX ternyata dia yang HOAX. Entah apa motifasinya, Apakah tidak ingin melihat Indonesia kuat….??? wk..k..k…k…

  15. Horree..sukurlah. tp bener ya jadi..jgn omdo

  16. Nah jelas membenarkan info2 terdahulu, terutama pengiriman penerbang Tni au tk blajar di rusia setiap tahun.

  17. Udeh ambil aja tuh barang, ntar di sangka omdo

  18. Sukhoi super manuvre kemampuan stealh..hmmm….Te 50 pf…hmmm….hmmm…?? oke bungkus ! jgn lupa potlotnya jgn sampe ketinggalan.

  19. Baguus kalo suka bungkus sj. Tp sy kira takkan mudah indonesia membawa pulang alutsista rusia. Banyak godaan dan tekanan dari barat.

    • Iya , menurut saya Barat ( west ) dimotori ASU sangat frustasi Indonesia banyak membeli alutsista timur , antara lain di ancurin mata uang RI dan dilemahkan , dan lain lain , proxy war, isu destabilitasi , propaganda pers dalam negeri dengan dibantu tangan asing , Election , rohingnya , DLL

      demikian analisa saya

      • yang perlu diwaspadai adalah gerakan intelijen yang berniat menghancurkan industri pariwisata indonesia dg sabotase pesawat terbang yg sedang terbang, sabotase angkutan darat. dsb. karena mereka tahu industri pariwisata paling berperan paling penting dalam menghasilkan dollar dan mata uang keras lainnya.
        Malaysia telah memelopori sabotase industri pariswisata indonesia sejak 2005 an…dg bom bali ….dg kasus bom bali dan bom2 lainnya oleh intelijen nya (dr. azhahri, nurdin mohamad top cs, dan para muridnya imam samodra, hambali, dll ).

        sudah nonton belum film Rogue nation MI 5?

  20. oiya izin nanya Pak Atase,apa instruktur rusianya sdh faseh brbahasa inggris blom ya..jgn spt dulu,kudu bawa kamus bahasa indonesia-inggris,inggris-russia..ribet pak..hehe…maaf pak ya..

    • Bung arya jawa @ yakiin tuh kerjaan si malon,, bkn kerjaan si singaprok…??
      Hihihi…
      Coba aja gaungin batam bakal di buat menyaingi singaprok,, FIR akn di rebut paksa kembali dll…
      Tak jamin bakal banyak teror di negri ini… Haha

  21. Yg namanye “LONTONG SEKILO HARGANYE 300” udah naek sekarang jadi 400 itu sih barang & harga lama..yg jualnye nye aje “MPOK ASTUTI” sekarang dah pindah rumah..abis disono dingin katenye, tanya aje sama tetangganye MAS “SU.TELI” ( su.telulimo ) nyang lagi ngeronda di pos ronda sering nguber maling diwilayahnye….hehe..

    …..NKRI HARGA MATI….

  22. Wah kayaknya 180 biji jadi kenyataan tuch sukhoi…?

  23. ayo gertak2an ma ausi kita kmarin ditekan lewat “sapi” skarang kita tekan mereka dgn “rencana” pembelian s300 n pakfa, lha wong kita rencana beli su 35 aja ausi dah blingsatan apa lagi pakfa, bisa kejang2 trus nggletak mulutnya berbusa, (ayan mode on),

  24. Hahaha..bung Is Bek..ga ape ape kardusnye gambar lontong 300 biji yg penting isinye ntuh…bisa lebih ga boleh kurang..

  25. beli S 400 dong kan S 300 sdh mo ngak diproduksi lagi mending sekalian yg mutakhir S400…

  26. Jika terwujud, niscaya indonesia menjadi panutan dunia

  27. Dengan ini saya menjamin S 300 ala WJKR Akan di banjir artikel. ha…ha…ha…ha….
    selamat kepada Admin

  28. Sudah ada 2 baterai

  29. Wait and see sajalah krn pemerintah yg sekarang masih fokus utk peningkatan kesejahteraan prajurit…klo soal postur alutsista juga belun jelas oleh pemerintah yg skrng mo ditambah apa? krn yg ada dlm 10 bulan ini hanya sebatas wacana, rencana saja soal mo beli ini beli itu…belum ada kontrak baru yg ditandatanganin soal alutsista baru(gak tau ya klo soal yg ghoib) krn masih meneruskan program yg lalu

