Aug 262014
 

Indonesia Matangkan Pembangunan Simulator Sukhoi

Beijing (Antara) – Indonesia kini sedang mematangkan rencana pembangunan simulator Sukhoi, kata Wakil Menteri Pertahanan RI Sjafrie Sjamsoeddin di Beijing, Selasa.

“Saat ini telah diinvetarisasi negara-negara mana saja yang akan terlibat dalam pembangunan simulator Sukhoi bagi pilot-pilot Sukhoi TNI Angkatan Udara. Setelah itu akan dipastikan kesesuaian dari simulator yang diajukan beberapa negara itu dengan spesifikasi yang akan digunakan penerbang Sukhoi TNI Angkatan Udara,” ungkapnya.

Berdasar catatan Antara, terkait rencana pembangunan simulator Sukhoi itu ada beberapa negara yang mengajukan termasuk Rusia dan Tiongkok, sebagai produsen dan juga pengguna pesawat jet tempur Sukhoi.

Dari11 negara yang mengajukan tersaring tiga negara yang sesuai spesifikasi teknik dan kebutuhan operasional TNI Angkatan Udara yakni Tiongkok, Kanada dan Slowakia.

Untuk memastikan spesifikasi teknik dan kebutuhan operasional yang dimiliki masing-masing perusahaan di tiga negara itu, tim dari Indonesia tengah melakukan peninjauan ke setiap perusahaan dari tiga negara itu.

“Dua negara sudah ditinjau yakni Kanada dan Slowakia, sedangkan Tiongkok dalam waktu dekat,” kata sumber Antara di Mabes TNI Angkatan Udara.

Para penerbang pesawat jet tempur Sukhoi TNI Angkatan Udara melakukan pelatihan simulator Sukhoi di Tiongkok sejak 2007, dengan materi latihan simulator Sukhoi yang telah ditingkatkan dari materi dasar ke latihan simulasi tempur.

Hingga kini sudah ada delapan penerbang Sukhoi TNI Angkatan Udara yang mengasah keterampilan dan keahliannya di Negeri Panda. (id.berita.yahoo.com)

  39 Responses to “Indonesia Matangkan Simulator Sukhoi”

  1. Mantapp

  2. Teruskan

    • apaan sih lu. caps lock tuh lu matiin!! lu kira lagi demo?

    • sya tidak setuju, karna blm ada bukti, alasan bung@damar dasarnya dimana.. coba penjelasannya

      • bahasa bung@Damar saya sering baca di media, andai saja bung Damar bisa menyampaikannya langsung ke sumper yg bertanggung jawab, itu akan lebih bermakna, disinipun ta apa kalopun sudah tak aneh lagi.. tp sya suka jika Bung Damar membuat opini yg panjang dikemas dengan santun… dan lebih hebat lagi jika yg membacanya Presiden yg baru terpilih 🙂

  3. ketiga…lanjutkan

  4. keempat…

  5. 4 besar eeuuuyyy…. mantap…. skalian rafalee

  6. absen dulu

  7. mantaap

  8. wahh….
    Hingga kini sudah ada delapan penerbang Sukhoi TNI Angkatan Udara yang mengasah keterampilan dan keahliannya di Negeri Panda.
    dan ini sejak tahun 2007…..
    masa hanya delapan orang

    • @rangga..salah satu alumni simulator cina “katanya ” menjebol radar pertahanannya upil…terbang sangat dekat dgn daratan upil…tolong di babar disini para senior…apa iya..kok bisa..pespurnya dr jenis yg mana…

  9. simulator Shukoi,, mantab deh,,,

  10. kalo pake simulator itu bisa berarti…
    1.Buat hemat anggaran..
    2.Artinya ntu sukro lebih dari sekandang.

  11. Yg di bold wajib dibabar sm senior2… 🙂

  12. clue2 dr para dosen mulai terbukti mksih atas pencerahannya

  13. kalaulah simulatornya jadi, apakah artinya skuad Flanker bakalan pasti nambah ya.. mohon pencerahan para sesepuh warjag.. 🙂

    .. kembali SR, duduk dipojokan, sambil nunggu SU-35 kapan dateng… 🙂

    • Perlu dikunyah pelan-pelan bung informasi seperti ini. Yang jelas tidak mungkin mendirikan pusat latihan simulasi Sukhoi tanpa ada rencana penambahan SU bersaudara. Tentang jenis dan jumlah serta penempatan yang masih belum jelas. 😀

    • setuju bung Tedjo, walaupun SR, kalau mau jeli sedikit, ya mesti rajin” ngumpulin puzzle info dari para sesepu warjag..
      ..tapi kadang suka ga sabar hehe..

      salam kenal bung.. met malem..

