Apr 212016
 

Rusia dan Indonesia memulai konsultasi awal untuk pembelian kapal selam Kilo project 636 Varshavianka buatan Rusia, ungkap Direktur Kerjasama Dan Kebijakan Regional Rusia, Victor Kladov.

“Konsultasi pendahuluan masih dilakukan”, katanya dalam sebuah wawancara dengan RIA Novosti. Indonesia menunjukkan minat yang besar dalam pengembangan kerjasama militer dan teknis dengan Rusia, dan sudah bekerja sama dalam tiga matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut, lanjutnya.

Kapal selam Improved Kilo dari Varshavianka class adalah kapal selam generasi ketiga, memiliki awak 52 orang, dan berbobot 3950 ton. Varshavianka dapat berlayar dengan kecepatan hingga 20 knot dan menyelam hingga kedalaman 300 meter.

Project 636 juga mampu mendeteksi keberadaan musuh pada jarak hingga empat kali lebih jauh dari kapal selam sejenis dari negara lain. Dilengkapi persenjataan yang terdiri dari enam tabung torpedo 533 mm, ranjau laut dan sistem rudal jelajah Kalibr. NATO menjuluki kapal selam ini sebagai “lubang hitam di laut” karena sulit untuk mendeteksi keberadaannya.

Sputnik

  91 Responses to “Indonesia Konsultasi Awal Pembelian Kapal Selam Kilo Project 636”

  1. Belinya kapan

  2. pertamaxx,, akhirnya beli kilo class…

    makin gahar nih …

  3. Pertamax….maaxxxhhh..aahhh…

  4. Alhamdullilah

  5. WAJIB BELI.

  6. Konsultasi sama siapa???? kebanyakan konsultasi jadinya gak kelar kelar.

  7. Kok kesannya ngebet banget dgn kilo.. takutnya kita dikasi yg refurbish stok AL Rusia. Dengan kemampuan angkut senjata yg setara harusnya yg kita incar yaa Lada / Amur Class. Tentunya dari segi teknologi pasti lebih canggih dan lebih baru dari kilo class.

  8. Saya lihat di IG Indonesia punya kasel mini buatan swadia. Apa itu benar? ko ga di bahas?

  9. Judulnya aja konsul awal…
    Ya berarti lagi nyrempet2 doank…
    Tapi ga tau juga kalo sdh onthetrack…tau2 nongol di galangan kasel kita…
    Hanud buk kapan tuh di akusisi…kan lumayan buat pagar terluar…udah teruji lagi…

  10. udah kerja sama dengan TNI AU,AL…satu lagi…jangan kaget kalo Indonesia punya colibri..eh kalibr…wuiiih!!!!..

  11. MALAYSIA makin manyun wkwkwk

  12. Yang jadi pertanyaan, tnda tangan kontraknya kapan, nunggu changbogo kelar kali

  13. Jangan lupa minta TOT nya sama om ruskie ya, buat pengembangan lebih lanjut changbogo rosorosoroso hehe.

    Lumayan lah walaupun dikit TOT nya lama” jadi bukit. Kwowkwok

    Penting ada kemauan buat mandiri & belajar terus. Jangan dengerin ocehan orang pada coment ini itu, itu pasti orang so jaguh & so pinter bisa bikin. Brukakakak.
    Wassalam tetangga dah

  14. baru thap konsultasi…
    berarti msih harus melewati beberapa puluh tahapan lg….
    capeeee ah kburu ubanaaaan!!!

  15. yoksss mantap kali pula meskipun masih konsultasi tapi ane yakin nih Kasel pasti Indonesia bakal punya ternyata setelah Su-35 ehh ada ini si Kilo pokoknya mantap lahh.

  16. 2 ekor sdh berenang dimari sejak lama. nemanin cakra nenggala.

    upz..!! pasti ane dibilang onani otak! muehehe..

  17. pak RR gue jadiin mertua, kalau TT kontrak kasel ini

  18. mungkinkah maksudnya konsultasi maintenance…karena KASEL terbilang barang goib..keluarnya tengah malam..apalagi malam jumat..paaass nyundulnya

  19. Awak kapal Malaysia sdh mahir berlatih mengapungkan kasel Scorpenenya mas, hati-hati saja kasel Kilo blm tentu mampu bersaing “dlm paling lama mengapung” dg kasel Scorpene Malaysia.

    Pembelian alutsista militer memang hrs teliti, njelimet, rahasia dan pasti karena alutsista militer adalah sarana yg tdk boleh sembarang beli, apalagi di Indonesia ada UU yg mesti menuntut persyaratan TOT dlm pembelian setiap produk alutsista militer.