    • TAun 1930-an rusia sama barat dah pd pinter bikin pesawat tempur, INDONESIA 2015 blom bisa= ketinggalan 85 taun,,
      Akhir 2018 (rencana) f16 amerika dah tidak d produksi lg,, INDONESIA wacana maw memproduksi pswat baling2 bambu.
      2015 s300 rusia dah tak produksi lg, INDONESIA??? baru uji coba roket Rhan 122(23km) ketinggalan jauh lg.
      Baru bs bikin panser saja dah komenya pd sombong, seakan2 dah jd negara adidaya 3 besar dunia. Maw sampai kapan kita cuma ngandelin peneliti dlm negri terus??? Negara kita bs betul2 kuat kalau sgala alutsistanya produck dlm negri sndiri. Klw belum bs??? Beli tot dr luar negri, kalaw tak mau,, jadikan negara kita basis produksi pesawat mreka. Maw barat maw timur terserah asal pabriknya ada d atas tanah kita. jngn cuma beli dan beli mister.. capek bayar pajakny.

  30. Berita yg sangat indah spt dapat berita dapat kenaikan gaji…semoga ekonomi sgr membaik agar bs belanja Alutsista sangar2, pertimbangan kekuatan di ASEAN is Bullshit

  31. Keren.. Sekalian ToT rudal nya diborong…

  32. hura… clue bung nara benar semua dh dibayar lunas jangankan s 300 es patangatus sdh dimari setahun lalu

    • Kalau memang benar, kita semua akan cukup bangga…. Kalau pun belum mari kita berkarya… mimpinya sebagai motivasi, tapi karyanya harus nyata.

  33. siiip

  34. Rong percoyo nek durong tanda tangan kontrak,

  35. Ngapain juga sopir pugachev pada test drive tiap tahun di rusia kalo layangannya cuman 1 ska. Emang instruktur lokal nggak mampu? Emang nggak ngabisin anggaran? Duite sopo? Emang indonesia miskin? Percaya kan?

  36. klo menurut ane lebih baik beli s400 atau rudal buk versi baru aja, klo s300 mungkin beberapa tahun lg tehnologi.a udah usang harus di upgrade jd pada akhir.a sama2 mahal

  37. Suit suiitt

  38. semoga cepat terkabul doa para warjagers……

  39. Sebenarnya apa sih alasan/faktor yg menyebabkan indonesia blum juga memiliki rudah pertahanan jarak menengah & jauh?
    Apakah uang?
    (Saya rasa tidak)
    Menjaga stabilitas kawasan?
    (omong kosong)
    Atau mengikuti aturan yang dilakukan oleh negara lain trhadap indonesia? Apa yang boleh dimiliki & apa yang tidak ?
    Kalau memang sudh punya knapa hrs disembunyikan? Pffftt

    Kampret!!

    • saya jawab yang terkahir ya bung

      untuk rahasia , tentu saja … bahkan untuk tertutup diketahui oleh warga Ri sendiri ,
      percayalah bung , suatu negeri sering pamerin ini dan itu adalah untuk gertak sambal saja ke Negara lain karena aslinya manpowernya hanya teruji dibalik simulator , bukan militan ( beda donk dengan RI )
      kekuatan power deterent adalah kekautan tersembunyi yang bisa memungkinkan negar lain berpikir , bukan untuk ditampilkan …

  40. Emang keluarga eS cendol ini bs buat warga warjag kehausan, ayo cpt diangkut … kalo perlu yg lbh gede dibungkus sekalian hehehe …

  41. juegeerrr…..jika ausie mendengar kabar ini pasti kaya d sambar petir d siang bolong…d aminkan aja lah..

    • DSD,JINDALLE , F-35 free to air, penempatan bomber AS di Darwin
      selalu aktif dan aktif ,
      ini jawaban buat RI

      RI menjawab : bulava/ skval ( versi bung ps ) , Yakhont type silo , paus, Angin ribut DLL

      ASu dll : menjebak Lewt MEA , FPDA
      RI : Lupakan MEA , masuk MSG ….
      ASU kartu truf : US dollar dibuat kuat dan mereka piker ( rasain tuh , g bisa beli apa-apa )
      RI : Sdh melalukan counter trade , Melirik BRICKS , mematikan dominasi US di dlm neger, menganjurkan tranksaksi rupiah ( ada sanksinya )

  42. mantap.. buat nakut2in australi…

    • Ditambah pada saat latihan bareng us force kget sma performance marinir kita..juara di perlombaan bergengsi..kopasus yg tembus hutan perawan irian waktu evakuasi trigana dng waktu kilat dan sukses basarnas yg diotaki TNI..
      Itu semua bagian dari STATE DEterent effect yg sngt efektif dan bkin tetangga mikir buat isengin nkri

