May 192017
 

Destroyer / Kapal Induk Helikopter Izumo Jepang (Kaij Jieitai /Japan Maritime Self-Defense Force)

Jakarta – Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi ISHII mengatakan Jepang dan Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pertahanan dan ekonomi.

“Saya pikir kami memiliki ikatan ekonomi yang erat dan kami juga saling berbagi strategi pertahanan,” ujarnya dalam resepsi Ulang Tahun ke-63 “Japan-Self Defense Forces di salah satu hotel di Jakarta, Kamis malam, 18/5/2017.

Masafumi menyatakan Indonesia penting bagi Jepang sebagaimana kedua negara memiliki hubungan yang erat.

“Indonesia sangat penting bagi Jepang dalam segala hal,” ungkapnya.

Duta besar Masafumi ISHII menuturkan kedua negara juga meningkatkan kerja sama di bidang komunikasi stategis sehingga hubungan keduanya sangat dekat dan penting.

Dia berharap Indonesia dan Jepang akan mendorong hubungan dan kerja sama yang jauh lebih baik ke depannya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu yang diwakili oleh Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto mengatakan dalam sambutannya bahwa hubungan antara Indonesia dan Jepang telah dimulai sejak 1958.

Indonesia dan Jepang terus mengembangkan kerjasama terutama di sektor pertahanan di mana kedua negara juga memainkan peran besar untuk meningkatkan stabilitas di wilayah masing-masing atau di dunia.

“Ada hubungan mendalam antara pasukan pertahanan Jepang dan Indonesia,” katanya.

Dia berharap hubungan bilateral terus ditingkatkan sehingga kerjasama lebih lanjut akan dihasilkan dan ditingkatkan.

Oleh karena itu, menurutnya, tiga elemen penting untuk selalu dikedepankan guna meningkatkan hubungan bilateral mereka, yaitu saling pengertian, kepercayaan dan rasa hormat dalam segala bentuk kemitraan dan kerja sama.

Melalui kerja sama yang baik antar negara, dunia yang lebih damai akan berlangsung di masa depan.

Hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang dibuka pada April 1958 dengan ditandatanganinya Perjanjian Perdamaian antara Jepang dan Republik Indonesia.

Bagi Indonesia, Jepang merupakan mitra dagang strategis terbesar kedua di paruh pertama 2016 dengan volume perdagangan 14,2 miliar dollar AS dan mitra investasi utama dengan nilai investasi 2,9 miliar dollar AS.

Komoditas penting yang diimpor oleh Jepang dari Indonesia antara lain meliputi minyak, gas alam cair, batubara, mineral, udang, pulp, tekstil dan produk tekstil, mesin, dan peralatan listrik.

Di sisi lain, Jepang mengekspor barang ke Indonesia antara lain mesin dan suku cadang kendaraan, produk plastik dan kimia, baja, peralatan listrik, suku cadang elektronik, dan mesin alat transportasi.

Antara

Komentar Facebook :
Bagikan Artikel:

