Nov 012016
 

Jet tempur Sukhoi Su-35 melakukan aksi dalam ajang Internasional Army Game 2016 di Dubrovichi outside Ryazan, Rusia, 5 Agustus 2016. (Reuters/Maxim Shemetov)

Jet tempur Sukhoi Su-35 melakukan aksi dalam ajang Internasional Army Game 2016 di Dubrovichi outside Ryazan, Rusia, 5 Agustus 2016. (Reuters/Maxim Shemetov)


Seorang pejabat kementerian pertahanan Indonesia mengatakan kepada Reuters bahwa Indonesia sedang dalam pembicaraan untuk membeli “sembilan atau sepuluh” jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia. Namun, ia tidak memberikan penjelasan waktu terkait kesepakatan tersebut.

“Kami masih melakukan negosiasi,” Leonardi, kepala fasilitas pertahanan di kementerian pertahanan Indonesia yang hanya memberikan satu nama, melalui telepon.

“Kami masih tawar-menawar, ‘berapa banyak Anda ingin menjual mereka?’.”

Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu mengatakan pada bulan Mei bahwa negara di Asia Tenggara akan membeli delapan jet Sukhoi Su-35 Rusia pada tahun ini. Namun, rencana pembelian belum terwujud.

Ratusan perusahaan, termasuk Lockheed Martin dari Amerika Serikat, Swedia Saab dan perusahaan senjata negara Indonesia PT Pindad akan mengirimkan perwakilan dalam pameran Indo Defence, yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 2—5 November 2016.

Total belanja pertahanan Indonesia telah meningkat 77 persen selama empat tahun terakhir menjadi Rp 108,7 triliun, serta diharapkan dapat mencapai sekitar 108,0 triliun pada tahun depan.

Indonesia telah menandatangani kontrak dengan Lockheed Martin untuk 24 unit jet F-16. Dari jumlah itu, 14 unit telah dikirimkan dan 10 lainnya diharapkan tiba pada awal tahun 2018.

Sumber: Reuters

Bagikan:

  78 Responses to “Indonesia Masih Dalam Pembicaraan untuk Membeli Sukhoi Su-35”

  1.  

    Digosok terus

  2.  

    sungguh terlalu…

  3.  

    ..kalo barang murahan gampang negonya..
    kalo barang bagus..negonya kudu sabar..

  4.  

    Dan akhirnya….?

  5.  

    “Masih dalam pembicaraan”.
    Yang membicarakan Su-35 terus-menerus itu JakartaGreater !

  6.  

    su35????????………..

  7.  

    Lama banget..tinggal ambil satu skuadron..gitu aja kok repot..

  8.  

    Ko sumbernya reuters ya? Kan sputnik biasanya…atau jika berita nya di indonesia sumbernya ya antara harusnya…

  9.  

    mudahan saja

  10.  

    mudah-mudahkan saja….hehehehe

  11.  

    AddOoooooo lagi

  12.  

    Pembicaraan tentang pembelian SU-35 oleh Indonesia patut dicatat sebagai Rekor Dunia pembicaraan terlama sedunia, bahkan sampai berita ini diturunkan, pembicaraan masih berlangsung, ………….. xi xi xi to much talking, without action !!!

  13.  

    Ra ngudeng aku jon.

  14.  

    Amin

  15.  

    Pak mengkudu tempo hari bilangnya RI mau beli 8 ekor. Lah skrg bilangnya mau beli 9-10 ekor..
    Beli ekornya aja nanti badannya dibikin pt.di

  16.  

    Lho kok kosong ?

  17.  

    Lho kok kosong ? Tes

  18.  

    Nnyimak… 🙂

  19.  

    ASAP MENGEPUL DIMANA MANA… DAGING2 BERSERAKAN,…. DI IRINGI AROMA DAGING YG TERBAKAR…. eh… ternyata si AJO LG BAKSR SATE…. wokwokwokeok… bakar trssddd….

  20.  

    Kemarinkan beritanya akan membeli 8 pesawat…dan berita sekarng 9 dan 10….
    Aku akan prediksi dan mulai menerawang bulan depan…..Mungkin bulan depan ada berita yg terbaru Indonesia
    sedang dalam pembicaraan untuk
    membeli “sebelas atau dua belas” dan bulan depannya lagi akan ada “tiga belas sampai empat belas”…akhirnya bulan demi bulan beritanya akan genap dua skuadron
    jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia…….

    😀

  21.  

    mungkin gak ada salahnya para penghuni lapak warjager,kalau sepakat banjiri surel kang Putin supaya dibantu untuk mempermudah pengadaan ni sepawat pentur, biar dia tahu kalau kita sungguh2 ingin memiliki buat jagain ni negara bukan buat intervensi atau gagah2 an, ini memang keperluan bukan keinginan, ntar kalau ratingnya banyak kan luluh juga Rusky, dari pada kadar asam lambung para warjager meningkat gara2 ni rembugan gak deal2 …. usul saja sih….