  43. sudah berpuluh tahun kita kerjasama dengan barat dan hasilnya mereka selalu mengancam dengan yg namanya pemutusan kerjasama pertahanan dan istilah yg top embargo. terakhir sewaktu warga negara perancis mau di hukum mati ancaman dari peranci khan spt itu….pemutusan kerjasama militer…memang harus diakaui banyak peralatan perang yg kita punya dari negara itu. oleh karena itu keseimbangan kepemilikan alutsita timur dan barat harus lebih dikedepankan, agar jika kelak ada masalah dengan salah satu nya kita masih dapat menggunakannya bahkan punya daua tawar yg masih tinggi….

    • untuk yang perancis , spertinya iya bung , … hanya dibuat disinformasi seolah-olah PK ( peninjauan kembali ) kurang lengkaplah pengajuan putusan hakim , tidak kuat bukti-bukti….
      sebagai gantinya Indonesia (mungkin ) minta kerja sama alutsista perancis ( thales ) diperkuat …
      sama sama tidak mengumbar berita untuk hal ini , bisa jadi pula kasus mistral pesanan sesuai clue menjadikan bargaining power perancis

      dulu sebelum di eksekusi , hollande mengancam akan membeberkan kerja sama kerja sama militer dengan RI

      Demikian analisa saya

  44. Pespur Kemampuan stealth ..????
    T50 Pakfa …

  45. siip………. semoga pembelian 100 BMP 3f + 100 yakont + 2 ks lada + 16 sukhoi 35 deal akhir tahun ini ……….

  46. Sudah wajib kita punya koleksi ni barang; Pansir, Buk-M3, S 300/400/500, S Club, Tpdg Korut, Radar2 canggih, satelit militer dll, jaya selalu NKRI.

  47. indonesia bakal mnjadi kekuatan yg superior baik udara,darat dan laut,,woww,,,!! s300 coba lihat spesifikasi rudal ini,,pasti para pilot akan merinding klo trbang di atas indonesia,,

  48. jika pembelian S-300 atau bahkan S-400 terwujud maka ini akan membuktikan bahwa pemerintah RI tidak bisa ditekan, diancam dan diatur-atur oleh negara lain terutama di bidang militer

  49. AKu tak nyimak karo meneng bae haha

  50. Senjata rusia ko’ ke AU n AL ya? AD gak ngiler iskander missile ta..? Hehehehe

  51. Ikut berdoa aja semoga cepat nongol di RI.

  52. wah saya sering banget ni di PHP in kyk begini

    hahahaha

  53. kalo sampe ke beli kanankiri pasti berkerigat….sabotase politik pasti meningkat

  54. Ikutan bung bp ah,meneng karo sarapan pecel(diam sambil sarapan pecel)uuuenak

    • bung @iskar…..masih banyak warjager yg miskin akan info ini,tolong kalau makan pecelnya berbagi dgn warjager yg miskin bung……..clunya……???????

  55. mosok to ms,

  56. mosok to ms, hehehe

  57. amiinn yaa rabb..
    smoga jd knyataann..
    emang sudah smstinya..
    smga mef cpat terrealisasi..

  58. Katanya S-300 sudah ada dimari ( sudah dibayar lunas ) …………… ???
    Simulator heli untuk AD, memang punya berapa heli buatan rusia ………….. ???

    • Mil Mi-17 Hip-H Rusia Helikopter serang ringan dan transpor Mi-17V5 12
      Mil Mi-35 Hind Rusia Helikopter serang Mi-35 Hind-F 5

      total:17

      seperti kita main gado2 melihat politik,cm benar kalo dilhat posisi sekarang politik(ditangan pemerintah)akhir bisa batal,tapi kalo sudah dibayar+sign artinya barang dikirim kapan2 saja heheheehehe

      salam damai selalu

  59. yang penting rusia

  60. Indonesia cukup Diam Diam, Kalem, Tenang, Senyap dan Mematikan akuisisi alutsista dari Rusia untuk antidot barat Cs. Publikasi satu per satu untuk akhiri perjanjian alutsista rahasia.

  61. Banyak wacana dan rencana, tapi nihil realisasinya. SU-35 saja gak jelas pengadaannya….terlalu banyak pertimbangan jadi nol dalam perjalanannya.