  50 Responses to “Indonesia -Jepang Tingkatkan Kerjasama Pertahanan”

  1. negara pelit tot

  2. Ditunggu HIBAH IZUMO nya hi samurai

  3. Orang jepang memang terkenal pelittttt…..jg harap Indonesia di kasi TOT untuk mesin ,,,

    • Apa yang mau diajarkan Jepang?
      Mesin mobil? Mesin motor? Org indonesia bisa bikin,
      Tak perlu ahli, anak SMK bisa bikin mobil…
      Tak perlu ahli, Anak bengkel bisa bikin motor…
      Yg jadi permasalahan sekarang adalah, modal membuat pabrik dan menjadikan Logo beserta Wibawa merk anda terkenal, itu yg gk bisa dibikin Indonesia.
      Indonesia diajarkan mengemis, mengomentari, mengkritik, tp tdk pernah diajarkan berbuat oleh pemerintah, ini mgkin maksud pak presiden “Demokrasi kebablasan” beserta dituntut anda kerja kerjaa kerja.
      Mobil SMK kmrin kemana? Para ahli tdk mau mengomentari itu karena itu hal simple,mobil listrik juga bisa tdk heboh di indonesia karena itu simple bagi ahli yg ada di indonesia.
      Anak bengkel pretel pretal motor sehari2 tdk perlu dibelajar mereka sdh ngerti seluk beluk motor.
      Tdk ada spesialnya jika anda tdk membuat Merk terkenal dan tdk kampungan, agar menjadi merk eksklusif bukan murahan.
      Kita miskin tdk diberi modal dan kampungan setiap membuat merk sehingga gampang dlm pikiran rakyat indonesia menebak itu Merk trend “Seminggu” “Itu merk asal pejabat senang”
      Jd stop sebut jepang pelit, itu tdk merubah kenyataan karna kita memang gk niat.

      • Miris kalau melihat kondisi jalan-jalan dinegeri kita saat ini, dimana-mana selalu macet dalam jam-jam tertentu. Tapi yang bikin lebih miris lagi yang bikin macet itu semuanya produk asing.

        Berpuluh-puluh juta kendaraan bermotor yang bikin jalanan kita macet itu kalau separuhnya saja asli buatan dalam negeri, tentu akan bisa menghidupi berjuta-juta lagi penduduk Indoneisa.

        Tidak kayak sekarang dari sekian ribu karyawan yang ada dipakrik onderdil atau lainnya, mungkin gajihnya masih kalah besar dengan beberapa manager saja yang asli dari Jepang.

        Belum lagi keuntungan yang dibawa ke Jepang, yang menikmati cuma orang Jepang, padahal kalau pabrik mobil itu milik negara kita, maka keuntungannya juga akan dinikmati oleh rakyat.

  4. Kaos nya mana nih

  5. kt siapakakak tua jepang tdk pelit T.o.T buktix kmarin artis JAV sering berlibur ke indonesia promoin ngen-T.o.T

  6. Jepang memang pelit dalam berbagi teknologi, jgn kan teknologi militer teknologi mesin mobil pun hinggah sekarang ini jepang tidak mau TOT, padahal 90 persen mobil yg beredar di indonesia produksi jepang melalu pabrik2 perakitan di indonesia, namun ada satu hal yg saya puji dari jepang khususnya kerjasama di bidang ekonomi dan pembanggunan infrastruktur sejak jaman orde baru melalui lembaga resmi pemerintah jepang yaitu JICA (japan international cooperation agency) banyak infrastruktur yg di bangun jepan hinggah saat ini masih bermanfaat dan awet, salah satu contoh infrastruktur jalan di daerah saya, yg di bangun tahun 80 an oleh kontraktor jepang melalui JICA hinggah saat ini masih sangat baik dan awet, jika di bandingkan dgn pembanggunan jalan yg dibuat oleh kontraktor/perusahaan konsorsium nasional blm sampe 2 tahun dah banyak lobang2 dan hancur…

    Salam warga jakgreat

    • Karena yg cari tender dgn pemenang tender proyek pikirannya begini “kalo jalannya cepat rusak kan bisa dapat tender lagi dapat uang lagi”. jadi jgn heran kalo jalan baru beberapa bulan di aspal rusak lagi…..

      • Terlalu simple.
        Gimana kalau kita sebut dgn yg paling murah itu yg menang tender.
        Pemerintah berpatok pada jalan yg akan dibangun dgn target tekanan massa dijalan yg akan dibangun dibawah 1ton dengan dana per kilo meter murah sebut saja 10jt.
        Dalam kehidupan nyata setelah jalan itu selesai tentunya, jalan itu dilewati Tank, FUSO, Angkutan umum yg berbobot lebih satu Ton. Jika anda ingin jalan itu tahan minta saja pemerintah bagian PU untuk menaikkan Spek/Ketahanan minimun jalan.
        Kalau anda belum meminta atau menuntut PU di pengadilan berarti anda hanya pintar komentar…
        Anda punya alasan bagus agar menaikkan spek jalan Kampung, jalan Lintas Kecamatan yg sudah speknya sudah KUNO dr jaman tahun 90an atau 80an atau lbh parah.
        tdk sesuai dgn kehidupan Perkampungan anda yg sering dilewati MOBIL BESAR dan tidak bisa disamakan dengan perkampungan lainnya.

