Indonesia-Korsel Lanjutkan Kerja Sama KFX/IFX dan Kapal Selam

Desain pesawat tempur KFX/IFX. (@ KAI)

Jakarta, Jakartagreater.com   –   Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Sekjen Kemhan RI) Laksdya TNI Agus Setiadji, S.I.P., M.A., menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Korea Selatan Untuk Indonesia Kim Chang-beom, pada Rabu 31-7-2019 di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, dirilis situs Kemhan RI, Rabu 31-7-2019.

Dalam kunjungan ini, kedua pihak sepakat dan mengungkapkan memiliki komitmen yang sama untuk terus melanjutkan dan meningkatkan kerja sama di bidang industri pertahanan khususnya dalam kerja sama pembangunan kapal selam dan pesawat tempur KFX/IFX.

Sekjen Kemhan RI mengatakan hubungan kerja sama Indonesia dan Korea Selatan adalah hubungan yang jangka panjang, sehingga kerja sama di bidang pertahanan khususnya kerja sama industri dan teknologi pertahanan harus terus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Beberapa peralatan Alutsista buatan Korsel juga sudah digunakan oleh TNI diantaranya adalah Panser Tarantula, Meriam 105 dan 155, Kapal Selam dan Pesawat KT-1B Wong Bee dan Pesawat Golden Eagle. Untuk itu, dengan cukup banyaknya peralatan yang digunakan oleh Indonesia dari Korsel  diharapkan Korsel juga dapat membeli banyak lagi membeli pesawat CN-295 buatan industri pertahanan Indonesia.

Berkaitan dengan program kerja sama pesawat tempur KFX/IFX yang meskipun saat ini dalam proses renegosisi, Indonesia ingin dan memiliki tekad serta semangat yang kuat untuk terus melanjutkan kerja sama tersebut dalam rangka tercapainya kemandirian pembuatan pesawat tempur.

“Kerjasama KFX/IFX merupakan progran kerja sama Goverment to Goverment antara Indonesia dan Korsel dalam rangka kemandirian pembuatan pesawat tempur di kedua negara”, tambah Sekjen Kemhan RI.

Indonesia-Korsel Lanjutkan Kerjas ama Kapal Selam dan Pesawat Tempur KFX/IFX. (@ Kemhan RI)

Kerja Sama Kapal Selam

Sedangkan kerja sama dalam pembangunan kapal selam, kedua negara juga telah sepakat akan dilanjutkan pada phase ke 2 yakni untuk pembangunan kapal selam ke 4, 5 dan 6 yang akan dibangun di PT PAL Surabaya.

Sementara itu, Dubes Korea Selatan untuk Indonesia dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Kemhan RI khususnya kepada Sekjen Kemhan RI yang telah memberikan dukungan besar bagi peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara.

“Terima kasih atas penyampaian Sekjen Kemhan RI yang menunjukan niat dan semangat tekad untuk memajukan dan melanjutkan kerjasama dengan Korea Selatan, karena kedua negara memiliki kemitraan startegis khusus”, ungkap Dubes Korea Selatan.

Dubes Korea Selatan mengungkapkan, bahwa Korea Selatan akan memberikan dukungan yang semaksial mungkin kepada Indonesia sehingga dapat mencapai kemandirian di bidang industri pertahanan.

Tinggalkan komentar