  62. DAMN, i LOVE INDONESIA..!
    MERDEKA !!

  63. NATO membujuk amerika keinginan alutsista TNI. Eropa rayu PT DI dan Pemerintah RI akan pindahkan pabrik pespur ke Indonesia. Negara FPDA sakit kepala meriang gelisah resah mata kunang kunang denger TNI beli SU 35 S300 PAKFA. MERDEKAAA….

    • so pasti itu negara tetangga pade meriang kya mendengar suara petir di siang bolong,,,,, s-300 gitu lo, aku juga yakin s-400 juga pasti di beli sesuai list yang bertebaran cma yang di publikasikan hanya pembelian s – 300 biar tetangga g’ pade demam ora iso turu he he he , kan rusia yang nawarin duluan ,,,,

  64. Banyak wacana dan rencana, tapi nihil realisasinya. SU-35 saja gak jelas pengadaannya….terlalu banyak pertimbangan jadi nol dalam menjalankan.

  65. SU 35 TNI AU ga jelas saja dunia barat Cs sudah meriang. F35 Australia dan Singapor saja belum bereaksi terobos NKRI.

  66. Kalo cuma menjajaki mana bisa menjadi penggetar, paling juga penggeli ……… !!!
    , beruk juga pada ketawa, bukan nya pada takut ………… !!!

  67. bung @bp: Masak harus ada rahasia diantara kita 😛
    terkadang saya membayangkan kekuatan tni itu seperti angin tak terlihat namun bisa dirasakan. Tapi dari serangkaian peristiwa yg mengusik kedaulatan nkri menjadi tanda tanya buat saya alutsista apa yang telah dimiliki oleh tni selama ini

  68. Negara lain yg takut/keberatan jika indonesia punya s300 berarti negara itu punya niat menyerang/menjajah indonesia

  69. lah bukannya kita dah punya ‘.’waktu peluncuran satelit militer di papua .ada drone yg coba ganggu langsung di sikat sama buk setelah itu pes hornet lgi lgi coba ganggu langsung di gebuk sama s300…saya lupa baca di mana ,,,,kayanya artikel bung ketut deh.

  70. bung @bukan fansboy: Masak harus ada rahasia diantara kita 😛
    terkadang saya membayangkan kekuatan tni itu seperti angin tak terlihat namun bisa dirasakan. Tapi dari serangkaian peristiwa yg mengusik kedaulatan nkri menjadi tanda tanya buat saya alutsista apa yang telah dimiliki oleh tni selama ini

    • Ane sendiri jg pengin saja buka bukaan , cuman yaaa itu TNI sendiri dan pemerintah aneh , minta rahasia rahasiaan ….
      sebetulnya kalau emang diganggu sekadar tapal batas , yaa tidak mungkin lah kita tampilin apalagi balas pula ,
      kita masih memakai politik ber-etika (kayaknya )
      saya baca artikel-2 JKGR lama , kisah tj datuk pun akhirnya si cocor bebek jg dikluarin selain pasunya
      untuk menakut-nakuti ….
      kalau si paus main Ping , kalau si cocor main ” bleyer ” itu yang membuat Meley ikuti saran membogkar tj datuk asal, TNI disuruh menjauh dari lokasi ketika proses pembongkaran

      tidak ada lagi kasus Bawean , yg mana armada us lewat seenaknya
      setiap lewat ALKI mereka ijin TNi dahulu … dan mematikan radar AESA-nya
      setiap ALKI hampir status ” Sealed Off ”

      Artikel beberapa terakhir KS US yang singgah di subic , melukiskan setidaknya tidak membuat kawasan gempar , ukuran KS sama bobotnya dengan salah satu pemilik KS serupa di Asia tenggara
      ditanya Negara mana .. mereka tak menjawab …

      tidak hanya KS yang menjaga di titik terluar , ranjau -ranjau buatan TNI AL ( fasharkan kalau g salah )
      dipasang di titiktitik tertentu , mungkin ini yang dinamakan sealed off

      semua keterangan berdasarkan artikel-2 terdhulu , silakan dicari
      dan bahkan bila beruntung ada satu artikel sedikit membuka penjelasan tentanag pertahanan titik
      ( kalau tak salah pula itu bahasan NR,Jalo,satrio,PS ada .. NS, Wermarcht )

      Salam

  71. btw..ane caro cari artikel bung narayana yg memuat info alutsista ghaib dmana ya ? lupa neh bantuin dunk

  72. Orang afrika aja sudah pake s500 kita s300 mikir2 ya ..

  73. menurut saya agak susah bung yg 400an walau nyempil jg bung
    suriah iran saja beli yg standar(tetap battle proven) saja produknya
    maunya RI seperti vietnam borong su30

  74. Beliau yg berbicara di artikel di atas adalah seorang Kolonel Penerbang TNI AU dan dipilih sbg atase pertahanan RI utk Rusia, bukan orang sembarangan.
    pesawat gen. 4++ adlh su35. knapa msih pada ragu??

