Nov 092017
 

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Republik Korea, Moon Jae-In, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 9/11/2017. (photo : Setkab.go.id)

Bogor, Jakartagreater.com – Presiden Joko Widodo mengatakan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In bersama delegasi membicarakan kesepakatan peningkatan kemitraan kedua negara menjadi “special strategic partnership” dengan penajaman akselarasi industrilisasi di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Presiden Jokowi saat pernyataan pers bersama dengan Presiden Moon di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis, 9/11/2017.

Presiden mengungkapkan bahwa kunjungan Presiden Moon ke Indonesia merupakan kunjungan pertama Presiden Korsel ke negara ASEAN.

“Hal ini tentunya perlu dimaknai sebagai komitmen kuat Presiden Moon untuk terus meningkatkan hubungan kedua negara,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga mengungkapkan bahwa pertemuannya dirinya dengan Presiden Moon berlangsung sangat hangat bersahabat terbuka dan produktif.

Jokowi dalam kesempatan ini juga menyambut baik peningkatan investasi Korsel hampir dua Kali lipat pada semester I tahun 2017.

“Perdagangan yang telah meningkat 19,3 persen untuk semester I 2017 akan terus kita tingkatkan,” katanya.

Presiden juga menyebut bahwa kerjasama industri kreatif yang telah dibahas Indonesia-Korsel dalam kunjungan ke Korea 2016 lalu juga telah ditindaklnajuti, antara lain telah dibuka “Korean creative content agency” di Jakarta untuk 2016.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga menyampaikan apresiasi dan juga menitipkan para pekerja Indonesia, terutama yang bekerja di sektor perikanan kepada Presiden Moon.

Presiden Moon mengakui dirinya dan Presiden Jokowi memiliki kesamaan, yaitu mengutamakan rakyat dan pengembangan ekonomi bersifat toleran.

“Berdasarkan kesamaan tersebut, kunjungan kami ini benar menjadi kesempatan bagus untuk menumbuhkan kepercayaan bersama pak Presiden dan saya. Saya yakin sekali kepercayaan seperti ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk pertumbuhan hubungan bilateral antara kedua negara,” kata Presiden Moon.

Presiden Korsel ini juga menilai kerjasama yang telah dijalankan kedua negara hingga saat ini dengan baik, terutama dalam bidang perlindungan hak asasi manusia, demokrasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Untuk kerja sama ke depannya, kami sepakat akan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara ke kemitraan strategis khusus, untuk menyumbang kerangka kerja sama asean dan perdamaian dan kemakmuran di seluruh Asia,” katanya.

Atas dasar tersebut, kata Presiden Moon, Korea dan Indonesia telah bersepakat mempererat kerja sama di empat bidang, yakni: Pertama, kedua negara akan memperkuat kerja sama strategis di bidang keamanan, yaitu untuk kelancaran komunikasi strategis, kedua negara sepakat untuk membentuk pertemuan yang pemerintah luar negeri dan pertahanan ikut bersama.

“Kedua negara sepakat juga akan memperdalam kerja sama bidang industri pertahanan, termasuk kelancaran pembangunan bersama jet tempur generasi mendatang,” kata Presiden Moon.

Kedua, kedua negara akan memperkuat kerjasama ekonomi yang didasari pertumbuhan ekonomi yang bersifat toleran dan ekonomi yang lebih mementingkan rakyat.

“Kita telah menyepakati juga untuk meningkatkan jumlah perdagangan ditargetkan 30 miliar dolar AS sampai 2022. Jumlahnya dua kali lipat dari sekarang,” katanya.

Presiden Moon menyebut kedua negara akan prioritaskan kerja sama infrastruktur yang lebih dapat dirasakan oleh masyarakat, seperti manajemen air, transportasi, listrik.

Indonesia-Korsel juga telah bersepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang otomotif, pariwisata, industri konten, energi ramah lingkungan dan lingkungan hidup.

“Dengan pengertian bahwa UKM sehat akan mendorong penghasilan keluarga, lalu hal itu akan menjadi fondasi pertumbuhan ekonomi toleran. Maka kedua negara akan mencari cara bersama untuk mendukung kegiatan UKM.

Ketiga, kedua negara akan memperluas pertukaran masyarakat kedua negara untuk memperkokohkan hubungan kedua negara, yakni akan menambah upaya untuk perlindungan masyarakat kedua negara.

Keempat, mempererat kerja sama ditingkat regional dan global, dimana Presiden Moon meminta Presiden Jokowi untuk dukungan penuh agar kebijakannya memperkuat negara ASEAN bisa direalisasikan. (Antara).

