Des 012016
 

Katsutoshi Kawano Indonesia

Jakarta – Hubungan kerjasama pertahanan dan keamanan antara Tentara Nasional Indonesia dengan Angkatan Bersenjata Jepang telah berjalan cukup lama, khususnya pendidikan maupun bantuan kemanusian perlu ditingkatkan, terutama menghadapi situasi regional yang berkembang dengan cepat.

Hal ini disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat menerima kunjungan kerja Kepala Staf Gabungan Pasukan Bela Diri Jepang Laksamana Katsutoshi Kawano di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, (30/11/2016).

Katsutoshi Kawano

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan, Jepang merupakan negara maritim sama seperti Indonesia, oleh karena itu TNI perlu menjalin kerjasama dengan Angkatan Bersenjata Jepang. “Terhadap keamanan maritim, terdapat kesamaan antara Indonesia dan Jepang sehingga atas dasar tersebut, TNI dengan senang hati bekerja sama dengan Angkatan Bersenjata Jepang,” ujarnya.

bim_2859-copy

Panglima TNI menuturkan sejak tahun 1998 telah dilaksanakan kerjasama di bidang Pendidikan, dengan mengirimkan para prajurit dan Taruna Akademi Militer untuk mengikuti pendidikan di Universitas Pertahanan Nasional Jepang (Boeidagaku). “TNI mengikutsertakan Taruna Akmil untuk mengambil program sarjana dan pasca sarjana di Universitas Pertahanan Nasional yang berada di Yokosuka Jepang dan banyak memperoleh predikat lulusan terbaik, kerjasama ini perlu ditingkatkan,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

 

Katsutoshi Kawano

Terkait terjadinya gempa dengan kekuatan 7,3 skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Fukushima dan Koriyama Jepang beberapa waktu yang lalu, Panglima TNI menyampaikan rasa duka yang mendalam. “ Pada peristiwa terjadinya gempa tersebut secara pribadi saya turut berduka, kemudian saya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Jepang yang mengirimkan Helikopter, Kapal dan lainnya saat tsunami di aceh tahun 2004. Kedepan TNI akan menjalin dan meningkatkan kerjasama dibidang humanitarian assistance and disaster relief (HA/DR) dengan Jepang,” tuturnya.

Laksamana Katsutoshi Kawano menyampaikan bahwa kerjasama kemaritiman sangat penting bagi Jepang terutama hubungan kerjasama dan persahabatan dengan negara-negara di Asean. “Kerjasama dengan Indonesia sebagai negara maritime dan negara terbesar di Asean, saya harap semakin berkembang di masa mendatang khususnya di bidang pendidikan dan kemanusiaan”, Ucapnya.

Katsutoshi Kawano

Usai melaksanakan courtesy call, Panglima TNI secara khusus merayakan Hari Ulang Tahun Laksamana Katsutoshi Kawano ke-62, yang dikemas dalam suatu jamuan makan siang di Ruang VIP Padang Golf Mabes TNI Cilangkap.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya yaitu Kasad Jenderal TNI Mulyono, Wakasal Laksdya TNI Arie Henrycus Sembiring, Wakasau Marsda TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Para Asisten Panglima TNI, Direktur Divisi Pertahanan dan Kebijakan Internasional Jepang Kolonel Yasuhiro Kunimi dan Minister/wakil 2 Duta Besar Jepang Mr. Shuichi Akamatsu.

Puspen TNI

Bagikan:

  19 Responses to “Indonesia Jepang Tingkatkan Kerjasama Pertahanan”

  1.  

    Angkatan Bela diri Jepang sangat Aktip sekerang setelah pemberlakuan uu pertahan Baru,ditambah Menhan Baru nya Tamomi Inada yang punya pemahaman yang sama dengan PM ABE,ulah China dan Korea utara,jepang semakin galak dan terus modernisasi Militernya juga menjalin Aliansi dengan negara seperti india dan negara-negara Asean.jika Amerika tak mampu meredam China terpaksa jepang harus turun gunung guna melindugi negaranya dan jalur perdaganganya terkhusus Asia tenggara lalu lintas pelayaran internasional untuk membawa suplai Energi dan bahan Mentah buat industri,jika China sukses kuasai LCS dan LCT jepang akan tak bisa apa-apa lagi.