  75. Ciri khas jkgr dibalikin lagi bung diego…kaga enak banget kena mata ..jadi males baca sama komen…dah ga usah diganti tampilan khas jkgr…ane dah lama & terbiasa dg tampilan yg lawas..Ane harap bung diego balikin tampilan yg lamanye…trims bung diego..!!!

  76. Memang lebih baik, langsung beli S400 daripada S300, nanggung.
    Mengapa? S300 itu rudalnya hanya 1 jenis, khusus untuk jarak jauh. Jadi perlu dilengkapi lagi dengan Buk dan Pantsir utk jarak pendek-menengah.

    Sedangkan S400 rudalnya ada 3 macam, utk jarak pendek, menengah sampai jauh, nggak perlu lagi Buk dan Pantsir. Selain itu radarnya lebih mampu deteksi siluman, dan bisa dipasangkan dengan radar pasif.

  77. Jgn koar2 tr ttngga nangis lg mkirin mo bli ngk pnya duit..heehehe
    salam kenal smuany

  78. Waah ketinggalan..ternyata pd nongkrong di sini..
    Absen sj deehh..

  79. Tak boleh ada dusta di antara kita..

  80. Ente ngomong ape bang? Hahaha… 300 emang jadul, gosipnye ”LONTONG SEKILO HARGA 300” mreka mau diganti rasa, yg lama emang buat lari maraton.. yg baru cukup buat lari cepat jarak 120meter ntu namanye ”LONTONG SEKILO HARGA 350 Extra”, mungkin yg lame harga 300 ntuh bakal dipoles dikit trus dijual bang, lumayan lah buat nambah modal…. :v

    • Asal abang tau, ”LONTONG SEKILO HARGA 350 EXTRA” ntuh isinya lbih bnyak…yg harga 300 cuma isi 4, tp kalo yg harga 350Extra nih bisa dapet selusin (12)…lumayan lah bang buat rujak.an ma tetangga yg sering mondar-mandir depan pintu… :v

  81. cuma bisa bilang wooooww aja ane gan…!! semoga secepatnya terealisasi. amiin ya raaabb..

    :::::::::::::::::::::: jayalah indonesia ::::::::::::::::::::::::::

  82. Untk anda yg msih ragu dngn alutsista tni yg drhasiakan jwabannya pda dri anda.. apkah anda pnya rhasia dlam dri anda? Knpa rhasia anda tdak anda ungkapkan k publik? Itu jwaban mngpa ada alutsista rhasia…sya asli Trenggalek apa anda tau klau d dsni ada bunker TNI sebesar bukit.. nama tmpt desanya SONDE klau anda liat d google gag bklan ktmu tp klau anda tnya k saudra anda yg TNI yg dinas d jatim bakalan tau tmpt ini… klo d liat dari citra satelit akan mncul bukit n pohon.. dsni kalau untuk mnyimpan 500-1000 rdal yankhort pun ckup.. klau anda tdak prcya silahkan dtang sya tunjukkan tmptnya.. Bravo TNI.. bunker d jatim cuma ada d madiun surabaya n trenggalek..

    • Mas Silent , sudah mas jangan dibabar … biarkan antara goib dan realistis biar sejalan .
      untuk rahasi kita juga meng-amini kok

      cukup aja infonya ….

      Lagian sampean apa sudah ijin sama para sniper , itu lho idnya milik salah satu moto sniper

      SILENT & DEADLY
      Disamping …. One Shot one Kill

      • klo semua rahasia pribadi kita di ungkap, bisa2 kita semua jadi bloon bung. Rahasia penyakit: koreng di kelamin, panu di dada, kudis di pantat. Rahasia masa lalu: pernah ngamar sama istri teman, pernah nyolong ayam, ngutang gak bayar dll….