        • Hehehe…jln itu di bangun 80 an bung unyu, dan sekarang maseh di pakai… Karena itu jln vital semua kendaraan baik yg angkut sembako maupun bus tronton peti kemas lewat jln itu sekarang ini, baik dari jawa-sumatera / sumatera jawa…. Artinya dlm membangun sdh diperhitunga mereka kemajuan dan beban jln yg akan ditanggung berpuluh tahun kedepan dan satu hal lagi bung unyu mungkin kontraktor dari mereka ngak suka makan aspal (ko***si) hehehehehh

          Salam bung

          • Hahahaha intinya Kementrian PU isinya koruptor ya? Iya mungkin.
            Karena setiap proyek Jalan biasanya ada tim pemantau dr PU untuk melihat hasil pemegang proyek, lalu dibayar jika sesuai kriteria “Kontrak Perjanjian”, tp kan kita harus realistis juga. Kalau memang di dlm kontrak tdk mengharuskan jalan tahan lama, masa kita menyalahkan konsorsium pembuat jalan nasional? Yg patut disalahkan isi kontrak.
            Kalau didalam “kontrak perjanjian”nya jelas ada perjanjian: Tahan lama dan Kuat tahan bobot berton-ton, pasti kita bisa nuntut semua konsorsium di indonesia sampai pelosok.
            Sayangnya dlm lelang PU selalu memilih yg paling murah mungkin, jd bkn berarti konsorsium dlm negri sprti WASKITA tdk mampu buat jalan “bagus”.

          • Ngomong2 saham WASKITA bagus dibeli, harga sahamnya sering naik.
            Sudah go internasional.

    • Tul….JICA mmg top…krn mereka ngga percaya sistem tender proyek dari kita…., dan waktu kuliah dulu…ane ngga bayar sama sekali kuliahnya..karena dpt bea siswa dari JICA….huehehe..

  7. Kenp kalo baca” ttg Jepang lsg ingat dgn pen’derita’an perempuan” Indonesia-Kita yg sdh prnh di’jd’kan budak” sex tentara Nippon…

    Apa Jepang sdh prnh minta-maaf secara terbuka jujur & tulus….????

  8. sy jd penasaran nih kalo para komeners disini brp usianya…. kalo sy msh imut imut loh . .. ..sy ganteng seganteng aliando loh …. maaf cuma iseng sy aj..hehehehe

    • Kalau sy bung puetuy sdh gen 4.5++ (umur maksudnya) tapi semangat dan selera masih mudah bung hahahahaha

  9. saran sy indonesia & jepang membentuk “UNIT 731”, mengembangkan senjata biokimia

  10. Jepang jual senjata2 hebat ke indonesia, ada rudal HG-55B Rasenggan, tank MT-40 Chidori, radar C-67T Sharinggan, kendaraan recovery RE-147 Edo Tensei dan bom curah GB-70 Reikiri

