Jun 092018
 

dok.UN Security Council. (photo: White House (Pete Souza) / Maison Blanche via commons.wikimedia.org)

Jakarta, Jakartagreater.com – Setelah berjuang keras, Indonesia akhirnya kembali menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk keempat kalinya.

Indonesia pada Jumat, 8 Juni 2018 terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk masa kerja 2019-2020 melalui pemungutan suara di Majelis Umum badan dunia itu, dirilis ANTARA.

“Alhamdulillah, di Majelis Umum PBB, Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan mewakili kawasan Asia-Pasifik, menggantikan Kazakhstan, yang masa keanggotaannya berakhir pada akhir 2018,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui konferensi video langsung, yang diikuti Antara di Jakarta.

Indonesia mendapatkan kursi DK PBB untuk kelompok kawasan Asia-Pasifik melalui pemilihan di Majelis Umum yang berlangsung di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat, pada Jumat 8 Juni 2018 pagi (Jumat malam WIB). Setelah terpilih, Indonesia akan resmi mengisi kursi DK-PBB tersebut sejak 1 Januari 2019. Melalui pemilihan tertutup di Majelis Umum PBB, Indonesia berhasil meraih 144 suara.

Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap DK-PBB masa kerja 2019-2020 mengalahkan Maladewa dengan perolehan 144 suara dari 190 negara anggota PBB, yang memberikan suara dalam pemilihan itu. Sementara Maladewa hanya memperoleh 46 suara.

Indonesia terpilih bersama 4 negara lain anggota PBB, yakni Afrika Selatan untuk kelompok kawasan Afrika, Republik Dominika untuk kawasan Amerika Latin dan Karibia serta Jerman dan Belgia untuk kawasan Eropa Barat dan negara lain. Indonesia pernah menjadi anggota tidak tetap DK-PBB pada masa 1973-1974, 1995-1996 dan 2007-2008.

Kampanye Indonesia untuk DK PBB dimulai sejak peluncurannya pada 2016 di New York dan selalu mengusung prioritas Indonesia untuk menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas global, memastikan sinergi antara melanggengkan perdamaian dan agenda pembangunan berkelanjutan dan memerangi terorisme, radikalisme dan ekstremisme.

Palestina

Setelah resmi terpilih, Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa isu Palestina akan terus mendapatkan perhatian di PBB selama Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB untuk periode 2019-2020. Isu Palestina akan menjadi perhatian Indonesia selama Indonesia menjadi anggota di Dewan Keamanan PBB, kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Menlu juga mengajak para anggota DK PBB lainnya untuk bekerja lebih baik dalam menghadapi berbagai tantangan dunia. Indonesia juga akan mengajak anggota DK PBB lain untuk bekerja lebih efisien, efektif, dan akuntabel untuk bersama-sama menghadaopi tantangan global, ujar Menlu Retno.

Menurut Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Indonesia harus menjalankan 5 agenda setelah terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB untuk masa jabatan 2019-2020. “Indonesia berhasil mendapatkan 144 suara, sedangkan pesaingnya yakni Maladewa hanya mendapatkan 46 suara,” ujar Hikmahanto Juwana.

Dengan 144 suara Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap DK-PBB pada pemungutan suara di Majelis Umum PBB, Indonesia sedapat mungkin memperjuangkan 5 agenda saat mulai bertugas menjadi anggota tidak DK-PBB pada 1 Januari 2019.

Pertama, Indonesia harus dapat meletakkan agenda yang berkaitan dengan masalah perdamaian dan keamanan dunia. Salah satunya adalah upaya memerdekakan Palestina dan perlindungan terhadap warga sipil di Palestina. Selain itu pertemuan Donald Trump dan Kim Jong Un di Singapura dalam waktu dekat ini harus dicermati karena sangat berpengaruh pada perdamaian dan keamanan dunia.

Kedua, Indonesia harus dapat memunculkan agenda kawasan yang berpengaruh pada perdamaian dan kemanan dunia. Sebagai contoh ketegangan antar negara di Laut China Selatan, perlindungan terhadap etnis Rohingya dan masalah pengungsi asal sejumlah negara Timur Tengah, kata dia.

Ketiga, Indonesia memunculkan agenda-agenda yang berkaitan dengan perang melawan teroris. Ini penting mengingat pelaku teror telah mengubah perjuangannya untuk melawan hal-hal yang berbau Barat, tetapi sudah sampai pada upaya untuk menggulingkan pemerintahan yang sah dari sejumlah negara, bahkan upaya mendirikan negara baru.

Keempat, Indonesia perlu mengagendakan pembahasan tentang fenomena yang muncul belakangan ini terkait masalah intoleransi. Intoleransi telah menjadi wabah di berbagai negara, termasuk di negara-negara maju sekalipun, ujar dia.

Terakhir, Indonesia perlu mengusulkan agenda-agenda yang berkaitan dengan masalah ekonomi, perdagangan dan investasi yang berdampak pada perdamaian dan keamanan dunia.

Bagikan :

  21 Responses to “Indonesia Menjadi Anggota Tidak Tetap DK PBB”

  1.  