  22.  

    Kemarinkan beritanya akan membeli 8 pesawat…dan berita sekarng 9 dan 10….
    Aku akan prediksi dan mulai menerawang bulan depan…..Mungkin bulan depan ada berita yg terbaru Indonesia
    sedang dalam pembicaraan untuk
    membeli “sebelas atau dua belas” dan bulan depannya lagi akan ada “tiga belas sampai empat belas”…akhirnya bulan demi bulan beritanya akan genap dua skuadron
    jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia…….

    😀
    😀

  23.  

    Semoga kontrak nya bisa ditanda tangani Sebelum akhir tahun 2016…
    Rumit Dan panjang sekali ….
    Kalau bisa ditanda Tangan Saat Indo defense 2016 ..tentunya akan sangat menarik sekali..

  24.  

    Ya dibicarakan donk.. Nah masalahnya yg dibicarakan itu apa ?? Saling punya kepentingan jadi jago jagoan nego..dan lebih banyaknya adl Rahasioo..
    Cuma malaikat yg tau..

  25.  

    Bingung jumlah dan paketan Alutsista yg Laen kayaknya?…hahhaha…yg mau dicash yg mana?….yg mau dikredit yg mana..maklum mau ngisi kandang2 baru…kayak keluarga baru mau ngisi rumah’ baru…(edisi mungkin lho)…

  26.  

    kl bermimpi itu yg tinggi sekalian boleh2 aja dan pasti kesampean mimpinya ga usah nanggung,kl pengen ya berdoa aj semoga dikabulkan am yg punya duit, maaf lo saya cm kuli proyek.yakin dan pasti aja pesawat nyampai ke kita.

  27.  

    Woyeeee…..

  28.  

    luwar biyasa..
    penggorengan dahsyat..
    sekali di udara selamanya mengangkasa..
    mari kita ramaikan episode ini di 4321 mdpl.. selama.. lamanya..

  29.  

    Strategix TNI..
    tunggu aj kelanjutanx..
    Psti ntr ad alutsista goib yg dtng lagi..

  30.  

    pesawat impian ina…
    .

  31.  

    pembicaraan pengadaan su-35 super alot, mbulet dan penuh intrik. bikin jiran ngintipnya sampai ketiduran dan fansboy sampai jenuh dengarnya.
    …………….ujung2nya njleketek kurang dari 1 skadron.

  32.  

    Klau aku bisa pegang su 35 ..tak banting2 sampek remuk..gak tumbas juwes..jadi gregetan kebanyakan digoreng sampek hati ini gosong..

  33.  

    tar tanpa rudal ,kek dulu

  34.  

    “berapa banyak anda ingin menjual mereka?”
    wah indonesia siap uang..1 sku dong

  35.  

    lhoh ktanya kmarin” udah diel.. berati yg masih di nego apanya nih,. tot, rudal apa mungkin ada yg lain..?

  36.  

    Sampai kapan harus seperti ini… Beritanya begini trus… Belinya kapan, datang barangnya kapan????

  37.  

    skenario yang bagus kk².
    optimis aja ya.

  38.  

    Berita sukhoi sekarang komennya bikin ngakak…..!!!! Goreng lagiiiii….. Lagiiii…….

  39.  

    Berarti selama ini pejabat dephan hanya makan gaji buta…..kerjanya mbahas sukhoi-35 gak ada yang lain?!!!!

  40.  

    klo warjag mau tau ini sbnarnya akn deal deal nya pda thun 2019…

    jdi masih ada wktu 2 thun untuk menggoreng su 35 ini…

  41.  

    Beli 8 unit bayar credit,8unit lagi bayar dg sumber komoditas RI plus minta tot. Spt dulu bayar pake kelapa sawit. Tawarin kerjasama join investasi buat kereta api lintas sumatra,kalimantan,papua dll bersama PT KAI. Kerjasama bikin pln tenaga nuklir bersama batan,apa ga ngiler tuh rusia. Masa cuma si asu aja yg kebagian durian runtuh freeport.

  42.  

    Indonesia sangat kaya,apa saja bisa dijadikan bergaining bisnis. Harta karun dari sabang sampai merauke bisa dijadikan dana utk kejayaan indonesia.

  43.  

    Kalau soal pembelian sukoi su-35 mah ga ada mati nya dah..
    Kalau udah dingin di goreng lagi biar anget hahaha ..

  44.  

    What???

  45.  

    Hmmmm

  46.  

    Wakwaww

  47.  

    Test

  48.  