  11. Jangan lupa, TNI dan strategi Hankamrata termasuk perang gerilya hutan yang ngajarin adalah Jepang. Ingat PETA ? Heiho ? Keibodan & Seinendan ?? Pak Dirman, Pak Ahmad Yani juga termasuk jebolan PETA. Pemboman pertama di Ambarawa juga pake pesawat buatan Jepang. Dan tentunya Kalian harus ingat dg Laksamana Madya Tadashi Maeda, orang AL Jepang yg bermurah hati memberikan rumahnya dan menjamin keamanan sbg tempat dirumuskannya Teks Proklamasi. Asal tau saja, Pak Maeda ini juga diminta ikut menandatangani Teks Proklamasi yg udah jadi, tapi beliau bilang: Ini perjuangan Bangsa Anda, Saya hanya membantu apa yg saya bisa. Bayangkan, sangat sulit saat itu utk menyatakan Proklamasi karena walopun Jepang kalah perang, mereka tetap harus menjaga status quo penjajahan di Indonesia hingga sekutu-NICA datang. Mungkin apa yg dilakukan Pak Maeda itu selain untuk meminta maaf secara pribadi atas penjajahan Jepang selama 3,5 thn juga karena utk membalas kekalahan Jepang atas Sekutu, yaitu kesempatan jahahan anggota sekutu (Hindia Belanda-red) untuk merdeka. Buktinya hingga sekarang, Indonesia adalah salah satu negara yg paling diperhitungkan baik dari segi politik, ekonomi dan militer di ASIA. Upacara setiap hari Senin, senam pagi, baris-berbaris, seragam sekolah. Itu semua turunan dari Jepang saat penjajahan mereka. Jepang memang pelit TOT, Jepang memang harus meminta maaf atas kesalahan mereka saat PD2, ttg Romusha dan Jugun Ianfu juga. Tapi kita juga jgn menafikan atas hal baik yg telah mereka ajarkan pada kita. Belanda memang meninggalkan bangunan serta arsitektur yg bagus, tapi mereka meninggalkan kita mental kuli, mental bobrok, mental pekerja, dan politik devide et imvera yang pengaruhnya masih terasa hingga sekarang. Dan juga mereka adl pencuri kebudayaan dan hartabenda kerajaan2 di Nusantara. Masih ingat kan ttg kelakuan Belanda yg mencuri emas2 kerajaan Nusantara hingga 50.000 ton yg akhirnya dijadikan AS sebagai jaminan utk Bank Sentral AS dan Bank Dunia ??? Indonesia tak dapat apa2 dan itulah kelakuan Belanda thd kita.

  12. ToT yg diberikan Jepang pada kita adalah : kesempatan utk memerdekakan diri, sistem TNI, pendidikan militer hingga strategi Hankamrata dan taktik perang gerilya hutan. Itulah ToT yg paling besar manfaatnya bagi Indonesia dan TNI khususnya.

    • Sudah pernah kerja diperusahaan jepang yg posisi kerja langsung dibawah org jepangnya blm bos?
      Laksamana Maeda dan bbrp yg lain adalah oknum baik. Peta, heiho dan lainnya itu buat kepentingan mrk sendiri, kita aja yg pinter manfaatin peluang. Kebanyakan senjata warisan jepang kita rebut dg nyawa bukan dikasih.
      Sama halnya dg tot, mana mau jepang kasih tot.

  13. Jepang mah pelit, medit bin koret sma teknologi. Yg namanya ilmu mana mw Jepang ngasih. Contoh : otomotif mn mw mrk sharing- ilmu bikin mesin. Bagi Jepang Indonesia maju sama aj kiamat buat negara mrk. Krn pendapatan negara Jepang sebagian dr hasil dagang di Indonesia. Gk percaya.?? Silahkan buka pintu rmh masing” pasti keliatan buktinya.

    • Emangnya orang AS-Eropa ada yg mau sharing ToT buat mobil ?? Kasih contoh dong 1 aja.

    • Sebutkan 1negara aja yang rela ngasih tot mesin mobil

    • Sy cba jwb pertanyaan anda ber 2. Cba cek history mobil Timor. Dr awal sampe di matikan jepang. Lbh bgs LG bacanya mulai dr bagaiman branded asli mbl Timor bs dpt ilmu pembuatan mesin.

      Klo as sama Eropa gk mw ksh tot gk bakal ada yg namanya mbl Jepang, Korea, India sama China. Emang Jepang dll bs sulap tau komposisi bahan buat bikin blok mesin beserta jeroannya.