  83. Dsnilah slah satu tmpat gudang senjta terbesar se jatim… pdhal cuma d jaga prsonel TNI 10-15 orang tiap hri… bunker tni ini d lapisi baja tebal dari bawah tanah sampai sebesar bukit… kalau anda jlan d bukit ini pun anda tdak mngira klau dalam nya gudang senjata TNI.. dsni hnya mnyimpan amuni n rudal n roket.. saya cuma mempertegas alutsista rahasia TNI..salam

  84. Saya senang, sudah ada perubahan pemikiran dalam tubuh militer Indonesia soal pertahanan udara sehingga tidak melulu terpaku pada pertahanan titik dan pertahanan udara jarak pendek, terlalu mahal resiko yang harus ditanggung jika pertahanan udara kita lemah….

  85. Hadapi Senjata Radio-Elektronik Rusia, Kapal Perusak AS Kabur

    Industri pertahanan Rusia memproduksi berbagai jenis peralatan yang bisa mengejutkan musuh ketika berhadapan dengan Rusia. (Foto: Grigoriy Sisoev/RIA Novosti)

    Departemen Luar Negeri AS mengakui bahwa kru kapal perusak Amerika Donald Cook gentar ketika berhadapan dengan pesawat pembom Rusia SU-24, meski pesawat tersebut hanya sebuah kompleks persenjataan radio-elektronik yang tidak membawa bom ataupun misil. Apa yang membuat kru Amerika begitu ketakutan?

    Pada Kamis (10/4), kapal perusak Amerika Donald Cook memasuki perairan Laut Hitam. Dua hari kemudian, pesawat pembom taktis Rusia Su-24 “membekukan” kapal perusak itu. Beberapa media melaporkan bahwa kru Donald Cook gentar saat bertemu dengan pesawat tersebut dan 27 pelaut Amerika mengajukan permohonan pengunduran diri dari Angkatan Laut.

    Donald Cook adalah kapal perusak armada generasi ke-4 milik Angkatan Laut AS. Senjata kunci Donald Cook berupa rudal jelajah Tomahawk yang memiliki jangkauan terbang hingga 2.500 kilometer dengan membawa bahan ledak nuklir. Kapal ini membawa 56 rudal Tomahawk dalam mode standar, dan 96 rudal untuk mode menyerang.

    Kapal perusak ini dilengkapi dengan sistem pertahanan militer rudal balistik Aegis terbaru. Kapal ini dapat memusatkan sistem pertahanan udara dari semua kapal yang terpasang dalam jaringan yang sama dengannya, sehingga kapal dapat melakukan pelacakan dan menembak ratusan target pada saat bersamaan. Empat radar besar udara standar dipasang di sisi-sisi kapal di atas dek menggantikan radar biasa. Sekitar 50 rudal pencegat dari berbagai kelas dipasang bersama Tomahawk dalam instalasi peluncuran universal pada bagian haluan dan buritan.

    Sementara, pembom taktis Rusia SU-24 yang mendekati Donald Cook tidak membawa bom ataupun rudal, hanya sebuah wadah berisi kompleks militer radio-elektronik Khibiny. Setelah mendekati kapal perusak itu, Khibiny mematikan radar, sirkuit kendali tempur, dan sistem pertukaran datanya. Dengan kata lain, Su-24 mematikan seluruh Aegis seperti mematikan TV dengan remote control. Setelah itu, SU-24 melakukan simulasi serangan rudal pada kapal yang tidak dapat melihat dan mendengar serangan itu, dan mengulangi manuver tersebut sebanyak 12 kali.

    Ketika pesawat tempur pergi, Donald Cook segera bergerak menuju pelabuhan Rumania dan tidak pernah mendekati perairan Rusia lagi.

    Senjata Tak Terlihat

    Rusia memang unggul dalam peralatan perang radio-elektronik. Vladimir Balybin, Kepala Pusat Penelitian Pertempuran Radio-Elektronik dan Efisiensi Persembunyian menyatakan semakin rumit sistem radio-elektronik, semakin mudah mengganggu operasinya dengan peralatan perang radio-elektronik. “Untuk memenangkan perang di zaman sekarang, tidak cukup hanya mendominasi di udara. Kita perlu unggul dalam hal informasi,” ujar Balybin.
    Selain Khibiny, industri pertahanan Rusia juga memiliki berbagai peralatan perang radio-elektronik yang dapat mengejutkan musuh, kriminal, bahkan teroris. Pasukan udara Rusia dilengkapi dengan kompleks Infauna. Kompleks-kompleks ini dipasang pada kendaraan lapis baja atau kendaraan militer lain dan dapat mencari dan mengganggu koneksi radio musuh dalam frekuensi gelombang pendek maupun gelombang ultrapendek, dan “mematikan” bom darat yang dikendalikan dari jarak jauh. Bom-bom ini tetap akan meledak, tetapi setelah pasukan Rusia lewat dan cukup jauh sehingga aman.