    •  

      Tentara kita lebih familier dgn jepang sejak kemerdekaan jepang sudah melatih tentara kita yg bernama PETA, dgn postur tubuh yg sama serta mental jepang yg keras dgn semangat membela tanah air mereka sampai melakukan “harakiri”sangat cocok diterapkan ditubuh prajurit kita yg gampang down dan mudah tergoda seperti kasus korupsi anggaran alutsista oleh perwira,jual peluru ke musuh OPM,beking bandar dan lain2 yg justru lebih berbahaya dari musuh.

    •  

      ente seles motor jepang ya? serius amat belain jepang …

  2.  

    Ambisi Jepang untuk menjadi negara Normal dunia,Berdaulat secara Ekonomi dan Politik dan terlepas dari tekanan AS (Raksasa Ekonomi dunia tapi tidak berdaulat secara politik ),akankah Jepang berhasil mewujudkan impianya jadi Anggota Dewan keamanan PBB,sebagaimana status istimewa yang dimiliki China.
    #dukung Samurai Tebas kepala sang Naga.

    •  

      masalah China-Jepang ya Indonesia jgn ikut campur scr lgsg. Baik China atau Jepang nantinya yg berkuasa/dominan, Indonesia yg akan rugi. Sebaiknya pertahankan status quo spt yg skrg ini. China maupun Jepang ga bisa terlalu mendominasi. Akan bagus buat Indonesia kalau kedua2nya saling berperang tanpa melibatkan Indonesia sama sekali. Karena baik China ataupun Jepang sudah terlalu menjajah “secara ekonomi” thd Indonesia. Momentum skrg hrs kita manfaatkan dgn baik, bermain “cantik” istilahnya… Sama China ambil duitnya tapi buang orang2nya (TKA asal China krn disini jgn msh bnyk pengangguran). Dgn Jepang, kalau mau didukung jd “negara normal” lepas dr tekanan ASU ya mereka jg hrs mau mendukung Indonesia mandiri dlm hal teknologi (militer dan sipil) ya’ minimal bs buat Mobil/Motor sndiri. Kalo Jepang gamau ya gausah didukung. Jgn mau dijadikan “alat” bg kepentingan Jepang di Internasional. Krn Jepang negara kecil, Indonesia negara besar. Yang besarlah yg harusnya mengatur yg kecil2…

    •  

      pala kakek lu ditebas tentara jepang. asik coy gua dukung jepang berkuasa lagi di indonesia.

  3.  

    ayo TOT Gundam…

  4.  

    just info:
    ada berita hangat nih ttg Su35, disitu dijelaskan indonesia “the fifth fastest growing defense budget in the world”
    maknyos digoreng mpe gosong ya dan jgn sedih baca isinya jika g ngarti artinya yak. hihihihiiii….

    http://www.reuters.com/article/us-indonesia-defence-idUSKBN12W3JS

  5.  

    Minta TOT kaprang destroyer aja panglima..lumayan mantap tuh destro mereka

  6.  

    ToT Gundam terbaru.

  7.  

    cantik bingits

  8.  

    Light tank amx milik tni kan dari perancis, jumlahynya 350 unit, itukanpembelian dlm jumlah banyak jg, kan disana ditulis pemnelian dari thn 2009 sampai 2018, ya kali aja utk thn depan ada penambahan kasel scorpene 3 unit dan kilo project 636 3 unit serta changbogo 3 unit, plus ditambah 3 unit lg, pas kan jd 12 unit kasel sesuai yg dibutuhkan tni utk saat ini hingga 2024…

  9.  

    Minta TOT JAV 😀

  10.  

    Nenek elu diperkosa jepang ……. mikir dong …

  11.  

    TOT Origami

 Leave a Reply