  14. KRNA NKRI KAYA AKAN SDA YG MSH BYK BLM TERGALI KLU SPI TOT MKN MESINNYA GAK LKU D JUAL

  15. Setahu ane…jepang memang pelit tot thd barang yg dia buat…namun…saya dulu diajari untuk berpikir buat barang yang tepat guna…dengan fasilitas lab dan kompinen langkah waktu itu…., cuman pada pemerintah kita …apakah sdh menghargai jerih payah pemikirian dan barang tepat guna yg telah dibuat ?
    Sedangkan di Jepang hasil itu dijadikan dokumen dan dipelajari oleh para profesor disana, event JICA….meskipun bersifat lembaga bantuan…..team mereka adalah para pakar yg mempelajari unsur2 hara di indonesia….
    Sayang sekali kalau JICA dilepas bermain sendiri dirumah kita….team tahun atau 2 tahun team mereka berganti..sesuai target yang diberikan untuk penelitian disini…

    • setuju, istri saya lanjut studi s3, di beri kebebasan dalam penelitian nya di banding teman – teman negara asean, dan para profesor sangat mengapresiasi mahasiswa dari Indonesia…. contoh, penelitian tentang gula sehat (komposisi strukturnya yng tahu cuman peneliti dari Jepang dan Indonesia saja sama negara lain tidak di berikan walaupun mau di beli dengan harga yang sangat besar)….

  16. Kita bisa kok buat mobil listrik super, bisakok buat mesin turbofan, tapi yg goblok adalah pemerintah kita yg tidak mau menghargai jasa para peneliti kita. Asal tau saja, Jepang, AS, Eropa, China bahkan Singapore bisa maju karena mereka berani jor-joran ngasih anggaran ke badan riset mereka hingga puluhan-ratusan triliun rupiah dan teknologi yg mereka capai digunakan oleh industri mereka lewat BUMN atau dikerjasamakan dg swasta mereka dan itu wajib. Indonesia ?? Anggaran 1 triliun dibagi2 buat BPPT, LAPAN, LIPI dll. Gimana mau maju coba, Yahh itu semua salah Jokowi yg masih sibuk bangun2 Infrastruktur.

  17. Indonesia gak maju penelitiannya karena salah Jokowi… terlalu sibuk bikin infrastruktur.

  18. pemerintah kita bisa menuntut jepang atas kejahatanx di indonesia, yg menjadi masalah kemauan pemerintah, kalo menuntut sy pilih T.o.T 100% ketimbang uang bisa cepat hbs, dg hasil T.o.T kita bisa membiayai terus menerus keluarga korban kejahatan jepang

  19. rekrut aja si kabuto buat edo tensei Bung Karno dan pendiri Bangsa lainya,,

  20. Teknologi ECU utk rudal seharusnya mau ngasih dia…biar roket2 kita naik level..teknologi mesin diesel elektrik..harus bisa ngasih..nah gak ngarep2 banyak dr mereka..

  21. Ini sa’atnya RI bisa menekan Jepang bila kerjasama Pertahanan agar mau memberi TOT jg termasuk Industri2 Otomotifnya agar membuat Pabrik pembuatan mesin dimari beserta teknologi metalurginya, karena klu soal Jiplak siapapun ahlinya bs hanya Teknologi Metalurgi yg menentukan kualitas produk.

  22. Ini saatnya menekan Jepang ?

    Apa nggak salah tuh ?

    Lha kita yang mau diberi bantuan kok malah mau menekan yg mau membantu kita ?

    Mosok dike’i ati ngrogoh rempela ? Piye to iki.

  23. yang diatas pada debat tot mesin mobil agar bangsa ini bs mandiri wkwk. Padahal Ketahanan negara jaman sekarang ini sebagian besar berasal dr ek0n0mi bukan militer, militer itu nomer 2.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)