Sep 302015
 
Presiden Obama saat menyampaikan sambutan di hadapan Sidang Majelis Umum PBB ke-70 di Markas Besar PBB, New York, 28 September 2015 (AP Photo/Mary Altaffer).

Presiden Obama saat menyampaikan sambutan di hadapan Sidang Majelis Umum PBB ke-70 di Markas Besar PBB, New York, 28 September 2015 (AP Photo/Mary Altaffer).

New York — Para pemimpin lebih dari 50 negara, Senin (28/9) berkumpul dalam KTT yang membahas operasi Penjaga Perdamaian PBB. Presiden AS Barack Obama, yang ikut mengetuai KTT itu, mengatakan meskipun operasi penjaga perdamaian bukan solusi bagi setiap masalah, tetap merupakan salah satu alat paling penting untuk mengatasi konflik bersenjata.
Namun tantangannya semakin besar, kata Obama.

“Terlalu sedikit negara yang mengemban beban menyediakan pasukan. Selain itu, kita juga melihat tantangan baru – lebih banyak konflik bersenjata, lebih banyak ketidakstabilan yang disebabkan terorisme dan ekstremisme kekerasan, dan lebih banyak pengungsi,” kata Presiden Obama.

Saat ini ada 16 misi di seluruh dunia, dengan 120.000 tentara dan polisi. Namun jumlah itu akan segera bertambah. Dalam KTT yang berlangsung di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB itu, negara-negara berjanji untuk menambah lebih dari 30.000 personil.

Presiden Obama mengatakan AS akan melipatgandakan jumlah personilnya dan menawarkan dukungan logistik.

“Apabila ada keperluan mendesak dan kami bisa membantu, kami akan menjalankan proyek-proyek teknis seperti membangun pangkalan udara dan markas-markas bagi misi-misi baru. Dan kami akan meningkatkan upaya untuk membantu membangun kapasitas PBB, mulai dari menciptakan teknologi canggih sampai memberikan pelatihan perlindungan dari bom rakitan,” imbuhnya.

Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla, yang ditemui wartawan usai pertemuan itu, mengatakan Indonesia juga akan berkontribusi lebih banyak.

“Kita berjanji akan menambah pasukan, menambah kualitas pasukan dan menambah peralatan, baik kapal atau helikopter. Targetnya adalah mengirim 4,000 personil sebelum 2019. Sekarang sudah ada 2.700,” kata Wapres JUsuf Kalla.

KTT ini merupakan kelanjutan dari Pertemuan Regional Asia Pasifik tentang Penjaga Perdamaian yang diadakan di Indonesia pada bulan Juli lalu. Pertemuan regional itu bertujuan untuk mendorong negara-negara di Asia Pasifik untuk meningkatkan kontribusi mereka bagi misi perdamaian PBB.

Indonesia telah terlibat dalam operasi penjaga perdamaian selama 54 tahun.

voaindonesia.com

Bagikan:

  19 Responses to “Indonesia Kerahkan 4.000 Tentara Penjaga Perdamaian”

  1.  

    siiipp lah…..

  2.  

    siiipppp lah

  3.  

    Garuda From Nusantara With Love

  4.  

    Bentuk kualitas & pengakuan TNI..lanjutkan..

  5.  

    TNI mmg tentara yg paling di segani dan di hormati dunia, apalgi di daerah konflik.

    •  

      jangan terlalu berlebihan…

      •  

        yup, lbh baik low profile..

      •  

        Wkwkwk…iya kata ” palingnya ” lebay kebangetan… 😀
        Padahal masih ada yg lbih baik.

        Apalagi kata2 si pengguris:
        ” paling di segani dan di hormati dunia, apalgi di daerah konflik.”
        rasa2 berlebihan gaje gitu…wkwkkw

        Klw itu benar maka tidak ada kejadian atau insiden tembak-menembak tgl 3 agustus 2015 antara LAF dengan IDF di perbatasan lebanon-israel wilayah satgas indobatt.hanya gara2 pohon.dan gagalnya indobatt menengahi agar tidak terjadi baku tembak antar kedua pihak.

        Sampai2 berita dunia sempat heboh dekarenakan tentara UNIFIL(indobatt) kabur dgn taksi saat terjadi tembak-menembak.

        Walaupun kita tau tugasnya UNIFIL hnya penengah n tidak diperbolehkan terlibat dgn kotak senjata kedua pihak.sehingga apa yg dbuat indobatt sdh benar.

        TETAPI sy liat videonya sebenarnya agak malu juga dikarenakan saat turun dri taksi prajurit indobatt kelihatan sangat ketakutan n berlebihan dalam mengucapkan syukur.harusnya tidak berlebihan n tidak menunjukan ketakutannya.entah masih minim pengalaman atau itu prajurit hnya mengejar karir sehingga walapun blm cukup secara mental dia paksa untuk mnerima tugas.

        Tetapi dgn adanya kejadian itu TNI memperbaiki diri…
        Bbrpa kejadian serupa hampir terjadi kembali berkali2..
        Seperti tgl 20/12/13..dll.

        Thankz

        •  

          Pelawak….
          klo anda tdk tau kejadian insiden itu sebenarnya jgn sok tau..jgn anda makan mentah2 berita yg ada di banyak media waktu itu, coba anda cari informasi dari sumber yg benar…
          sy yakin klo anda yg jadi prajurit itu, kmu sdh terkencing2…

          klo anda tahu..para prajurit indobat waktu itu diberi penghargaan oleh Seceast Commdr atas keberhasilannya menengahi insiden itu..

        •  

          Iya, malahan Indobatt dapat penghargaan setelah kejadian itu, karena mengikuti SOP (Standart Operational Procedure) dengan benar, TIDAK MEMBALAS TEMBAKAN KETIKA DITEMBAK. Malu malu gundulmu

        •  

          Pelawak gendeng ini makin ga kocak,yang ada juga ngeselin…

          Underestimate dan inferior banget nih mahluk…

  6.  

    janganlah kau sia siakan tentara kami demi menjaga kEANGKUHANMU…..!!!!

  7.  

    mereka yg menyebar benih kita yg memanen hasilnya dan untungnya harga hasil panennya sangat sepadan.

  8.  

    bung rusia oke maklum kalau tdk begitu jualan senjatanya tdk laku, sdh terbukti bnyk pejabatnya yg invest di perusahaan yg jd rekanan dephan AS, saat PD2 mbahnya Bush sdh merasakan gimana enaknya cari duit dr perang.
    saya jamin kalau SOPnya KPK kita diterapkan di AS, gedung pentagon sama capitol hill pasti kolaps

  9.  

    mamarika,israel dan sekutunya yang biasa ngobrak ngabrik suatu negara dengan senjata perangnya dan negara Indonesia di suruh membereskan/menjaga perdamaian akibat perang yang disebabkan oleh negara-negara adikuasa tsb, weleh-weleh ini menunjukkan negara Indonesia memang mencintai perdamainan, merdeka.

  10.  

    Ciyuuuus bung cmn di USA???lahh dlu presiden Pakistan brp kali kena pelor panas n koid

  11.  

    sdh brp bax korban indobat sdh gugur
    amerika memng kejam,bermain dbalik layar tentara kita djdilkn bentengx

  12.  

    Teruslah berkibar benderaku, jayalah garudaku. Jadilah pemain “Perdamaian” dan bukan hanya “penonton” .

 Leave a Reply