    Infauna memiliki fungsi lain. Sensor optik yang terpasang di kedua sisi kendaraan dapat mendeteksi tembakan dan mengaktifkan pengeluaran tabir asap untuk melindungi barisan dari tembakan.

    Ada pula perangkat Lesochek yang memiliki fungsi sama seperti Infauna, tapi berbentuk portabel dan dapat masuk ke dalam ransel atau koper. Alat ini berguna dalam perbincangan penting untuk perlindungan terhadap sistem pencegat layanan keamanan yang paling canggih.

    Kompleks Borisoglebsk-2 adalah inti peralatan perang radio-elektronik dari unit taktis tentara Rusia. Kompleks ini terdiri dari sebuah titik komando otomatis dan empat jenis stasiun pengganggu. Peralatan ini menggunakan satu algoritma untuk mengidentifikasi sumber aktivitas musuh di udara.

    Perangkat Zhitel mencari dan memblokir satelit dan telepon seluler, dan kompleks langganan navigasi GPS. Alat ini terbukti efisien selama konflik di Ossetia Selatan dengan membuat pesawat tanpa awak milik Georgia tersesat.

    Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin menunjukkan bahwa pembekalan ulang senjata nuklir strategis Rusia dengan peralatan REW mutakhir telah digalakkan. Sementara, secara keseluruhan 70 persen pasukan dan armada akan dibekali ulang pada 2020, dan REW pasukan strategis akan diperbaiki 100 persen.

    “Peralatan REW memperkuat persenjataan cerdas kita dan melumpuhkan senjata musuh. Memang begitulah seharusnya,” ujar Rogozin

    sumber ; RBTH Indonesia
    http://russiaarms.blogspot.com/search?updated-max=2014-11-10T19:49:00-08:00&max-results=20&start=34&by-date=false

    • bung aldi_kaparera selain bidang “perlendiran” ternyata analisis pertahanan juga…..apa sudah beralih mainstream……heee

      • @bung Big Red saya percaya itu hoax,kalo benar kabar burung(biasa berita propaganda hehehehe)

        jd aussi khusus kasel/submarine akusissi mana bro,kita diindonesia mau dengar,katanya mau ganti collins cllas ada 3negara(sakura,negeri fashion,negeri swastika) mana benar,siapa tahu ada info

        salam damai selalu dan sehat2 bung big red:)

    • Berita Hoax ini. USS Donald Cook tidak lari setelah bertemu dengan Su-24 pada 8 April 2014 , Dephan AS (DoD) dan Deplu AS tidak pernah memberitakan kru USS Donald Cook mengundurkan diri, setelah kejadian USS Donald Cook tetap melakukan patroli di Laut Hitam dibawah komando US 6th Fleet, melakukan latihan dgn AL Rumania pada 14 April 2014 di Laut Hitam, sempat keluar dr Laut Hitam sesaat dan kembali lagi bln Desember 2014. Akhirnya USS Donald Cook selesai operasi di Laut Hitam dan digantikan oleh kapal destroyer berkemampuan AEGIS lain yg bernama USS Ross pada Januari 2015 dan Laut Hitam sampai sekarang tetap dipatroli oleh kapal2 perang US 6th Fleet. AS ngga berani deket2 area Rusia lagi? Tidak terbukti. Ditambah Kremlin atau Dephan Rusia tidak pernah memberitakan insiden ‘Su-24 melumpuhkan AEGIS’, berita2 itu dikeluarkan oleh media2 yg disponsori oleh Kremlin utk menyebarkan berita2 propaganda. IMHO Rusia ngga akan mengekspos kemampuan EA mereka ke hanya satu kapal perang AEGIS. Itu hanya membuat AS mengetahui frekuensi, metode dan sistem serang alat EA ‘Khibiniy’ itu dan dengan mudah meng-upgrade sistem AN/SPY-1 AEGIS mereka. Jika Khibiniy beraksi melumpuhkan satu Carrier Battle Group (CBG) atau formasi kapal Induk AS itu baru luar biasa dan sy jamin AS akan heboh sendiri. Kalau tujuan Rusia mencegah AS supaya ngga bs patroli di perbatasan mereka ya artinya misinya gagal, karena AS tetap mengirim kapal2 perang mereka ke perairan dekat Rusia. Rusia/Kremlin ngga akan se bodoh itu membuka kemampuan strategis mereka ke AS. Klo ada bukti2 lain yg membenarkan insiden AEGIS ‘mati’ silahkan saja, tp bukti solid, jgn yg asal klaim. CMIIW. Salam

