Indonesia Matangkan Simulator Sukhoi

39
66

Indonesia Matangkan Pembangunan Simulator Sukhoi

Beijing (Antara) – Indonesia kini sedang mematangkan rencana pembangunan simulator Sukhoi, kata Wakil Menteri Pertahanan RI Sjafrie Sjamsoeddin di Beijing, Selasa.

“Saat ini telah diinvetarisasi negara-negara mana saja yang akan terlibat dalam pembangunan simulator Sukhoi bagi pilot-pilot Sukhoi TNI Angkatan Udara. Setelah itu akan dipastikan kesesuaian dari simulator yang diajukan beberapa negara itu dengan spesifikasi yang akan digunakan penerbang Sukhoi TNI Angkatan Udara,” ungkapnya.

Berdasar catatan Antara, terkait rencana pembangunan simulator Sukhoi itu ada beberapa negara yang mengajukan termasuk Rusia dan Tiongkok, sebagai produsen dan juga pengguna pesawat jet tempur Sukhoi.

Dari11 negara yang mengajukan tersaring tiga negara yang sesuai spesifikasi teknik dan kebutuhan operasional TNI Angkatan Udara yakni Tiongkok, Kanada dan Slowakia.

Untuk memastikan spesifikasi teknik dan kebutuhan operasional yang dimiliki masing-masing perusahaan di tiga negara itu, tim dari Indonesia tengah melakukan peninjauan ke setiap perusahaan dari tiga negara itu.

“Dua negara sudah ditinjau yakni Kanada dan Slowakia, sedangkan Tiongkok dalam waktu dekat,” kata sumber Antara di Mabes TNI Angkatan Udara.

Para penerbang pesawat jet tempur Sukhoi TNI Angkatan Udara melakukan pelatihan simulator Sukhoi di Tiongkok sejak 2007, dengan materi latihan simulator Sukhoi yang telah ditingkatkan dari materi dasar ke latihan simulasi tempur.

Hingga kini sudah ada delapan penerbang Sukhoi TNI Angkatan Udara yang mengasah keterampilan dan keahliannya di Negeri Panda. (id.berita.yahoo.com)

39 KOMENTAR

  1. apa bener nih info ” hingga kini sudah ada 8 penerbang yg mengasah ketrampilan di tiongkok” kok kesane lama bgt? kira” ini per tahun delapan orang gitu maksudnya ?
    padahal saya pernah baca di koran tempo tgl 3 okt 2010 . tahun 2008 aja sudah ada 4 penerbang yang lulus. secara logika jika mulai ada pelatihan tahun 2007 sampai 2008 lulus 4 penerbang. kalau sampai tahun 2014 ada 28 penerbang. mungkin gak kalau sukhoi kita lebih dari 16?
    mohon petunjuk dari para sesepuh

    • Yaah dihitung saja mulai tahun 2007 sampai sekarang 2014 akhir, kira2 yg lulus berapa jumlahnya, apa ngak kebanyakan pilotnya?? Kecuali menyesuaikan jumlah yg sudah ada dan yg mau ada. Yg penting SU kita kita smua tahu jumlahnya 16 yg sangat hebat karna sering pindah2 dari timur kebarat.. Hehe.. Mekso…:D

    • @ bung tama…..
      kita perlu mencerna secara perlahan lahan dan pelan pelan apa saja clu yang pernah di beberkan para sesepuh untuk maslah ini….bener kata bung FA…setiap taun kirim pilot buat latihan kan tidak mungkin orang nya itu itu saja…past iada penambahan para joki dan sudah barang tentu hal in idi sesuaikan dengan armada yang ada….(maksudnya yang terlihat dan yang ghoib hehehehe )….kan pak Pur dan Pak Moel jagonya bikin no duplikat untuk arsenal kita….lontong kita aja ada 401a,401b dst…..

      jadi kita tunggu saja apa yang pernah dibeberkan para sesepuh, karena sudah mulai terbuka pelan pelan tabirnya

  2. Baca aja di angkasa di edisi yg bulan2 kemarin.. tiap 4 bulan kita kirim pilot sukro buat berlatih disana.. yg ngajar gak tanggung2 para ahli yg disebut profesor dan di bela2in salah seorang yg sangat hebat dari siberika yg khusus mengajarkan ilmunya untuk para joki sukro kita..

  3. untuk menjadi yang terbaik dan profesional…para penerbang kita …memang ketrampilanya perlu selalu di latih dan diperbarui dengan trik dan teknik terbaru…sehingga menjadi terlatih dan terbiasa…semoga selalu siap menjaga dan mengawal kedaulatan langit NKRI….semoga