  64 Responses to “Indonesia-Korsel Perkuat Kerja Sama, Termasuk Pertahanan”

  1. KFX /IFX semoga dilancarkan..

  2. Nagih suit Indonesia belum setor

  3. wew pantes tadi di parung bnyak bngt tni polri

  4. Peningkatan kerjasama pertahaan, apa ada lg alutsista yg dibeli dr Korsel?

  5. Kedua negara sepakat juga akan memperdalam kerja sama bidang industri pertahanan, termasuk kelancaran pembangunan bersama jet tempur generasi mendatang,” kata Presiden Moon

    Tetot jadi soal IFX gagal hanya gosip aliran gripikiyah wkkkk… Terus pak Lanjutkan IFX, Lengkapi Armament Sigma, Borong Sukro Fokus dng yg sudah di rencanakan…

    • Mantab masbro…..

      Kemandirian alutsista hukumnya fardlu a’in……. tidak bisa ditawar.

      Beli itu masalah gampang, tapi mana mungkin selamanya alat militer musti import ??…… mari belajar dari embargo militer yg selama ini di alami Indonesia…….. sakitnya itu di dieu sobat !!….

    • Faktanya dana kfx/ifx mandek mampet 😀

  6. Yg mencurigakan adlh sesudah pertemuan dg trump, presiden moon langsung bw kbar bahagia ke indonesia bertemu presiden jokowi

  7. kelak di thn 2030 anak bangsa sdh bikin pswt tempur mandiri …

  8. Baterai KRI Nagapasa gimana nih perkembangannya

  9. Mungkin korsel lagi nyambi jadi sales produk amerika disamping kunjungan persahabatan ke Indonesia, sales fansboy amerika yg disini bakal nangis batin kalah saing neh … xixixi

  10. Kelamaan nih artikel barunya….klo gini terus bisa ditinggal warjag nie…

  11. selamat untuk N219 dengan nama NURTANIO

  12. Alhamdulillah,,,,KFX-IFX jalan lagi…..semoga komit sampai akhir…

    klo Sukro….ah sorry yee……anggarannya udah ga ada, udah kepotong sama IFX xixixi…..
    mending buang aja tuch PO Sukro ke kolam, sapa tahu nanti ada yg nonggol bilang : “kamu menjatuhkan sukro, sukro mana yg kamu buang yg emas, atau yang silver…….”
    #xixixi…cerita dongeng……..

    btw kenapa gw tulis disini yah,,,,JKGR serasa jadi wall FB gw…….xixixiiiiii

  13. Foto pak Jokowi pegang payung di atas seperti drama adegan pilem Korea….

  14. sedia payung sebelum hujan. Sedia alutsista gahar sebelum ada perang atuh euy……

  15. GIMANA KELANJUTAN KAPAL SELAM YANG KATANYA KURANG BERTENAGA DAN IFX YANG BELUM BAYAR IURAN

    • Kapal selamnya brtenega, sangat bertenega, tapi blm elektrik, sehingga desahhannya trdgr satu kampung, masih mendinglah dikampung sendiri karna orang menandainya, dr pada dikampung orang? Mungkin digebukiiii broooo, yg pd akhirnya telat bayar krna adu speed ama satpol pp

      Hahhaahaaaa

      • Hei bagong…… mustinya ente mikirnya masalah kemandirian.

        Emang lu dulu lahir ceprot langsung makan jengkol ??…….

        Awas lu besok lagi komen ga pake dipikir dulu…… ana tendang bokong lu sampe ke kutub !!….. 😆

        • Loe kan masih anak2, minum pun mesti disulangi, ngapain pula loe brpikir kemandirian, krna blm cukup umur loe bicara kemandirian.

          Mudhan2 ini komen kagak nyangkut digigimu, sekiranya sudah nyangkut? Minum yaa brooo

          Hahhaahaaaa

          • kiye wong kok seneng nya ngejek orang terus yo, opo ga takut kualat ya

          • Beliau itu sebenernya sudah kualat mbah, kalo komen nggantung kebalik kayak jambu Mete…… xixi…

            Memang susah mbah kalo ngobrol sama spesies tak bergigi macam Carin……. beliau itu kalo makan Duren main telen buah sama kulit2-nya !!… 😆

          • Loe ngomong kualat ama gue mbah? Geli geli gima gitu gue.

            Bagusnya loe mbah & cebiri brdua ajja ngomong kualat, mungkin seven & wi, jadi geli geli gimana gituu, tapi jgn sampai kurang tot, jadi salah sorong pula nantiii

            Hahhaahaaaa

  16. gombaaallll……nyatanya kita dapat ks super down grade

 Leave a Reply