  14. Dipastikan identik…berarti sukhoi..telah banyak berdatangan..dan di simpan di bunker…bunker pesawt..heee…

  15. Bung Damar jati@ saya setuju dengan anda, tapi jangan teriak teriak ngomongnya..pakai huruf kecil saja kami tahu…kok masksudnya…

  16. apa bener nih info ” hingga kini sudah ada 8 penerbang yg mengasah ketrampilan di tiongkok” kok kesane lama bgt? kira” ini per tahun delapan orang gitu maksudnya ?
    padahal saya pernah baca di koran tempo tgl 3 okt 2010 . tahun 2008 aja sudah ada 4 penerbang yang lulus. secara logika jika mulai ada pelatihan tahun 2007 sampai 2008 lulus 4 penerbang. kalau sampai tahun 2014 ada 28 penerbang. mungkin gak kalau sukhoi kita lebih dari 16?
    mohon petunjuk dari para sesepuh

    • Yaah dihitung saja mulai tahun 2007 sampai sekarang 2014 akhir, kira2 yg lulus berapa jumlahnya, apa ngak kebanyakan pilotnya?? Kecuali menyesuaikan jumlah yg sudah ada dan yg mau ada. Yg penting SU kita kita smua tahu jumlahnya 16 yg sangat hebat karna sering pindah2 dari timur kebarat.. Hehe.. Mekso…:D

    • @ bung tama…..
      kita perlu mencerna secara perlahan lahan dan pelan pelan apa saja clu yang pernah di beberkan para sesepuh untuk maslah ini….bener kata bung FA…setiap taun kirim pilot buat latihan kan tidak mungkin orang nya itu itu saja…past iada penambahan para joki dan sudah barang tentu hal in idi sesuaikan dengan armada yang ada….(maksudnya yang terlihat dan yang ghoib hehehehe )….kan pak Pur dan Pak Moel jagonya bikin no duplikat untuk arsenal kita….lontong kita aja ada 401a,401b dst…..

      jadi kita tunggu saja apa yang pernah dibeberkan para sesepuh, karena sudah mulai terbuka pelan pelan tabirnya

  17. Baca aja di angkasa di edisi yg bulan2 kemarin.. tiap 4 bulan kita kirim pilot sukro buat berlatih disana.. yg ngajar gak tanggung2 para ahli yg disebut profesor dan di bela2in salah seorang yg sangat hebat dari siberika yg khusus mengajarkan ilmunya untuk para joki sukro kita..

  18. Main pespur Di PS3 Dan xbox 360 sudah enak banget, gimana di simulator view 360 derajat/parabola!

  19. untuk menjadi yang terbaik dan profesional…para penerbang kita …memang ketrampilanya perlu selalu di latih dan diperbarui dengan trik dan teknik terbaru…sehingga menjadi terlatih dan terbiasa…semoga selalu siap menjaga dan mengawal kedaulatan langit NKRI….semoga

  20. Nunggu penampakan Su35 BM/Su34 full back

  21. sukhoi yg akan datang ( jika memang mau beli lagi ) kemungkinan besar akan ditempatkan di biak. saat ini kan ada pelatihan di papua. sukhoi , golden eagle n boing

  22. sukhoi kan produk Rusia, masa simmulator pake buatan china/slovakia/kanada…kenapa gk beli langsung dari rusia????..kalau buat simulator, berarti bukan cuma 16 doank sukronya..top secret

  23. kenapa simulatornya tidak dari pembuat SU….Rusia???? adakah “sesuatu” yang tidak kasat mata….

  24. “Hingga kini sudah ada delapan penerbang Sukhoi TNI Angkatan Udara yang mengasah keterampilan dan keahliannya di Negeri Panda.” jangan-jangan kemarin yang insiden roll barrel P8 poseidon salah satu pelakunya ace kita yak….wkwkwk

  25. Jadi ingat pernyataan pak PUR yg bikin geger kawasan, Indonesia akan melengkapi armada Sukhoi hingga 180 atau 10 skuadron sampai dengan akhir MEF 3. Semoga benar2 terwujud.Amin.

  26. Shukoi made in Rusia koq simulator dri kanada? Cina ok,slvakia msh bisa.Kanada…? Mohon pencerahannya abang2 sklian.

  27. Gue juga bigung tuh Coy, asal jangan pake istilah Tanjung Balai : Timbang korjo tak korjo aja..hehe

 Leave a Reply