    • Wkwkkk. Si malon Jaguh dia yang julukin sendiri..
      Jaguh Menghina orang doank kali.. hehehe

      *betul Bung.. pembelian alutsista harus teliti.. speknya harus sesuai dengan kebutuhan kita..
      Pokonya kita doain aja mudah”an prosesnya berjalan lancar dalam pengadaan smua jenis alutsista..

  20. Kilo jerman dgn kilo Rusia beda apaNya yeah?…. mhn pencerahannya,…

  21. Bungkus aja pak menhan..!!!.
    Mantapz tuh sdh dibekali rudal jelajah kalibr..yg bsa menggasak musuh2 tetangga di kawasan yg suka usil..

  22. Kenapa konsultasi….lngsung pak beli…..masak dri dlu baru beli 2 tambain lagi minim 12

  23. Ngak usah beli… Buat chang bogo lbh banyak dulu.. Mubazir..!!
    Tp kalau ikut pengembangan proyek kalina class ngak apa. Hhe”

    • @ kambing

      kalina sama amur bagusan yang mana yah bang…?

      • Kalina pengembangannya Lada katanya. Soalnya lada stop produksi diganti proyek kalina. Soal hebat mana & canggih mana saya tidak tahu soalnya blm sampai produksi si Kalina nya, tp kelihatannya bagus Kalina karena katanya pake AIP.
        Katanya lho ya. Cuma kata artikel2 aja.

  24. duh kpn di bungkus ni pa RR?……. lontongnya hahahaaa……..

  25. yeah cuma 2 saudara2 (yg keliatan) šŸ˜€
    yg goib.. au ah gelap..

  26. pertamax

    horeee. . . .eee
    #gila, udah ketinggalan

  27. ngemeng ngemeng, artikel sepi, pemirsanya jg sepi

  28. Kladov said adding that the deal may involve up to 18 aircraft.
    @segara anak
    waduh kaum ghoibiyah bisa onani otak kalo gini caranya hahaha
    pak RR kan bilang cuma 8-10 pesawat SU-35 nah loh kok beranak jadi 18 hihihi

  29. Ni laga2nya ada yg lebih sangar klo simpananya udah dibuka dimari.biasa gayanya TNI emang begitu.imho

  30. Keren infonya … Lubang hidung gue bergerak2 saking senangnya hihihihi…

  31. Betul bung @kancil, di teks inggris nya tertulis …. preliminary talk on dellivery of russian project 636 submarine ….., yg kira2 artinya … pembicaraan awal tentang pengiriman ks proyek 636 Rusia …

    Saya kurang faham apakah memang istilah dellivery umumnya digunakan utk mewakili kata pembelian alutsista, atau terjemahannya yg keliru (secara sengaja/tidak). Padahal di paragraf awal digunakan kata “buy” dan “purchase” yg mewakili kata pembelian pesawat su35.

    (Maaf, analisis berdasarkan pengetahuan bahasa terbatas)

  32. beli lada se kilo ma bu kalina pak RR

  33. Kilo? Ah sudahlah..tadi baca di grup fb patga..ngebahas soal kilo.. tidak kuat menahan senyum..
    Dan masih banyak lagi alutsista legend yg di bahas
    Tidak kuat melihat penjelasan patsus patga soal pameran di halim
    Tidak kuat melihat foto2 ajib yg akhirnya membuktikan bahwa negeri ini sangat pantas berada di posisi 14 militer terkuat di dunia..!!!

    Orang orang bilang ghoib.. bukan ghoib tapi yg bilang ghoib gak pernah lihat. Hehe salam NKRI!!!

  34. Kilo tetangga sdh datang…kita masih mengaji,…tetangga sdh tamat,,,kita baru baca alif’ ba’,…ketinggalan terus …protes keras.

    • Klo jdi pengikut alirn resmiyah hrus bnyk bersabar ya bung hehe
      Lontong laut itu senjata utama yg pasti dirahasiakan jumlahny bgi negara manapun..salam lemper

  35. Bukannya kilo sudah beroprasi 2 ekor? Hihi salam

  36. Kilo bukannya sudan beroperasi di negeri ini bung? Hihi salam

  37. Kilo oh kilo…

  38. nyam nyam disini kilo disana kilo dimana mana ada si kilo mantap banyakin stock kalibr ya pak RR

  39. Hmmm,, improve kilo dlm pengiriman,, yg kemaren ngetest kalibr ya, biar betel propen,, menurut ghoibiyah bila project Kalina berhasil,, maka next ncang bogo blok 2 akan memakai teknologi yg sama,, karena ehh karena.. Upss jangan percaya saya ghoib,, ngilang dulu,, sekian berita dari orang mabok,, cliiing.. :mrgreen:

  40. Buang buang duit, buat apa sih beli kapal selam mulu, kita kan udh punya 24 biji jenis kilo.

  41. @ suhu2 dan tabib2 mohon pencerahannya . …kenapa dari 3 matra tni nkri hanya 2 matra ( au dan al ) yang merapat ke blok timur tentang peralaratan militer……padaha produk militer angkatan darat rusia tidak kalah sama produk yang di pilih tni dari barat…..???? kunaonnya hehehe

    • Siapa bilang ? Kan udah disebutkan juga di atas… ngga baca yah?