    Tahniah ri

  2.  

    sy agak malas cari informasi,tapi keuntungan apa sj yg di dpt indonesia setelah menjadi anggota tdk tetap pbb?

    •  

      keuntungannya mungkin supaya expor indonesia tetap laku kalleeee,

      tapi mnjd anggota dk pbb blm tentu papua bisa dikendalikan secara penuh hanya karna masalah freeport yg ingin papua mmbubarkan diri dari indonesia, karna kata orang sih itu papua msh memiliki segudang mineral bumi

      hahhaahaaaa

    •  

      nanti juga tahu apa keuntunganya apa.
      ibarat orang mau buka usaha ini baru bikin meja dagangab aja, itupun masih belum selesai

      •  

        Kl urusan luar negri baiknya indo urusin saja gmn supaya insvestor mau masuk sama biar pertumbuhan ekonomi ini gak segitu gitu aja..

        Kl segitu aja philipine jg bisa…

        Ha ha ha

        •  

          investor asing itu yg banyak datang dr tiongkok, klu investor dr, jepang, eropa barat & amerika cuma secuil, itupun banyak ditentang pejabat indonesia kehadiran investor tiongkok ke indonesia dgn lagu lama isu pki, mmng sih klu investor tiongkok keluar dr indonesia? kemungkinan ekonomi indonesia merosot

          hahhaahaaaa

          •  

            huha kan bisa di cari data2 negara2 terbesar melabur di indonesia, nggak salah nomer 1 dr singapura dstnya, china baru no berapa?

          •  

            Sudahlah indo ini kl ingin cepat hrs dg tiongkok..
            Pintar ngolah tiongkok indo akan hebat..

            Tp ya gitu politik indo ini sangat jelek..
            Gak mikirkan negara dan rakyat..
            Anehnya byk rakyat indo yg terprovokasi politikus busuk…

            Komen komen disini kan bgtu byk yg justru menjerumuskan..

            Selama rakyat indo msh sontoloyo yg terima aja penjajah..

            Ha ha ha

          •  

            Iya btl zain..

            China br brp thn msk indo dan itu sdh prestasi luar biasa..
            Andai situasi politik indo baik tu bisa menakjubkan dana china masuk..

            Bgmn gencarnya tka, komunis, pki…
            Itu yg tereak tereak bgtu gak peduli indo ini maju ato tidak yg penting tujuannya tercapai..

            Tp gmn lg sudah di analysa bahwa sampai th 7000 org indo ini masih payah payah..

            Ha ha ha

          •  

            prinsipnya ya bagaimana caranya biar cepat majuh dan makmur, dan dlm jangkah pangjang tdk membawah kemudaratan

          •  

            sudahlah, siapapun presidennya nanti, mau dia teriak teriak anti ini itu, sama saja, geli juga para investor datang ke indonesia

            hahhaahaaaa

  3.  

    Selamatin aja…..

  4.  

    Hampir semua konflik di dunia skrg ini melibatkan tukang veto..
    DK pentingnya cuman kirim pasukan perdamaian dan indo paling getol ikut spy dpt gaji lbh..

    Ha ha ha

  5.  

    Sudahlah bung@Dez….biar anda 1000x ngomong berbusa-busa ampe ntuch liur tumpah kmna2.tidak bisa anda pungkiri/sangsikan.indonesia akhir2 ini menjelma menjadi salah satu negara di dunia yg suaranya paling di dengar.dianggap penting & kiblat investor dunia.ekonomi cukup stabil(nggak usah meroket karena kalo terbang tinggi jatuhnya sakit).industri kedirgantaraannya adalah yg termapan di zona asteng & asia oceania.

  6.  

    Malone…ngurus vita berapi(senjata organik terburuk yg pernah diciptakan diplanet bumi)aja nggak kelar2 ampe taon jebot.mau nyaingin PT.DI ibarat si punguk merindukan bulan bagi malone.trima aja dengan kenyataannya dgn hati ikhlas & lapang…insyaALLAH pasti hidup ente tenang.

  7.  

    Ya selamat deh… Tapi sampai kapan pun selama roda pengerak PBB masih di kuasai negara2 pemegang Hak Veto misi perdamaian PBB akan tetap di penuhi ketidak adilan… Sudah saatnya Roda penggerak itu di hentikan dan di putar ulang kembali…

  8.  

    Yg perlu direformasi tuh PBB, Selama masih ada hak Veto pasti keadilan hy ditegakkan menurut versi mereka!he3

  9.  

    gw kira Depazito and zain kayaknya maloners jadi-jadian ….
    (‘o’)

    •  

      Kalo si depoz itu chipeng yg tinggsl dimari bung. Keluarganya termasuk kakak perempuannya adalah korban gangbang tragedi kerusuhan th 98.
      Makanya dia dendam, mau balik ke negri chipeng tp hidup susah jual bakpao, mending balik ke Indonesia walau jd arisan gay…wekwekweeekkk

  10.  

    Si depoz itu waktu lahir telat ngangkat, jd smp sekarang msh mabok aer ketuban, sering masuk angin dan keluar asap

 Leave a Reply