    Kenapa ngak memberdayakan sdm sendiri aja ya, kita kok pada minderya, kalo baca india udah membuat tejas,turki lg ngembangin gen5 ,kita ada proyek pesawat gen5 juga tinggal dananya dikasih lapan kan ada proyek lfx yg kekurangan dana kan banyak anak2 bangsa yg cerdas diluar, dan para anak universitas2 diindonesia jg yg cerdas2

  49.  

    Nggak usah maksa beli su 35, mig 35 dan gripen sementara cukup

  50.  

    RI sempat ancam batalkan

    Pada bagian lain, Panglima menyebut Indonesia sempat mengancam Rusia untuk membatalkan pembelian empat unit pesawat tempur Sukhoi dan dua helikopter Mi-35, karena tidak ada kesepakatan harga antara kedua pihak.
    “Pada 20 sampai 24 April 2003, dilaksanakan negosiasi harga dan speksifikasi teknis oleh Tim Teknis TNI-AD, TNI-AU serta Bulog, yang dikoordinasikan Dirjen Daglu Depperindag,” kata Panglima.
    Negosiasi berjalan alot dan sempat dalam dua hari terpaksa dihentikan oleh Menperindag Rini MS Soewandi sekaligus mengancam akan membatalkan transaksi itu, karena tidak tercapainya kesepakatan harga.
    Pihak Rusia menawarkan harga untuk empat pesawat Sukhoi dan dua helikopter Mi-35 sebesar 215,819 juta dolar AS, namun Indonesia keberatan.
    “Namun setelah pihak Indonesia mengancam untuk membatalkan transaksi, pada 23 April 2003 Rusia mengundang kembali untuk melanjutkan negosiasi,” kata Endriartono.
    Dari negosiasi lanjutan itu, disepakati harga sebesar 192,9 juta dolar AS untuk empat pesawat Sukhoi dan dua helikopter itu atau turun sekitar 22,9 juta dolar AS dari harga yang ditawarkan semula, ujarnya menambahkan.
    Setelah terjadi kesepakatan harga, maka Indonesia dan Rusia menuangkan kesepakatan pembelian empat pesawat Sukhoi dan dua helikopter Mi-35 itu dalam sebuah kontrak pada 24 April 2003.
    Kontrak yang berjudul “Supply Contract in The Frame of Counter Trade of Indonesian Export Goods to The Delivery of The Russian Federation of SU-27SK, SU-30MK Aircraft and Mi-35P Helycopters” itu, ditandatangani oleh Kabulog, sebagai buyers, Panglima TNI sebagai user dan Rosoboronexport sebegai seller.
    Kontrak itu ditembuskan ke Dirjen Ranahan Departemen Pertahanan (Dephan) dan Dirjen Rensishan Dephan, demikian Panglima Endriartono. (kh/ant/jon)

    http://www.pelita.or.id/baca.php?id=15617

  51.  

    Mimpi boleh aja

  52.  

    lanjutkan

  53.  

    santai ajalah, kita kan nga tau apa yang sebenarnya terjadi.

    tau2 pembeliannya plus S300, kan lumayan

  54.  

    Hahaha mau aja lu semua pada tau,, tenang aja, tau2 nnti itu barang pada non gol. Itu kata kakek sy yg ke 3.

  55.  

    Ngomong sekali beli 8 sekali 12 sekali 9 sekali sepuluh. Yg mna yang bner nih..pake sok soaan lagi kami lagi tawar menawar..pake bilang nerapa banyak anda ingin mejual…heiiiiii bung…di dephan..jangan2 anda yg tak pnya duit untk beli pake sok gt lg
    .produsen g masalah mkin byk kita beli mkin suka..mw beli 8 ja melarat pake sok soaan..ngomong seadanya ja jagan kaya tong kosong nyaring bunyinya..meluat tengok bahasa pejabat jg bahasa penulisan admin..suka berbgga diri..bkn brarti g bleh brbgga..tp jgn berlebihan..low berlebihan jd smbong dan itu sifat setan.

  56.  

    Beli mig 35 se3banyak 3 ska minta tot full

  57.  

    Mantap

  58.  

    Moga deal beli su35nya

  59.  

    kapal selam + frigat … ( hanya design animasi = youtube )

    https://www.youtube.com/watch?v=SC0xfuf14PY&feature=autoshare

  60.  

    Keembangee turuu…
    Zzzzzzz…

  61.  

    Daripada beli SU-35 9-10 mending beli F-16 refurbish 2 skadron, lumayan ada promo dari Obama sebelum lengser.
    Lumayan punya 57 pespur F-16 yang “Combat Battle Proven”.
    Hayoo peduli amat masalah teknologi yang penting nongkrong 2 F-16 di setiap provinsi.
    Jika masih kurang beli semua pensiunan F-14 Tomcat (syukur2 gratis), agar bisa kucing2an dengan SU-35 nya China di Natuna!!!

 Leave a Reply