      ā€œKonsultasi pendahuluan masih dilakukanā€, katanya dalam sebuah wawancara dengan RIA Novosti. Indonesia menunjukkan minat yang besar dalam pengembangan kerjasama militer dan teknis dengan Rusia, dan sudah bekerja sama dalam tiga matra, yakni Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut, lanjutnya.

  42. Kan konsultasi delivery….itu artinya konsultasi bgmn cara ngirim yg senyap…shg tetangga tidak cemburu buta….dam sakit hati, tau2 sudah nongol di teluk palu…..

  43. KILOoooooooooooooooooo…..

  44. @speed itu kan baru konsultasi ….sama t 3 matra tapi yang dah terbukti cuma 2 matra saja yang …lebih getol blanja alutista blok timur….tapi ad lebih congdong produk barat ….apa .dari ..dulu .2 matra yang merapat sama blok timur hanya matra au da al??????

  45. kekuatan angkatan darat kita sdh tdk perlu di ragukan lagi,Angkatan laut dan udara harus mendapat prioritas utama itu pemikiran yg brillian,Yth pak Jokowi kalau perlu di bentuk resimen rudal ,dan pesan tuch s300-s400 dr rusia,HQ9 dr china.

  46. Pemimpin akan dekenang masyarakat sepanjang masa sampai akhir hayatnya, apabila pemimpin ini memberikan keputusan yang membuat rayatnya nyaman, oleh sebab itu ini kesempatan buat pak RR, bukan karena hanya mengandalkan ketegasan itu sudah biasa buat rakyat toh banyak pemimpin yang tegas tp diujung akhir hayatnya rakyatpun tak perduli, tapi saya dengan seyakin-yakinnya apabila pak RR memutuskan membeli kapal selam KILO Insya Allah sampai kahir hayatnya rakyat akan mengenang beliau atas kebijakan dalam memperkuat pertahanan NKRI.

  47. Salam kenal abang2 semua,,, siapa yang percaya kita udh pnya ks kilo ngacung… Kalo saya sih percaya dari thn 2014 kita udh punya 2,,, hehehe

  48. Ahaa..duet maut kilo sama changbogo ,tetangga pada soak hususnya singaedan..

  49. awas lagi musim ikut” tetangga sebelah pengen tuh

  50. kita patut berbangga tapi jangan lupa daratan, karena tetangga kita pasti juga punya rencana lain untuk menandingi rencana kita. tetangga kita sudah tertarik beli kasel produk israel dan jerman yang tidak kalah canggihnya dibanding yang kita minati. intinya kita tetap harus modern dan menunduk karena makin rahasia kemampuan kita disitulah letak searo kemenangan kita ketika berkelahi

  51. Semoga setelah konsultasi tanda tangan kontrak pembelian.Amin

  52. Ahhh berita basi.tiap hari juga liat kilo wara-wiri dimari.ampe nggak kehitung lagi ntu kilo.yg lebih serrem ntu si mbak tuti.jarang wara-wiri depan rumah.jangan ditegurrr.bahaya….!!!!! soale potensinya sering kumat.bisa2 kena gampar kiri-kanan.

  53. Jangan terlalu lama konsultasi, kan kita sudah konsultasi sejak 1997, ujung2nya batal melulu, ………… kali ini jgn sampai batal lagi !!!

  54. Ini kan cuma buat penambahan santai aja vrohh.. TNI udah punya kilo kok.. upss sory kata2 saya hoax lohh..

    TNI bukan seperti militer china yg sering pamer alutsista di LCS.
    TNI bukan seperti militer korut yang sering nembakin rudal agar musuhnya takut
    TNI bukan seperti militer Amerika yg selalu ingin menjadi yg terkuat.

    Ingat kata2 saat hut TNI 2014 “Kami bukan yg terhebat tapi kami mematikan”

  55. Sabaaarrrrr…

  56. nggilaaniiii isoe wacana tok…. kesuween sukhoi ne endi pisan ? gajuelasss

  57. media media di russia rupanya membahas dengan gencar masalah
    pembelian kasel project 636 ini oleh pihak indonesia

    http://slovodel.com/uploads/2016/04/21/full-indo-1461260177.jpg

  58. kapal selam ghoib he he he

 Leave a Reply