  86. Tiap tahun ya latihan di Rusia? Trus lulusannya udah brp ratus pilot SU nih,, ga mungkin baru thn kemarenkan latihannya,, SU dengan berbagai tipe bukan cm flanker yak,, es telungatus sudah pernah bikin tahlilan beberapa waktu lalu, entah siapa yg dibikin tahlil.. TNI Setrooong.. Sssssttt,, ternyata saya lg mabok kecubung… :mrgreen:

    • @Sal Jemplak
      Jamming-nya berhasil ato ngga aja ngga ada buktinya. Hahaha. Gini bro, klo mau mengambil kesimpulan/opini jangan lihat dr satu pihak saja, cros cek dr pihak sebelah dan pihak netral. Klo berargumen harus berbobot. Salam damai n salam kenal.

  87. Rudal ini kyknya udah ada di deket pantai selatan

  88. Bakar menyan nh ogut langsung …. Smogaa kau tak tuli tuhaan …

  89. LIST A1 bung nara terbukti ampuh..
    jangan2 bung nr tukang potokopi di dephan??

  90. TNI AD tidak mau barang rusia lagi,,,

  91. ude teken kontrak, tinggal delivery aja….

  92. TNI & STRATEGI ALUTSISTA nya memang benar2 misterius,ciamik,cantik dan cerdik di tengah tekanan politik,menjawb semua tantangan baik dr luar ato pun dr dalam,scr senyap maupun aksi nyata.
    anggaran bkn sbg hambatan tp sbg tantangan menyiasati nya dg program2,skenario dan teknik skill yg ada,dan hasilnya PERLAHAN tp jelas kita msh tidur nyenyak… ayo,bngkit GARUDAKU,JAYALAH NKRI

  93. Bung Diego
    Karena tampilan baru JKGR bikin mata ane cepat letih, sakit dan perih. Tolong dong dibikin adem tampilannya.
    Juga tolong kembalikan nomer2 komen biar enak klo search komen lama. Maturnuwun Bung…..

  94. ………kalo jelas tot nya & harga masuk lgs saja brooo, jgn kelamaan…..TNI belum punya Rudal jarak jauh…Biar mamarika , sonotan, singatua & simalay jadi grogi……..& panas dingin………

  95. Bung narayana kau dimna???
    Kngen diri tntng artikel2 yang bikin para hoaxer munth2

  96. Where are you mr narayana?

  97. Terima kasih Bung @bukan fansboy atas info & pencerahan’y. Artikel yg bung sebutkan tdi sudh saya baca smua. Karna sya pembaca setia jkgr walau kbnyankan silent reader hehe..
    Saya hanya penasaran saja dengan alutsista tni. Dan merasa geram sendiri haha…
    Terima kasih bung & salam kenal

  98. Siapa itu Andi ? Info dari GATRA ?? HAHAHAH itu mah gak di itung. Lain kalo menhan yg ngomong.

  99. mulai ngaco lagi jager
    nick name ganti sendiri

  100. alutsista goib itu mang ada & nyata.saya pernah secara gak sengaja bertemu se2org diacara pameran didaerah sumatra dia pensiunan kolonel pasukan elite tni dia bilang” klu negara kita perang terbuka dibawah 1 tahun kita pasti akan kalah telak tp jika list alutsista tni yg di pesan era p beye dari******* dah pd datang & tidak ada ketakutan tekanan politik dari luar tuk pemerintahan yg akan datang pasti mereka (org luar) akan berpikir tuk mengusik negara kita”.
    Mengenai bunker klu menurut dia sudah ada di setiap be2rapa pulau

  101. WouuW!!! pengen cepet-cepet mendengar informasi realisasinya!

  102. Test dulu ah..

  103. Gk usah yg besar2 dulu upgrade aja dulu peralatan perang tentara reguler kita biar gk gampang koit sekali tembak seperti difilm2 itu tuh buat atgm dan rudal panggul di pt pindad sebarkan secara mersta di koramil 2 seindonesia

  104. Diseputaran Batam dan Kepri Beberapa Pulau Tertutup. Berani Coba investigasi bakalan ada KATAK yang Nyembul….

  105. HAHAHA….Penjajagan itu sama dengan mimpi di siang bolong, palagi kalo berkenaan dengan barang rongsokan Rusia…tapi kalo NASAM dan Patriot made in USA sdh positif msuk dlam list belanja

 Leave a Reply